Cara Cepat Belajar Ms Excel 2007

Excel yaitu salah suatu bagian microsoft office nan minimum banyak digunakan untuk manajemen data, begitu juga mencatat, menyimpan, dan mengolah data. Salah satu kelebihan yang dimiliki microsoft adalah boleh digunakan di berbagai sistem, seperti Mac OS, android, windows, linux, dan lain sebagainya. Microsoft excel bisa digunakan di berbagai bidang industri, oleh karena itu, hampir seluruh perusahaan mensyariatkan karyawannya lakukan belajar excel. Software ini punya bermacam-macam fitur, mulai dari rumus operasi hitung matematika dasar seperti penjumlahan, perkalian, pembagian dan tidak sebagainya hingga rumus statistika nan sangat kompleks.

œExcel itu keseleo satu kejadian nan urgent juga bagi langkah diri menjadi praktisi data. Contohnya saat kita kepingin liht baris data kita kontol excel untuk tahu detail customernya. Selain itu kerjakan menampung data sebelum pengolahan data dilakukan. Excel juga sangat membantu, jadi dari excel hijau diimport ke R atau python bagi melanjutkan proses pengolahan data

Tantut Wahyu, Data Analyst RupaRupa.com

Excel weduk kumpulan cell yang terdiri berpokok saf dan kolom yang dikenal dengan spreadsheet. Sekiranya kita scroll worksheet excel maka kita bukan akan menemukan ujung dari worksheet. Namun ternyata excel punya limit loh! Suatu halaman worksheet terdiri dari 16.384 kolom dan 1.048.576 baris. Sekiranya di total privat suatu lembar worksheet terdiri bermula 17.179.869.184 buah cell.

Di dunia bertamadun yang didukung dengan teknologi canggih, erat semua sektor pabrik menggunakan excel untuk membantu kegiatan sehari-masa. Setiap industri menunggangi excel buat intensi yang berbeda-selisih, sama dengan mengedit, menganalisis, visualisasi data, membuat catatan dan pengetahuan, dan lain sebagainya. Suka-suka banyak guna nan dimiliki excel, mulai bersumber fungsi basic sebagai halnya operasi matematika dasar hingga keefektifan obsesi seperti analisis statistika. Sebelum menggunakan fungsi yang mania, kita terbiasa memafhumi tinggal bagaimana mandu menggunakan fungsi bawah excel karena ada beberapa manfaat kompleks nan yakni ekspansi bersumber kurnia dasar. Sreg artikel kali ini kita akan membahas beberapa ideal penggunaan fungsi dasar excel bagi membantu pekerjaan di beraneka macam sektor industri.

1. Bagian-Penggalan Worksheet Excel

Worksheet adalah lawe kerja yang digunakan untuk tata data yang berisi jajar dan kolom nan membentuk kumpulan cell. Berikut adalah gambaran worksheet excel.





Title bar merupakan fitur excel yang mengedepankan merek file excel nan menengah dibuka. œBook1 merupakan nama default yang disediakaon maka itu excel. Quick Access adalah toolbar yang berfungsi bagi menampilkan perintah yang sering digunakan oleh user serta dapat digunakan untuk mengurangi atau menaik perintah yang ditampilkan pada quick access. Control windows di sebelah kanan atas terdiri mulai sejak fitur maximize, minimize, dan close yang berfungsi bakal mengatur tampilan sirkulasi udara excel. Di bagian bawah title kafetaria, terdapat menu bar yang berisi perintah-perintah lega excel. Setiap menu sakti ribbon yang terdiri dari tempat-wadah berisi perintah atau grup perintah yang sebagian raksasa dilengkapi ikon perintah atau command button. Command button dilengkapi dengan fungsi-fungsi tertentu. Di radiks kiri ribbon, terdapat name box nan berfungsi untuk memberikan nama pada sheet yang sedang aktif. Index kolom atau kolom ialah fitur untuk menampilkan nama ruangan yang dilambangkan dengan huruf A sampai XFD. Padahal index lajur atau baris berfungsi untuk menampilkan index jejer yang dilambangkan dengan biji 1 hingga 1048576. Di adegan kiri sumber akar, terdapat tab worksheet nan digunakan untuk menaik atau menghapus worksheet dalam satu file excel. Lega worksheet excel, terdapat vertikal dan horizontal scroll kedai minum yang digunakan untuk menggeser lembar kerja ke kanan dan ke kiri, serta ke atas dan ke asal.

Baca lagi : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL

2. Mandu menggunakan Formula SUM

Riuk satu kemustajaban konglomerasi lega excel yang paling banyak digunakan adalah formula SUM. Formula ini digunakan cak bagi menghitung jumlah keseluruhan data. Misalnya, dalam suatu hari, sebuah supermarket boleh cak memindahtangankan 20 jenis dagangan dengan total penjualan setiap komoditas sebagai berikut





Bikin cak menjumlah besaran penjualan, akan sangat runyam bagi menghitung secara manual menunggangi kalkulator. Selain itu, hasil hitung manual juga memiliki potensi osean human error sehingga hasilnya invalid akurat. Untungnya, pada excel terserah formula SUM yang bisa membantu staf supermarket menghitung total penjualan. Caranya, ketikan =SUM(
range yang akan dihitung
) adv amat klik enter. Jikalau fungsi bepergian, maka total penjualan akan unjuk.





3. Mandu Memperalat Formula SUMIF

Penggunaan formula SUMIF sejajar dengan formula SUM, sahaja sekadar formula ini membutuhkan argumen lain karena akan menjumlahkan item sesuai kriteria tertentu. Misalnya, sebuah supermarket ingin cak menjumlah berapa penjualan beberapa komoditas dalam suatu hari dengan detail sebagai berikut





Buat cak menjumlah jumlah setiap barang yang terjual n domestik sehari, kita bisa tuliskan =SUMIF(
range barang;nama produk”;range kuantitas produk
) lalu klik enter. Untuk menghitung semua produk, kita patut menidakkan tera produk sesuai dengan produk yg akan dihitung. Sudah berdampak? Mudah bukan?





4. Cara Menggunakan Formula AVERAGE

Formula AVERAGE  merupakan formula yang digunakan cak bagi mencari kebanyakan sreg antologi data. Contoh pendayagunaan formula ini adalah misalnya suatu minimarket ingin menghitung galibnya penjualan produk dalam satu masa dengan data penjualan sebagai berikut.





Lakukan membuat rata rata penjualan, kita terbiasa menuliskan =AVERAGE(
range data
) dahulu klik enter dan rata-rata komoditas nan terjual akan unjuk. Hasil berusul formula ini boleh berbentuk bilangan melingkar dan kadar desimal. Oleh karena itu, kita harus membulatkan desimalnya dengan mengklik button decrease decimal.





Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL

5. Ingin Mengeksplor Excel Lebih Jauh? Yuk Ikut Mini Quiz DQLab!

Mau tahu penerapan rumus Excel di dunia kerja? Yuk kenali Excel dengan mengerjakan Mini Quiz Basic Excel. Engkau akan mengenal onderdil ruang kerja Excel, Rumus-rumus Excel serta Tabulasi di Excel.

Mari, ikuti Mini Quiznya sekarang caranya dibawah ini :

  1. Lakukan akun di DQLab.id

  2. Kamu akan masuk ke Learning Platform DQLab Academy

  3. Pilih menu œQuiz dan pilih œExcel

  4. Selamat mencoba Sahabat Data DQLab!

Carik: Perak Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Source: https://dqlab.id/belajar-dasar-excel-bagi-pemula