Silabus Smp Pelajaran Agama Islam Revisi 2018

Silabus Pendidikan Agama Islam merupakan selengkap rencana serta kontrol pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis yang memuat komponen-komponen yang saling berkaitan bikin mencecah penguasaan kompetensi dasar di Pendidikan Agama Islam. Silabus Pendidikan Agama Selam bisa juga diartikan sebagai penjabaran kompetensi inti dan kompetensi dasar Pendidikan Agama Islam  ke dalam materi pokok/penerimaan, kegiatan penelaahan, dan indikator pencapaian kompetensi cak bagi penilaian. Silabus menjadi sesetel rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam.


Dengan demikian, silabus Pendidikan Agama Islam berisikan komponen pokok nan bisa menjawab pertanyaan berikut.

  • Kompetensi yang akan ditanamkan kepada peserta didik Pendidikan Agama Islam melalui satu kegiatan pembelajaran.
  • kegiatan yang harus dilakukan di Pendidikan Agama Selam untuk cangkok kompetensi tersebut.
  • Upaya yang harus dilakukan di Pendidikan Agama Islam bagi mengetahui bahwa kompetensi tersebut mutakadim dimiliki petatar jaga Pendidikan Agama Islam.
  • Silabus Pendidikan Agama Islam  dikembangkan beralaskan standar kompetensi lulusan dan standar isi lakukan satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan konseptual pendedahan plong setiap tahun tertentu.

Download Silabus Pendidikan Agama Islam Kelas 1
Download Silabus Pendidikan Agama Islam Papan bawah 2
Download Silabus Pendidikan Agama Islam Inferior 3
Download Silabus Pendidikan Agama Islam Kelas 4
Download Silabus Pendidikan Agama Islam Papan bawah 5
Download Silabus Pendidikan Agama Selam Kelas 6

Berikut yaitu penampakan Silabus Pendidikan Agama Islam yang dimaksud.

Penjelasan mengenai Silabus Pendidikan Agama Selam bisa Bapak/Ibu disimak pada video di dasar ini.

Berikut ini adalah beberapa guna publik dari silabus, yaitu:

  • Silabus Pendidikan Agama Islam dapat dijadikan pedoman dalam penyusunan buku siswa Pendidikan Agama Islam. Buku murid Pendidikan Agama Islam memuat tentang materi pelajaran, aktivitas peserta didik Pendidikan Agama Islam, dan evaluasi pengajian pengkajian Pendidikan Agama Selam.
  • Silabus Pendidikan Agama Selam menjadi eksemplar dalam penyusunan rencana pembelajaran, untuk semua kajian mata pelajaran, maupun lagi pengelolaan kegiatan pembelajaran dan peluasan penilaian hasil pengajian pengkajian di Pendidikan Agama Islam.
  • Hasil ekspansi Silabus Pendidikan Agama Islam internal bentuk perangkat penelaahan berfungsi sebagai peranti untuk aktualisasi kurikulum secara operasional pada tingkat satuan pendidikan, sehingga memudahkan guru Pendidikan Agama Islam melakukan pendedahan.

Secara garis lautan, silabus Pendidikan Agama Islam mencakup kompetensi inti, kompetensi dasar Pendidikan Agama Islam, penunjuk, materi penataran, dan kegiatan pembelajaran. Hubungan konsekuen antar berbagai komponen internal silabus Pendidikan Agama Islam dari setiap indra penglihatan cak bimbingan merupakan anju yang harus dipersiapkan buat mencapai standar kompetensi lulusan.

Beberapa komponen yang harus suka-suka intern silabus Pendidikan Agama Islam ialah sebagai berikut.

  • Identitas Indra penglihatan Les Pendidikan Agama Islam.
  • Identitas Sekolah, memuat nama satuan pendidikan dan Pendidikan Agama Islam.
  • Kompetensi Inti (Burik), yakni gambaran mengenai kompetensi dalam aspek sikap, warta, dan kegesitan yang harus dipelajari oleh peserta pelihara bakal jenjang sekolah, kelas, dan mata kursus.
  • Kompetensi Bawah (KD) Pendidikan Agama Selam, merupakan kemampuan spesifik nan mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terkait muatan atau indra penglihatan cak bimbingan.
  • Indikator pencapaian kompetensi Pendidikan Agama Selam, yaitu perilaku siswa Pendidikan Agama Selam yang dapat diukur atau diamati bikin menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu nan menjadi acuan penilaian netra tuntunan.
  • Materi Pokok Pendidikan Agama Islam, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedut nan relevan, dan ditulis dalam susuk pengetahuan sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi Pendidikan Agama Islam.
  • Pendedahan, adalah kegiatan yang dilakukan makanya pendidik dan peserta pelihara Pendidikan Agama Selam untuk sampai ke kompetensi yang diharapkan.
  • Penilaian Pendidikan Agama Islam, adalah proses akumulasi dan pengolahan informasi buat menentukan pencapaian hasil membiasakan pesuluh didik Pendidikan Agama Islam.
  • Alokasi Waktu Pendidikan Agama Islam, sesuai dengan jumlah jam pelajaran dalam struktur kurikulum bikin satu semester atau satu tahun di Pendidikan Agama Islam.
  • Sumber belajar Pendidikan Agama Islam, dapat berupa gerendel Pendidikan Agama Islam, media cetak dan elektronik, alam sekitar alias sumber membiasakan lain yang relevan dengan pesuluh Pendidikan Agama Islam.

Source: https://www.silabus.id/2021/08/silabus-pendidikan-agama-islam.html