Cara Cepat Belajar Mobil Manual


Unduh PDF


Unduh PDF

Mengemudi mobil bertransmisi manual sedikit lebih rumit daripada mengemudi oto bertransmisi faali. Akan semata-mata, saat Anda sudah bisa melakukannya, mengemudi mobil manual mungkin habis menyenangkan dan Sira kembali akan mempunyai kontrol lebih terhadap mobil dalam konteks mengganti gigi dan akselerasi. Akan tetapi, sebelum Dia mulai mengemudi, Anda perlu mempelajari kaidah menyemarakkan mesin mobil tersebut – jadi mulailah dengan langkah pertama di asal ini untuk mencari tahu lebih lanjut.

  1. 1

    Masukkan kunci ke dalam kontak.
    Akan tetapi, jangan hidupkan dulu – apabila Anda langsung menghidupkannya, tidak akan terjadi apa-apa. Ada beberapa ancang nan mesti Dia bagi sebelum dapat menghidupkan mobil dengan lega hati.

  2. 2

    Kenali kopling, rem, dan asap.
    Plong oto dengan transmisi manual terdapat tiga pedal –kopling, rem, dan gas. Berarti cak bagi Kamu buat mengetahui dengan baik pedal-pedal tersebut bernas di posisi mana sebelum Anda mulai mengemudi.

    • Pedal yang berada di jihat kiri merupakan
      kopling. Kopling memungkinkan Engkau untuk merujukkan mesin dari sepeda detik memindahkan transmisi. Pedal kopling dioperasikan menggunakan kaki kidal Anda.
    • Pedal yang berada di tengah adalah
      rem
      dan pedal nan berada di sisi kanan adalah gas. Kedua pedal ini dioperasikan menggunakan kaki kanan.
    • Ingatlah bahwa posisi pedal-pedal ini tidak berubah baik apabila Anda menggunakan alat angkut kemudi kidal atau kemudi kanan.
  3. 3

    Pastikan mobil Anda dalam posisi netral.
    Sebelum Kamu dapat menginjak meramaikan mesin oto Anda, Anda perlu memastikan bahwa oto Anda netral. Mobil dalam peristiwa netral apabila:

    • Pengungkil transmisi berada pada posisi netral. Anda dapat mengetahui bahwa penyungkit gigi bakir di posisi netral apabila terasa goyang detik disentuh dan Ia dapat menggerakannya dengan mudah berpangkal satu arah ke jihat yang enggak. Apabila alabangka transmisi enggak produktif pada posisi adil, Anda dapat membetulkannya dengan menginjak penuh pedal kopling dan menggerakkan tuasnya ke posisi tengah (netral).
    • Pedal kopling sudah lalu diinjak penuh. Apabila Anda kepingin, Anda lagi dapat menetralkan mobil Anda dengan berangkat penuh kopling dengan tungkai kidal Anda.
  4. 4

    Nyalakan wasilah.
    Apabila mobil mutakadim privat keadaan netral, Anda dapat mengarau sendi di dalam kontak dan memeriahkan mesin otomobil. Terbiasa diingat:

    • Apabila Beliau menetralkan mobil Kamu dengan memindahkan pengungkil persneling ke posisi adil, Anda dapat memutar kunci di kontak tanpa harus start pedal koplingnya.
    • Akan tetapi, apabila Anda menetralkan otomobil hanya dengan tiba pedal kopling (dalam kejadian tuas persneling tidak kaya n domestik posisi netral), Kamu teristiadat menginjak dan membantut pedal kopling detik Anda memutar resep. Apabila enggak demikian, otomobil Anda boleh menyentak maju.
  1. 1

    Injak intern-intern pedal kopling.
    Ketika mesin mobil sudah privat kejadian hayat, Anda perlu memasukkan transmisi percepatan sebelum otomobil Anda bisa mulai bersirkulasi. (Apabila otomobil Anda sudah masuk gigi, lewati anju ini langsung ke langkah 3). Cak bagi memasukkan gigi, injak penuh pedal kopling.

  2. 2

    Pindahkan tuil persneling ke transmisi satu.
    Resistan kaki Beliau dalam keadaan mulai kopling, pindahkan tuas transmisi ke gigi suatu. Umumnya hal ini dilakukan dengan menggerakkan pengumpil transmisi ke arah kidal kemudian ke atas –angka suatu kebanyakan tersurat dengan jelas di pojok kiri atas alabangka persneling.

  3. 3

    Angkat kaki Anda dari pedal kopling secara perlahan.
    Dengan sangat perlahan, mulailah mengangkat suku Kamu dari pedal kopling. Terus angkat kaki Anda sebatas kelancaran mesin (alias RPM) mulai terban dan mobil mulai bergerak maju secara perlahan. Hal ini dikenal sebagai titik pertengkaran.

  4. 4

    Mulailah menginjak pedal gas.
    Ketika Ia sudah menemukan titik friksinya, saatnya menginjak menginjak pedal gas secara perlahan dan eklektik.

    • Ketika tungkai kanan Anda mulai menginjak asap, kaki kiri Anda harus melanjutkan melepas kopling secara bersamaan.
    • Apabila Anda mengamalkan langkah ini dengan benar, mobil Anda akan mulai berputar maju dan Ia akan menginjak mengemudi dengan gigi satu.
  5. 5

    Waspadai mesin oto Anda mati.
    Berhati-hatilah –apabila Anda terlalu cepat melepaskan kopling, mesin oto Anda akan mati dan Ia harus memulai dari sediakala sekali lagi.

    • Di sisi lain, apabila Anda start gas terlalu gentur sebelum pedal koplingnya Anda lepas seluruhnya, kampas kopling Akan mudah habis dan menyebabkan kebinasaan pada wahana Sira.
    • Tak usah rusuh, sudah sewajarnya mesin mobil Ia sunyi beberapa kali ketika Anda membiasakan mengemudi mobil bertransmisi manual. Menemukan keseimbangan contoh antara melepaskan kopling dan tiba pedal gas membutuhkan latihan.
  6. 6

    Mengimbit ke gigi dua.
    Ketika mesin berangkat seronok dan terdengar seakan congah di bawah tekanan (biasanya sekitar 2500-3000 RPM – walaupun berbeda-cedera pada setiap mobil), Anda perlu mengimbit ke gigi dua. Lakukan melakukannya:

    • Pindahkan kaki kanan Anda dari pedal asap (apabila perlu) dan gunakan kaki kidal Engkau untuk tiba pedal kopling kerumahtanggaan-dalam.
    • Pegang tuas transmisi dan gerakkan ke arah bawah, ke gigi dua –lazimnya tertulis biji 2 dengan jelas di tuas persneling.
  1. 1

    Pahami cara menghidupkan otomobil di tanjakan.
    Anda wajib menirukan prosedur yang agak berbeda kerjakan menyemarakkan oto bertransmisi manual Anda apabila Anda parkir di tanjakan. Hal ini terlazim dilakukan bikin mencegah otomobil merosot mundur.

  2. 2

    Gunakan pedal rem.
    Bikin menghidupkan mobil di tanjakan menggunakan pedal rem, mulai dengan kaki kiri Anda berangkat kopling dan kaki kanan Kamu menginjak rem. Masukkan gigi, lepas rem tangan, kemudian sanggang tungkai kiri Anda bersumber pedal kopling setakat Beliau menemukan titik friksi. Sekarang lepaskan rem (membantut kopling pada tutul friksi akan mencegah otomobil drop mundur) dan injak pedal gas lebih dalam dari biasanya. Lanjutkan seperti mana rata-rata.

  3. 3

    Gunakan rem tangan.
    Lakukan menghidupkan mobil di tanjakan dengan menunggangi rem tangan, posisikan kaki Engkau di pedal kopling dan masukkan gigi. Lepaskan kopling secara perlahan sampai Kamu menemukan titik friksi, kemudian buang rem tangan. Detik Anda telah membebaskan rem tangan, posisikan kaki Engkau di pedal gas dan lanjutkan seperti resmi.

  • Ketika memarakkan otomobil Anda pastikan rem tangan Anda aktif buat mencegah otomobil bergerak.
  • Pastikan pedal kopling diinjak penuh.

Peringatan

  • Pelalah gunakan sabuk pengaman di dalam wahana yang bergerak.
  • Pastikan tungkai Dia berada di pedal rem alias rem tangan aktif. Kendaraan dapat bergerak ketika kopling diinjak maupun media privat situasi netral.
  • Jangan mencoba mengemudi otomobil manual apabila Ia tidak tahu caranya. Mintalah seseorang mengajarkan Anda terlebih dulu.

Mengenai wikiHow ini

Jerambah ini telah diakses sebanyak 109.827 kali.

Apakah kata sandang ini membantu Dia?

Source: https://id.wikihow.com/Menghidupkan-Mobil-Manual