Peta Konsep Pelajaran Ipa Materi Kelas 1 Smp

TANTANGAN HARI KE 26

#TANTANGANGURUSIANA

Klasifikasi Makhluk Hidup

1.

IDENTITAS

a. Mata Pelajaran : IPA

b. Semester : 1(suatu)/Ganjil

c. Kompetensi Asal :

3.2 Mengklasifikasikan cucu adam hidup dan benda bersendikan karakteristik yang diamati

4.2 Menghidangkan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar beralaskan karakteristik nan diamati

d. Materi Taktik : Mengidentifikasi Benda-benda disekitar

e. Alokasi Waktu : 2 Jampel

f. Tujuan Pembelajaran :

Melalui kegiatan pembelajaran dengan metode diskusi, dengar pendapat, analisis, pengutusan, dan presentasi dengan pendekatan saintifik, peserta didik dapat :

1. Menjelaskan bendabenda di selingkung yang bersifat alamiah.

2. Menjelaskan benda-benda di sekitar yang berperilaku tiruan manusia.

3. Mengklarifikasi bendabenda yang bersifat mania dan bersifat tercecer

4. Mengklarifikasi kegunaan dari berbagai tipe benda di sekeliling.

5. Meladeni hasil pengamatan, mengidentifikasi, dan mengomunikasikan hasil observasinya

g. Materi Pembelajaran :

Bacalah Kancing Referensi Tutorial (BTP): IPA SMP/MTs Kelas VII Semester 1, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang materi klasifikasi makhluk umur

2.
.PETA KONSEP

3.

PROSES Membiasakan

a. Pendahuluan

Apa sesuatu nan cak semau di sekitar kita terdiri atas benda-benda. Coba perhatikan meja belajar dan tumbuhan. Apa bedanya meja belajar dan tumbuhan yang cak semau di sekitarmu? Apakah pohon mempunyai kemampuan bikin merecup dan berkembang, bernapas, dan berkembang biak? Bandingkan ciri-ciri tumbuhan tersebut dengan ciri-ciri meja membiasakan. Apa beda tumbuhan dan meong piaraanmu? Secara garis besar, benda-benda di alam segenap ini terdiri atas benda atma (makhluk atma) dan benda bukan hidup. Tiap-tiap memiliki karakteristik tersendiri. Dalam bab ini, kamu akan mempelajari karakteristik benda hayat (makhluk vitalitas) dan benda-benda tak hidup nan suka-suka di mileu sekitar serta bagaimana mengklasifikasikannya.

Sira akan kagum terhadap kebesaran Halikuljabbar Nan Maha Esa nan telah menciptakan bumi beserta segala isinya. Sang pencipta Yang Maha Esa telah menciptakan berbagai jenis makhluk sukma dengan sangat teratur. Halikuljabbar Yang Maha Esa juga menciptakan dunia semesta ini dengan sempurna, seperti air, gegana, pangan, batuan, dan plural tipe mineral nan terdapat privat perut bumi. Oleh karena itu, kamu wajib selalu bersyukur kepada Tuhan yang telah menciptakan kamu bagaikan makhluk yang paling komplet. Kamu juga wajib menjaga alam semesta ini agar

konstan kuat dan lain dicemari oleh, berbagai macam zat berbahaya yang dapat merusak lingkungan karena itu sira harus bermati-mati mempelajari karakteristik benda-benda di sekitarmu. Kemudian mengklasifikasikannya beralaskan sifat-sifat alias ciri-ciri semenjak benda-benda tersebut.

b.

Inti

Kegiatan belajar 1

Secara berkelompok pergilah keluar inferior, amati sekeliling jerambah sekolah , kerjakan kegiatan berikut :

1. Buatlah kelompok kerja, terdiri atas 5-6 makhluk. Isilah merek benda nan anda temukan dilingkungan sekitar sekolah pada diagram yang tersuguh, kemudian Berilah tanda centang (√) ciri-ciri benda nan sesuai, yakni benda dapat bergerak, tumbuh dan berkembang, bernapas, berkembang biak, memerlukan nurtisi, dan peka terhadap rangsang (irritabilitas).

1. Semenjak hasil pengamatanmu, adakah benda-benda yang punya ciri yang selaras?

2. Bandingkan hasilnya dengan pengamatan gerombolan lain.

3. Tulislah konklusi dari hasil pengamatanmu

4.
Bandingkan dan Simpulkan

Bandingkan hasil pengamatanmu dengan hasil pengamatan temanmu. Catat persamaan dan perbedaannya. Coba diskusikan, kalau hasil pengamatan dikomunikasikan kepada orang tidak, apakah orang tersebut memperoleh pemahaman nan sama? Berdasarkan hasil perbandingan tersebut, buatlah kesimpulan secara bersama-setinggi adapun hasil pengamatan tersebut.

Kegiatan belajar 2

Lakukan kegiatan berikut :

Kegiatan Mengelompokkan benda

Benda-benda di sekitarmu dapat dikenal, yakni mempunyai ciri-ciri berikut ini.

1. Lembaga benda berbeda-beda.

2. Matra benda berbeda-beda.

3. Corak benda berbeda-beda.

4. Hal parasan benda berlainan-beda.

5. Alamat pelaksana benda berbeda-tikai.

Klasifikasikanlah benda-benda di sekitarmu dengan mengelompokkannya beralaskan kelima ciri di atas. Tuliskan di sentral kerjamu!

Silakan Berfikir Perseptif

Benda-benda di dunia semesta lampau majemuk dan berbeda-beda. Bagaimana caramu mengamati perbedaan benda-benda tersebut? Mengapa kamu menjawab begitu? Coba jelaskan. Tuliskan di buku kerjamu

b.

Penutup

Sesudah kamu belajar pengamatan alam sekitar, berikut diberikan tabel cak bagi mengukur diri Anda terhadap materi yang sudah dipelajari. Jawablah sejujurnya tercalit dengan pemilikan materi pada UKBM ini di diagram berikut!

Jika menjawab “Enggak” pada keseleo satu pertanyaan di atas, maka pelajarilah kembali materi tersebut privat buku teks pelajaran (BTP) dan pelajari ulang kegiatan yang minus kamu pahami yang sekiranya teradat Anda ulang dengan didikan suhu atau teman sejawat.
Jangan putus asa bikin mengulang lagi!.
Apabila Anda menjawab “YA” pada semua pertanyaan, lanjutkanlah ke UKBM berikutnya.

Berilah penilaian pada diri anda terhadap penguasaan materi dengan rentang nilai 0-100 sreg kotak dibawah ini !

Engkau dapat cak menjumlah nilaimu dengan rumus :

Ponten

Tuliskan nilai perolehan plong kotak berikut:

Source: https://www.gurusiana.id/read/khalidaagustina/article/modulukbm-ipa-kelas-vii-smpmts-klasifikasi-makhluk-hidup-1-4930926