Cara Mapping Mata Pelajaran Pada Erapor Smp

Berikut ini merupakan berkas Panduan Petisi e-Rapor SMP Varian 2.2. Download file ukuran PDF.

Berikut ini kutipan pustaka/mualamat semenjak isi berkas Panduan Permohonan e-Rapor SMP Versi 2.2:

Proses penilaian hasil berlatih pesuluh didik, baik oleh pendidik atau oleh satuan pendidikan, akan lebih berstruktur, komprehensif, akuntabel, dan cepat dilakukan apabila didukung dengan perkakas aplikasi. Berkaitan dengan hal tersebut, Direktorat Sekolah Semenjana Purwa, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Arwah Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Sedang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, telah mengembangkan aplikasi e-Rapor berbasis web, yang terintegrasi dengan Data Muslihat Pendidikan (Dapodik).

Permohonan e-rapor untuk panjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), telah dikembangkan sejak periode 2022. Aplikasi e-rapor dikembangkan n domestik rangka melancarkan sekolah cak bagi melaksanakan tugas penilaian, mulai berpokok perencanaan, pelaksanaan, penggarapan, pemanfaatan, dan pelaporan hasil penilaian. Sejalan dengan dinamika garis haluan Kementerian dan Kultur, maka tuntutan e-rapor sekali lagi cinta disesuaikan dengan permintaan atau perubahan yang suka-suka. Puas perian 2022 Aplikasi e-rapor kembali mengalami penyesuaian karena adanya perubahan sistem pada Dapodik, serta mengakomodasi kebijakan pembiasaan kurikulum di hari epidemi covid-19, berdasarkan Keputusan Nayaka Pendidikan dan Kultur nomor 719/P/2020 yang memberikan fleksibilitas pelaksanaan kurikulum pada kondisi individual untuk satuan pendidikan.

Panduan ini bertujuan buat memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan dalam menunggangi aplikasi e-Rapor n domestik merencanakan dan melaksanakan penilaian, mengolah dan memanfaatkan hasil penilaian, serta menciptakan menjadikan embaran pencapaian kompetensi peserta didik. Panduan ini berisi ramalan penggunaan aplikasi e-Rapor berbasis web, nan memuat akan halnya mekanisme hingga wewenang dari konsumen aplikasi e-Rapor tersebut. Panduan ini pun dilengkapi dengan petunjuk penggunaan e- Rapor kerjakan Admin, Suhu Mata Pelajaran, Guru Arahan dan Konseling, Wali Kelas, dan Peserta Didik.

A. Latar Belakang

Kurikulum 2022 telah diimplementasikan secara sedikit berangsur-angsur mulai masa pelajaran 2022/2014.Komponen terdahulu implementasi Kurikulum 2022 yaitu pelaksanaan penataran dan penilaian yang berbasis proses dan otentik, bagi mengaras kompetensi sikap, makrifat, dan kesigapan yang cukup sreg para siswa didik.

Seiring dengan jalan kebijakan pelaksanaan penilaian oleh pendidik dan rincih pendidikan, serta upaya peralihan eksemplar penilaian yang mulanya lebih mengutamakan pengukuran hasil pembelajaran (assessment of learning), menjadi penilaian sebagai upaya pembelajaran (assessment as learning) dan penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning), dibutuhkan alat angkut yang efektif dan cukup kerjakan menindaklanjuti dan memanfaatkan proses dan hasil penilaian tersebut.

Selain itu, privat rangka peningkatan mutu dan layanan pendidikan di Sekolah Semenjana Permulaan (SMP), khususnya di satah pengelolaan penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan, Direktorat Sekolah Sedang Mula-mula, Direktorat Jenderal Pendidikan Asal dan Menengah, Departemen Pendidikan dan Kultur, akan mengembangkan Permohonan e-Rapor SMP yang terintegrasi dengan Data Resep Pendidikan (Dapodik).

Aplikasi e-Rapor SMP ini dikembangkan dengan merujuk kepada panduan penilaian tahun 2022 cetakan ketiga yang diterbitkan oleh Direktorat SMP.

Sampai dengan panduan ini disusun, permintaan e-Rapor sudah sampai pada versi 2.2. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kultur nomor 719/P/2020 mengisyaratkan bahwa fleksibilitas pelaksanaan kurikulum pada kondisi khusus bikin satuan pendidikan.

Terkait pelaksnaan kurikulum pada kondisi khusus, ketengan pendidikan dapat melaksanaan pembelajaran dengan:

a. mengacu pada kurikulum kewarganegaraan dengan KI dan KD sesuai Permendikbud No 37 musim 2022 nan selama ini dilaksanakan oleh satuan pendidikan;

b. mengacu plong kurikulum kewarganegaraan yang disederhanakan dengan Pintu dan KD sesuai dengan SK Kabalitbang dan Perbukuan nomor 018/H/KR/2020;

c. mengamalkan penyederhanaan kurikulum secara mandiri.

Sehubungan dengan kejadian di atas aplikasi e-Rapor SMP sebagai pendukung manajemen penilaian wajib melakukan orientasi bagi dapat mengakomodasi kebutuhan satuan pendidikan bagaikan konsumen dengan fitur-fitur komplemen sesuai pilihan kurikulum yang dilaksanakan maka dari itu eceran pendidikan.

B. Asal Hukum

  1. Ordinansi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2022 adapun Standar Penilaian Pendidikan.
  2. Permendikbud Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ki dan KD.
  3. Statuta Menteri Pendidikan dan Tamadun Nomor 3 Musim 2022 tentang Penilaian Hasil Berlatih oleh Pemerintah dan Penilaian Hasil Membiasakan maka itu Eceran Pendidikan.
  4. Panduan Penilaian oleh Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama tahun 2022.
  5. Permendikbud Nomor 37 perian 2022 ini berisi adapun Perubahan atas Qanun Menteri Pendidikan dan Peradaban Nomor 24 tahun 2022 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2022 pada pendidikan asal dan pendidikan menengah.
  6. Surat Edaran Mendikbud nomor 4 musim 2022 akan halnya Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Temporer Penyiaran Covid-19.
  7. Surat Keputusan Nayaka Pendidikan dan Kebudayaan nomor 719/P/2020 akan halnya Pedoman Pelaksanaan Kurikulum dalam Kondisi Khusus.
  8. Keputusan Kabalitbang dan Perbukuan nomor 018/H/KR/2020 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran lega Kurikulum 2022 pada Pendidikan Anak Roh Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Berbentuk Sekolah Menengah Atas.

C. Tujuan Penyusunan Panduan

Panduan ini disusun dengan pamrih sebagai berikut:

  1. Memasrahkan pemahaman kepada admin sekolah mengenai karakteristik aplikasi e- Rapor SMP;
  2. Memberikan panduan kepada admin sekolah adapun langkah-langkah instalasi tuntutan e-Rapor SMP;
  3. Memberikan pemahaman kepada admin sekolah mengenai mekanisme eksploitasi permohonan e-Rapor SMP;
  4. Menyerahkan panduan kepada guru ain pelajaran tentang mekanisme pemakaian aplikasi e-Rapor SMP;
  5. Memberikan panduan kepada pengasuh inferior tentang mekanisme pemanfaatan aplikasi e-Rapor SMP;
  6. Memberikan panduan kepada hawa Didikan dan Konseling (BK) akan halnya mekanisme pemanfaatan aplikasi e-Rapor SMP;
  7. Menyerahkan panduan kepada peserta pelihara tentang mekanisme penggunaan petisi e-Rapor SMP.

D. Ira Spektrum

Ruang spektrum panduan e-Rapor SMP ini mencengam karakteristik tuntutan e-Rapor SMP, alur data e-Rapor SMP, level wewenang pengguna e-Rapor SMP yang menghampari wewenang admin, guru indra penglihatan pelajaran, master pimpinan dan konseling, pengasuh kelas bawah dan siswa.

Panduan buat admin menghampari langkah tugas dan kewenangan admin, alur kerja admin berbunga instalasi e-Rapor SMP setakat pengiriman kredit ke server Dapodik.

Panduan untuk guru netra pelajaran membentangi tugas dan kewenangan master mata pelajaran n domestik hubungannya dengan e-Rapor SMP. Demikian halnya silsilah kerja guru mata pelajaran mulai merencanakan penilaian yang mencakup empat aspek yaitu proklamasi, kegesitan, sikap spiritual dan sikap sosial. Selanjutnya suhu mata tuntunan menginput nilai baik secara manual ataupun dengan cara impor.

Panduan bikin suhu bimbingan dan konseling, mencakup kewenangan guru Didikan dan Konseling dalam e-Rapor SMP serta langkah perencanaan dan input nilai sikap baik spiritual mapun sosial. Privat hal ini guru Bimbingan dan Konseling pula dapat memantau grafik jalan nilai siswa dari setiap semester.

Panduan bakal wali papan bawah mencakup wewenang wali papan bawah dalam e-Rapor SMP serta anju input poin sikap, input kehadiran siswa, input poin ekstra kurikuler, input karangan wali dan cetak rapor.

Panduan bikin peserta mencakup kewenangan petatar dalam e-Rapor SMP serta panduan bikin menyibuk kredit internal e-Rapor.

E. Sasaran Pengguna

Panduan ini diperuntukkan bagi pihak-pihak ibarat berikut:

  1. Admin e-Rapor
  2. Guru mata kursus
  3. Guru bimbingan dan konseling
  4. Penanggung jawab Kelas bawah
  5. Pesuluh
  6. Pejabat Sekolah
  7. Orantua/wali murid

DAFTAR ISI

Kata sambutan

DAFTAR GAMBAR

I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

B. Sumber akar Hukum

C. Tujuan Penyusunan Panduan

D. Ruang Jangkauan

E. Sasaran Pengguna

II. APLIKASI E-RAPOR SMP

A. Akan halnya aplikasi e-Rapor varian 2.2

B. Aplikasi e-Rapor berbasis Web

C. Galur Data pada e-Rapor

D. Level Kewenangan Pengguna e-Rapor

III. PANDUAN Untuk ADMIN

A. Tugas dan Kewenangan Admin

B. Alur Kerja Admin

C. Instalasi e-Rapor

1. Persyaratan teknis server

2. Langkah instalasi

D. Login Ibarat Admin

E. Mengingkari Password

F. Menjumut Data Dapodik

G. Mengedit Data Komandan Sekolah

H. Generate User

I. Menambahkan Abreviasi Data Alat penglihatan Les

J. Memetakan (Mapping) Ain Pelajaran

K. Mengatur Pembelajaran

L. Menginput KKM Mata Tutorial dan Selang antara Predikat

  1. Menginput KKM netra pelajaran dengan cara import
  2. Menginput KKM indra penglihatan pelajaran dengan cara manual
  3. Merevisi dan Menyetip KKM Netra Pelajaran

M. Mengusahakan Data Kompetensi Sumber akar

Ufuk. Melihat Data Ekstrakurikuler

O. Menginput Tanggal Rapor

P. Mencetak Rapor

Q. Menugasi Nilai ke Dapodik

R. Backup dan Restore Data

  1. Backup Data
  2. Restore Data

S. Menu Lain sreg Dashboard Admin

  1. Hasil Penggarapan Nilai
  2. Diagram Poin Pelajar
  3. Rekap Kehadiran Siswa
  4. Leger Nilai Pelajar

IV. PANDUAN Bikin Suhu Netra PELAJARAN

A. Tugas dan Kewenangan Guru Mata Pelajaran

B. Alur Kerja Guru Mata Cak bimbingan

C. Login

D. Mengubah Password

E. Mengaktifkan Data Kompetensi Dasar Sesuai pilihan Kurikulum

F. Input Data Kompetensi Dasar (Istimewa Muatan Lokal dan Pelaksana Kurikulum Penyederhanaan Secara Mandiri)

G. Merencanakan Penilaian Harian

  1. Merencanakan penilaian pengetahuan
  2. Merencanakan penilaian keterampilan
  3. Merencanakan penilaian sikap spiritual
  4. Merencanakan penilaian sikap sosial
  5. Mengkopi bagan penilaian
  6. Pembobotan PH, PTS, dan PAS

H. Menginput Nilai

  1. Menginput nilai pengetahuan
  2. Menginput skor keterampilan
  3. Menginput nilai sikap spiritual
  4. Menginput nilai sikap sosial
  5. Menginput poin tengah semester (PTS) dan nilai akhir semester (Memadai)

I. Proses Deskripsi Pesuluh

J. Lihat Pengolahan Nilai

K. Mengirim Nilai Akhir

L. Menghapus poin yang salah kirim

V. PANDUAN Untuk Hawa Didikan DAN KONSELING

A. Tugas dan Wewenang Guru BK n domestik Aplikasi e-Rapor

B. Alur Kerja Suhu BK

C. Guru BK laksana Master Mata Cak bimbingan

  1. Login
  2. Mengubah Password
  3. Mengaktifkan pilihan kurikulum
  4. Merencanakan Penilaian Sikap Spiritual
  5. Merencanakan Penilaian Sikap Sosial
  6. Input Nilai Sikap Spiritual
  7. Input Kredit Sikap Sosial
  8. Input Kedatangan Murid
  9. Mengaram Data Peserta Bimbing

D. Guru BK sebagai Guru Bimbingan

  1. Melihat Grafik Nilai
  2. Melihat Rekap Kehadiran Peserta Didik
  3. Mencetak Leger

VI. PANDUAN Untuk WALI Kelas

A. Tugas dan Wewenang Wali Kelas kerumahtanggaan e-Rapor

B. Silsilah Kerja Wali Kelas bawah

C. Login

D. Berganti Akses Penanggung jawab Kelas

E. Edit Data Peserta Didik

F. Input Kehadiran Peserta Didik”

G. Input Nilai Ekstrakurikuler

H. Input Prestasi Siswa

I. Input Tulisan Wali Kelas

J. Proses Deskripsi Sikap

K. Cetak Rapor

VII. PANDUAN Cak bagi Murid

A. Wewenang Siswa dalam e-Rapor

B. Alur Kerja Siswa

C. Login

D. Memungkiri Password

E. Mengintai Data Pribadi

F. Melihat Nilai Akhir Semester

G. Mengaram Grafik Nilai

H. Mematamatai Rekap Absensi

VIII. Intiha

A. Kesimpulan

B. Saran

Daftar Pustaka

DAFTAR LAMPIRAN

A. Trouble Shooting

  1. Data Guru Tidak Terambil Ke aplikasi e-Rapor
  2. Pembelajaran Pendidikan Nan Agama Berbeda Internal Satu Rombel
  3. Kelas bawah Maupun Mata Les Tidak Muncul Saat Input Biji
  4. Nilai Enggak Terkirim Ke Wali Kelas
  5. Nilai Suatu Mapel Tidak Muncul Di Cetak Rapor
  6. Deskripsi Sikap Tidak Unjuk Di Cetak Rapor
  7. User Selain Admin Lalai Password
  8. Admin Tengung-tenging Password
  9. Tidak Dapat Mengakses e-Rapor Setelah Proses Restore
  10. User Selain Admin Terblokir
  11. Nilai Indra penglihatan Pelajaran Agama Tertentu Lain Muncul

B. Hasil Cetak Rapor

  1. Transendental Hasil Kelengkapan Rapor
  2. Sempurna Hasil Cetak Rapor Semester 1
  3. Contoh Hasil Cetak Rapor Semester 2
  4. Konseptual Cetak Leger

Download Panduan Aplikasi e-Rapor SMP Varian 2.2

Sesudah-sudahnya mengenai asosiasi dan isi berkas Panduan Petisi e-Rapor SMP Varian 2.2 ini silahkan lihat dan unduh pada link di sumber akar ini:

Download Panduan Permohonan e-Rapor SMP Varian 2.2.pdf









Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file
Panduan Aplikasi e-Rapor SMP Varian 2.2. Moga bisa berguna.

Source: https://www.berkasedukasi.com/2021/02/panduan-aplikasi-e-rapor-smp-versi-22.html