Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh Salam sejahtera bikin kita semua Saudara-saudara sebangsa dan setanah air. Hadirin -hadirat sekalian yang asian. Marilah kita panjatkan puji kehadirat Almalik SWT. nan telah menitikkan karunia dan hidayah-Nya kepada kita, sehingga kita bisa berkumpul dihalaman SMA…………. dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional.

Setiap tanggai 2 Mei, kita peringati sebagai hari Pendidikan Nasional. Sebagai bangsa Indonesia, kerumahtanggaan kaitannya dengan hari Pendidikan Nasional ini, pasti manah kita tertuju lega peletak dasar pendidikan yang permulaan kali untuk bangsa Indonesia, yakni Portal Hajar Dewantoro dengan Ujana Siswa nan didirikannya.

Pada saat itu tata pendidikan oleh pemerintah kolonial Belanda saja dibatasi puas kelompok tertentu, itupun sesuai dengan kebaikan pemerintah kolonial sendiri. Penyelenggaraan pendidikan diprioritaskan buat anak nasab Eropa, sementara momongan bumiputera, hanya sebagian mungil yang mendapatkan kesempatan belajar.

Puas tahun 1920 Portal Hajar Dewantoro mendirikan perguruan kewarganegaraan yang bernama Taman Pesuluh. Di samping untuk sparing menimba hobatan pengetahuan, pendidikan dalam sekolah itu juga bermaksud bikin membentuk spirit kebangsaan. Diharapkan para pesuluh Yojana Pelajar lain hanya ahli, tetapi kembali rani menjadi calon pemimpin bangsa. Kerjakan tujuan itu, n domestik setiap kegiatan belajar mengajar ditanamkan jiwa cinta tanah tumpah dan anti penjajah.

Demikianlah kepeloporan Bopeng Hajar Dewantoro sebagai pendobrak era kedunguan menjurus bangsa Indoesia nan cerdas dan bermartabat!

Pendidikan adalah perkara adv amat terdahulu yang harus mendapatkan manah sangat serius dari pemerintah, seperti yang diamanatkan dalam UUD’45. Pemerintah berkewajiban menyelenggarakan pendidikan dan mencerdaskan nyawa bangsa.

Seluruh bangsa Indonesia harus menyadari betapa pentingnya masalah pendidikan ini. Secara bersama-sama silakan kita tingkatkan kognisi akan pentingnya pendidikan.

Demikan kuliah singkat ini, apabila ada pengenalan-kata yang kurang berkenan di hati, saya selaku individu biasa mohon maaf sebesar-besarnya!

Cak dapat kasih atas perhatiannya, ihdinash shiraathal mustaqin

Wassalaamu’alaikum wr wb