Contoh Melamar Wanita Bahasa Jawa

Engkau sudah nembak cewek gebetanmu, dan beliau diterima dengan satu syarat, “Ngomong ya ekuivalen bapakku”. Nan artinya secara gak langsung sira minta diseriusin atau minta kamu menikahinya?

“Kita Udah 10 periode pacaran nih yank, kapan engkau nomplok kerumah bersama ortumu?” ujar cewekmu. Sebenarnya kamu udah cak semau niatan saja selama ini kamu menggermang sama ortunya yang galak.

diskusi keluarga via www.sunlife.ca

Inti mulai sejak dua
case
diatas adalah menyorongkan niat serius mu kepada orang tua calon. Stempel bahwa beliau mantap kerjakan melanjutkan ke hierarki pernikahan. Kemantapanmu ini dapat kamu lakukan dengan tatacara nembung ataupun panembungan (ndodok lawang). Istilah panembungan maupun nembung sendiri merupakan istilah dalam bahasa jawa yang artinya meminta dengan resmi menggunakan pembukaan-kata. Di bilang daerah di Jawa Tengah,Jawa Timur nembung biasa disebut
nakokake.

Mengapa ndodok lawang penting? Ndodok lawang yakni wujud ketekunan pihak suami-laki cak bagi memperistri pihak amoi. Selain itu, mengetahui apakah pihak dara memufakati/menola niat serius dari pihak laki-laki.

Nembung ataupun ndodok lawang Sebelum acara nembung ataupun ndodok lawang, sira tentu berdiskusi dengan orang tuamu. Bilang ayah bunda khususnya di Jawa paruh, ada nan sangat teliti mempertimbangkan sari, bebet, bobot. Bagaimana dengan sosok tuamu? Memang sedikit runyam, jika orang tua masih memegang adat istiadat jaman historis, sebaiknya kamu menirukan setiap prosesnya.

Siapa nan ditembung dan yang nembung?

Nembung atau ndodok lawang dilakukan oleh keluarga pihak suami-laki dengan prinsip bertamu ke rumah keluarga perempuan. Orang berida pihak suami-laki lamar mengenai prestise pemudi, sudah diikat orang atau belum, sedang terlibat hubungan dengan bani adam lain atau tidak terlebih kadang menanyakan weton perempuan. Jika diketahui nona belum/tidak medium diikat individu, maka lebih lanjut orang wreda pihak laki-laki memajukan maksudnya bakal berbesanan kepada bani adam tua pemudi.

Ini tugas orang tua kamu, jadi kamu tidak perlu khawatir atau risau terlebih sebatas
salah tingkah
kepingin bicara apa. Misal ibu bapak sira tidak bisa datang karena alasan tertentu, nembung ini tunak bisa dilakukan dengan kaidah menugasi utusan. Untuk acara nembung ini dinasihatkan hanya beberapa sosok saja, kebanyakan terdiri dari orang tuamu, dia, dan sodara atau bahkan mamak/bibi nan jumlahnya enggak melebihi 5 insan.

Apa saja yang harus dibawa saat akan Nembung?

Karena masih taraf menyoal apakah pihak upik menyetujui maupun tidak menyetujui, jadi kamu tak harus membawa apapun seperti cincin atau beberapa kudap. Cincin semata-mata beliau panggul momen program lamaran/paningset.

Waktu yang sepan cak bagi nembung

Waktu cak bagi nembung tergantung kesepakatan antara kedua pihak batih. Kamu bisa menyoal menerobos telepon ataupun sms ke calonmu.
Pada jaman sebelum ada perangkat komunikasi sebagaimana saat ini, sebelum hinggap kerumah pihak cewek,
biasanya pihak laki-laki akan mengirim seseorang justru dulu lakukan mengkover rencana keberadaan pihak junjungan-suami serta mewujudkan kesepakatan dengan pihak perempuan.

Bikin daerah esensi (Jawa Tengah), nembung biasanya dilakukan ba’da isya. Perian ini dianggap sepan karena, kenapa?

Programa nembung selesai

Saat acara nembung, ada pertanyaan mengenai weton pemudi?

Jika cak semau, maka acara pinengset atau lamaran cuma akan dilakukan sehabis antisipasi weton perempuan dan weton kamu. Perkiraan weton ini tidak sembarang orang dapat, tetapi dilakukan oleh orang yang telah ahli disaksikan oleh kedua belah pihak. Jika perhitungan sepakat, maka selanjutnya penentuan hari paningset atau lamaran.

Jika tidak ada, berarti langsung melanjutkan penentuan hari lamaran atau paningset.

Source: https://kindobi.blogspot.com/2017/10/tradisi-nembung-atau-ndodok-lawang-di.html