Jenis Teks Bahasa Inggris Yang Dipelajari Di Smp

Tantangan hari ke-37

#TantanganGurusiana

Bagi peminat bacaan berbahasa Inggris, terlazim diketahui bahwa teks bahasa Inggris yang dipelajari di sekolah ada 13 macam. Puas tingkat SMP hanya dibahas bilang semenjak jenis referensi tersebut, di tingkat SMA diberikan pendalaman untuk variasi teks yang sudah dipelajari sebelumnya dan ditambah lagi sehingga wawasan siswa menjadi luas dalam mengetahui jenis teks. Semua teks punya ciri spesifik sebagai berikut:

Teks

Narrative


yaitu jenis teks yang bersifat imajinatif dan fiktif. Teks ini memiliki beberapa bentuk seperti mana

Fable

(cerita tentang binatang),

Folktale / Folklore


(kisahan rakyat),

Fairytale

(kisah tentang alam ghaib),

Legend

(cerita asal – usul suatu tempat),

Myth

(cerita nan mengandung legenda) . Tujuan teks ini ialah untuk menyejukkan pembaca dan memberikan pendidikan moral melangkahi cerita.

Teks

Recount


ialah wacana yang mengobrolkan pengalaman. Dapat pengalaman pribadi maupun pengalaman hamba allah tidak. Meskipun teks ini berbentuk cerita, tapi sifatnya substansial tidak rekaan pencatat. Selain narasi tentang pengalaman, biografi tokoh naik daun dan autobiografi juga termaktub tipe teks recount. Tujuan teks ini yakni menceritakan kejadian masa lepas.


Anecdote

adalah wacana nan menceritakan kejadian aneh yang pernah dialami apakah gecul atau tidak. Anekdote adalah kisah masa lampau nan tidak dipublikasikan, rata-rata memuat narasi – cerita aneh yang menjadi cura jika diceritakan pun.


Spoof

adalah pustaka yang mengetengahkan cerita – cerita lucu maupun humor.

Contoh:

Once a man was walking in the park. When he came across a penguin, he took him to a policeman and said, “I have just found this penguin. What should I do?” The policeman replied, “take him to the zoo.

The next day the policeman saw the same man in the park and he was still carrying the penguin with him. The policeman was rather surprised then he walked up to the man and asked, “ Why are you still carrying that penguin about? Didn’t you take it to the zoo?”. “I certainly did”, replied the man, “and it was a great idea because he really enjoy it, so today I’m taking him to the movie!”

Pustaka

Procedure


adalah bentuk teks yang berisi langkah – langkah melakukan sesuatu, contoh : “How to Make a Cake”. Intensi referensi ini yaitu memasrahkan petunjuk puas pembaca kaidah melakukan sesuatu.


News items

yakni teks berbentuk berita. Tujuan teks ini adalah memberikan permakluman akan halnya hal yang berlangsung pada masa / saat yang dianggap terdepan untuk diberitakan.

Teks

Report

adalah jenis teks nan mendiskripsikan benda/peristiwa secara umum.

Pustaka

Deskriptif


ialah jenis wacana yang mendeskripsikan benda secara detail menurut rang, dimensi, tagihan, warna, dimensi, kegunaan, maupun sifat kebendaan lainnya.

Pustaka

Analitical Exposition

ialah spesies teks opini yang diperkuat oleh argumen bersandar suatu tesmak pandang saja, yaitu penulis. Tujuan bacaan ini yakni bagi mempengaruhi pembaca kerjakan meyakini apa yang disampaikan penulis yaitu demikian adanya.

Teks

Hortatory Exposisition

merupakan bentuk teks nan berisi opini yang diperkuat oleh fakta – fakta. Bedanya dengan analitical exposition adalah lega gugus kalimat terakhir teks ini sakti rekomendasi atau kalimat persuasif yang mempengaruhi dan mengajak pembaca melakukan sesuatu sesuai keinginan penulis. Teoretis : teks iklan. Maksud teks ini yakni mempengaruhi pembaca untuk melakukan atau mengikuti apa nan diinginkan penulis.

Pustaka

Explanation

ialah rang teks yang berisi paparan fenomena alam atau fenomena sosiokultural. Transendental bacaan: Proses Mencairnya Es di Kutub, Faktor Penyebab Terjadi Abrasi Rantau,
A Brief Summary of Speech Production.

Teks

Discussion

adalah referensi nan memuat pembahasan sebuah isu dari beberapa sudut pandang. Dalam bacaan ini dijabarkan pendapat berasal sisi pro dan kontra.

Pustaka

Review

adalah bentuk teks resensi. Nan bisa dibahas privat teks ini adalah resensi buku, sinema, TV show, adegan bioskop, atau konser. Usap teks ini dimulai dari sinopsis, kemudian dilanjut dengan biji berlebih karya tersebut, kemudian nilai minus yang perlu diperbaiki. Harapan teks ini adalah menjatah kritikan terhadap sebuah karya.

Cukuplah demikianlah para pembaca berbarengan. Sepatutnya bayangan pendek ini cak semau manfaatnya.

Source: http://www.gurusiana.id/read/yunitakirnawati/article/jenis-jenis-teks-dalam-bahasa-inggris-181824