Silabus Mata Pelajaran Informatika Smp

SILABUS Nama sekolah Mata Kursus Kelas/Program Kompetensi Inti

No.

: : : :

SMPN NUSANTARA Informatika VII / Semua Jurusan 3. Memahami pesiaran (faktual, konseptual, dan prosedural) berlandaskan rasa cak hendak tahunya adapun ilmu pemberitaan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan hal tampak mata. 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji kerumahtanggaan ranah kasatmata (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan takhlik) dan senyap mujarad (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan merencana) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber tidak nan sebabat internal sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar

Indeks Pencapaian Kompetensi

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Perigi Belajar

Teknik Komputer jinjing 1.

3.1. Mengenal 1. Menyebutkan pemfungsian perangkat berkanjang dan perangkat gigih dan perangkat lunak sistem gerakan, serta komputer jinjing permintaan. 2. Mengidentifikasi perangkat keras dan perabot panjang hati 3. Memaklumi fungsi gawai berkanjang dan gawai panjang usus

Barometer Level : – Perangkat keras (alat input, proses, output dan pheripheral) – Perangkat Lunak (Sistem Operasi, Aplikasi, Tools/Ituility, Bahasa Pemrograman)

Menyuguhkan bermacam ragam perangkat gentur dan perangkat sabar piranti beserta fungsinya.

4.1.1. Mengamati saat 4. Mempraktikkan sebuah piranti memarakkan piranti (misalnya HP, sebatas siap dipakai tablet) dihidupkan 5. Mempraktikkan sebatas siap dipakai. mematikan piranti 4.1.2.Mematikan dengan bermartabat komputer dengan 6. Meladeni tahapan benar. kerumahtanggaan memarakkan piranti hingga mematikannya.

– Antarmuka Pengguna (GUI dan CLI)

Mengkritik dan mengidentifikasi tiga buah piranti (PC Desktop, Laptop, Smartphone) bersumber proses menyemarakkan hingga mematikan.

DRAFT Litbang AGTIFINDO

High Level : – Pesan kesalahan momen piranti dioperasikan

Diskusi dan tanya-jawab mengenai perangkat keras dan perabot sabar.

2 x 2 JP

Observasi Sikap

Penugasan serta Time Schedule dengan LMS Google Classroom Buku Informatika Kelas VII – Penerbit AGTIFINDO

Page 1 of 5

Observasi Praktik

Tes Tulis : PG dan Uraian

[email protected]

No.

Kompetensi Pangkal

Penanda Pencapaian Kompetensi

Materi Pembelajaran

4.1.3. Menjelaskan 7. Mempraktikkan macam-macam macam-spesies interaksi dengan interaksi dengan antarmuka tolok antarmuka standar berbagai piranti. berbagai piranti.

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Hari

Sumber Belajar

Mempraktikkan tiga buah piranti (PC Desktop, Laptop, Smartphone) berpunca proses memarakkan hingga mematikan.

Analisis Data 2.

3.2. Mengenal data 1. Mengidentifikasi Low Level : berupa poin dan antarmuka, menu dan – Antarmuka petisi hasil perhitungan pengolah kredit icon aplikasi pengolah rumus, dan prinsip – Menu dan ikon angka menyimpan, serta 2. Menyebutkan berbagai aplikasi pengolah mengaksesnya. angka tipe data dalam Grafik dan pengolah kredit Pemformatan 3. Menguraikan sintak formula dan fungsi Kriteria Level : – Type/Variasi Data 4. Membentuk sheet yang 4.2. Mewujudkan sebuah (Tipe data Label, pintar judul, tabulasi dan sheet nan Value, Formula) data nan sudah mengandung data, rumus dan hasil ditentukan. pemakaian beberapa 5. Mempraktikkan entri fungsi. data label, value dan formula 6. Mempraktikkan penggunaan fungsi (Perangkaan, Lookup/Reference, Text, Logical) untuk pamrih nan sudah ditentukan.

DRAFT Litbang AGTIFINDO

– Fungsi (Perangkaan, Lookup/Reference, Text, Logical)

Guru mensimulasikan pembuatan makao kerja yang berisi Judul dan tabel dengan type data label, value dan formula.

Validasi Tulis : (Uraian)

3 x 2 JP

Murid didik mempraktikkan pembuatan lembar kerja yang berisi Kop dan diagram dengan type data label, value dan formula sesuai LKS.

LKS dan Buku Informatika Kelas bawah VII – Penerbit AGTIFINDO

Siswa memecahkan LKS Praktik : sampai dengan pemakaian (Observasi kurnia perangkaan, lookup, text dan Praktikum) logical

High Level : – Fungsi (Date/Time, Math/Trig, Statistik, Lookup/Reference, Database, Text, Logical, Information, Financial dsb) – Kelebihan tersarang – Header & Footer

Page 2 of 5

Project : Membuat aplikasi / worksheet lakukan menampung data pemilihan OSIS, mengolahnya penguraian dan pelaporan

Video Cak bimbingan dan Penugasan serta Time Schedule dengan LMS Google Classroom

1 bulan

[email protected]

No.

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Algoritma dan Pemrograman 3.

3.3.1. Memahami program visual berpunca demo dan cak bimbingan. 3.3.2. Mengenal cara kerja dan objek-alamat mileu pemrograman visual nan dipakai.

4.3.

1. Menjelaskan pengertian programa visual 2. Mengenali berbagai program visual yang dijelaskan. 3. Mengenal elemen dan objek program visual 4. Mengenal program okuler berbasis web 5. Mengenal aplikasi IDE pemrograman visual

Standar Level : – Program Okuler – Elemen programa (variable, loop, kondisi) – Objek Visual – Aplikasi IDE pemrograman visual

DRAFT Litbang AGTIFINDO

Teori (Uraian)

Murid didik berbuat proses registrasi, perkenalan awal dan simulasi program okuler berbasis web di code.org

Praktik : Performance test code.org

5 x 2 JP

Menduplikasi program sederhana cak bagi intensi yang sudah lalu ditentukan.

Produk : Video tutorial persiapan pembuatan programa hingga hasil

BK / PLB : Membuat sebuah bestelan program sederhana dengan tema yang ditentukan sendiri.

Project : BK / PLB

Video Kursus dan Penugasan serta Time Schedule dengan LMS Google Classroom LKS dan Buku Informatika Kelas X – Penerbit AGTIFINDO

Mengenal Scratch : Observasi Instalasi, Interface, Zarah dan Praktikum Object visualnya.

Meniru (menulis 7. Mempraktikkan ulang) sebuah acara visual dan acara sederhana elemenya untuk tujuan di lingkungan visual, yang sudah lalu buat berkenalan ditentukan. dengan lingkungan. 6. Menduplikasi program terlambat dilingkungan visual untuk bertahuan dengan mileu visual.

Dampak Sosial Informatika 4. 3.4. Mengetahui makna partisipasi intern publik digital.

DEMO : Temperatur mensimulasikan proses registrasi, pengenalan dan simulasi program visual berbasis web di code.org

2 bulan

Diintegrasikan kedalam KD 3.1 – 3.3 dan 4.1 – 4.3 Dengan interpolasi alokasi musim

Page 3 of 5

[email protected]

No.

Kompetensi Bawah

Indikator Pencapaian Kompetensi

Berfikir Komputasional (Tematis) 5. 3.5. Computational 1. Thinking untuk menyelesaikan permasalahan komputasi nan mengandung struktur data lebih obsesi dan berpola.

Memecahkan permasalahan komputasi yang mengandung struktur data lebih kompleks dan berpola.

Materi Penelaahan Standar Level : 1. Decompotition 2. Pattern Recognition 3. Abstraction 4. Algorithm Design

Kegiatan Penelaahan

Penilaian

Alokasi Waktu

Diintegrasikan kedalam KD 3.1 – 3.3 dan 4.1 – 4.3 Dengan interpolasi alokasi tahun

Sendang Belajar http://www.fa thur.web.id/20 15/09/comput ationalthinkingcomputerscience.html Sendi Informatika Kelas VII – Penerbit AGTIFINDO

2. Mengendalikan 4.5. Menyelesaikan persoalan-persoalan persoalan-permasalahan komputasi yang komputasi yang mengandung mengandung graf/jejaring, pola graf/jejaring, pola sederhana, dan terlambat, dan algoritmik (terutama algoritmik (terutama bikin robot/kampanye kerjakan robot/gerakan visual). visual).

https://csunplu gged.org https://csfirst. withgoogle.co m

Praktik Lintas Bidang (Tematis) 6. 4.6.1. Menumbuhkan Diintegrasikan kedalam KD 3.1 – 3.3 dan 4.1 – 4.3 budaya kerja Dengan penambahan alokasi masa masyarakat digital dalam tim yang inklusif. 4.6.2. Berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan tema komputing. 4.6.3. Mengenali dan mendefinisikan Permasalahan yang pemecahannya dapat didukung dengan komputer. DRAFT Litbang AGTIFINDO

Page 4 of 5

[email protected]

No.

Kompetensi Dasar

Penunjuk Pencapaian Kompetensi

Materi Pengajian pengkajian

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

4.6.4. Berekspansi dan menggunakan generalisasi (model). 4.6.5. Mengembangkan Artefak komputasional (produk TIK): Siswa menulis rumus bakal menunjang komputasi nan dibutuhkan di kursus lain. 4.6.6. Mengembangkan rencana pengujian, menguji dan mendokumentasika n hasil uji artefak Komputasional (produk TIK). 4.6.7. Mengkomunikasikan suatu proses, fenomena, solusi TIK dengan mempresentasikan, memvisualisasikan serta menggubris Hak kekayaan intelektual. Goresan : – KKO beberapa KD di Bopeng 3 dan 4 dikecualikan, lihat ke obyek dan radius materinya tetapi. – BK dan PLB di integrasikan dalam buram Project di KD 3.1 – 3.3 dan 4.1-4.3

DRAFT Litbang AGTIFINDO

Page 5 of 5

[email protected]

Source: https://pdfcoffee.com/silabus-informatika-smp-4-pdf-free.html