Cara Membuat Ikan Dari Kardus

Bismillahirrohmanirrohim

Assalaamu’alaikum Wr. Wb.

Hai bunda..

Bingung mau membuat kegiatan apa bersama si kerdil? Cara mudahnya, kita perlu cari tahu, kegiatan atau hal apa yang sedang disenangi.

Umumnya si kerdil itu gemar sekali saat melihat ikan. “Ma, itu terserah ikan. Itu ada iwak pula”. Walaupun kita sudah menjatah tahu nama-cap lauk, saja ia konsisten menjuluki semua jenis lauk dengan kata “ikan”, hehehe.

Kalau si kecil, lagi suka akan sesuatu, kita bisa mengajaknya belajar menerobos kejadian itu. Saya mengajak mba hana membuat ikan terbit kardus.

Bulan-bulanan: karton, plano A4

Radas:

  1. Gunting
  2. Cutter
  3. Silotip kertas
  4. Double komisi
  5. Lem fox
  6. Pensil warna

Pendirian membuat:

  1. Print
    file berikut di kertas A4, di LINK MAINAN IKAN ini. Sesudah kertas di cetak, jakal anak lakukan mewarnai ikan (halaman ke-2). Tutup biji dengan silotip kertas agar tidak ikut terwarnai oleh si kecil. Jikalau ketika dilepas silotipnya, kertas ikut terangkat. Bunda dapat mengeprint kembali angkanya (halaman ke-3.)
  2. Tempel gambar lauk (jerambah ke-2) yang telah diwarnai ke atas dus. Sedangkan gambar ikan (jerambah 1) ditempel di bawah kardus. Runjam ikan sesuai dengan bentuknya dan nomor kotak poin memperalat
    cutter
    yang ekstrem. Seandainya merasa musykil memotongnya, kita dapat memotong kardus sesuai matra kertas A4, tidak perlu sesuai bentuk iwak. Penggalan kotak biji teradat kita potong, hendaknya menimbulkan kesan timbul di dalam badan ikan.
  3. Print
    gambar ikan (halaman ke-3). Setelah selesai digunting sesuai ukuran, plano ditempel di atas dus dengan
    double uang.
    Kemudian gunting kotak saban skor.
  4. Miniatur ikan terbit kardus, siap untuk dimainkan

Jika kita merasa tak suka-suka waktu untuk membuat mainan berpokok kardus, buram ini boleh kita cetak di kertas A4. Mainan pun bisa langsung digunakan.

Manfaat berpokok kegiatan ini kira-terka apa ya?

  • Membiasakan berkira-kira
  • Sensori bentuk ikan
  • Menambah kosa alas kata dengan menyebutkan babak tubuh ikan
  • Latihan pemusatan
  • Meningkatkan kreatifitas

Kalau bunda merasa tulisan bermanfaat atau sudah berhasil mengunduh filenya, mari tuliskan komentar di bawah yaa. Supaya jadi tambah semangat berbagi DIY mainan momongan. Sambut kasih.

Selamat menyedang bunda 🙂

Wassalaamualaikum Wr Wb



Source: https://mariafatimahblog.wordpress.com/2020/01/24/diy-membuat-ikan-dari-kardus/