Cara Cepat Belajar Aksara Lampung

Biarpun saya terlahir bersumber suku Jawa, tapi saya momen periode sekolah baik di SD, SMP, dan SMA tidak pernah absen berpangkal menekuni pelajaran bahasa provinsi Lampung. Bahkan, kursus bahasa Lampung adalah tutorial favorite saya serempak sekolah. Sampai-sampai, sampai pasca pidato dan mengajar di sekolah bak guru, saya lampau menganakemaskan sekali aksara Lampung, bahasa dan sosial-budaya-nya. Setakat-sampai karena saya mencintai adat budaya Lampung dan membuatkannya situs
https://lovelylampung.com/
yang semenjana anda kunjungi ini.

Belajar abc Lampung bakal saya yaitu kejadian nan sangat menyenangkan. Saya sadar betul bahwa guru-guru bahasa Lampung saya sejak SD, SMP hingga SMA sangat rajin ikut kelas dan tak pangling mereka mengasihkan pelajaran menulis dengan menggunakan bahasa dan aksara Lampung. Kadang saya harus membiasakan berantara untuk batik suatu per satu leter Lampung ditambah dengan beberapa etiket baca dan anak hurufnya. Dulu memang bingung sekali perian awal-awal belajar aksara Lampung di sekolah.

Dulu waktu sekolah, temperatur saya sangat mandraguna mengajarkan anak didiknya (siswa) sebaiknya cepat bisa menulis aksara Lampung, merupakan dengan menyuruh semua petatar maju di depan kelas menulis aksara Lampung. Ini dilakukan guru saya bergilir dan memang terbukti kaidah ini dulu mujarab cak bagi melatih anak-anak/siswa hendaknya cepat bisa menggambar dengan abjad Lampung. Ayo sira pelajari lagi:
Aksara Lampung (Induk Abc, Anak Leter, Nama Baca dan Biji).

1.
Induk Abjad Lampung/Had Lampung

2. Anak Abjad dan Tera Baca

3. Angka Lampung

angka lampung

Tapi satu hal yang saya ingat agar cepat belajar abjad Lampung yaitu

hafalkan malar-malar sangat induk lambang bunyi, momongan huruf, tanda baca dan angkanya (harus hafal semua)
, habis

banyak-banyak latihan menulis aksara Lampung

bermula ahlinya. Tulislah
aksara Lampung
bermula prolog-introduksi dulu, baru kemudian dilanjutkan dengan latihan menulis dengan kalimat yang panjang (gunakan sekali lagi anak huruf dan tanda bacanya). Lakukanlah rutin setiap hari, dasari kemauan bisa dengan karsa nan safi dan munjung kesungguh-sungguhan, yakin pasti boleh !

Berikut ini paradigma catatan aksara Lampung yang saya tulis menggunakan tulisan tangan:

Oya belajar aksara Lampung itu gampang dan selamat mencoba ya, mudah-mudahan cepat bisa ya?

Catatan: Saya menitahkan terimakasih kepada temperatur-guru Bahasa Lampung saya berikut ini yang sudah membantu saya kerjakan membiasakan bahasa dan lambang bunyi Lampung dengan baik:

  • Ibu syam (guru inferior 1 SDN 1 Negararatu Natar Lampung Kidul/1997
  • Ibu Hindun, Ibu Mardianah (guru kelas 2 & 6 SDN 1 Negararatu Natar Lampung Daksina/1998
  • Ibu Rodiah (munsyi Lampung kelas 7,8,9 SMPN 1 Natar Lampung Kidul/2003-2006
  • Ibu Desmalia (guru bahasa Lampung kelas X, XI, XII SMA Yadika Natar/2006-2009

Source: https://lovelylampung.com/pengalaman-saya-belajar-aksara-lampung-dengan-mudah-dan-cepat/