Menyalakan Laptop Tanpa Tombol Power

Cara Menghidupkan Laptop

Sekufu halnya dengan hp ataupun komputer, laptop pun ialah perangkat elektronik yang hanya bisa berfungsi ketika dioperasikan oleh seseorang. Bagaikan teladan laptop tidak akan boleh digunakan kerjakan mengetik takdirnya intern kondisi tidak aktif/mati. Makanya sebab itu menggalakkan laptop adalah situasi yang minimum utama cak bagi boleh menikmati fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Proses menghidupkan laptop memang tidaklah sulit, akan tetapi lain semua bani adam luang bagaimana kaidah untuk menghidupkan laptop secara ter-hormat. Terkadang bilang khalayak juga dihadapkan kesulitan saat hendak menyalakan laptop, contohnya belaka pada saat pentol power laptop tak berfungsi. Lalu bagaimana langkah kita untuk menggarangkan laptop dengan kondisi tersebut? Nah, yuk kita bahas secara lengkap diawali dengan cara menyalakan laptop yang benar privat kondisi normal.

Pendirian Menghidupkan Laptop Yang Baik Dan Benar

  1. Siapkan laptop yang akan dinyalakan.
  2. Pastikan tangan tidak basah atau tidak cemar saat hendak menggarangkan laptop untuk menghindari hal-hal nan tidak diinginkan.
  3. Buka bertahap layar laptop seandainya posisi laptop sedang tertutup sebaiknya terlihat cembul-tombol keyboard beserta tombol power nan digunakan untuk menyalakan laptop.
  4. Temukan tombol power yang suka-suka puas laptop, umumnya cembul power bertato icon guri yang di tengah-tengahnya terdapat garis kecil.
  5. Tekan cembul power satu kali tetapi untuk menyemarakkan laptop kemudian tunggu sebatas layar laptop menunukan yang merepresentasi bahwa proses booting sedang berjalan. Proses booting adalah proses di mana laptop sedang mempersiapkan tampilan tadinya buat masuk pada sistem manuver nan ada di laptop semoga siap untuk digunakan.
  6. Jangan menyinggung-nyinggung laptop saat proses booting berlangsung agar proses menyalakan laptop dapat berjalan dengan laju.
  7. Tunggu hingga layar dekstop sudah unjuk atau membebaskan suara booting (kritik booting windows biasa terdengar jika menggunakan sistem kampanye windows) nan menandakan bahwa proses menghidupkan laptop sudah berhasil.
Tombol power di laptop

Masing-masing laptop mempunyai tata letak dan bentuk tombol power yang berlainan-cedera tergantung pada brand maupun seri laptopnya.

Kebanyakan posisi tombol power pada laptop fertil di atas tombol-pentol keyboard atau di sisi-sisi pojok kenop keyboard.

Sekali-kali laptop yang kita gunakan tidak dapat dinyalakan kendati sudah ditekan tombol powernya. Kamu bisa mencoba bagi men-charger laptop tersebut tinggal tekan kembali tombol powernya. Galibnya jika tak ada masalah khusyuk di laptop maka penyebabnya hanyalah kehabisan ki akal lega baterai.

Namun jika teguh tak bisa dinyalakan maka kita bisa menghidupkan tanpa pentol power. Sayangnya cara di dasar ini enggak dianjurkan lakukan pemula yang masih belajar laptop karena dibutuhkan kepiawaian dalam membongkar laptop.

Prinsip Menghidupkan Laptop tanpa Tombol Power

  1. Siapkan laptop yang hendak dihidupkan tanpa melalui tombol power.
  2. Bongkar casing episode bawah laptop dengan tahap awal yakni menelanjangi setiap batunya menggunakan obeng plus.
  3. Terlepas casing yang sudah lalu dibuka semua batunya dengan lever-hati.
  4. Perhatikan dengan seksama terutama kawat-kawat laur yang terhubung dengan laptop saat membuka casing bawahnya.
  5. Ketahui posisi port kawat-kawat fleksibel saat casing mulai membengang, jangan dibuka secara penuh malah dahulu sebelum kabel fleksibel dilepas.
  6. Lepas kabel lentur keyboard puas laptop alias kabel yang berukuran lautan.
  7. Lepas benang kuningan fleksibel touchpad alias benang tembaga nan berukuran mungil.
  8. Ambil bagian casing yang menyatu dengan keyboard setelah melepas semua kawat fleksibelnya hingga motherboard laptop mendelongop secara jelas.
  9. Kelupas akhir hitam berbunga plastik yang menutupi motherboard.
  10. Perhatikan pin atau suku port yang menghubungkan telegram fleksibel keyboard.
  11. Gunakan pinset yang bisa teraliri listrik bakal menyentuh setiap dua pin plong tungkai port tersebut.
  12. Mulailah dari menyentuh kedua tungkai puas arah kanan terluar atau sebelah kidal suku port terlebih dahulu.
  13. Lanjutkan pada tungkai sebelah-sebelahnya secara berutrutan sekiranya masih tidak ada respon hingga laptop menyala.
  14. Pasang kembali kabel fleksibel keyboard beserta kabel fleksibel touchpad plong konektor port masing-masing.
  15. Tutup casing sumber akar dengan selektif.
  16. Pasangkan semua baut seperti sedia kala.

Proses menyemarakkan laptop tanpa melintasi tombol power konvensional digunakan jika tombol power alias kenop keyboard pada laptop mengalami error/kebinasaan.

Silih keyboard laptop dengan segera sekiranya tak ingin repot-repot memarakkan laptop menggunakan cara tersebut.

Penutup

Jangan khawatir saat mengalami kerusakan pada tombol power maupun keyboard laptop, dengan sedikit effort membongkar laptop kita boleh menyalakan laptop tanpa mesti menunggangi tombol power. Membakar laptop memang termasuk hal yang sepele, namun jika kita tidak segera mengetahui kaidah menggarangkan laptop dengan benar boleh saja nantinya mempengaruhi arwah laptop yang digunakan.

M. Hernawan

Web developer yang juga senang dengan dunia sysadmin. Relasi berlatih Teknik Informatika di Indonesia.

Source: https://itkoding.com/cara-menghidupkan-laptop/