Kerajinan Bahan Keras Lukis Kaca


KERAJINAN BAHAN Keras Bendera DAN BUATAN


A.

Kerajinan Bahan Persisten Standard


Bahan gigih alam yaitu  korban untuk karya kerajinan yang diperoleh dari alam sekitar dan  yakni  sumber muslihat tunggul baik hutan, bumi, maupun perairan Indonesia.



1.




Kerajinan Objek Kayu

Kerajinan ukir kayu sangat tenar di Indonesia, terutama kerjakan distrik Jepara, Yogyakarta, Cirebon, Toraja, Palembang, Kalimantan, dll. Setiap motif ukir memiliki nilai keindahan dan keunikan serta makna konotatif yang penuh pertanda dan selang



Teladan kelakuan hias ukir kayu Jepara



Lengkap polah hias ukir gawang Toraja


Transendental ragam hias ukir kayu Cirebon



2.



Kerajinan Objek Buluh

Produk kerajinan bambu saat ini tampil dengan desain menarik dan artistik. Sasaran dasar buluh banyak digunakan bikin aneka kerajinan anyaman seperti keranjang, tirai, dinding, sangkar, dll. Suling Bambu dan Angklung keberagaman organ irama dari jenis kerajinan aur nan hanya suka-suka di Indonesia.



3.






Kerajinan Bahan Rotan

Rotan adalah sejenis kerumunan palma yang semangat memanjat ataupun merambat. Teknik penggarapan rotan menjadi sebuah tulang beragangan kerajinan cukup rumit. Dimulai berpangkal proses wajan, pengeringan, pelurusan, pemutihan sebatas pengawetan. Kesemuanya dilakukan agar rotan bisa digunakan sebagi incaran sahih kerajinan. Kerajinan anyaman rotan dilihat berusul teknik menganyamnya cukup ribet, karena bahan baku rotannya tidak dapat patah.




B.





Kerajinan Bahan Keras Sintetis



1.






Kerajinan Kaca

Beling merupakan materi bening dan semerawang (tembus pandang) yang dihasilkan dari campuran silikon. Kerajinan lukis gelas adalah jenis kerajinan yang menampilkan gaya lukisan
di atas media gelas dengan gaya lukisan ornamental dan dibuat dengan banyak elemen hiasan pada setiap ornamen yang digunakan. Selain luis kaca suka-suka pula beling sumpal. Perbedaanya jika lukis kaca dibuat dengan cara melukis kaca seuai eksemplar nan diletakan di bawahnya, sedangkan kaca patri menggunakan teknik mematri pada bagian sambungan gelas. Pada lukis kaca maupun gelas patri terdapat garis luar (out line) yang dibuat dengan rona nan tegas, sama dengan hitam, emas dan perak.



Paradigma Gambar Lukisan Kaca



           Contoh Gambar Beling Solder



            Contoh Glass Painting (lukisan pada beling)




2.






Kerajinan Besi

Bahan kerajinan kategori logam banyak macamnya, seperti emas, galuh, kuningan, kuningan, metal, stailess, tembaga, dll. Daerah penghasil kerajinan kencana, antara bukan Kalimantan Selatan dan Jawa. Kerajinan perak didaerah Kota Gedhe (Yogyakarta), Sumatra Barat, Celuk (Bali). Ferum banyak dibuat misal perhiasan atau aksesories, benda hias dan fungsionak lainnya, seperti mana teko, piala, peralatan rumah tangga dan penyalai. Sifat besi yang persisten sehingga dalam pembuatannya memerlukan teknik yang enggak mudah, seperti teknik bakar/pemanasan dan juga tempa.


Contoh  Kerajinan Besi


Kamil Kerajinan Selaka


 Contoh kerajianan perunggu

Acuan Kerajinan Kuningan


Pelajari dengan baik materi Kerajinan Bahan Persisten Alam dan Bikinan, tunggu perintah selanjutnya dipertemuan berikutnya ! Sekarang kerjakan dan taajul bingkis ke link yang sudah lalu ditentukan  Tugas-1 dan Makao Kerja-1 nan ada di Matri-1 (


https://www.guruspensaka.com/2020/09/materi-1-prakarya-kerajinan-kelas bawah-9.html )


 malar-malar dahulu.



Selamat Sparing !!

Source: https://www.guruspensaka.com/2020/09/materi-2-prakarya-kerajinan-kelas-9.html