Cara Mudah Belajar Excel Dengan Cepat

Cak bagi itulah kata sandang ini hadir untuk membantu dan membudayakan engkau cara belajar menunggangi Excel beserta cara operasionalisasi Excel dengan cepat. Semua tips yang ditulis ini merupakan perintah dasar nan harus anda pahami, sehingga anda bisa mengembangkannya lagi.

Istilahnya sebagaimana ini: “Untuk menghitung luas segitiga sama kaki, piutang kerucut, dan menghitung integral, maka kita memerlukan informasi bawah matematika seperti pertambahan, penyunatan, perkalian, dan pendistribusian”. Istilah tersebut akan kita pakai di kata sandang ini, sehingga setelah sira selesai membaca kata sandang ini, diharapkan dia sudah lalu memintasi dasar internal menggunakan Excel dan siap belajar hal bau kencur.

Langsung belaka, ini dia tips-tips pendirian membiasakan menunggangi Excel dengan cepat.

Wajib untuk diketahui

Sebelum anda mengikuti uang pelicin dibawah ini, ada beberapa situasi nan perlu engkau ketahui. Bagi anda yang benar-sopan hijau dalam menggunakan Excel, silahkan perhatikan ini.

Kolom Baris Sel Excel

Excel merupakan tuntutan pengolah data dengan menggunakan tabel atau terkenal dengan labelSpreadsheet.Sreg gambar diatas, cak semau 3 hal yang harus dia ketahui.

  1. Berbunga kidal ke kanan jib alias sebaliknya (Horizontal), hal tersebut dinamakanDeret. Derekdi Excel diwakilkan denganpoin yang kronologis dari 1 dan seterusnya.
  2. Dari atas ke dasar layar alias sebaliknya (Vertikal), hal tersebut dinamakanRuangan. Kolomdi Excel diwakilkan denganhuruf yang berurutan berpunca huruf A dan lebih lanjut.
  3. Kalau sira mengklik ruang kosong di halamannya, hal tersebut dinamakanSel.
    Seldi Excel diwakilkan dengankombinasi kolom dan riritseperti A1, B2, D10, dan lain-lain. Jika D10, maka terungku tersebut berada di kolom D dan lega baris 10.

Setelah sira mengetahui, silahkan ikuti tips membiasakan Excel dibawah ini.

1. Prediksi pangkal

Excel memang ditujukan untuk mematangkan data maujud angka nan boleh beliau tambah, ubah, dan manipulasi sesuai kerinduan anda. Nah, mempelajari bagaimana pendirian menghitung di Excel merupakan persiapan mulanya buat mengerti konsep keseluruhan.

Di Excel, bakal menghitung skor dan memanipulasi data lainnya n kepunyaan istilahnya sendiri yaitu menggunakan“Fungsi”. Fungsi dapat dikatakan“rumus”agar angka nan keluar sesuai nan kita inginkan. Untuk membuat Fungsi, anda harus klik kotak yang tersedia di Excel dan ketik tanda“=”(sebagai halnya).

Memasukkan Formula Dan Melihat Hasilnya

Misalnya dia cak hendak menghitung 5 + 5. Anda tentu sudah adv pernah kalau jadinya 10, jadi formula lengkapnya adalah“5 + 5 = 10”.Di Excel, segel“=”diketik bahkan dahulu, plonco diikuti dengan rumusnya. bintang sartan, untuk menampilkan hasil eskalasi, silahkan ketik di Excel“=5+5”.Sesudah anda tekan enter, maka hasilnya akan keluar.

Berikut logo/operator yang dapat anda gunakan untuk ancangan dasar di Excel:

  • “+”Untuk melakukan operasi peningkatan.
  • “-”Untuk melakukan manuver pengurangan.
  • “*”(Tera medali/SHIFT + 8) Lakukan melakukan gerakan perbanyakan.
  • “/”(Garis putar) Bakal melakukan pembagian

Pengembangan dan Tutorial:Sekarang anda tahu perhitungan dasarnya. Silahkan anda membuat prediksi kompleks sebagaimana rumus luas kerucut maupun yang lainnya dengan memperalat teknisi diatas. Anda juga boleh memperalat parentesis untuk memprioritaskan perhitungan. Abstrak: (2+3) x 2 = 10.

2. Kalkulasi cepat dengan Autosum

Setelah sira mempelajari bagaimana perhitungan dasar di Excel, ini saatnya bikin anda merasakan salah satu kekuatan Excel yaituAutosum.Autosum disini merupakanfungsi yang dapat anda gunakan untuk kalkulasi cepat tanpa perlu repot-repot mengetahui rumus perhitungannya.

Menggunakan Autosum

Misalnya anda cak hendak menjumlahkan 10 biji di 10 pengasingan dalam 1 kolom atau baris. Ia cukup menyeleksi semua rumah pasung tersebut dan klikHome > Autosum.Maka semua sel tersebut akan dijumlahkan sebagaimana susuk diatas.

Fungsi Autosum Lainnya

Selain penjumlahan, beliau juga bisa menggunakan fungsi-kelebihan lainnya puas menuAutosumseperti rajah diatas.  Penjelasan bikin masing-masing fungsi tersebut adalah sebagai berikut:

  • SUM:Penjumlahan
  • Average:Mencari poin rata-rata.
  • Count Numbers:Mendapatkan jumlah sel yang diseleksi.
  • Max:Mencari nilai paling raksasa.
  • Min:Mencari nilai minimum.

Pengembangan dan Cak bimbingan:Silahkan anda coba seluruh kurnia nan ada di Autosum. Beliau juga bisa mencoba fungsi lainnya diluar dari Autosum.

3. Otomasi data tersisa dalam penjara

Dua uang sogok sebelumnya mengharuskan anda untuk menjaringkan data ke kerumahtanggaan sel. Sekarang, ayo kita belajar bagaimana cara otomasi data, sehingga kita tidak terbiasa harus terus menerus membukit data. Cabut studi kasus begitu juga ini.

Anda memiliki tabel dengan kolom ‘nomor’. Nomor tersebut pastinya kebal dari nomor 1 sampai berapapun besaran barisnya. Seandainya engkau n kepunyaan data yang banyak, apakah anda harus mengetik semua nomor tersebut? Untungnya, Excel punya fitur nan boleh menjawab hal tersebut.

Contohnya…

Silahkan anda ketik1 di sel mula-mula. Kemudian ketik2di bawah dari angka 1 tadi atau disamping kidal ataupun kanannya. Kemudian, blok dua angka tersebut dengan cara klik kiri dan tahan dari selA1 dan geser ke selA2seperti pada tulang beragangan diatas. Setelah anda blok, kemudian hari dipojok kanan bawah blok tersebut, akansuka-suka boks berwarna hijau. Silahkan anda klik dan geser kebawah. Bagi percobaan kali ini, silahkan ia makzul sampai ke kurungan A5.

Otomasi Data Penambahan Angka Dalam Excel

Setelah sira makzul, maka hasilnya akan makara seperti lembaga diatas. Hal ini boleh terjadi, karena di sengkeran A1 dan A2 tiap-tiap terisi 2 angka, yakni poin ‘1’ dan nilai ‘2’. Excel menjadikan kedua angka tersebut patokan dan menemukan hipotetis bahwa ponten ‘1’ dan angka ‘2’ adalah skor yang ditambah 1 dimulai terbit sel A1. Kesudahannya, A1 ditambah 1 menjadi 2. Setelah menemukan polanya, Excel secara faali menghitungnya lagi momen dia turun takhta kebawah dan semuanya akan bertambah 1 sesuai dengan skor dalam sel sebelumnya.

Otomasi Data Dengan Fungsi Excel

Terlebih, anda bisa melakukan hal tersebut terhadap fungsi atau rumus. Ketika ia klik tahan dan drag sebagaimana cara sebelumnya di sel yang ada rumus, Excel secara otomatis menerapkan fungsi yang sama namun dengan mata air data yang berbeda.

Pengembangan dan Latihan:Silahkan anda membuat pola lainnya dengan memperalat fitur otomasi sel ini. Misalnya, buatlah hendaknya urutan datanya menjadi 1, 3, 5, 7, dll. Lalu, coba pun takdirnya anda mengegolkan aksara kedalamnya. Misalnya anda masukkan No. 1, No. 2, No. 3, dll. Lakukan pun kedalam baris, bukan hanya rubrik seperti pada tutorial ini.

4. Memformat angka

Format angka dibutuhkan jika anda memasukkan data dengan jenis nan berlainan. Misalnya 100% tentu berbeda dengan Rp. 100. Walaupun anda mengetikkan sama-sederajat ponten“100”,penggunaannya berbeda. Di Excel, ia boleh megubah format angkanya sesuai dengan yang diinginkan.

Mengubah Format Angka Di Excel

Silahkan anda blok apalagi dahulu angka nan akan diubah formatnya. Kemudian pada bagian“Number”,klik menu gulir radiks yang bertuliskan“General”.Kemudian pilih dimensi angka nan anda inginkan.

Format Angka Uang

Kesannya dapat anda tatap seperti rencana diatas. Detik saya memilih“Currency”,maka secara otomatis Excel akan menyangkal formatnya menjadi format Mata uang.

Pengembangan dan Latihan:Silahkan anda ubah formatnya menjadi Rp. 1.000.000,00 dengan menggunakan cara diatas. Kemudian, ubah juga satuan uangnya, misalnya gunakan dolar Amerika ataupun menjadi Yen Jepang. Gunakan juga format angka lainnya seperti rontok.

5. Mewujudkan tabel

Tips lainnya untuk cara belajar menggunakan Excel dengan cepat yaitu membentuk tabel. Dengan membuat tabulasi, data nan kamu berikan bisa diorganisir di Excel lebih mudah kembali. Jangan menganggap bahwa dengan mengisi data di terungku-kerangkeng di Excel, data tersebut sudah menjadi Tabel. Anda perlumemformatnya terlebih suntuk, layaknya tips sebelumnya.

Membuat Tabel Di Excel

Silahkan beliau blok malah suntuk data tabel anda. Kemudian, akan terserah tombol suplemen di pojok kanan bawah seperti bagan diatas. Klik bagian“Tables”dan klik“Table”.

Menyortir Tabel Excel

Pasca- sira mengerjakan hal tersebut, maka tampilannya akan menjadi seperti mana diatas. Dengan data nan sudah menunggangi format tabel ini, anda bisa melakukan beberapa peristiwa. Contohnya tetapi ketika beliau klik tanda panah dasar terhadap“Daftar Sosi”,maka anda bisa menyortirnya beralaskan aksara. Seumpama bermula A ke Z atau Z ke A.

Pengembangan dan Kursus:Silahkan anda coba membuat tabel dengan data yang lebih kompleks. Misalnya ada kolom nomor dan juga suka-suka perhitungan untung dan rugi serta rata-rata menggunakan fungsi/rumus di Excel. Dan coba ia buat data tersebut di sortir berdasarkan untung terbanyak.

6. Membuat Chart/Grafik

Sebuah data dalam tabel akan lebih menarik dilihat jika dibuatkan sebuah tabel. Karena tampilan okuler tentunya kian menarik ketimbang hanya sekedar data angka sahaja. Dengan Excel, anda dapat menciptakan menjadikan grafik dengan mudah dan sortiran grafiknya sangat lengkap.

Memilih Data Yang Akan Dijadikan Grafik

Buat membuat tabel, dia perlu melembarkan data yang akan ditampilkan. Pada buram diatas, anda bisa mengawasi bahwa carik punya dua biji pelir diagram. Ada diagram harga gerendel di sebelah kidal dan tabel penjualan di arah kanan. Disini, penulis ingin mewujudkan grafik/chart nan menampilkan mana buku yang paling kecil banyak memperoleh untung.

Silahkan anda pilih kolom“Daftar Buku”dan lagi rubrik“Total Untung”.Gunakan cembulCTRL seyogiannya anda bisa menyeleksi atau memblok dua ruangan tersebut. Jadinya, blok terlebih dahulu kolom daftar buku kemudian tekan tombol CTRL dan blok lagi kolom total untung.

Chart Di Excel

Setelah selesai memblok dua kolom tersebut, silahkan klik menu“Insert”dan tatap lega bagian“Charts”.Disini, penulis akan menunggangi opsi“Recommended Charts”,dimana Excel sudah menyediakan keberagaman grafik yang sesuai dengan data yang carik blok alias seleksi.

Memilih Grafik Di Excel

Silahkan memperbedakan jenis grafik nan ingin anda pakai. Sekiranya menurut dia adv minim cocok, anda bisa mengklik tab“All charts”buat melihat semua jenis grafik. Jika sudah memintal diversifikasi grafiknya, klik Ok.

Chart Di Excel Kostumasi

Jika sudah, maka tampilannya akan sebagai halnya diatas. Engkau bisa mengaram bahwa bukuHarry Potterialah kunci yang paling banyak untungnya. Anda juga bisa mengubah tampilan grafik dengan cara mengklik tombol“+”sebagaimana gambar diatas. Untuk informasi kian konseptual dari pengubahan data grafik, meniadakan tampilan, dan lain-lain, anda bisa kunjungi artikel nan bertambah lengkap di cara membuat grafik ini.

Peluasan dan Tuntunan:Silahkan engkau bagi grafik dengan data yang bertambah kompleks. Silahkan anda tambahkan persentase kedalam untung nan ada. Coba juga diagram lainnya.

7. Menunggangi Matra Cell

Tidak terasa sudah sampai tips yang ke-7 n domestik mempelajari cara berlatih menggunakan Excel dengan cepat. Dengan Format Cell, anda dapat mengamalkan berbagai hal menarik untuk mengubah tampilan teks dalam kerangkeng. Misalnya tetapi, anda ingin menyangkal tampilan hurufnya menjadi genyot. Peristiwa tersebut karuan bisa dilakukan di Excel.

Merubah Tampilan Menjadi Miring Di Excel

Caranya adalah blok atau seleksi saja lokap yang ingin diubah. Kemudian, klik kanan dan klik“Matra Cell”.Kemudian puas bagian“Alignment”,lengser saja dengan memperalat pointer mouse pada babak“Orientation”seperti gambar diatas. Sekiranya mutakadim, klik Ok.

Hasil Dari Format Cell

Pengembangan dan Latihan:Silahkan anda coba berbagai opsi lainnya di Format Cell. Seperti memberikan warna pada pustaka, memungkiri font, dan masih banyak juga.

8. Menggunakan maslahat manual

Sebelumnya, anda sudah lalu mempelajari bagaimana menggunakan fungsi di Excel, yaitu dengan mengepas kepentingan Autosum. Semua itu dapat anda lakukan dengan namun mengklik fungsi yang cak semau. Doang sekali-kali, saat data di Excel kita sudah banyak dan kegandrungan, terserah beberapa kondisi dimana memperalat fungsi seperti cara sebelumnya bukan efektif. Untuk itulah, Excel juga sudah mencuaikan fitur dimana kita bisa memasukkan fungsi secara manual.

Menggunakan Fungsi Pertambahan Secara Manual Di Excel

Kita akan mulai menunggangi kemustajaban nan mudah dulu, adalah kekuatan untuk menambah data nan ada. Kerjakan hal tersebut, silahkan anda buat data angka lampau paling 2 kamp. Kemudian plong interniran berikutnya, anda boleh ketik“=sum(”(tanda merek petik). Kemudian silahkan ia pemilihan alias blok data nan akan ditambahkan. Pada rangka diatas, penyalin memintal semua data yang ada di A1 hingga A5. Jika sudah, tekan enter.

Hasil Pertambahan Di Excel

Hasil berasal kenaikan akan langsung muncul. Rumus atau fungsinya juga akan terlihat begitu juga pada gambar diatas. Penjelasannya yakni bakal memasukkan fungsi secara manual, beliau perlu mengetikkan huruf angka“=”,diikuti dengan jenama fungsinya. SUM disini merupakan fungsi untuk menambahkan data. Setelah itu, beri tanda“()”dan anda dapat memilih data yang akan ditambahkan. Fungsi lengkapnya menjadi“=namafungsi(data_pertama:data_terakhir)”dan akan menjadi“=sum(A1:A5)”.

Perubahan Data

Perlu anda ketahui pun bahwa Excel sangat luwes. Studi kasusnya momen data anda ternyata ada kesalahan, namun anda sebelumnya mutakadim menghitung data tersebut. Jangan khawatir, saat anda mengubah data tersebut, secara otomatis jumlah berpunca data tersebut pun pula akan berubah. Contohnya pada kerangka diatas, dimana juru tulis menafsirkan data yang ada di sel A5 berwarna kuning. Maka hasil pertambahannya pun akan berubah juga.

Pengembangan dan Pelajaran:Silahkan kamu gunakan fungsi manual ini terhadap kurnia-kepentingan lainnya. Misalnya fungsi rata-rata. Untuk lazimnya, gunakan“=average”.

9. Menunggangi Conditional Formatting

Dengan Conditional Formatting, anda dapat ki menggarap data dengan tampilan nan lebih interaktif lagi. Misalnya engkau dapat menambahkan visualisasi akan halnya persentase data. Bikin lebih jelasnya, lihat rencana dibawah ini.

Conditional Formating Di Excel

Pada buram diatas, notulis menambahkan 2 jenis Conditional Formatting. Yang pertama adalah interpolasiwarung kopidengan corak biru dan penambahan etiket panah nan menunjukkan persentase mana yang turun alias naik. Pelukisan seperti ini dapat mendukung kita untuk melihat secara cepat data mana yang sesuai dengan standar yang diinginkan.

Menggunakan Conditional Formatting

Untuk melakukan hal tersebut, cukup memperbedakan saja data yang akan di ubah, kemudian memperbedakan opsi“Conditional Formatting”.Lalu, memilah-milah format yang anda inginkan. Seperti contoh diatas, penyadur menunggangi format“Data Bars”.Risikonya dapat dilihat sedarun di data yang sudah anda seleksi sebelumnya.

Pengembangan dan Latihan:Silahkan ia coba dimensi lainnya sebagai halnya“Highlights Cell Rules”.Dengan opsi tersebut, beliau bisa menambahkan kondisi, misalnya data tersebut lebih tingkatan alias kian rendah.

10. Menggabungkan 2 kolom atau larik

Dari tips 1 sampai 9, anda sudah dapat membuat tabel yang keren dan interaktif dengan chart atau diagram. Belaka biasanya semakin obsesi sebuah tabel nan kita buat, pastinya kita bersemuka plong keadaan dimana anda harus menggabungkan 2 kolom maupun saf.

Tabel Tanpa Merge Di Excel

Jika anda lihat tulangtulangan diatas, grafik menjadi tidaklah kemas. Karena selC4 dan C5 tidak bergabung, sel E4, F4, dan G4 lagi bukan menyatu.Cak bagi menyatukannya sangatlah mudah.

Cara Merge Kolom Baris Di Excel

Boleh sira lihat di animasi di atas, caranya adalah anda sahaja tinggal seleksi 2 rubrik/baris atau kian. Kemudian klik pentol“Merge & Center”. Nantinya, sel C4 dan C5 akan menjadi satu. Engkau bisa melakukan hal nan sama terhadap yang lainnya dengan mudah.

Peluasan dan Latihan:Coba beliau atur supaya rubrik alias banjar nan sudah dijadikan satu teksnya menjadi rata tengah, baik vertikal maupun horizontal. Jika kamu lihat di animasi di atas, teks“No.”semata-mata rata tengah secara horizontal hanya, tidak vertikal.

11. Menggunakan Template bagi mempercepat anda dalam berkreasi dengan Excel

Microsoft Excel mempunyai ratusan template siap pakai yang bisa engkau gunakan di berbagai kondisi maupun pegangan. Mulai bersumber mengatur jadwal kerja, mengatur pemasukan dan pengeluaran uang, absensi kerja, dan masih banyak lagi. Lalu, dimana anda bisa menemukan template-template ini?

Template Awal Excel

Momen anda membuka Excel permulaan kali, Excel secara otomatis menerimakan rekomendasi Template nan boleh anda pakai seperti susuk diatas. Maupun jika anda sudah menyingkapkan sebuahworksheetExcel, ia dapat dengan mudah menindihkan tombol CTRL + N bagi menyibakkansheethijau. Di kotak pencarian, anda bisa mencari template sesuai kerinduan ia.

Jika anda seorang manajer bestelan, sira bisa menemukan 10+ Template Excel Kerjakan Manajemen Proyek & Tracking yang bisa menghemat banyak waktu engkau.

Peluasan dan Cak bimbingan:Silahkan anda coba memperalat template lain. Seandainya pertama anda mengaryakan template buat mengatak pengeluaran dan pembayaran tiap bulan, silahkan coba bikin membuat daftar tiang penghidupan dalam wulan ini beserta waktu pengerjaannya dengan menggunakan template yang ada di Excel.

12. Menunggangi Add-in untuk membusut fungsionalitas Excel

Tips terakhir mandu belajar menggunakan Excel dengan cepat yaitu menggunakan Add-in. Microsoft Excel sesungguhnya sudah sangat sempurna, sehingga semua yang dia pikirkan mengenai penggodokan data sememangnya bisa anda lakukan jika anda mengetahui caranya. Namun kalau dirasa anda memerlukan fitur tambahan, anda dapat menggunakanAdd-indiStore untuk Excel.

Add In Di Excel

Silahkan anda akses Store untuk Excel di menu“Insert”kemudian klik“Store”.Silahkan temukan segala apa nan kamu inginkan. Misalnya saja dabir ingin memberikan notasi tentang buku yang ada berwujud permakluman berpunca Wikipedia. Kemudian klik saja“Add”jika beliau menemukannya.

Menggunakan Add In Wikipedia Di Excel

Seperti mana rancangan diatas, bisa anda lihat ketika saya mengklik gerendel Harry Potter, Wikipedia memberikan informasi mengenai buku tersebut.

Pengembangan dan Kursus:Silahkan ia coba add-in lainnya nan tersedia.

BONUS Tips: Cara Print Excel Yang Sempurna

Setelah anda selesai mewujudkan tabel yang cantik, lengkap, dan informatif dengan adanya tabulasi atau chart, kita sekali lagi terbiasa senggang bagaimana mengatur tabel agar bisa di cetak dengan rapi dan sesuai dengan keinginan. Kalau anda tidak luang bagaimana caranya, penulis mutakadim membuat artikel khusus agar anda boleh mencetakspreadsheetExcel kamu dengan sempurna.

Lalu, bagaimana menurut anda dengan artikel Prinsip Membiasakan Menggunakan Excel Dengan Cepat ini?

Radu sudah artikel hari ini. Dengan mengimplementasikan tips-tips yang ada di artikel ini, anda akan siap menggunakan Excel ke janjang yang lebih tingginya. Mengetahui dasarnya merupakan hal yang sangat penting. Jika sira memiliki tanya, silahkan tulis di kotak komentar. Selepas kamu mempelajari dasar-dasar Excel, barangkali anda tertambat bagaimana Cara Cepat Membuat Sertifikat Di Microsoft Word Dengan Data Dari Microsoft Excel atau membuat formulir dan kuisioner online dengan Google Forms.

Source: http://teknik-informatika-s1.stekom.ac.id/informasi/baca/12-Tips-Cara-Belajar-Menggunakan-Excel-Dengan-Cepat/ffbb746227b7b4afc54226b5f6647bee2cedf52c