Cara Belajar Rubik 3×3 Dengan Cepat

Ilustrasi rubik (Rubyla/Pixabay)




Permainan


rubik 3×3 memang yang paling populer di Indonesia dibanding permainan rubik keberagaman yang lain. Tapi apakah kamu sudah tahu


kaidah


main rubik 3×3 yang bermoral?


Main-main rubik memang efektif lakukan memuati tahun senggang dan mengurangi stres akibat karier. Selain itu permainan ini juga mencanai pengambil inisiatif untuk bisa menyelesaikannya dengan baik.


Permainan ini mulanya diciptakan oleh Erno Rubik, seorang pemahat dan mahaguru bidang arsitektur di Hungaria. Permainan ini pertama mana tahu diperkenalkan ke khalayak pada tahun 1980.


Si pembentuk permainan ini menciptakan rubik dengan tujuan agar pemainnya belajar bagi tidak cepat menyerah.


Hingga kini permainan ini naik daun di kalangan masyarakat sebagai permainan sederhana yang menembakkan otak lakukan mengekspresikan warna setiap sisinya dengan tepat. Rubik jenis ini punya sembilan latar.


Rubik ini pula memiliki enam warna yang berlainan, adalah putih, spektakuler, asfar, mentah, jingga, dan merah.


Permainan ini cocok untuk dicoba karena bendanya yang tak sesak besar dan mudah dibawa ke mana sahaja. Selain itu harganya pun sangat teraih tidak menguras kantong. Lalu, bagaimana cara main rubik 3×3?


Mandu Main Rubik 3×3

ilustrasi rubik )Meisjedavos/Pixabay)


Sebelum masuk ke dalam teknik bermain rubik, kamu teradat memahami jenama-keunggulan radiks dari rubik 3×3.


Rubik 3×3 terdiri dari 27 bagian kecil nan saling terhubung lega inden. Serta terdiri atas 6 jihat, setiap penggalan rubik n kepunyaan nama tiap-tiap ialah:



  • Center

    : bagian tengah rubik nan posisinya paten alias bukan boleh dipindah-pindah.



  • Edge

    : penggalan tengah di arah samping rubik.



  • Corner

    : fragmen ujung-ujung mulai sejak rubik.



  • Layer

    : Terbagi menjadi 3 jihat, dimulai mulai sejak pangkal yaitu Layer 1 kemudian layer 2, dan terakhir Layer 3.


Pasca- mempelajari nama dasar rubik, baru mungkin ini kamu mempelajari notasi pergerakan rubik.


Tidak perlu menghafaz semua notasinya, kamu bisa menciptakan menjadikan sendiri istilah yang menurutmu makin mudah.


  • R (Right): mengarau arah kanan rubik searah penusuk jam.


  • R’ (R tonjolan): memutar sisi kidal rubik berlawanan arah jarum jam.


  • L (Left): mengadon sisi kiri rubik sepikiran pencucuk jam.


  • L’ (L titik berat): memutar sebelah kiri rubik berlawanan jihat penyemat jam.


  • U (Up): mengarau sisi atas rubik searah jarum jam


  • U’ (U aksen): memutar sisi atas rubik anti arah jarum jam.


  • D (Down): memutar arah bawah rubik sepikiran penyemat jam.


  • D’ (D aksen): memutar sisi bawah rubik berlawanan arah jarum jam.


  • F (Front): memutar sisi depan rubik sehaluan jarum jam.


  • F’ (F aksen): mengarun sisi depan rubik antagonistis arah penusuk jam.


  • f (F katai): memutar sebelah depan 2 layer dari rubik sehaluan penusuk jam.


  • f’ (F kecil titik berat): mengebur sisi depan 2 layer mulai sejak rubik berlawanan jihat jarum jam.


  • B (Back) : memutar sisi belakang rubik sehaluan jarum jam.


  • B’ (B aksen): mengebur sisi belakang rubik anti arah jarum jam.


Setelah mempelajari gerakan dasar serta notasinya, dia kini dapat mempraktikkan salah satu rumus rubik 3×3.


Berikut pelecok suatu rumus rubik nan boleh dipraktikkan:


Dikutip berusul speedcube, sebetulnya lain ada rumus rubik 3×3 khusus privat takhlik cross (+) nirmala. Tapi, engkau dapat berburu arah dengan episode kuning di perdua dan diletakkan di sebelas atas.


Selanjutnya cari edge tulus dan kumpulkan untuk didekatkan dengan kotak warna kuning semenjak bermacam rupa sebelah.



2. Menyelesaikan Layer 1 Warna Tulus


Kamu bisa takhlik layer permulaan ini dengan meratakan warna nirmala tersebut. Cari corner piece nan putih buat dipindahkan ke radiks.


Sebelumnya, samakan terlebih dahulu warna bagian tengah dengan corner piece di bagian atas tulen. Bikin rumus algoritma, jika berpangkal sebelah kanan adalah U R U’ R’ dan sisi kidal U’ L’ U L.


Kalau layer permulaan telah selesai, lebih jauh mencari edge yang akan dipindahkan. Cak agar edge piece hijau bisa seperti warna center atau di sebelah edge piece biram, sebelumnya anda harus menyeimbangkan dulu edge piece.


Rumus algoritmanya yakni U’ L’ U L U F U’ F’ seandainya ke kidal, padahal ke kanan M U R U’ R’ U’ F’ U R’.


Algoritma cross kuning adalah F R U R’ U’ F’. Kemudian, engkau akan memposisikan 2 tutul yang masih kosong pada bagian bawah center dan kanan center sisi kuning.


Gunakan rumus F R U R’U’F’ X2 agar menjadi cross asfar. Pada posisi edge kosong 2 ada dua kondisi.



  • Pertama

    , depan dan kanan. Lakukan dua kali dengan algoritma F R U R’ U’ F’.



  • Kedua

    , berseberangan. Bisa eksekusi suatu kali saja memperalat rumus F R U R’ U’ F’.



5. Menyelesaikan Layer Dandan Kuning


Bagi menyelesaikan layer atas berwana asfar, anda bisa memperalat rumus ikan atau R U R’ U R U2 R’ dan memiliki 5 arketipe dengan 3 kondisi.



  • Purwa

    , kondisi plus yaitu sreg pola 1 ialah ada dua noktah di pantat dan di depan. Moms dapat eksekusi dengan titik kuning lalu ditempatkan di samping kiri pakai rumus R U R’ U R U2 R’. Kemudian dengan paradigma 2 yaitu belaka ada 2 titik di depan saja. Gunakan rumus R U R’ U R U2 R’ buat eksekusi dengan titik kuning agar bisa di sisi kiri.



  • Kedua

    , kondisi tank, buat yang permulaan bintik di depan dengan rumus R U R’ U R U2 R maupun pola 3’. Kemudian cak bagi komplet 4 bisa eksekusi dari jihat kanan tank dengan rumus R U R’ U R U2 R’.



  • Ketiga

    , kondisi pita adalah adanya dua noktah asfar di sebelah kidal dan kanan, dan ambil posisi titik dari kidal lalu eksekusi dengan rumus ikan.



6. Mengorientasikan Corner dan Edge




Kaidah


menyelesaikan kubik buncit adalah harus menyamakan posisi corner dan edge.


  • Takdirnya belum cak semau titik yang seimbang, kamu dapat eksekusi putaran mana saja dengan rumus R U2 R’ U’ R U2 L’ U R’ U. Maka akan diperoleh dua sudut nan sudah lalu sama di sebelah kiri dan bisa dilepas dulu dengan edge layer 2 biar sekufu.


  • Lalu, ulangi pula algoritma R U2 R’ U’ R U2 L’ U R’ U’ L sehingga keempat sudut akan terorientasi di tempatnya.


  • Jikalau corner telah terorientasi, maka bisa menggilir edge dengan memilih salah satu sebelah yang sudah congah di tempatnya dengan rumus R U2 R’ U’ R U2 L’ U R’ U’.


  • Lalu, anda akan memperoleh satu sebelah nan telah full.


  • Pilih edge yang sudah lalu komplet di sebelah belakang untuk dinotasi dengan rumus R U’ R U R U R U’ R’ U’ R2.

Source: https://kumparan.com/info-sport/cara-main-rubik-3×3-bagi-pemula-ini-rumusnya-1vxrTLfF6pz