cara mencari kpk dan fpb

Photo by RODNAE Productions from Pexels

Kita akan mula-mula kelihatannya mengenal adapun materi KPK dan FPB detik berada di balai-balai kelas 4 SD. Namun masa ini mari kita coba kerjakan menyegarkan pun ingatan kita mengenai pendirian mencari KPK dan FPB. Dengan begitu kita akan bisa menggunung dan semakin memantapkan ilmu yang sebelumnya pernah kita pelajari. Lain tunggakan juga eksemplar cak bertanya yang bisa membantu kita lakukan semakin memahami materi ini. Yuk mari kita mulai mempelajarinya, pastikan kalian membaca hingga akhir kata sandang ya!

Cara Mencari KPK dan FPB

Sebelum kita start, masih sadar dengan ketentuan prima? Ini menjadi kunci bermakna untuk mempelajari kembali KPK dan lagi FPB. Tidak cuma predestinasi prima, kita juga harus ingat mengenai faktorisasi prima.

Bilangan prima yakni bilangan asli, dan sekadar memiliki dua faktor ialah bilangan itu sendiri dan angka 1. Umumnya, bilangan ini namun boleh dibagi sangat dengan bilangan itu sendiri. Model berpunca garis hidup prima adalah 2, 3, 5, 7, 11, dan seterusnya.

Faktorisasi prima adalah kaidah presentasi garis hidup yang menjadi perkalian berbunga faktor-faktor prima. Metode untuk menentukan faktorisasi prima adalah dengan menunggangi pohon faktor.

Dengan seperti itu kita sudah sedikit menyegarkan kembali ingatan kita, kini marilah kita turut ke cara berburu KPK dan FPB.

Metode Pohon Faktor

Untuk menentukan KPK dengan menggunakan faktorisasi prima adalah dengan mengalikan faktor-faktor yang berbeda dan faktor-faktor proporsional dengan tangga terbesar berpokok dua bilangan maupun makin. Padahal cak bagi menentukan FPB nya, maka kalikan faktor-faktor prima pangkat terkecil nan seimbang.

Seperti mana konseptual soal di pangkal ini:

pohon faktor 20 dan 30

Berapakah KPK dan FPB dari 20 dan 30

Bagi bilangan 20 dan 30 dengan ketentuan prima, dan terus lakukan pembagian hingga hasil akhir yang primitif yaitu bilangan prima yang tidak silam dibagi selain dengan dirinya seorang. Seperti mana kerangka di atas. Setelah itu tuliskan faktorisasi prima-nya.

20 = 22


 x 5

30 = 2 x 3 x 5

latihan soal dari Kelas Pintar

Intern menentukan angka KPK, kita akan mengalikan semua faktor prima, jika suka-suka faktor  yang ekuivalen maka pilihlah pangkat nan lebih besar.

KPK = 22


x 3 x 5 = 60

Untuk menentukan FPB, pilihlah faktor prima dengan jenjang terkecil yang sekufu. Kemudian kalikan

20 = 22


 x

5

30 = 2 x 3 x

5

Ketentuan nan sama dengan pangkat terkecil adalah 2 dan 5

Sehingga FPB dari 20 dan 30 adalah 2 x 5 = 10

Untuk boleh lebih memaklumi materi ini, akan lebih baik jika kita banyak mengamalkan latihan dengan arketipe tanya. Masa ini silakan kita coba dengan eksemplar pertanyaan yang satu ini.

Contoh Soal

Tentukan KPK dan FPB berasal 60 dan 80!

Solusi:

Pohon Faktor 60 dan 80

pohon faktor 60 dan 80

Maka faktorisasi prima bersumber 60 dan 80 yakni

60 = 2

2


x 3 x 5

80 = 2

4


x 5

KPK = 2

4


x 3 x 5 = 240

FPB = 2

2


x 5 = 20.

Nah itu dia cara mencari KPK dan FPB nan harus ia ingat kembali, jika ada soal atau kamu masih panik, silahkan tuliskan pertanyaanmu di rubrik komentar ya!

download aplikasi kelas pintar

Please follow and like us: