Cara Guru Mengajar Siswa Smp

TEKNIK MENGAJAR Nan BAIK DAN EFEKTIF

Oktober 26, 2022
by   – dibaca 16999 kelihatannya

Filed under Enggak Berkategori




     Seorang guru/pengajar/dosen harus memiliki kemampuan yang baik privat menyampaikan materi yang diajarkannya, bila tidak… maka yang terjadi yakni murid/mahasiswa akan kurang faham, tak mengesir alat penglihatan pelajaran tersebut atau lebih lagi kamu sendiri misal pengajar tak disukai.










     Tidak pelit nilai mungkin kejadian yang bijak perumpamaan seorang penatar dan tentunya anda akan menjadi pengajar favorit dikelas, namun hal ini tidak mendidik dan merugikan petatar yang anda didik. Berikut ini ada beberapa tips yang jamak saya lakukan bila mengemukakan materi dikelas :









Sebelum Menampilkan Materi :













    • Pelajarilah kembali materi yang
      akan disampaikan dan buatlah ringkasan atau point-point penting pada materi tersebut, karena siapa anda banyak mengajar mata cak bimbingan lainnya maka sesekali sudah agak lupa dengan materi ini sehingga perlu dipelajari lagi agar lebih siap.


    • Buatlah diktat atau ikhtisar yang boleh di fotocopy atau disalin maka itu siswa, sehingga kita bukan mesti merujuk banyak buku kepada siswa. Peristiwa ini pun memudahkan siswa sehingga ia tidak perlu banyak membeli buku. Apabila mata pelajarannya eksak/hitungan, buatlah ikhtisar rumus kepada peserta.

    • Siapkan tanya-soal latihan sebanyak-banyaknya dan dibagi menjadi kategori ringan, medium, dan susah. Rangkum semua tanya tersebut dalam satu buku atau file dan buat katebelece disetiap soal tersebut… memo ini dibuat seharusnya anda tahu kapan anda susunan memberikannya kepada siswa dan pada kelas berapa, sehingga cak bertanya yang sudah diberikan tidak disampaikan lagi sreg pertemuan berikutnya.

  • Milikilah absen murid anda, dan buatlah tabel poin dan presentase kemenangan siswa. Peristiwa ini berfaedah agar engkau bisa mengetahui apakah materi anda telah diserap dengan baik makanya pesuluh dan petatar mana yang perlu anda pelihara kian ekstra hendaknya nilainya bukan roboh.




Saat di Inferior :



    • Buatlah suasana yang meruntun dan lain menjemukan, untuk itu anda harus banyak latihan agar kaidah berbicara, sikap, dan metode ajar anda boleh dipedulikan dengan baik oleh pesuluh. Menjadi guru yang agresif dan berlebih ketaatan terkadang akan menciptakan menjadikan siswa yang berkanjang juga, cak bagi itu buatlah siswa takut karena hormat kepada ia dan bukan takut karena hukuman anda. Pernah ada peserta yang sangat nakal, namun beliau justru malu dan bersimbah dengan salah satu hawa yang sangat dihormatinya. Berikan ingatan anda dengan mumbung rahmat cangap, bukan berburu kesalahan mereka.

    • Buatlah quiz di mulanya dan pengunci penyampaian materi, bila waktu tidak memungkinkan buat hanya di akhir materi lain diawalnya… hal ini dapat menjadi indikator apakah materi yang sudah disampaikan sudah dituruti dengan baik oleh siswa. Saya banyak mengalami quiz dilakukan namun di mulanya materi, hal ini hanya membuang waktu dan tidak efisien karena secara logika tentunya pesuluh belum mengetahui materi yang akan disampaikan. Kalo soal quiznya materi hari kemaren itu namanya ulangan… jadi perlu bedakan antara quiz dengan ulangan yach…

    • Sampaikan materi dengan menyampaikan point-point pentingnya sahaja, jangan bersisa banyak bertele-tele atau terlalu banyak berkisah yang bukan dalam ruang radius materi ia. Untuk materi eksak, perbanyaklah teoretis soal… sampaikan perlahan dan buat agar siswa pun sama2 turut berfikir.

    • Untuk sistem ajar yang kian interaktif berupa temu ramah, pancinglah petatar agar banyak bertanya. Selain itu cak semau juga perlunya beliau bersenda gurau disela-sela penguraian materi agar tidak bersisa tegang.

    • Pekerjaan Apartemen (PR) dapat anda berikan setiap akhir penguraian materi, saja bila ternyata itu tidak efektif misalnya banyak yang enggak berbuat atau ternyata banyak yang saling mencontek pekerjaan teman2nya sebaiknya metode PR nya dia ubah umpama dengan tikai cak bertanya tiap siswa atau cara lainnya.

    • Anda perlu mengamalkan evaluasi terhadap kaidah anda mengajar, ini bisa dilakukan dengan menerimakan questioner pada siswa terhadap prinsip mengajar sira.

    • Anda juga dapat mengamalkan quiz interaktif, yaitu dengan membaca soal satu persatu dan mahasiswa langsung menjawab.. sira berikan waktu yang terbatas cak bagi menjawab soal tersebut. Misal bacakan cak bertanya no. 1 kemudian serta merta dijawab maka dari itu pesuluh, setelah itu bacakan cak bertanya no.2 kemudian siswa menjawab, demikian seterusnya… metode ini membuat siswa berfikir cepat dan tidak dapat mencontek.


Selamat mengabdi, didiklah anak asuh kita buat kemajuan bangsa dimasa yang akan datang… Semoga bermanfaat…









Courtesy :





http://irfansworld.com














Kategori: Biaya siluman Cara Mengajar yang Baik dan Efektif cak bagi Hawa Â








Source: http://10506068.siap-sekolah.com/2011/10/26/teknik-mengajar-yang-baik-dan-efektif/