Rangkaian Catu Daya 12 Volt

Bereksperimen elektronika digital TTL membutuhkan adanya catu sentral DC 5V. Tidak jarang lagi kita membutuhkan catu kunci DC 12V cak bagi keperluan lain, misalnya: menggagas relay 12VDC, motor DC 12V, opamp, maupun sekedar untuk mengaduk bor PCB kita.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kita boleh membeli catu daya voltase DC dengan beberapa macam tegangan (multi-voltage regulated DC power supply). Atau dapat juga kita gunakanwall-adaptor 500mA-1A yang dapat kita beli di toko peralatan elektronik. Atau dapat pula kitamerakit sendiri rangkaian catu pokok yang kita butuhkan.

Padalah, bagi Engkau yang ingin merakit sendiri catu daya tegangan DC 5V dan 12V, Sira dapat memperalat layout PCB berikut ini. Foto di atas merupakan suku cadang komplit berbunga papan praktikum nan terdiri berpunca kekeluargaan catu pusat dan project-board.

Adapun skematik dari rangkaian tersebut yaitu:

Sebagai masukan tarikan AC dapat digunakan trafo 2A varietas CT dengan tegangan maksimum keluaran 15-18 VAC. Sebagai regulator digunakan IC 7812 dan 7805 dengan maksimum arus keluaran ±1A.

Perumpamaan terminal konektor kabel masukan dan bekas, digunakan PCB Mount Setopan Block dengan model seperti yang ditunjukkan oleh tulangtulangan berikut ini.

Rangkaian ini silam mudah dirakit. Sekiranya Ia berminat, marilah menjauhi komentar dan saya akan mengirimkan file layout PCB dalam ukuran PDFsiap cetak. Foto di sumber akar adalah catu daya 12V dan 5V nan digabungkan dengan sebuah project-board yang suntuk elastis untuk bereksperimen. Bagus centung? Hihihi…:D

Oke deh, selamat sparing!

:D

Foto Kayu Eksperimen Elektronika

Catu Sentral 5V dan 12V Katai Siap-Pakai

Jika Anda tidak cak hendak repot-repot mewujudkan sendiri catu daya 5V dan 12V, Engkau boleh memperalat catu daya siap-pakai dengan kualitas bagus begitu juga ditunjukkan gambar dibawah ini.

Source: https://junetscootman.blogspot.com/2011/10/rangkaian-layout-pcb-catu-daya-dc-5v.html