Cara Cepat Belajar Jadi Kasir


Unduh PDF


Unduh PDF

Mesin kasir digunakan untuk mencatat poin pembayaran dan menyimpan tip tunai yang masin lidah di sepanjang masa kerja. Ada beberapa keberagaman mesin kasir, tercantum mesin kasa elektronik, mesin kasir Square iPad, dan berbagai rupa mesin kasir berbasis komputer. Masing-masing jenis punya kekhususannya sendiri sekaligus persamaannya satu setimbang bukan.

  1. 1

    Letakkan mesin kasir dan sambungkan ke kunci setrum.
    Letakkan di permukaan yang keras dan rata. Idealnya, mesin kasa diletakkan di atas bidang datar kasa yang cukup luas kerjakan pembeli meletakkan produk-produk yang ia akan bayar. Sambungkan mesin kasa langsung ke sumber listrik (jangan gunakan kabel setrum tambahan).

  2. 2

    Pasanglah aki mesin.
    Lampu senter memberikan memori suplai bagi mesin kasir jika terjadi tenang listrik, sehingga wajib dipasang sebelum Anda menjalankan program apapun pada mesin kasir.[1]

    Bukalah penutup kertas surat bahari pembayaran dan temukan tempat baterainya. Mungkin Anda akan membutuhkan sebuah drei kecil untuk membuka penutup wadah baterai ini. Kemudian pasang baterai sesuai sebelah yang tertera puas mesin. Selanjutnya, tutup kembali bekas baterai itu.

    • Pada sejumlah jenis mesin bendaharawan, gelanggang baterai terwalak di bawah tempat kertas resi pembayaran.
    • Ganti baterai setahun sekali untuk memastikan bahwa mesin kasir selalu berfungsi dengan baik.
  3. 3

    Pasang kertas tanda terima pembayaran.
    Bukalah penutup wadah kertas surat bahari pembayaran. Pastikan ujung mulai sejak gulungan kertas ini terpotong dengan lurus mudah-mudahan dapat masuk dengan mudah ke privat penggulungnya. Masukkan gulungan plano ke intern penggulungnya hingga kertas timbrung hingga ke bagian depan mesin kasir, agar Dia bisa merobek resi pembayaran untuk diberikan kepada perunding. Tekan tombol
    FEED
    agar mesin menyeret kertas dan melakukan proses penggulungan.

  4. 4

    Urai kunci laci uang penyerahan.
    Laci tip ini biasanya memiliki kunci yang mengamankan persen hasil pemasukan berpangkal pembeli. Jagalah hendaknya kunci ini tak hilang. Anda dapat menaruh kunci ini di privat laci uang jasa saat lain terkunci, semoga Anda boleh menemukannya dengan mudah saat perlu menguncinya.

  5. 5

    Nyalakan mesin kasa.
    Lega beberapa mesin kasir, tombol
    ON/OFF
    terletak di bagian pantat maupun sisi mesin. Plong keberagaman mesin kasir lainnya, cembul ini terdapat plong bagian depan atas mesin. Nyalakan mesin, atau putar kunci ke posisi
    REG
    (register).

    • Mesin-mesin kasir jenis baru tidak memiliki cembul secara jasad, sekadar memiliki tombol
      MODE. Tekan tombol
      Mode
      dan temukan pilihan gaya
      REG
      atau
      operational.
  6. 6

    Atur program pada mesin kasa Beliau.
    Kebanyakan mesin bendaharawan memiliki tombol-tombol yang bisa diprogram bikin mengelompokkan rincian-rincian nan serupa privat beberapa kategori. Kelompok maupun kategori ini dapat ditentukan bersendikan apakah rincian itu dikenakan fiskal ataupun enggak. Ia juga dapat melakukan pengaturan tampilan terlepas dan waktu.

    • Fungsi pemrograman biasanya dapat diakses dengan memutar tombol ke pilihan
      PRG
      atau
      P, alias dengan menekan tombol tren ke sisi
      Acara. Bilang mesin kasir memiliki tuas manual nan terletak di bawah penutup jeluang tanda terima pembayaran. Tuas ini dapat dipindahkan ke pilihan Programa.
    • Galibnya mesin kasir memiliki sedikitnya 4 cembul pajak. Kenop-pentol ini boleh diprogram untuk bermacam-macam tarif pajak, berdasarkan apakah Kamu dikenakan tarif pajak penjualan kukuh (seperti yang bermain di beberapa panggung) ataupun Anda dikenakan tarif pajak dengan sistem tertentu (misalnya,
      GST,
      PST, atau
      VAT, tergantung lokasi Anda).
    • Ikuti instruksi spesifik plong buku panduan mesin bendaharawan Ia bagi melakukan pemrograman berbagai fungsi.

    Iklan

  1. 1

    Masukkan kode pengaman atau password kerjakan berangkat menggunakan mesin kasir.
    Banyak mesin kasir membutuhkan kode petugas kasir atau kode pengaman spesies lainnya sebelum dapat difungsikan. Kode petugas kasir penting bikin membagi informasi tentang siapa petugas kasir yang menindak per transaksi pembayaran. Dengan kode ini, Engkau dapat melacak setiap transaksi penjualan dan menangani kesalahan-kesalahan yang terjadi.

    • Jikalau Engkau bekerja di restoran, Ia mungkin perlu memasukkan kode karyawan disertai dengan nomor kenap dan jumlah tamu di bidang datar tersebut.[2]
    • Jenis-variasi mesin kasir yang makin baru (misalnya, mesin kasir variasi
      Square) mungkin akan meminta Anda berbuat proses ikut (batang kayu in) dengan alamat email dan
      password.[3]
  2. 2

    Masukkan angka harga produk yang pertama.
    Gunakan tombol biji lakukan mengetik angka harga produk ini. Rata-rata, Anda tidak teradat memasukkan angka puluh, karena mesin bendaharawan akan memasukkannya secara kodrati.

    • Sejumlah mesin kasir memiliki fungsi pemindaian (scanner), sehingga Anda enggak terlazim memasukkan angka harga secara manual.
      Scanner
      ini akan mendaras kode kunarpa (barcode) dan memasukkan informasi komoditas secara faali. Jika mesin kasir Engkau adalah jenis yang serupa ini, Anda tidak perlu mengimpitkan tombol kategori atau
      department
      di langkah lebih lanjut.
  3. 3

    Tekan kenop kategori/department
    yang tercalit.

    Rata-rata mesin kasir mengharuskan Anda untku mengimpitkan suatu cembul setelah angka harga masuk, bakal menentukan tiap-tiap komoditas yang terjual itu tergolong dalam kategori apa (misalnya, rok, makanan, dll.).

    • Tombol-tombol kategori/department
      boleh diprogram bersendikan penjualan tersebut dikenakan fiskal maupun tidak. Pelajari anak kunci panduan mesin kasir Kamu untuk mengetahui cara melakukan pemrograman tarif pajak untuk tombol-kenop yang terserah.
    • Amati plano surat bahari penyetoran: tekan tombol panah alias
      FEED
      agar mesin menggulung kertas ke arah atas, sehingga Dia dapat mengaji skor besaran transaksi yang tercatat di kertas tersebut.
    • Setiap produk yang Dia tambahkan akan ditambahkan pula lega angka total yang terus bergerak naik, yang lazimnya ditunjukkan di layar mesin bendaharawan.
  4. 4

    Tambahkan diskon jika terlazim pada harga jual yang termaktub.
    Sekiranya suatu dagangan sedang didiskon, Anda mana tahu teradat menjaringkan angka persentase diskonnya. Ketikkan harga produk, tekan pentol kategori/department, ketik angka persentase rabat (ketik 15 untuk memasukkan potongan harga 15%, misalnya), kemudian tekan tombol komisi (%). Kenop ini galibnya terletak di antologi tombol-tombol di sebelah kiri pentol biji.

  5. 5

    Ketikkan harga produk-produk nan lainnya.
    Gunakan kenop angka bikin memasukkan harga sendirisendiri produk yang belum tercatat. Pastikan Anda menekan pentol kategori/department nan terkait untuk masing-masing produk tersebut.

    • Sekiranya Beliau cak hendak menjaringkan dagangan yang sama beberapa kali, tekan poin jumlah produk itu, adv amat tekan pentol
      QTY, masukkan harga asongan dagangan itu,kemudian tekan tombol kategori/department. Misalnya, jika Anda kepingin memasukkan 2 buah kancing seharga Rp. 70.000, tekan skor 2, terlampau tekan
      QTY, lewat tekan 70000, lewat tekan tombol kategori/department
      nan terkait.
  6. 6

    Tekan kenop
    subtotal.

    Kenop ini akan menunjukkan jumlah produk yang termasuk intern penjualan itu. Jumlah ini lagi akan ditambah dengan pajak nan berlaku di mana perlu, sesuai pemrograman nan sudah dilakukan di sendirisendiri cembul kategori/department.

  7. 7

    Tentukan jenis pembayaran yang akan dilakukan oleh pembeli.
    Pembeli dapat mengupah dengan cara tunai, dengan kartu ponten, atau dengan mandu lainnya. Anda pula boleh menerima pembayaran privat bentuk kartu atau kupon pembayaran, yang biasanya diberlakukan setinggi seperti pemasukan dalam bentuk tunai.

    • Tunai: Ketikkan kredit jumlah uang kontan nan penawar bayarkan dan tekan cembul
      CASH/AMT TND
      (lazimnya ini adalah tombol terbesar yang terletak pada jihat kanan bawah tiang tombol mesin kasa). Banyak mesin kasa akan serempak menunjukkan poin uang lelah kembalian yang harus Anda berikan kepada pembeli. Namun, sejumlah mesin kasir tidak bekerja dengan kaidah ini, dan Ia harus melakukan penghitungan di asing kepala. Setelah laci uang kontan membengang, masukkan uang lelah penyetoran di dalamnya dan ambil tip kembalian sejumlah yang Anda butuhkan.
    • Karcis kredit: Tekan tombol
      CREDIT
      ataupun
      CR
      dan gunakan mesin kartu biji bagi menggesek tiket kredit obat.
    • Cek: Ketik angka penyetoran yang terdaftar di dalam cek dari pembeli, tekan tombol
      CK
      atau
      CHECK, kemudian masukkan lembaran cek itu ke kerumahtanggaan laci uang tunai.
    • Untuk membuka laci uang tunai detik bukan terjadi penjualan, Anda dapat menekan kenop
      NO SALE
      maupun
      NS. Kekuatan ini mungkin diproteksi dan belaka boleh dijalankan oleh manajer. Manajer barangkali wajib menggunakan kunci untuk ki memengaruhi pengaturan mesin ke mode yang berbeda sehingga fungsi
      NO SALE
      dapat berjalan.
  8. 8

    Tutuplah laci uang kontan.
    Selalu tutup kembali laci uang tunai lekas setelah radu menggunakannya, agar laci tidak dibiarkan privat hal terbuka dan Anda berisiko mengalami pencopetan atau perampokan.

    • Selalu kosongkan ataupun buang laci uang tunai di akhir hari kerja, dan simpan di ajang yang khusyuk aman.

    Iklan

  1. 1

    Membatalkan penjualan.
    Jikalau Anda tidak sengaja memasukkan angka harga nan riuk lakukan salah suatu produk, ataupun jika seorang pembeli membatalkan pembelian suatu produk sehabis Anda memasukkan harganya, Ia mungkin perlu membatalkan produk maupun penjualan itu. Pembatalan ini akan mengakibatkan pengkhitanan ponten subtotal.[4]

    • Ketikkan ponten tertentu nan Anda mau batalkan, tekan tombol kategori/department, tekan tombol
      VOID
      alias
      VD
      buat membuatnya memendek berasal skor total. Anda harus membatalkan suatu produk sebelum memasukkan data harga produk berikutnya. Jikalau tidak, Anda akan perlu menjumlahkan subtotal mulai sejak semua produk, kemudian menekan tombol
      VOID, lampau menindihkan angka harga yang Anda ingin batalkan, dan menekan tombol kategori/department. Hal ini akan mengurangkan angka yang riuk tadi bermula poin subtotal.
    • Jikalau Anda perlu membatalkan seluruh penjualan nan terdiri dari bilang produk, bakal dengan pendirian membatalkan setiap produk satu per satu.
  2. 2

    Mengembalikan pemasukan.
    Jika sendiri pembeli cak hendak mengembalikan suatu produk, Sira teristiadat memperhitungkannya di dalam angka kuantitas hari yang berkepentingan sebelum memberikan uang pengembalian ini kepada peminta. Bagi melakukan pengembalian penyetoran ini, tekan tombol
    REF, ketik angka harga barang yang dikembalikan, dan tekan pentol kategori/department nan tercalit. Tekan tombol subtotal sangat pentol
    CASH/AMT TND. Laci tip tunai juga akan terbuka dan Anda bisa memberikan uang pengembalian kepada pembeli.[5]

    • Cembul-tombol dan faedah-maslahat tertentu seperti pengembalian persen pembayaran bisa jadi diproteksi dan hanya dapat digunakan oleh manajer. Ini mungkin berarti manajer perlu menunggangi taktik untuk memindahkan mesin kasa ke kecondongan yang berbeda agar dapat mengerjakan royemen penjualan atau pengembalian penyetoran.
    • Tanyakan lega
      inspektur
      Kamu tentang strategi nan benar untuk menangani pengembalian produk dan pembayaran.
  3. 3

    Menghentikan bunyi
    error.

    Beberapa jenis mesin kasir akan membebaskan bunyi tertentu momen terjadi error karena Sira menekan tombol dengan urutan ataupun kombinasi nan riuk. Kerjakan menghentikan bunyi error ini, tekan tombol
    CLEAR
    atau C.

  4. 4

    Binasakan angka nan salah.
    Seandainya Anda telah mengimpitkan angka nan salah dan belum menekan cembul kategori/department, tekan kenop
    CLEAR
    atau
    C
    bagi menghapus angka yang pelecok itu. Jika Anda sudah lalu menekan tombol kategori/department
    sebelumnya, Anda terbiasa melakukan pembatalan transaksi.

    Iklan

  1. 1

    Bacalah angka total harian yang sedang terus bergerak menaiki.
    Sebagian manajer bisa jadi ingin mengetahui skor total penjualan sewaktu-waktu di musim itu. Lakukan menemukan angka besaran provisional ini, putarlah resep mesin kesir ke posisi
    X
    atau tekan tombol mode adv amat pilih
    X. Tekan tombol
    CASH/AMT TND. Skor total penjualan harian sementara itu lagi akan tercetak di daluang tanda terima pembayaran.

    • Sangatlah terdepan agar Dia tetap mengingat bahwa
      X
      menunjukkan angka total sementara yang akan terus mengalir menaiki, sedangkan
      Z
      akan menjajari angka total sementara itu ke angka nol.[6]
  2. 2

    Jalankan fungsi pesiaran penjualan harian.
    Setidak-tidaknya, laporan ini akan menunjukkan kepada Sira ponten total penjualan di hari itu. Banyak macam mesin kasa nan juga dapat menunjukkan angka total penjualan per jam, per petugas kasir, per kategori, atau beralaskan peristiwa-hal lainnya. Untuk mendapatkan laporan ini, tekan tombol
    Gaya
    dan memperbedakan mode
    Z, atau putar pokok ke posisi
    Z.

    • Ingatlah bahwa
      Z
      akan mengembalikan kredit total penjualan hari itu ke poin nol.[7]
  3. 3

    Ketahui saldo mesin bendaharawan.
    Setelah menjalankan fungsi laporan penjualan harian, hitunglah persen nan terwalak kerumahtanggaan laci tip tunai. Kalau ada cek atau lembar pembayaran kartu kredit, tambahkan angkanya ke angka total. Lazimnya mesin kartu kredit juga boleh menunjukkan skor kuantitas penjualan koran, maka Dia boleh dengan mudah mencocokkannya dengan ponten total penjualan yang Anda dapatkan dari mesin kasir. Kurangkan angka total keseluruhan ini dengan angka jumlah uang nan Anda gunakan sebelum Anda memulai transaksi di hari itu.[8]

    • Masukkan semua uang tunai, lembar pembayaran kartu poin dan cek yang Anda terima ke n domestik sebuah tas dan bawalah tas itu ke bank.
    • Simpanlah karangan data uang lelah tunai, kartu ponten dan cek. Hal ini akan menolong Sira intern proses akuntasi secara keseluruhan.
    • Tempatkan sejumlah uang di dalam laci uang tunai setiap siapa sebelum Engkau memulai suatu tahun kerja. Pastikan bahwa Anda menyimpan persen di tempat yang betul-betul aman momen bukan hari kerja.

    Iklan

  • Temukan sendi panduan mesin kasir Anda di Internet menggunakan mesin pelacak daring. Masukkan merk dan variasi mesin kasir Anda puas mesin pelacak.
  • Jika Anda menunggangi mesin kasa jenis
    Square, Anda dapat menerapkan sebagian ki akbar instruksi yang main-main kerjakan mesin kasa lumrah. Pelajari resep panduan mesin kasir
    Square
    bagi mendapatkan informasi lebih jauh.

Iklan

Tentang wikiHow ini

Jerambah ini sudah lalu diakses sebanyak 265.610 kali.

Apakah artikel ini membantu Anda?

Source: https://id.wikihow.com/Menggunakan-Mesin-Kasir