Cara Cepat Belajar Rubik 3×3

Liputan6.com, Jakarta
Cara bermain rubik 3×3 mungkin membuat sebagian orang penasaran. Memang enggak semua orang bisa memintasi permainan menggerinda pemrakarsa ini. Tapi, hanya dengan mempelajari dasar-dasar dan rumusnya, siapa saja bisa menguasai permainan ini.

Rubik bisa dijadikan pelepas stres di rekata bekerja. Permainan berbentuk kubus berwarna-warna ini juga mudah dibawa karena ukurannya yang kecil. Jadi, kamu dapat membawanya ke mana belaka. Apalagi harganya pula murah tidak menguras kantong.

  • 7 Tujuan Permainan Bola kaki, Teknik Dasar, dan Aturannya
  • Intip Paras Nagita Slavina yang Disusun terbit Rubik
  • 10 Mandu Bermain Gitar Petikan untuk Pemula, Mudah dan Cepat Mahir

Rubik adalah permainan mencanai dalang yang mula-mula kali diciptakan oleh pemahat dan guru besar arsitektur Hungaria bernama Erno Rubik di waktu 1978 silam. Secara teknis, kubus rubik terbuat dari plastik atau kayu dan n kepunyaan 26 fragmen mungil yang bisa berputar puas poros. Setiap sisi bermula kubus ini punya sembilan permukaan yang terdiri berpangkal heksa- dandan yang berbeda.

Cara bermain rubik tidak begitu elusif dipraktikkan. Mengikuti langkah-langkahnya dapat membuat kamu boleh bermain rubik dengan mudah dan cepat. Berikut Liputan6.com rangkum bersumber berbagai sumber, Senin (24/5/2021) mengenai cara bermain rubik.


* Fakta ataupun Hoaks? Bagi mengetahui kebenaran informasi nan beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik alas kata ki akal yang diinginkan.

Nama-Label Dasar lega Rubik

Sebagai Cara Main-main Rubik nan pertama, kamu harus memahami stempel-tanda dasarnya terlebih adv amat. Seperti yang telah diketahui, rubik kardus berukuran 3×3 ini terdiri dari 27 bagian kecil yang saling terhubungkan pada inden. Rubik memiliki 6 sisi, di mana tiap sisinya memiliki rona nan berbeda-selisih.

Setiap putaran dari rubik ini memiliki keunggulan masing masing, nan berguna seumpama cara bermain rubik.

1. Center: bagian tengah rubik yang posisinya paten alias enggak bisa dipindah-bermigrasi.

2. Edge: bagian tengah di sisi samping rubik.

3. Corner: bagian ujung-ujung dari rubik.

4. Layer: Terbagi menjadi 3 sebelah, dimulai dari bawah adalah Layer 1 kemudian layer 2, dan keladak Layer 3.

Dasar Rayapan Rubik

Setelah mengarifi nama-namanya, cara bermain rubik berikutnya adalah mencerna asal pergerakannya. Dasar rayapan ini nantinya akan digunakan privat penerapan rumusnya. Kamu tidak teradat menghapalnya, sampai-sampai kamu pun bisa membuat istilah sendiri akan halnya persiapan-langkah yang perlu diikuti.

Berikut bawah rayapan ibarat panduan kaidah bermain rubik:

1. R (Right): memutar sisi kanan rubik sepikiran penyemat jam

2. R’ (R aksen): mengacau jihat kiri rubik berlawanan sisi penusuk jam

3. L (Left): memutar sebelah kanan rubik sejalan jarum jam

4. L’ (L tonjolan): memutar sisi kiri rubik berlawanan arah jarum jam

5. U (Up): mengadon sisi atas rubik sehaluan jarum jam

6. U’ (U aksen): memutar sisi atas rubik bentrok sebelah pencucuk jam

7. D (Down): mengaduk sisi bawah rubik searah jarum jam

8. D’ (D aksen): mengarau sisi bawah rubik berlawanan arah jarum jam

9. F (Front): memutar sebelah depan rubik sejalan pencucuk jam

10. F’ (F tonjolan): memutar jihat depan rubik inkompatibel sebelah jarum jam

11. f (F kecil): mengarun sisi depan 2 layer dari rubik searah jarum jam

12. f’ (F kecil aksen): mengaduk sisi depan 2 layer berpunca rubik bertentangan sisi pencucuk jam

13. B (Back) : memutar sisi bokong rubik sejalan pencucuk jam

14. B’ (B tonjolan): memutar sisi belakang rubik anti arah jarum jam.

Mandu dolan rubik bisa kamu ikuti dengan mengikuti dasar pergerakannya ini.

Rumus Mandu Bertindak Rubik

Sehabis mengenali pangkal pergerakannya, pendirian bermain rubik berikutnya adalah dengan mempelajari rumusnya. Kaidah bermain rubik dengan mahir tentunya bisa beliau ikuti dengan mengimak rumus dan sering-cinta bermain.

Berikut rumus prinsip bermain rubik yang bisa kamu ikuti:

1. Fokus pada satu warna. Karena lain mungkin bisa menyamakan bilang warna sinkron sekadar dengan beberapa boleh jadi serong. Kamu harus titik api silam pada satu corak. Misal warna patokan merah.

2. Bentuk Cross sirah dengan Center warna kuning. Cross disini merupakan kamil mirip bunyi bahasa “+”.

3. Membentuk Cross abang secara sempurna. Samakan warna top layer (edge) yang bersebelahan peti bangkang dengan centernya.

4. Sempurnakan jib penting. Ini memang pas rumit, namun kamu bisa menggunakan rumus algoritama L’ U’ L dan R U R’.

5. Sempurnakan cucur kedua. Fokus lagi pada satu jihat begitu juga rona nirmala kemudian carilah edge dan center bercelup putih, lampau putar ke arah layer polos setakat terbentuk pola “T” berwarna tahir. Kemudian gunakan rumus algoritma U R U’ R’ tau U’ L’ U L untuk menunaikan janji layer dua.

6. Sempurnakan cucur ketiga yaitu membentuk cross sreg warna asfar. Putarlah edge nan bersebelahan dengan notasi F R U R’ U’ F’. Untuk edge yang berseberangan menggunakan notasi f R U R’ U’ f’. Pasca- sisi kuning terbentuk, kerjakan pemutaran puas episode cornernya dengan rumus R U R’ U R U U R’.

7. Sempurnakan layar keempat. Sehabis sisi berwarna kuning terbentuk cermin, kemudian mengatasi sisi-sisi lain yang masih memiliki corak edge tak selaras. Rumus yang boleh digunakan R U R’ F’ R U R’ U’ R’ F R2 U’ R’ U’. Serta tambahkan rumus R U’ R U R U R U’ R’ U’ R2 jika terserah babak yang belum cermin.

8. Sempurnakan semua cucur. Jikalau suka-suka edge dan corner yang berbeda warna, maka Kamu bisa merampungkan permainan dengan rumus R2 U R U R’ U’ R’ U’ R’ U’ R’. Selamat mencoba.

Source: https://hot.liputan6.com/read/4565110/cara-bermain-rubik-3-x-3-untuk-pemula-cepat-dan-mudah-dipahami