Cara Cepat Belajar Untuk Ujian


Unduh PDF


Unduh PDF

Momen Kamu plonco saja mengibaratkan periode yang leha-leha dan menyenangkan di sekolah, di luar dugaan, guru Anda mengadakan kuis ataupun tes. Sungguhpun banyak orang nan berat siku mengikuti ujian, peristiwa ini sudah menjadi bagian nan bukan terpisahkan semasa sekolah. Jika Anda sungguh-sungguh tidak senang dengan ujian, cobalah membetulkan cara membiasakan seharusnya Anda tidak terlazim mengerjakan tanya ujian minus persiapan.

  1. 1

    Baca lagi silabus Ia.
    Berusahalah mengejar adv pernah jadwal testing secara lengkap dan berapa ponten paling kecil yang harus Sira ulur. Catatlah jadwal ini di kalender atau agenda agar Anda lain kaget!

    • Buatlah jadwal bakal membaca ulang materi yang akan diuji setidaknya satu minggu sebelum ujian. Cara berlatih yang paling baik yaitu dengan membaca ulang materi eksamen sedikit demi cacat dalam beberapa sesi ringkas jauh-jauh tahun sebelum ujian. Jangan memaksakan diri belajar seluruh materi ujian simultan.
  2. 2

    Perhatikan materi yang diajarkan di dalam inferior.
    Walaupun terkesan bodoh, memperhatikan dengan baik materi yang guru Engkau sampaikan di kelas akan adv amat membantu ketika ujian. Jangan sahaja ingin “menyerap” warta, sahaja berusahalah menjadi pelajar nan aktif.[1]

    • Dengarkan baik-baik sebab guru-suhu demap kali menerimakan petunjuk, misalnya dengan mengatakan, “Dalam mempelajari topik ini, yang terpenting yaitu…” atau dengan memberikan pengkajian pada prolog-introduksi dan gagasan tertentu. Semakin banyak takrif yang boleh Anda serap sejak awal, semakin sedikit materi nan harus Anda pelajari. Inilah cara terbaik kerjakan mempersiapkan diri menghadapi ujian.
  3. 3

    Biasakan mencatat dengan baik.
    Memang lebih mudah berbicara dari main-main, tetapi berlatih mencatat dengan baik bisa sangat bermanfaat saat Anda harus berlatih. Catatlah maupun fotolah semua nan guru Anda tulis di papan. Berusahalah mencatat sebanyak mungkin materi nan guru Anda jelaskan, tetapi jangan hingga lupa mendengarkan karena terlalu asyik batik.[2]

    • Baca juga tulisan Sira setiap hari sepulang sekolah. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah memahfuzkan manifesto yang baru saja diajarkan.[3]
  4. 4

    Jadikan belajar sebagai kebiasaan.
    Belajar sering kali dianggap sebagai hal sepele yang bisa dilakukan dalam semalam dengan menghafal materi tentamen serempak pada menit-menit terakhir. Jangan sebagaimana itu! Mulailah menyediakan waktu untuk membiasakan setiap hari. Dengan adanya jadwal sparing sama seperti membuat ikrar atau pergi ke sekolah, Sira akan ki ajek termotivasi untuk mengamalkan sifat ini.[4]

  5. 5

    Tanyakan tentang format ujian.
    Cobalah menyoal kepada temperatur Anda, sebagai halnya apa format ujiannya, pendirian penilaiannya, apakah terserah kesempatan kerjakan mendapatkan nilai pelengkap, dan apakah ia cak hendak menandai materi yang paling penting secara masyarakat pada coretan Anda.

  1. 1

    Carilah tempat berlatih yang bersih, tenang, dan tertata kemas.
    Jauhkan segala namun yang bisa mengalihkan manah Anda. Tiba-menginjak membaca SMS atau kadang-kadang mengecek media sosial sangat tidak disarankan detik belajar.

  2. 2

    Nyalakan lampu!
    Jangan belajar di ruangan yang gelap. Nyalakan lebih banyak lampu di lilin lebah tahun. Jika masih cukup kirana, bukalah tirai jendela dan jendelanya sekali lagi. Orang-khalayak umumnya bertambah mudah belajar dan berfokus di rubrik yang terang, layak oksigen, dan enggak sesak bising.

  3. 3

    Hapus TV.
    Banyak peserta nan merasa kian mudah belajar serampak mengurusi hal-hal tidak, misalnya sparing sinkron menyalakan TV atau mengobrol di internet dengan jodoh. Akan tetapi, pengkhususan membuktikan bahwa peristiwa ini lain berlaku bagi rata-rata orang.[5]

    Agar dapat belajar dengan hasil yang lebih baik, hilangkan kejadian-kejadian yang boleh mengalihkan perhatian, sebagai halnya TV dan nada yang keras dengan lirik lagu. Perasaan yang terlalu pelahap beralih antara belajar dan menonton TV akan mengganggu kerja otak untuk memprioritaskan penyimpanan informasi.[6]

  4. 4

    Tentukan apakah irama bisa membantu.
    Pengaruh irama pada kemampuan mengingat farik-beda pada setiap orang. Beberapa penelitian membuktikan bahwa musik bisa mendukung kemampuan mengingat pada penderita ADD/ADHD, sementara itu lega makhluk-basyar yang tidak mengalami gangguan, musik malar-malar mengurangi kemampuan tersebut.[7]

    Tentukan apakah kian baik Anda belajar dengan atau tanpa musik. Jika Dia senang menikmati musik sambil berlatih, pastikan Anda benar-sopan bisa berkonsentrasi pada materi les, bukan pada nada lagu yang sedang berdelan internal pikiran Anda.

    • Jikalau memang harus ditemani musik, pilihlah musik intrumentalia hendaknya Beliau tak terganggu oleh lirik lagu saat belajar.
    • Coba dengarkan rekaman suara-suara alam sepatutnya dedengkot Beliau tetap aktif dan mencegah suara tidak mengalihkan ingatan Anda. Ada rekaman derau ikhlas di internet yang dapat Engkau unduh secara gratis.
    • Mendengarkan irama karya Mozart atau musik klasik lainnya tidak membuat Anda menjadi kian digdaya atau lebih mudah mengingat kenyataan, saja otak Sira akan lebih reseptif internal menerima informasi.
  1. 1

    Berfokuslah puas tujuan belajar.
    Akan sangat bermanfaat jika Anda bisa menentukan tujuan dan tulangtulangan belajar. Pelajari suntuk sekiranya ada 3 berbunga 5 mata cak bimbingan yang mudah dan dapat cepat diolah. Setelah itu, Anda boleh memanfaatkan kelebihan waktu untuk belajar materi nan lebih runyam tanpa rasa khawatir.

  2. 2

    Buatlah panduan belajar buat diri sendiri.
    Baca lagi catatan Sira dan tulis ulang informasi yang minimum berguna. Mandu ini bukan doang mendukung Anda kian fokus belajar, sekadar bisa menjadi sarana berlatih yang lain! Jangan terlalu banyak menghabiskan waktu hanya untuk membuat panduan, tetapi Anda juga harus bisa menggunakannya!

  3. 3

    Susun lagi catatan Anda privat format nan berbeda.
    Menyalin garitan tinggal berguna bagi mereka yang lebih mudah belajar secara kinestetik. Pemetaan perasaan adalah prinsip terbaik untuk berbuat peristiwa ini. Selain itu, detik menyalin, Anda bisa menimang-nimang barang apa nan sedang Beliau tulis, tentang segala, dan kok masa itu Anda menulisnya. Dan yang terpenting, cara ini akan menyegarkan lagi pikiran Anda. Jika catatan yang Anda tulis sebulan lalu ternyata bermanfaat buat ujian, Anda bisa mengingatnya lagi dengan menyalin saat dibutuhkan untuk anju eksamen.

    • Jangan hanya menyalin berulang-ulang. Cara ini cenderung membuat Engkau cuma menghafal garitan kata per kata daripada mengetahui konsepnya. Alih-alih, berusahalah membaca dan memahami isi catatan Anda (misalnya saat mengingat paradigma-kamil), lewat tulis lagi dengan pembukaan-perkenalan awal yang berlainan.
  4. 4

    Usikan pertanyaan kepada diri sendiri adapun materi yang sedang Kamu pelajari.
    Cara ini akan membantu Anda sehingga kian mudah menghafaz apa yang baru sahaja Engkau pelajari. Saat menjawab soal, jangan menggunakan kata-introduksi yang persis seperti mana coretan, cuma akan kian berjasa takdirnya Dia menjawab dengan menempa lagi proklamasi ini.

    • Cobalah menjawab pertanyaan dengan berfirman seolah-olah Kamu sedang menjelaskan sesuatu kepada sosok lain.
  5. 5

    Tinjau ulang hasil tes dan tugas-tugas Anda terdepan.
    Jikalau ada tanya yang belum bisa Kamu jawab, carilah jawabannya dan berusahalah mencari adv pernah mengapa waktu itu Anda bukan bisa menjawab. Cara ini akan sangat berjasa jika materi yang akan diuji berwatak kumulatif atau menyeluruh, termasuk materi yang dibahas dalam sesi-sesi terdahulu.

  1. 1

    Tentukan waktu belajar yang tepat.
    Jangan belajar saat Sira sedang sangat capek. Moga Anda tidur silam sehabis belajar sejenak, ketimbang memaksakan diri sparing palu 02.00 pagi. Kesudahannya, Beliau tak boleh banyak menghafal dan prestasi Engkau akan menurun di tahun berikutnya.

  2. 2

    Mulailah belajar sedini barangkali.
    Jangan ditumpuk. Menghafal tutorial serentak tidak akan efektif sebab Anda tidak akan sanggup menghafal seandainya proklamasi yang ingin Beliau pelajari terlalu banyak. Pada kenyataannya, Sira malah tak boleh mengingat manifesto apa juga. Pendirian terbaik untuk menghafal latihan merupakan dengan belajar sedini mungkin dan membacanya tautologis-ulang, terlebih lagi bakal pelajaran sejarah dan materi yang berwatak arketipe.

    • Biasakan belajar jika cak semau kesempatan, walaupun hanya 15 sampai 20 menit. Mulailah belajar berantara sedikit, enggak lama sudah jadi ancala!
    • Cobalah berlatih kerumahtanggaan beberapa tahap masing-masing 25 menit dengan teknik Pomodoro. Selepas berlabuh 5 menit, sparing lagi 25 menit. Ulangi langkah ini 3x, dulu tambahkan durasi membiasakan menjadi 30-45 menit.
  3. 3

    Temukan gaya belajar Anda seorang.
    Kalau Anda bertambah mudah belajar secara okuler, gunakan gambar-tulangtulangan. Orang-orang yang makin mudah membiasakan secara auditori sebaiknya menekat suara mereka sendiri yang sedang membaca catatan, lampau dengarkan lagi. Jika Anda lebih suka menggunakan aktivitas fisik, ajari diri sendiri (dengan bersuara) sambil menggerakkan tangan dan berjalan agar Anda lebih mudah mengingat.

  4. 4

    Sesuaikan cara sparing dengan materi nan Anda pelajari.
    Saat belajar ilmu hitung misalnya, Sira harus lebih banyak membiasakan mengerjakan soal agar lebih memaklumi mandu penyelesaian yang dibutuhkan. Mempelajari ilmu-aji-aji adapun kemanusiaan, misalnya sejarah atau kesastraan, harus dilakukan dengan menempa dan menghafaz informasi seperti istilah dan tanggal.

    • Segala apa lagi yang Anda lakukan, jangan semata-mata membaca gubahan yang sama berulang-ulang. Hendaknya boleh berlatih dengan baik, Anda harus bertindak aktif dengan
      menciptakan
      keterangan dan mengerjakan tinjauan informasi. Berusahalah menemukan bayangan raksasa berasal seluruh catatan Kamu atau aturlah berdasarkan tema atau tanggal.
  5. 5

    Cobalah memikirkan guru Dia.
    Usikan soal berikut kepada diri koteng: Segala apa yang akan ditanyakan dalam ujian? Materi barang apa yang harus aku utamakan momen membiasakan agar bisa aku kuasai dengan baik? Apa cak bertanya haring atau soal yang selit belit sehingga aku kesulitan? Dengan menjawab pertanyaan tersebut, Beliau bisa berfokus pada materi pelajaran yang paling penting tinimbang merasa mandek karena situasi-peristiwa yang bukan diperlukan.

  6. 6

    Mintalah bantuan.
    Sekiranya Anda butuh bantuan, cobalah bertanya kepada seseorang nan cukup menguasai materi yang harus Anda pelajari, misalnya jodoh, anak bini, tutor, atau guru Anda. Sekiranya Anda lain mengerti apa yang menengah dibahas, jangan remang untuk minta dijelaskan lagi.

    • Dengan bertanya kepada guru, Anda menunjukkan komitmen belajar dan cara ini sangat bermanfaat jika Anda akan mengikuti ujian di kemudian masa. Ajukan cak bertanya kepada guru Beliau jika Anda belum memaklumi penjelasannya alias membutuhkan proklamasi kian lanjut. Guru Anda bisa jadi akan membantu dengan senang hati.
    • Di sekolah dan kampus biasanya ada sumber makrifat nan boleh membantu Anda mengatasi stres, menjawab cak bertanya tercalit dengan studi, menerimakan saran dan panduan dalam berjenis-jenis bagan. Cobalah menanyakan keadaan ini kepada guru Anda ataupun kunjungi situs web sekolah bakal mempelajari cara memanfaatkan perigi informasi ini.
  1. 1

    Beristirahatlah.
    Sekali-kali, Kamu perlu bersenang-doyan dan akan lebih baik seandainya Anda berlatih dalam kondisi rileks. Jangan belajar seharian sampai terlalu lelah! Aturlah waktu istirahat dan belajarlah dengan sebaik-baiknya. Biasanya, berlatih selama 20-30 menit lalu beristirahat 5 menit adalah pendirian belajar nan paling kecil efektif.

    • Jika Anda kesulitan belajar, jangan memaksakan diri belajar dengan durasi nan panjang tanpa istirahat. Coba buat dalam sejumlah tahap masing-masing selama 20 menit dan beristirahat dahulu sejauh 10 menit setiap satu tahap radu.
    • Pastikan Beliau mengatur setiap tahap dengan baik sebaiknya konsep yang menengah Kamu pelajari tidak terpotong oleh istirahat. Sekiranya terputus, Ia akan kesulitan mengingat konsep ini secara komplet.
  2. 2

    Biasakanlah berpikir berwujud, namun tetaplah berkreasi persisten.
    Kepercayaan diri adalah hal nan penting, tetapi dengan terus memikirkan betapa kurangnya Anda belajar atau bukan main buruknya Engkau mengerjakan tentamen hanya akan mengalihkan perasaan Anda berusul gerakan buat mengaras keberhasilan. Bagaimanapun sekali lagi, Anda tetap harus membiasakan, walaupun sudah cukup berketentuan diri. Kepercayaan diri semata-mata bisa menjauhkan kendala dalam perjalanan menyentuh kejayaan.

  3. 3

    Ajaklah orang enggak untuk bekerja setimpal.
    Buatlah taki bikin belajar bersama n partner-teman agar bisa saling membandingkan catatan atau membantu mengklarifikasi apa nan padanan Beliau belum mengerti. Dengan berlatih bersama, pengetahuan Ia akan bertambah. Selain itu, Anda bisa memahfuzkan kian banyak butir-butir sebab Beliau harus menjelaskan kepada antitesis-teman atau membincangkan materi pelajaran dengan individu bukan.

    • Jangan sesak banyak bercanda momen Anda medium dibantu makhluk tak. Pusatkan perhatian pada apa yang semenjana Dia untuk.
  4. 4

    Teleponlah bikin minta pertolongan.
    Seandainya Anda merasa mogok ketika belajar, jangan takut untuk menelepon teman dan harap bantuan. Kalau musuh Ia tidak bisa membantu, cobalah menanya kepada tutor Engkau.

    • Seandainya masih ada musim sebelum testing dan ada pelajaran yang belum Beliau pahami, coba tanyakan apakah guru Anda mau menjelaskan lagi.
  1. 1

    Berusahalah agar Anda layak tidur di malam hari sebelum ujian.
    Anak-anak usia SD harus tidur malam rata-rata 10-11 jam hendaknya performa mereka optimal. Para mulai dewasa lega umumnya harus tidur setidaknya 10 jam. Kekurangan tidur akan terakumulasi (disebut juga “utang tidur”). Kebiasaan tidur yang buruk yang sudah berlangsung lama dapat dipulihkan dengan mencukupi kebutuhan tidur setiap lilin lebah selama beberapa minggu sampai kembali pula pada kondisi yang optimal.

    • Jangan mengonsumsi kafeina atau zat-zat lain yang bisa menstimulasi 5-6 jam sebelum tidur sebab bisa menurunkan kualitas tidur. Jadi, kendatipun sudah cukup tidur, Ia akan ki ajek merasa belum cukup bernaung momen bangun pagi. Akan tetapi, jika Anda sedang mengonsumsi stimulan sesuai resep sinse nan harus diminum pada tahun tertentu, minumlah, sungguhpun Anda sudah terpejamkan. Berkonsultasilah bahkan lewat dengan dukun sebelum Anda mengubah apa pula.
  2. 2

    Konsumsilah makanan segar.
    Pilihlah peranakan yang tekor zat putih telur, sayuran, mengandung cemberut lemak omega 3, dan antioksidan bikin makan pagi pagi yang seimbang. Contohnya: telur dadar bayam dengan salem gas, roti sorgum utuh, dan mauz.[8]

  3. 3

    Bawalah camilan.
    Jika Engkau akan mengikuti ujian yang cukup lama, bawalah camilan, takdirnya diizinkan. Siapkan camilan yang mengandung fruktosa kegandrungan dan protein, misalnya roti sorgum utuh dengan selai polong maupun Soyjoy nan boleh menyaingi pemfokusan jika tiba menurun.[9]

  4. 4

    Masuklah ke ruang ujian lebih awal.
    Sediakan waktu 5-10 menit untuk menenangkan ingatan sebelum mulai testing. Dia bisa mempersiapkan diri dengan baik dan masih ada waktu bakal rileks sebelum ujian dimulai.

  5. 5

    Mulailah dengan menjawab soal yang Kamu ketahui.
    Sekiranya Dia tidak tahu jawabannya, coba lanjutkan menjawab pertanyaan berikutnya dan kembali lagi menjawab pertanyaan ini. Anda akan kehabisan waktu jika hanya berusaha menjawab pertanyaan yang sulit, tambahan pula bisa mengurangi nilai.

  6. 6

    Buatlah tulisan memperalat lembaran kecil.
    Jika Kamu akan mengikuti ujian penyelenggaraan bahasa maupun bahasa Inggris, buatlah catatan menggunakan kepingan kerdil hendaknya bertambah mudah mengingat definisi kata. Bawalah catatan ini ke sekolah dan lihatlah sesekali sebelum testing.

  • Jika Dia ingin start belajar sreg jam tertentu, misalnya martil 12.00 siang, tetapi terlewat dan ternyata sudah pukul 12.10, jangan menunggu sampai pukul 01.00 siang hijau tiba belajar. Tidak pernah suka-suka kata terlambat untuk belajar dan biasakanlah belajar sesuai jadwal.
  • Salinlah catatan Anda nan penting intern rancangan poin-poin agar lebih mudah diingat ketimbang paragraf tangga.
  • Seandainya suka-suka pertanyaan yang boleh jadi akan muncul dalam ujian dan Anda sukar menghafal jawabannya, tulislah pertanyaan ini di lembaran kecil dengan jawaban di halaman sebaliknya. Cobalah mengikat pertanyaan dengan jawaban agar lebih mudah mengingat jawabannya.
  • Berusahalah mencukupi kebutuhan tidur dan berteduh secara teratur detik belajar. Dengan beristirahat, dedengkot Beliau bisa lebih rileks dan lebih mudah menyerap mualamat yang baru cuma Anda pelajari, tetapi jangan belajar sambil leyeh-leyeh sebab Ia boleh tertidur.
  • Baca berkanjang-gigih materi kursus Anda agar lebih cepat hafal. Pelajari adv amat satu portal penting dengan baik sebatas selesai, alih-alih belajar semua ki sinkron.
  • Punahkan ponsel, situs media sosial, dan TV. Rapikan ruangan tempat Beliau sparing sebab ruangan yang beres bisa membantu kerja motor.
  • Biasakan makan pagi pagi yang fit. Jangan makan terlalu banyak sebelum mulai sparing sebab Ia akan merasa malas alias mengantuk.
  • Dengan melakukan aktivitas (berlari, bersepeda, dll.) sebelum belajar, Dia akan lebih mudah berkonsentrasi dan merenungkan jawaban dengan hati-hati.
  • Tenangkan pikiran dan berfokuslah cuma pada pelajaran. Buatlah bentuk-rencana lucu (doodle) bertepatan sparing. Riset membuktikan bahwa orang-orang akan lebih terfokus dengan membuat gambar-gambar menggelikan.
  • Baca lagi tes dan PR yang lalu sebab dapat sekadar muncul cak bertanya yang setimpal saat ujian.

Peringatan

  • Hindarilah stres yang ditimbulkan oleh orang lain, jika mungkin. Dia tidak akan suka belajar di lingkungan yang negatif dan membuat Anda stres.
  • Jangan belajar hanya lega malam sebelum ujian. Biasakanlah belajar saban hari tekor demi sedikit pasca- pulang sekolah. Tidak cak semau gunanya belajar sekaligus dalam semalam.
  • Menyontek tidak akan boleh kontributif Dia menuntaskan soal ujian dan sahaja menciptakan menjadikan Sira gagal. Biasanya, cak semau hukuman karena menyontek, misalnya nilai ragam Anda di rapor dikurangi atau bahkan dikeluarkan dari sekolah.

Artikel Terkait

Mengenai wikiHow ini

Pekarangan ini telah diakses sebanyak 45.659 boleh jadi.

Apakah artikel ini membantu Anda?

Source: https://id.wikihow.com/Belajar-untuk-Ujian