Talempong Yang Bernada Rendah Disebut


Mengenal alat musik tradisional talempong pacik


– Pergelaran Talempong Pacik tercatat intern rekor MURI (Musium Rekor Indonesia) saat alas kata Festival Pesona Minangkabau (FPM) Tahun 2022 yang digelar di Istano Basa Pagaruyung, Rabu adv amat (4/12). Tontonan ini dipertunjukan oleh 1.559 anak SD, SMP dan sanggar seni sehingga menghasilkan irama yang eksklusif di telinga.

mengenal,talempong pacik

Momongan sekolah memainkan perabot musik tradisional Talempong Pacik (matrapendidikan.com)

Sebenaranya suka-suka dua jenis talempong, merupakan celempong pacik dan talempong duduak (melodis). Cedera keduanya letak atau posisi talempong ketika dimainkan. Talempong pacik dipegang dengan tangan padahal talempong melodis diletakkan pada landasan kereta api atau bantalannya.

Apa itu
celempong pacik?

Talempong pacik terdiri dari dua introduksi, ‘talempong’ dan ‘pacik’.Talempong ialah adalah alat musik tradisional Minangkabau nan dibunyikan dengan kaidah dipukul menunggangi stik (papan).
Pacik
dalam bahasa Indonesia berarti
jabat. Jadi Talempong pacik merupakan perkakas musik yang dibunyikan dengan mandu dipegang dan dipukul.

Celempong pacik dimainkan dengan cara dijinjing dengan tangan kiri dan dipukul dengan stik menggunakan pengapit.

Empu tangan tangan kidal menjabat talempong bagian atas, sedangkan, sedangkan deriji telunjuk berharga untuk membatasai perantara antara kedua talempong. Putaran pangkal dipegang makanya 3 deriji, ialah jari kelingking, deriji manis dan jari perdua. Talempong bagian atas bernada invalid, dan fragmen posisi bawah bernada pangkat.

Dikutip dari ensiklopedi Jakarta, talempong terbuat dari bahan fusi tembaga, timah putih dan besi murni.

Berdasarkan mata air bunyi, talempong termasuk perkakas musik idiophone. Radas musik yang mendapatkan sumber bunyi dari fisik organ nada itu sendiri. Sedangkan berdasar gerombolan musik maka talempong termasuk perkakas musik perkusi. Dimainkan dengan cara dipukul dengan perangkat bukan yaitu stik nan terbuat dari papan.

Source: https://www.matrapendidikan.com/2019/12/mengenal-talempong-pacik.html