Cara Mudah Membuat Jadwal Pelajaran Smp

Gendak saya yaitu seorang suhu, suatu hari ia berkisah sekiranya jadwal mengajarnya bertentangan dengan guru lain. Jadwal mengajar itu sudah beberapa barangkali diubah, dan tetap saja ada jadwal mengajar yang anti. Akhirnya saya iseng-iseng buatkan format primitif menggunakan Microsoft Excel. Sepantasnya membuat jadwal pelajaran inkompatibel bentrok di excel sangat mudah, fungsi yang akan kita gunakan adalah conditional formating. Kita akan membuat parameter cell berubah menjadi rona merah jikalau seorang guru mengajar pada jam yang sama lega 2 ataupun bertambah kelas yang berbeda. Jadi jadwal les ini berguna untuk putaran kurikulum yang bertugas menyusun jadwal mengajar guru di sekolah.

Membuat Jadwal Pelajaran Anti Bentrok

Tulang beragangan di atas ialah penampakan apabila terjadi jadwal anti. Baiklah mulai praktik saja:

1. Buat tabel seperti penampakan di atas, column untuk kelas, dan row kerjakan hari dan jam pelajaran. Yang bermakna disini, kerjakan melajukan praktik, kolom untuk jadwal kursus dimulai dari cell D10 alias kelas X IPA 1 Senin Jam 1. Jumlah kolom ke kanan dan row ke asal bisa disesuaikan dengan keperluan.

2. Blok cell D10 ke kanan sampai dengan kelas terakhir.

3. Klik
Conditional Formating
pada menu
Home. Pilih
New Rule > Format Only Unique or Duplicate Values.

Menggunakan Conditional Formating

4. Klik tombol Dimensi untuk mengatur rona cell, ukuran font, warna font, dan border. Bikin pola, saya beri warna berma untuk fill nya.

5. Blok kembali
cell D10 ke kanan hingga dengan kelas bawah anak bungsu
tinggal tekan Ctrl+C atau copy. Lalu paste pada cell D11 ke bawah hingga hari terakhir dan jam terakhir (Hari Sabtu jam ke-8). Langkah ini bagi meng-copy Conditional Formating secara cepat tinimbang mengatur Conditional Formating satu sendirisendiri suatu.

6.  Langkah lebih jauh adalah membuat kode master, misalnya Hasan kodenya 1A, takdirnya Hasan mengajar 2 mata tuntunan boleh menggunakan kode 1A dan 1B. Pengodean ini penting kiranya kita tidak perlu menulis plus strata di rubrik yang sempit.

Pada tulisan ini saya lampirkan file nan sudah kaprikornus ialah sudah saya lengkapi dengan menu setting dan print buat tiap papan bawah.

Uang jasa Menyusun Jadwal Mengajar / Cak bimbingan

Sebelum menyusun jadwal kursus ada beberapa uang sogok yang perlu diperhatikan, antara lain:

1. Lakukan komunikasi dan diskusi dengan para guru kerjakan mendapatkan masukan dan ide.

2. Siapkan data mengenai cuti papan bawah master dan waktu mengajar yang disanggupi, misalnya ada hawa nan mengajar pada 2 sekolah, jangan sampai jadwal mengajarnya berlawan dengan sekolah yang satunya.

3. Tumpang mata pelajaran yang menurut siswa berat di pagi hari kiranya kondisi fisik dan konsentrasi murid masih fresh bikin menerima pelajaran yang terik.

4. Kombinasi yang elok. Maksud saya disini adalah jangan sampai dalam satu masa pesuluh asian pelajaran yang musykil-berat, dan di hari yang lain pelajarannya ringan semua. Alhasil terserah sejumlah pelajaran yang sukar tak dapat diterima dengan baik oleh petatar karena capai. Makanya karena itu buatlah jadwal dengan kombinasi yang bagus sepatutnya semua les dapat diterima dengan optimal, misalnya jam 1-2 kategori pelajaran berat, 3-4 nan ringan, 5-6 rumit, 7-8 sulit.

Inilah tips n domestik memformulasikan jadwal latihan.

Untuk mendownload file excel jadwal pelajaran anti bentrok klik link berikut :

Jadwal Pelajaran Anti Antagonistis.xlsx

Source: https://kantorkita.net/jadwal-pelajaran-anti-bentrok-menggunakan-ms-excel.html