Rancangan Pembelajaran Matematika Smp Dengan Teknologi Digital

Pengembangan Wahana DIGITAL GAMES BASED LEARNING (DGBL) Pada MATERI Operasi HIMPUNAN MATEMATIKA Kelas bawah VII DI SMP NEGERI 9 SEMARANG

Niko Dwi Cahyo, 5302411070
(2016)
Peluasan MEDIA DIGITAL GAMES BASED LEARNING (DGBL) PADA MATERI Manuver HIMPUNAN Matematika KELAS VII DI SMP NEGERI 9 SEMARANG.
Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Ilmu hitung ialah bidang pengkhususan yang memegang peranan penting dalam pengembangan sains dan teknologi karena pada dasarnya matematika merupakan sarana untuk menumbuhkembangkan cara berfikir sensibel, sistematis dan perseptif. Namun, proses pembelajaran matematika di kelas yang dirasa masih monoton, yang menyebabkan siswa kurang antusias dan pasif intern mengimak pelajaran.. Maka itu karena itu dibutuhkan suatu alat angkut atau alat pembelajaran yang lebih interaktif untuk memotivasi para siswa agar lebih menyukai dan aktif privat pembelajaran matematika. Secara publik pendalaman ini bertujuan untuk merancang, membuat serta menganalisis kualitas dan kelayakannya sebagai media cak bagi metode Digital Games Based Learning pada materi pembelajaran persuasi himpunan ilmu hitung di SMP. Peluasan mengacu plong desain penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model DGBL-ID (Digital Games Based Learning-Instructional Design) dengan strata analisis, desain, pengembangan, uji kualitas dan implementasi. Hasil Pengujian dari aspek functionality menunjukkan bahwa seluruh kelebihan utama dan interface media berjalan sesuai maksud. Pada aspek performance menunjukkan wahana DGBL dapat melanglang secara efisien dengan konsumsi CPU dan memory masing-masing sebesar 1,5 % dan 55,7 Mb. Persentase kelayakan usability sebesar 87,5 %. Penilain kelayakan media makanya pandai ki alat dan tukang materi menunjukkan bahwa kendaraan DGBL masuk dalam kategori layak. Hasil implementasi media DGBL pada proses pembelajaran kepada 30 siswa papan bawah VII SMP Negeri 9 Semarang, menunjukkan 76,7 % peserta memberi respon dan minat yang tahapan terhadap kendaraan DGBL. Bersendikan hasil penekanan dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa alat angkut DGBL memadai diterapkan sreg pengajian pengkajian manuver himpunan matematika di SMP Kewedanan 9 Semarang. Guru hendaknya dapat memanfaatkan dengan maksimal sarana yang disediakan sekolah kerjakan mencium proses pembelajaran. Saran bermula penelitian ini adalah guru hendaknya dapat memanfaatkan dan menerapkan media DGBL buat meningkatkan minat dan keaktifan peserta privat penerimaan ilmu hitung. Hawa pun perlu terus membiasakan dan mengikuti kronologi teknologi dalam bidang pendidikan agar boleh menciptakan metode dan suasana pembelajaran yang lebih variatif buat siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media Digital Games Based Learning, DGBL-ID, operasi himpunan ilmu hitung
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Kendaraan
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User:
Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 29 Nov 2022 19:48
Last Modified: 29 Nov 2022 19:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27941

Actions (login required)

View Item View Item

Source: http://lib.unnes.ac.id/27941/