Hukum Tajwid Surah Al Qadr

Tajwid Pertinggal Al Qadr ayat 1-5

Tembusan Al Qadr yakni surat ke 97 privat Al Quran. Surat yang diturunkan di kota Mekkah ini berjumlah 5 ayat. Al Qadr mempunyai kepentingan Kebesaran, kata Al Qadr diambil bermula ayat yang terwalak pada akta tersebut.

Dokumen Al Qadr begitu viral terutama di wulan ceria Ramadhan, sebab isi kandungan surat Al Qadr mengobrolkan kemuliaan bulan tulus Ramadhan, dimana plong bulan tersebut terdapat 1 lilin batik yang serupa itu mulia dan sangat diharapkan didapatkan makanya semua ummat Islam, ya…. lilin batik itu tiada lain lilin lebah lailatul qodar, yaitu malam seribu bulan.

Terimalah sekarang segala tetapi sih syariat tajwid yang terdapat privat sahifah Al Qadr itu?

tajwid surat al qadr
tajwid surat al qadr
















Tahsin.id akan membagikan analisa








 hukum Tajwid Al Alquran surat Al Qadr ayat 1-5 lengkap dengan penjelasannya, didalamnya terletak berbagai diversifikasi hukum tajwid, misalnya tajwid qolqolah, tajwid mad thabi’i, tajwid idghom mimi, tajwid alif lam, dan tak sebagainya.









Supaya tidak penasaran, yuk kita baca sewaktu artikel akan halnya hukum tajwid pertinggal Al Qadr dibawah ini.


















Tajwid tindasan Al Qadr ayat 1






بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ








إِنَّاۤ أَنْزَلْنَاهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ (١)








إِنَّ







Ini adalah gunnah ataupun wajibul gunnah, karena suka-suka nun ditasydid. Cara membacanya yaitu dengan didengungkan nyana-kira 2-3 harakat. Leter gunnah ada 2 yaitu mim dan nun yang ditasydid.







Ini yaitu mad jaiz munfashil, karena cak semau mad ashli/mad thobi’i menghadapi hamzah pada perkenalan awal nan enggak. Panjangnya adalah 2,4 atau 5 harakat.







Ini dinamakan ikhfa, karena cak semau nun mati menghadapi fonem zai, cara membacanya adalah dengan disamarkan bunyi fonem nun nya. Huruf ikhfa didalam hukum nun mati ataupun tanwin adalah huruf-huruf hijaiyah selain ketimbang fonem idzhar halqi, idghom dan iqlab.






زَلْنَاهُ فِيْ






Ini adalah mad ashli karena ada aksara alif difatah dan huruf ya dikasroh. Panjangnya adalah 1 alif atau 2 harakat. Hurufnya suka-suka 3 ialah apabila alif difatah, ya dikasroh dan wawu didlommah. Juga apabila ada huruf berharakat fatah berdiri selain alif dinamakan kembali mad ashli.






لَيْلَ






Ini adalah lambang bunyi ban, karena ada aksara ya yang disukun oleh huruf berharakat fatah. Hurufnya ada 2 yaitu fonem wawu dan ya apabila disukun oleh abc nan berharakat fatah.






لَةِ الْ




Ini adalah alif lam qomariyah, karena ada alif lam dan tanda sukun.




قَدْرِ






وَمَاۤ أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (٢)
















وَمَاۤ أَ







Ini ialah mad jaiz munfashil, karena cak semau mad ashli menghadapi huruf hamzah sreg kata yang tidak, panjangnya ialah 2, 4 alias 5 harakat.






أَدْرَاكَ  مَا






Disini ada 2 hukum, ialah qolqolah sughro dan mad ashli. Qolqolah sughro karena suka-suka huruf dal nan disukun salih. Mad ashli karena cak semau abjad alif difatah, panjangnya adalah 1 alif atau 2 harakat. Abjad ro dibaca tafkhim/baplang karena dia berharakat fatah.






لَيْلَةُ الْقَدْرِ




Disini ada 3 hukum, yaitu huruf lin, alif lam qomariyah dan qolqolah sughro. Huruf link arena terserah huruf ya yang disukun oleh huruf berharakat fatah. Alif lam qomariyah karena cak semau alif lam dan merek sukun, qolqolah sughro karena cak semau huruf dal yang disukun tahir.







Tajwid surat Al Qadr ayat 3









لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ (٣)






لَيْلَةُ الْقَدْرِ







Disini pun ada 3 hukum, yaitu huruf lin, alif lam qomariyah dan qolqolah sughro. Huruf link arena terserah fonem ya nan disukun maka itu huruf berharakat fatah. Alif lam qomariyah karena suka-suka alif lam dan tanda sukun, qolqolah sughro karena terserah aksara dal nan disukun suci.






خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ




Disini suka-suka 4 hukum yaitu huruf ban, idghom bigunnah, idzhar halqi dan alif lam qomariyah. Huruf link arena terserah abjad ya disukun oleh huruf nan berharakat fatah, idghom bigunnah karena terserah tanwin menghadapi huru mim, idzhar halqi karena ada nun mati menghadapi huruf hamzah(alif) dan alif lam qomariyah karena ada alif lam dan sukun.











Tajwid inskripsi Al Qadr ayat 4






تَنَزَّلُ الْمَلَۤائِكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِّنْ كُلِّ أَمْرٍ (٤)







تَنَزَّلُ الْمَلَۤائِكَةُ







Disini ada 2 hukum, yaitu alif lam qomariyah dan mad wajib muttashil. Alif lam qomariyah karena ada alif lam dan label sukun, Mad wajib muttashil karena suka-suka mad ashli menghadapi hamzah nan terletak lega 1 kata, panjangnya yakni 2 alif setengah atau 5 harakat.






وَالرُّوْحُ فِيْهَا






Disini ada 2 hukum ialah alif lam syamsiyah dan mad ashli. Alif lam syamsiyah karena ada alif lam dan tanda tasydid sedangkan mad ashli karena ada wawu didlommah, ya dikasroh dan alif difatah, panjangnya yaitu 1 alif atau 2 harakat.






بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِّنْ






Disini Cuma ada 1 syariat yaitu idghom belangkas, karena ada mim tenang menghadapi aksara mim, membacanya dengan dengung.






مِّنْ كُلِّ






Ini dinamakan ikhfa, karena ada nun mati menghadapi abjad kaf, cara membacanya adalah bunyi nun nya samar.






أَمْرٍ






Ini disebut idzhar syafawi, karena ada mim sepi menghadapi abjad ro, membacanya tidak bisa dengung.


















Tajwid surat Al Qadr ayat 5






سَلَامٌ هِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (٥)






Disini ada 2 hukum yaitu mad ashli dan idzhar halqi. Mad ashli karena ada alif difatah dan idzhar halqi karena ada tanwin menghadapi huruf Ha.







Ini merupakan mad ashli, karena terserah fatah kabur, panjangnya adalah 1 alif atau 2 harakat.







Disini ada 2 hukum yaitu qolqolah sughro dan alif lam qomariyah. Qolqolah sughro karena cak semau huruf tho dan jim yang disukun suci. Alif lam qomariyah karena suka-suka alif lam dan segel sukun.








Silahkan lihat video dibawah ini untuk mempelajari hukum tajwid Al Quran surat Al Qadr ayat 1-5 lengkap dengan penjelasannya.






















Video tajwid dokumen Al Qadr








Demikianlah uraian Tahsin.id tentang Syariat  tajwid Al Quran masing-masing kata Manuskrip Al Qadar ayat 1-5 kamil dengan penjelasannya semoga berfaedah.



Source: https://www.tahsin.id/2018/01/surah-al-qadr.html