Perangkat Pembelajaran Ktsp Smp Agama Kristen

Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti bukan sekadar memunculkan pesan moral apalagi doang namun mengetahui tata cara koalisi antara individu dengan Allah, melainkan harus menyajikan isi kurikulum  yang  transformatif dan terinternalisasi dalam diri pelajar didik. Artinya, isi kurikulum Selongsong dapat menafsirkan serta membarui cara pandang dan sikap siswa didik serta mengarahkan peserta asuh cak bagi memaklumi panggilan Tuhan untuk menjadi membujur bikin sesama dan manjapada.

Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 akan halnya pendidikan agama dan pendidikan keagamaan, disebutkan bahwa: pendidikan agama berfungsi membuat hamba allah Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia dan berpunya menjaga kedamaian dan kerukunan hubungan inter dan antar umat beragama (Pasal 2 ayat 1). Selanjutnya disebutkan bahwa pendidikan agama bertujuan mengembangkan kemampuan murid ajar dalam memahami, menghayati, dan mengamalkan nilai-poin agama yang menyerasikan penguasaannya kerumahtanggaan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (Pasal 2 ayat 2).

Mata les Pendidikan Agama Kristen dan Karakter Pekerti berfungsi bikin:

  1. memopulerkan Almalik Tritunggal dan karya-karya-Nya agar pelajar ajar bertumbuh iman percayanya dan meneladani Almalik dalam hidupnya; dan
  2. menanamkan pengertian tentang Allah Tritunggal dan karya-Nya kepada peserta didik, sehingga produktif memahami, menjiwai, dan mengamalkannya.

Kompetensi, materi, dan pembelajaran Pendidikan Agama dan Tata susila dikembangkan melangkahi pertimbangan kepentingan atma bersama secara damai dan harmonis (to live together in peace and harmony). Pembelajaran dilaksanakan berbasis aktivitas pada kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler. Penumbuhan dan pengembangan sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran, habituasi, keteladanan, dan pembudayaan kerjakan melebarkan karakter peserta didik seterusnya. Sekolah laksana ujana nan meredakan buat bertaruk berkembangnya sikap, pengetahuan, dan kesigapan, petatar didik nan menaruh pengetahuan seumpama perilaku (behavior), lain doang berupa hafalan ataupun verbal.

Silabus Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Pemendekan format dimaksudkan seyogiannya penyajiannya lebih efisien, tidak plus banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak menyusut, serta tetap merefleksikan penyelenggaraan belai (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan pendirian keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh temperatur (teachable); mudah dipelajari oleh peserta didik (learnable); terjumlahkan pencapainnya (measurable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) umpama bekal bikin hayat dan kelanjutan pendidikan pelajar jaga.

Silabus Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti bersifat laur, kontekstual, dan menyerahkan kesempatan kepada suhu lakukan mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal.  Atas dasar prinsip tersebut, suku cadang silabus mencengap kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran nan terdapat intern silabus meruPendidikan Agama Masehi dan Budi Pekertian alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut meruPendidikan Agama Kristen dan Kepribadian Pekertian alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai teladan yang sesuai dengan karakteristik tiap-tiap ain cak bimbingan. Privat melaksanakan silabus ini master diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, tata proses pembelajaran, penggunaan metode dan arketipe penelaahan, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi awam serta tingkat perkembangan kemampuan murid bimbing.

Download Silabus Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Inferior 1, 2, 3, 4, 5, & 6 SD Kurikulum 2022 Tahun Pelajaran 2022/2017

Source: https://www.perangkatajar.com/2017/04/download-silabus-pendidikan-agama.html