Skripsi Aplikasi Pembelajaran Mata Pelajaran Smp

Abstraksi

Keberuntungan Teknologi Informasi dan Komunikasi telah mendorong terciptanya inovasi pesat, dimana produk yang terkena imbasnya adalah
smartphone. B

erkat kejayaan teknologi ini pun berhasil terhadap penggunaan media pembelajaran di sekolah-sekolah.

Pamrih dari pembuatan skripsi ini yakni bakal membuat tuntutan berbasis android sebagai media pembelajaran IPA untuk papan bawah VII dengan kurikulum 2022. Dimana observasi yang sudah dilakukan di SMP Negeri 6 Bekasi nan sudah memakai kurikulum 2022 sebagai bahan didik, dimaksudkan seumpama acuan cak bagi mendapatkan sumber materi yang akan dimasukan ke kerumahtanggaan tuntutan.

Dengan demikian, teknologi ini mendorong terjadinya evolusi pada lokasi dan waktu belajar yang dimana enggak lagi metode konvensional.

Aplikasi ini dibuat menggunakan bilang metode, antara lain observasi, konsultasi, studi pustaka, dan dikembangkan dengan bahasa pemrograman java dengan menggunakan aplikasi Android Bengkel seni. Pada laporan skripsi ini telah dibuat suatu permohonan yang dapat kondusif pengguna maupun siswa memahami pelajaran IPA yang mutakadim diberikan di sekolah, agar boleh mempelajari materi tersebut kapanpun dan dimanapun tanpa adanya batasan. Sekaligus mengevaluasi pemahaman materi petatar dengan adanya cak bimbingan soal berbentuk saringan ganda.

References


Agustina, C., & Wahyudi, T. (2015).

Aplikasi Game Pendidikan Berbasis Android Bagi Memopulerkan Gaun Aturan Indonesia.

Indonesian Journal on Software Engineering
,
15(5), 1–8. https://doi.org/10.16429/j.1009-7848.2015.05.005

Akil, I. (2016). Rekayasa Gawai Lunak Dengan Abstrak Unified Process Studi Kasus : Sistem Informasi Journal.
Jurnal Pilar Nusa Mandiri,
XII(1), 1–11. Retrieved from https://media.neliti.com/kendaraan/publications/227534-rekayasa-perangkat-lunak-dengan-model-un-8ed052ca.pdf

Danuri. (2016). Pencarian File Bacaan Berbasis Content dengan Pencocokan String Menggunakan Algoritma Brute force.
Scientific Journal of Informatics,
3(1), 68–75.

Desmira, Aribowo, D., & Oktavia, P. (2014). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Pulang ingatan Menjemukan Dan Ruang Untuk Sekolah Dasar Menggunakan Android.
PROSISKO,
1(September), 48–54. Retrieved from http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/88

Dharmawan, E. A., Ginting, S. W., & Noya, F. (2017). Rancang Bangun Tuntutan Penentu Tarif Asal Ojek Di Kota Ambon Berbasis Android.
Jurnal Simetrik,
7(2), 38–41. https://doi.org/10.31959/JS.V7I2.45

Fajar, H., & Suharyanto. (2019). Aplikasi Keterangan Kehamilan Dan Antisipasi Masa Kehamilan Berbasis Android Menggunakan Metode Algoritma Naegele.
Surat kabar Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer,
4(2), 231–238.

Firly, Lengkung langit. (2018).
Create Your Own Android Application. Jakarta: PT. Elex Alat angkut Komputindo.

Firmansyah, R. (2018). Usability Eksamen Dengan Use Questionnaire Pada Permohonan Sipolin Daerah Jawa Barat.
Swabumi,
6(1), 1–7. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/swabumi/article/view/3310

Fridayanthie, Eka Wida, & Mahdiati, N. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan ATK Berbasis Intranet (Investigasi Kasus: Kejaksaan Negeri Rangkasbitung).
Jurnal khatulistiwa informatika,
IV(2), 126–138. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khatulistiwa/article/viewFile/1264/1029

Fridayanthie, Eka Wulansari. (2015). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Peralatan Hiking Berbasis Desktop Pada Toko Cimone Outdoor Tangerang.
Harian Khatulistiwa Informatika,
3(2), 143–151.

Hadi, K. R., Az-zahra, H. M., & Fanani, L. (2018). Analisis Dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile KAI Access Dengan Metode Usability Testing Dan Use Questionnaire.
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer,
2(9), 2742–2750. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/swabumi/article/view/3310

Hendini, A. (2016). Pemodelan Uml Sistem Manifesto Monitoring Penjualan Dan Stok Produk (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak).
Jurnal Khatulistiwa Informatika,
IV(2), 107–116.

Hidayat, A. M., Fadillah, N. I., & Ubaidilah. (2018). Jurnal Evolusi Volume 6 No 2 – 2022.
Evolusi,
6(2), 57–65.

Hikmah, Horizon. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Ilmu hitung Adapun Enumerasi Dan Pengurangan Bilangan Bundar Melalui Alat Peraga Mistar Garis hidup Puas Pelajar Kelas Iv Sdn 005 Samarinda Ulu Nurul.
Jurnal Pendas Mahakam,
1(1), 80–85.

Ibrahim, Falak., & Ishartiwi, I. (2017). Pengembangan Media Penelaahan Mobile Learning Berbasis Android Ain Pelajaran Ipa Untuk Siswa Smp.
Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan,
8(1). https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1792

Ina Najiyah, & Suharyanto. (2017). Sistem Informasi Wedding Planner Berbasis Web.
Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer,
3(1), 79–86.

Indarti. (2017). Lakukan Siswa Sd Berbasis Android Studi Kasus Lega Sdn Pondok Pinang 10 Pagi Jakarta Kidul.
Jurnal Pilar Nusa Mandiri,
13(1), 145–150. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/view/349/281

Isroqmi, A. (2017). Kemampuan Mahasiswa Memahami Logika Pemrograman Komputer Melalui Algoritma.
Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika,
2(November), 59–74. https://doi.org/2528-3901

Kadir, A. (2015).
Belajar Sendiri Pasti Bisa – Pemrograman JAVA
(Kaki langit. A. Prabawati, ed.). Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pengajian pengkajian Berbasis Android Pada Ain Tuntunan Sistem Operasi Jaringan Inferior XI.
Jurnal Media Infotama,
14(1).

Lukman, A. M., & Larasati, Falak. P. (2018).
Aplikasi Pendedahan Dual Bahasa Korea Dan Jepang.
7(1), 20–28.

Maarif, V., Cerah, H. M., & Rahayu, W. (2018). Aplikasi pembelajaran ilmu tajwid berbasis android.
Evolusi,
6(1), 91–100. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/evolusi/article/view/3586

Maarif, V., Widodo, A. E., & Wibowo, D. Y. (2017). Aplikasi Testimoni IQ Berbasis Android.
Ijse.Bsi.Ac.Id IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering ISSN,
3(2), 2461–2690.

Mesran. (2014).
Implementasi Algoritma Brute Force Dalam Pencarian Data Katalog Rahasia Persuratan.
3(1), 100–104.

Miswanto, & Badrul, M. (2016). Aplikasi Pembelajaran Anti Korupsi Bagi Anak Remaja Berbasis Android.
Informatika,
III(1), 117–128.

Munawar. (2018).
Analisis Perancangan Sistem Memfokus Objek dengan UML (Unified Modeling Language). Bandung: Informatika Bandung.

Pratiwi, H., Arfyanti, I., & Kurniawan, D. (2016). Implementasi Algoritma Brute Force Dalam Tuntutan Kamus Istilah Kesehatan.
Harian Ilmiah Teknologi Informasi Terapan,
II(2), 119–125.

Purwaningsih, F., & Desmulyati. (2018). Penerapan Algoritma Huffman Bagi Permohonan Pengamanan Sms Plong Mobile Phone Berbasis Android,
5(1), 61–68. Diambil pecah http://e-surat kabar.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/592

Rahayuningsih, P. A. (2016). Analisis Nisbah Kekeruhan Algoritma Pemijitan Ponten (Sorting).
Jurnal Evolusi Volume 4 Nomor 2 – 2022,
4(8), 085201. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Rizal, M., & Latifah, F. (2017). Perancangan Aplikasi Lokasi Wisata Daerah tingkat Jakarta Menggunakan Algoritma Sequential Search Berbasis.
Jurnal PILAR Nusa Mandiri,
13(2), 227–232.

Rusdi, H. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Chembird Terhadap Biologi STKIP YAPIM MAROS Chembird Sarana Usage Effect on the Interest and the Organic Chemistry Academic Achievement in STKIP YAPIM Maros Biology Student.
Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains,
8(2), 7–13.

Rusmawan, U. (2019).
Teknik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemrograman Web. Jakarta: PT. Elex Sarana Komputindo.

Setiyawati, Y. D., Isnanto, R. R., & Martono, K. T. (2016). Pembuatan Aplikasi Antar-Jemput Laundry Berbasis Web Service pada Platform Android.
Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer,
4(1), 150. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.4.1.2016.150-158.

Setyadi, D. (2017). Peluasan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Ki alat Berlatih Berbuat Soal Matematika.
Satya Widya,
33(2), 87–92. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p87-92

Syarif, M. (2017). Implementasi Algoritma String Matching Dalam Pengudakan Surah Dan Ayat Dalam Al-Quran Berbasis Web.
Indonesian Journal on Networking and Security,
6(2), 70–76.

Uriawan, W., & Hidayat, H. (2017).
Rancang Bangun Aplikasi Pengajian pengkajian Ilmu Sharaf Dalam Paramasastra Arab Berbasis Android.
10(2), 107–122.

Wahyudi, R., Handoko, H., & Pasaribu, S. (2015). Perancangan Aplikasi Quiz Menggunakan Metode Pengacakan Linear Congruential Pengobar ( LCG ) Berbasis Android.
Riau Journal Of Computer Science,
1(1), 17–26.

Wibowo, K. (2015). Analisa Konsep Object Oriented Programming Pada Bahasa Pemrograman Php.
Khatulistiwa Informatika,
3(2), 151–159.

Widayanto, A., & Refianti, L. (2018). Jurnal Evolusi Volume 6 No 2 – 2022.
Evolusi,
6(2), 57–65.

Widayanto, A., Suleman, & Anita, I. (2017). Rancang bangun aplikasi kategori bahasa bikin tuna wicara berbasis android 1).
Evolusi,
5(2), 18–26.

Widodo, W., Rachmadiarti, F., & Hidayati, S. N. (2017).
Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Anak kunci Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Yudhayanto, Y., & Wijayanto, A. (2018).
Mudah Membuat dan Berbisnis Permintaan Android dengan Android Sanggar. Jakarta: PT. Elex Kendaraan Komputindo.

Yudhistira, R. J., & Widiarina. (2019). Animasi Interaktif Pengenalan Fonem Hijaiyah Berbasis Android.
Koran Teknik Komputer Amik Bsi,
V(1), 65–70. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2

Zaus, M. A., Wulansari, R. E., Islami, S., & Pernanda, D. (2018). Perancangan Wahana Penataran Elektrik Statis dan Dinamis Berbasis Android.
INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science,
1(1), 1–7. https://doi.org/10.31539/intecoms.v1i1.140

Source: https://repository.nusamandiri.ac.id/index.php/repo/viewitem/12833