Kognitif Afektif Dan Psikomotorik Adalah




DEFINISI Serebral, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTORIK



1.





Kognitif

Ranah psikologis adalah ranah yang mencakup kegiatan mental (otak). Segala apa upaya yang menyangkut aktivitas otak adalah termasuk kerumahtanggaan ranah serebral.

Senyap kognitif
mempunyai enam jenjang atau aspek, yaitu:

1. Amanat/hafalan/ingatan (knowledge)

2. Pemahaman (comprehension)

3. Penerapan (application)

4. Kajian (analysis)

5. Sintesis (syntesis)

6. Penilaian/sanjungan/evaluasi (evaluation)

Pamrih aspek kognitif berorientasi sreg kemampuan berfikir yang mencakup kemampuan intelektual nan kian tersisa, yaitu memahfuzkan, sebatas pada kemampuan mengamankan ki kesulitan yang menghendaki pesuluh untuk menghubungakan dan menggabungkan beberapa ide, gagasan, metode atau prosedur yang dipelajari lakukan memecahkan penyakit tersebut. Dengan demikian aspek psikologis yaitu subtaksonomi yang kuak mengenai kegiatan mental yang camar berawal berpunca tingkat publikasi menjejak tingkat yang paling tinggi yaitu evaluasi.



2.





Afektif







Sirep afektif adalah sunyi yang berkaitan dengan sikap dan nilai. Sirep afektif mencangam watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi, dan ponten. Beberapa pakar mengatakan bahwa sikap seseorang dapat diramalkan perubahannya bila seseorang sudah mempunyai pengaturan kognitif tingkat tinggi. Ciri-ciri hasil berlatih afektif akan tampak pada pesuluh didik n domestik plural tingkah laku.

Tenang afektif menjadi lebih rinci sekali lagi ke dalam lima strata, yaitu:

1.
Receiving atau attending ( mengakuri atua memaki)

2. Responding (menanggapi) mengandung arti “adanya partisipasi aktif”

3.
Valuing
(membiji atau menghargai)

4.
Organization
(mengatur maupun mengorganisasikan)

5.
Characterization by evalue or calue complex
(pemeranan dengan  suatu angka ataupun

komplek nilai)



3.





Psikomotorik







Ranah psikomotor ialah mati yang berkaitan dengan keterampilan (skill) tau kemampuan bertindak sesudah seseorang mengamini pengalaman belajar tertentu. Hasil belajar psikomotor ini sememangnya merupakan kelanjutan dari hasil belajar serebral (mengerti sesuatu) dan dan hasil membiasakan afektif (yang hijau tampak dalam bentuk kecenderungan-kecenderungan berperilaku). Ranah psikomotor adalah berhubungan dengan aktivitas fisik, misalnya lari, nocat, melukis, goyang badan, menapuk, dan sebagainya.

Hasil belajar keterampilan (psikomotor) dapat diukur melangkaui: (1) pengamatan sewaktu dan penilaian tingkah laku pesuluh pelihara selama proses penataran praktik berlangsung, (2) selepas mengikuti pembelajaran, merupakan dengan kronologi memasrahkan tes kepada peserta pelihara bikin mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap, (3) beberapa tahun setelah penelaahan selesai dan kelak dalam mileu kerjanya.

Source: http://abazariant.blogspot.com/2012/10/definisi-kognitif-afektif-dan-psikomotor.html