Upaya Peningkatan Prestasi Sparing Siswa Kelas VI Ain Pelajaran IPA Materi Gerhana Rawi Dan Bulan Melalui Metode Demonstrasi Di SDN Wonorejo 02 Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang Tahun Tutorial 2022/2017


  • Nur Sulistyaningsih


    SDN Wonorejo 02 Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang


Keywords:


Hasil Berlatih IPA, Gerhana Matahari dan Bulan, metode demosntrasi

Abstract

Beralaskan hasil pemeriksaan ulang dalam satah pengkajian IPA pada kompetensi dasar 9.3 menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari pada semester II menunjukkan rendahnya tingkat aneksasi siswa terhadap materi pelajaran itu. Dari 31 siswa kelas VI SDN Wonorejo 02 Kecamatan Kedungjajang yang sampai ke penaklukan materi pembelajaran namun 16 siswa. Lakukan meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi ini, maka dilaksanakan reformasi penataran melalui Penelitian Tindakan Kelas. Dengan adanya persoalan diatas, salah satu upaya yang dapat dilakukan guru bikin meningkatkan hasil belajar siswa pada alat penglihatan les IPA ialah pemanfaatan metode protes. Penggunaan metode protes privat pembelajaran merupakan keseleo satu upaya yang dilakukan maka dari itu guru intern rangka meningkatkan hasil berlatih siswa pada tuntunan IPA. Pendayagunaan metode unjuk rasa dianggap sesuai karena dalam pelajaran IPA banyak sekali materi yang pembahasannya membutuhkan peragaan dan tersapu sinkron dengan kehidupan sehari–hari, Karuan saja hal ini memerlukan peran aktif petatar, yang sebelumnya sudah diperagakan oleh guru melalui metode protes. Selain itu pesuluh akan melihat secara nyata resep bahasan pembelajaran yang sedang diikutinya, tidak hanya substansial bayangan fiktif saja (maya) tanpa senggang aslinya. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Wonorejo 02 Kecamatan Kedungjajang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan diversifikasi penelitiannya yakni penelitian tindakan inferior sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, pemeriksaan ulang, dan dokumentasi. Analisis ketuntasan hasil membiasakan sreg siklus 1 mencapai 68% dengan poin rata-rata 73; dan sreg siklus 2 mencapai 94% dengan biji galibnya 83. Berdasarkan amatan ketuntasan belajar pada siklus 2, maka boleh dikatakan bahwa siswa kelas VI SDN Wonorejo 02 Kecamatan Kedungjajang mutakadim hingga ke ketuntasan belajar secara klasikal. Kelas dikatakan tuntas belajarnya apabila terdapat minimal 75% siswa nan mutakadim mencapai nilai ≥ 70.

References

Arikunto (2007). Prosedur Pendalaman Suatu Tindakan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Dimyati, (2007). Metode Demonstrasi di Sekolah Dasar. Jakarta : Rineka Cipta

Muhsetyo, G. (2004).Pembelajaran IPA. Jakarta : Yudhistira.

Nawawi. (1981). Kenaikan Hasil Sparing Melalui Metode Demonstrasi. Jakarta: Balai Bacaan

Nurkancana (2000). Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Balai Teks

Suciati, (2007). Belajar dan Pendedahan 2. Jakarta : Rineka Cipta

Tri Handoko, ( 2006 ). Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VI. Jakarta : Erlangga.

Winaputra, S Udin, (2007). Garis haluan Belajar Mengajar. Jakarta : Universitas Terbuka.

Winarno. 1999. Metode Demonstrasi. Jakarta: PT Mayapada Aksara.

How to Cite

Sulistyaningsih, Lengkung langit. (2020). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Papan bawah VI Mata Kursus IPA Materi Gerhana Matahari Dan Wulan Melangkaui Metode Protes Di SDN Wonorejo 02 Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2017.
Jurnal Edukasi Gemilang (JEG),
5(3), 43-48. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/586


Article metrics


Abstract views : 329