Contoh Papan Nama Aksara Bali

Plang Beraksara Bali


INFO SELAT

26 November 2022 09:44:56 WITA

Sejak dibentuk Pergub Bali No. 80 Th. 2022 Tentang Perawatan dan Penggunaan Bahasa, Sastra, dan Aksara Bali serta Tata Rembulan Bahasa Bali ( Berita Daerah Provinsi Bali). Tujuan dibuat adat ini adalah untuk mengembalikan pusaka aksara Bali andai tonggak kultur masyarakat Bali pada khususnya. Kanun ini menghimbau instansi pemerintahan yang berada di daerah provinsi Bali, untuk memasang papan nama instansi beraksara bali, sebagai pengenalan awal Dwi Aksara kepada masyarakat luas.

Peresmian penggunaan abjad bali pada hari/tanggal jumat, 05 Oktober 2022 dilaksanakan serentak di daerah Bali.

Tata kaidah penulisan perumpamaan berikut:

  1. Penulisan huruf alias huruf bali, ditempatkan diatas abc latin,
  2. komposisi atau matra harus berimbang dengan ukuran huruf latin
  3. Untuk papan etiket kantor atau fasilitas mahajana mengaryakan gradasi dandan dasar bangkang ke warna dasar steril ( berpangkal bagian atas kebawah)
  4. Penulisan huruf atau huruf dilakukan dengan memperhatikan kualitas, etika, dan estetika

Sesuai dengan kancah peresmian tingkat desa atau kelurahan dan desa adat atau pakraman. Desa Selat Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng pada masa Senin 26 Nopember 2022 pemasangan plang beraksara bali sah dipasang di Kantor Perbekel Desa Selat, bersama Pj. Perbekel ( Wayan Meditasi), Sekdes ( Made Sri Bagiasa), Penyuluh Bahasa Bali ( Kadek Agus Dwi Ermawan ). Dengan adanya pergub pada umumnya instansi yang ada di Desa Selat ( BPD, LPD, LPM,BUMDES, Puskesmas, dan Sekolah) yang ada di kawasan Desa Selat semua beraksara bali introduksi “Kadek Agus Dwi Ermawan” .

Source: http://selat-buleleng.desa.id/index.php/first/artikel/172-Papan-Nama-Beraksara-Bali