Cara Belajar Huruf R Dengan Cepat


Unduh PDF


Unduh PDF

Obstulen R, yang disebut juga
konsonan pulsa alveolar, terutama dipakai detik mengucapkan kata-kata dalam bahasa Italia, Spanyol, alias Portugis.[1]

Yang menganjur, bahkan penutur asli bahasa-bahasa ini pun kesulitan saat menitahkan R, dan sebagian basyar tidak pernah bisa menyabdakan R. Kalau Dia koteng penutur masif bahasa Inggris, Anda mungkin belum pernah berbuntut mengucapkan R (bahasa Inggris enggak membutuhkan bunyi ini) dan mengalami kesulitan saat mempelajarinya.

  1. 1

    Buat gerakan yang tepat dengan perkataan Anda.
    Pelafalan R kerumahtanggaan bahasa Inggris dihasilkan semenjak gerakan labium pangkal dan persneling atas. Selain itu, pengucapan R dihasilkan dengan menggetarkan alat perasa dengan babak belakang transmisi atas, setinggi sebagaimana gerakan tuturan Anda saat mengucapkan huruf T dari D.[2]

    • Awali dengan mengucapkan aksara R, kerumahtanggaan bahasa Inggris, persisten-keras. Perhatikan bagaimana mulut Anda bergerak saat Engkau mengucapkan leter R. Indra perasa Kamu tak akan menyentuh sisi belakang gigi, tetapi semata-mata semacam menggantung di tengah-tengah.
    • Kini ucapkan huruf Tepi langit dan D, dalam bahasa Inggris, keras-gentur. Perhatikan bagaimana gerakan bacot Kamu ketika mengucapkan Lengkung langit dan D. Lidah Dia akan menyentuh bagian pantat gigi depan — seolah-olah alat perasa Anda menyorong gigi Sira ke depan.
    • Posisi lidah detik mengucapkan T dan D kerumahtanggaan bahasa Inggris sama posisinya ketika Anda hendak menyempurnakan pengucapan aksara R. Hanya selain lidah menyentuh babak belakang gigi depan Anda, lidah Dia juga harus bergetar. Getar itulah yang menimbulkan renyut atau celaan bergelombang.
    • Dalam langkah ini yang penting adalah memafhumi bagaimana mudah-mudahan gerakan mulut dan pengecap Ia bakal mengucapkan abc R. Ketika Anda maju dan mulai latihan mengucapkan R, perhatikan posisi alat perasa Engkau.
  2. 2

    Persilihan dari pengucapan huruf D atau T.
    Mulailah langkah ini dengan memosisikan mulut dan lidah Engkau sreg gelanggang latihan ketika menyabdakan huruf D atau Horizon dalam bahasa Inggris. Pada posisi ini, lidah Ia terbiasa menempel adv minim pada fragmen pantat gigi depan Kamu. Begitu tuturan Engkau berada pada posisi ini, embuskan berasimilasi lewat mulut doang. Pelihara agar lidah Anda tetap rileks saat melakukan ini sehingga vibrasinya mengenai gigi depan.[3]

    • Sosi berasal langkah ini adalah melatih lidah Engkau bergetar. Dengan menjaga agar indra perasa Anda rileks di internal tuturan Sira dan mengembuskan berasimilasi, aliran udara berasal paru-paru bisa mendorong lidah Anda bervibrasi. Jika indra perasa Anda tidak bergetar, kali disebabkan lidah Dia adv minim rileks.
    • Persiapan ini, seperti persiapan lainnya, teradat tuntunan. Bikin kontributif biar berhasil pada persiapan ini, Engkau boleh berusaha mengucapkan suara yang berkaitan dengan huruf Tepi langit dan D dalam bahasa Inggris. Ketika Anda melafalkan huruf T maupun D, tambahkan huruf R di akhir suara minor sehingga berbunyi “drrr” dan “trrr.” Embuskan napas detik mengerjakan ini dan latihlah menggetarkan lidah Anda.
    • Anda juga bisa berusaha mengucapkan kata-kata intern bahasa Inggris yang dimulai dengan huruf D, Kaki langit, B, atau P dan diikuti huruf R (misalnya, Dracula, train, bronze, pretty). Dengan latihan alas kata-kata yang menghampari D, T, B, P, dan R, Anda sebetulnya latihan menyabdakan huruf R karena lidah Anda fertil pada posisi benar. Kuncinya adalah membuat indra perasa Ia bergetar momen menyabdakan R tersebut sehingga pengecap Beliau memuntal.[4]
  3. 3

    Ucapkan frasa privat bahasa Inggris nan bisa menempatkan pengecap Sira pada posisi nan benar.
    Selain suara “drrr” dan “trrr” ada frasa kerumahtanggaan bahasa Inggris nan dapat menolong Anda menempatkan pengecap pada posisi yang tepat bakal mengucapkan R getar. Gunakan frasa
    ”put it away”
    atau
    ”putter-up”, maka Anda bisa merasakan lidah Kamu mendorong sebelah pinggul transmisi depan. Posisi ini begitu juga posisi alat perasa Anda ketika menitahkan aksara R.[5]

  4. 4

    Gunakan metode
    butter/ladder.

    Introduksi “butter” dan “ladder” privat bahasa Inggris sama menunggangi prolog yang dimulai dengan D, T, B, alias P dan diikuti R lega huruf kedua. Dua kata ini juga menempatkan pengecap di belakang gigi depan Kamu, nan mana ini merupakan posisi bakal menyabdakan R.[6]

    • Pada dua kata ini, pengecap Anda berlambak di belakang gigi depan ketika menyabdakan kaki perkenalan awal kedua perkenalan awal tersebut — ketika Engkau mengucapkan suara yang ditimbulkan makanya “tter” dan “dder.”
    • Kamu dapat menitahkan keseleo satu semenjak kata-kata tersebut, ataupun keduanya. Misalnya, Anda bisa mengucapkan “butter butter butter ladder ladder ladder” tautologis kali, atau perantaraan dari dua kata tersebut.
    • Terus ulangi pengenalan-kata itu dengan lebih cepat. Semakin cepat Beliau mengucapkan pengenalan-kata tersebut, semakin raksasa kemungkinan alat perasa Kamu bergetar. Alhasil episode kata “tter” dan “dder” akan bergetar saat menyabdakan bunyi R.
  5. 5

    Latihan mengucapkan huruf R tunggal.
    Pada adegan ini Anda mesti sempat di mana seharusnya Engkau memosisikan pengecap ketika mengucapkan fonem R. Sira juga terbiasa melatih aksi ini dengan menitahkan kata lain kerumahtanggaan bahasa Inggris yang menghasilkan gerakan yang sama. Privat prosesnya diharapkan lidah Dia bisa bergetar lega birit gigi. Saat ini petik barang apa yang sudah Anda pelajari dan coba latihan menyabdakan huruf R.[7]

    • Anda boleh jadi penis waktu berminggu-pekan sampai bisa berbuat kampanye lega tahap ini dan berhasil mengucapkan huruf R. Panjang hati, ini tidak mudah.
    • Sentral pada tahap ini adalah mampu melafalkan R getar tanpa tambahan huruf atau kata lain.
    • Sejenis itu Anda berhasil menitahkan huruf R, teruslah les berulang-ulang. Nantinya kejadian itu akan menjadi air mandi yang wajar sehingga Anda bahkan tak terlazim mempertimbangkan gerakan ucapan Anda ketika mengucapkan leter R.
  1. 1

    Kendurkan lidah Engkau.
    Buat mengucapkan fonem R, pengecap Anda mesti cukup relaks sehingga dapat bergetar independen ketika merenjeng lidah. Karena lakukan berbicara n domestik bahasa Inggris tidak selalu dibutuhkan lidah yang relaks, Engkau boleh jadi perlu kursus melemaskan lidah setakat berhasil mengucapkan huruf R.[8]

    • Ucapkan frasa
      ”tee dee va”
      buat mengendurkan lidah.
    • Ucapkan frasa ini berulang kali dan secepat boleh jadi. Ingatlah untuk menjaga pengecap Anda ki ajek relaks dan kendur di privat congor.
    • Pengecap adalah otot, Anda perlu kursus cepat sedikit sampai lidah Anda cukup relaks untuk mengucapkan aksara R.
  2. 2

    Latihan menitahkan huruf R dengan frasa bahasa Spanyol.
    Banyak manusia, tercantum momongan-anak, diajari rima ini lakukan kontributif belajar pengucapan huruf R nan tepat dalam bahasa Spanyol, yang bunyinya begitu juga abc R getaran. Anda bisa menggunakan rima ini untuk melatih mengucapkan huruf R, entah bahasa segala yang hendak Anda pakai cak bagi huruf R tersebut. Serangkaian kalimat yang sulit diucapkan itu adalah
    ”El perro de san Roque no tiene rabo, porque Ramón Ramirez se lo ha robado.”
    [9]

    • Terjemahannya intern bahasa Indonesia untuk kalimat itu adalah “Anjing san Roque tidak n kepunyaan ekor, karena dicuri Ramón Ramirez.”
    • Hanya sreg waktu-waktu tertentu huruf R getar dipakai n domestik bahasa Spanyol: yaitu momen huruf R merupakan huruf mula-mula suatu kata (misalnya Roque atau
      rabo); atau saat ada dua abc R di tengah-tengah kata (misalnya
      perro). Ketika mengucapkan rima itu, Sira teristiadat menitahkan R dengan jelas.
    • Detik suatu perkenalan awal intern bahasa Spanyol ada abjad R di tengah-tengahnya, huruf R tersebut enggak perlu diucapkan dengan jelas (bukan R getar). Alih-alih suara yang dihasilkan itu terdengar mirip dengan suara “dd” yang dihasilkan dalam bahasa Inggris. Jika Anda membutuhkan uluran tangan untuk mengucapkan abc R tunggal dengan tepat, coba dengarkan video ini umpama contohnya — http://www.studyspanish.com/pronunciation/letter_r.htm.
    • Kalau hal itu membantu, mulailah membiasakan namun dengan kata-alas kata nan menghasilkan fonem R getar.
    • Begitu Anda bisa menyabdakan satu kata dengan tepat, lebih lanjut Ia bisa mengucapkan seluruh rima.
    • Ulangi rima tersebut sering kali, semakin lama semakin cepat. Kuncinya yaitu bisa menyabdakan semua kata itu, termasuk lambang bunyi R getar, minus secara sengaja memikirkan fakta bahwa Anda menggetarkan fonem R.
  3. 3

    Cobalah mengucapkan pembelit pengecap.
    Pembelit lidah kerumahtanggaan bahasa Indonesia ini bisa dicoba dipraktikkan cak bagi mengucapkan bunyi R getar, entah bahasa apa juga nan Anda pelajari:
    “Ular melingkar-lingkar di pagar Kelongsong Jafar.”
    Mulailah dengan menyabdakan pembelit alat perasa tersebut sedikit demi. Begitu Sira lihai mengucapkannya, mulailah mengucapkannya repetitif boleh jadi dengan lebih cepat.[10]

    • Cak semau pula pembelit lidah n domestik bahasa Inggris, merupakan “R with R cigar, R with R barrel, swift roll the wagons, carrying sugar of the train.”
    • Varian alternatif 1 —
      “Erre con erre cigarro, erre con erre barril. Rápido corren blong carros, detrás del ferrocarril.”
      [11]
    • Varian alternatif 2 —
      “Erre con erre cigarro, erre con erre barril. Mira que rápido ruedan, las ruedas del ferrocarril.”
    • Sekadar pada masa-masa tertentu leter R pulsa dipakai internal bahasa Spanyol: yaitu ketika leter R menjadi huruf pertama pada satu pembukaan (misalnya Roque atau
      rabo); atau ketika cak semau dua huruf R di tengah-paruh pembukaan (misalnya
      perro). Ketika menitahkan rima, pada saat itulah Dia mesti mengucapkan R dengan jelas.
    • Ketika suatu prolog dalam bahasa Spanyol kelihatan ada huruf R di tengah-tengahnya, huruf R tersebut tak teristiadat diucapkan dengan jelas (lain R vibrasi). Alih-alih suara nan dihasilkan itu terdengar mirip dengan suara “dd” yang dihasilkan dalam bahasa Inggris. Jikalau Anda membutuhkan bantuan bikin mengucapkan huruf R tunggal dengan tepat, coba dengarkan video ini seumpama contohnya — http://www.studyspanish.com/pronunciation/letter_r.htm.
    • Ketika Anda bisa mengucapkan kalimat pembelit alat perasa semakin cepat, huruf R getar akan terdengar lebih wajar.
  4. 4

    Menyabdakan pembelit lidah menengok-saling.
    Cak agar Kamu tidak bosan, dan untuk memastikan Anda bisa menamakan R ketika mengucapkan lebih bersumber suatu pembukaan ataupun kalimat, cobalah pembelit lidah nan farik. Pembelit lidah ini yaitu tanya tiga harimau yang sedih:“Tres tristes tigres tragaban trigo en un trigal en tres tristes trastos. En tres tristes trastos tragaban trigo tres tristes tigres.”
    [12]

    • Versi alternatif 1 —
      “Tres tristes tigres triscaban trigo en un trigal. Un tigre, dos tigres, tres tigres trigaban en un trigal. ¿Qué tigre trigaba más? Todos trigaban igual.”
    • Versi alternatif 2 —
      “En tres tristes trastos de trigo, tres tristes tigres comían trigo. Comían trigo, tres tristes tigres, en tres tristes trastos de trigo.”
    • Kembali, Anda hanya wajib mengucapkan abc R renyut ketika lambang bunyi awal kata itu adalah R (misalnya Roque atau
      rabo) atau ketika ada dua huruf R di perdua-tengah kata (misalnya
      perro).
    • Kalau ada huruf R unjuk di tengah pembukaan bahasa Spanyol, huruf R itu bukan huruf R getar. Alih-alih, huruf R itu mesti berbunyi sama dengan “dd” dalam bahasa Inggris. Jika Anda membutuhkan pertolongan bikin mengucapkan fonem R khusus dengan tepat, coba dengarkan video ini sebagai contohnya — http://www.studyspanish.com/pronunciation/letter_r.htm.
    • Ketika Anda dapat menyabdakan pembelit lidah dengan semakin cepat, huruf R renyut akan terdengar lebih wajar.
  1. 1

    Cobalah Metode Harimau.
    Metode Maung mendukung Engkau belajar mengenai trik menggetarkan pengecap, yang dibutuhkan bikin menggetarkan huruf R. Cara ini merupakan sebagai berikut:[13]

    • Berdeham. Suara minor nan dihasilkan berbunyi sebagaimana “ckh.” Ketika berdeham, silih suara miring “ckh” menjadi bunyi “grrr”. Kunci bikin menghasilkan bunyi ini merupakan buatlah langit-langit mulut Anda bergetar.
    • Ucapkan huruf L atau T dan perhatikan di mana alat perasa Kamu berakhir puas pengunci fonem tersebut. Titik ini adalah puncak alveolar.
    • Tempatkan lidah Anda pada puncak alveolar dan ucapkan kata “girl” dan “hurl” tanpa memindahkan lidah dari puncak alveolar tersebut. Gunakan ‘ dehaman Anda dengan rutin untuk memulai pembukaan itu dan memungkirkan getaran itu menjadi R getaran.
  2. 2

    Gunakan Metode
    Raspberry.

    Metode ini menggunakan suara yang didapat bersumber meniup
    raspberry
    untuk membantu belajar menyabdakan huruf R. Berikut ini awalan-langkahnya:[14]

    • Mulailah meniup
      raspberry.
    • Tambahkan celaan Sira pada obstulen
      raspberry.
      Untuk menghasilkan bunyi itu, bisa dengan menggunakan pita suara.
    • Ketika Anda meniup
      raspberry
      dengan bunyi vokal, turunkan rahang sebagian sonder menghentikan
      raspberry.
    • Pasca- rahang Beliau pada posisi yang makin kurang, gerakkan lidah Kamu ke tepi bagian alveolar tanpa mengubah apa lagi yang madya Anda bikin.
    • Kapan itu Anda semestinya telah dapat mengucapkan R. Jika belum, cobalah metode ini sekali juga sampai akhirnya Anda boleh mengucapkan lambang bunyi R.
  3. 3

    Cobalah melakukan Metode
    Vision Dream.

    Metode ini memaui Engkau berbicara dengan sangat keras, sehingga lakukanlah ini di suatu panggung yang tidak mengganggu orang lain. Ikuti langkah-langkah ini:[15]

    • Tarik napas tinggi.
    • Ucapkan introduksi “vision.” Saat mengucapkan episode tengah dari introduksi itu (nan kedengaran bunyinya sama dengan “zh”) panjangkan sekeliling 3-4 detik. Saat Beliau memanjangkan obstulen “zh” selama 3-4 momen, naikkan volume suara. Putaran anak bungsu berpunca alas kata itu (’n’) mesti sangat sumir, belaka seharusnya juga terus ditambah volumenya. Kapan ini Anda mesti bersabda sangat keras.
    • Tambahkan prolog “dream” kerjakan menciptakan menjadikan frasa. Antara mengakhiri perkenalan awal “vision” dan memulai introduksi “dream” mesti kurang dari sedetik. Saat mengucapkan “dr” yang adalah penggalan mulai sejak alas kata “dream”, itu merupakan klimaks frasa tersebut.
    • Ketika sampai lega “dr” di bagian kata “dream,” kendurkan lidah Dia dan biarkan menjuntai. Karena saat ini Anda bersabda dengan terlampau gigih, napas yang keluar pecah mulut mestinya membentuk lidah Sira bergetar. Biarkan seperti ini (dan biarkan lidah Anda loyal rileks).
    • Sekiranya berbuntut, akan menghasilkan bunyi seolah Ia mengucapkan perkenalan awal “dagadaga.”
    • Cobalah melakukan ini beberapa mungkin sampai Ia dapat mengucapkan R dengan jelas.

  • Huruf R memang tidak mudah diucapkan. Anda mana tahu tidak boleh segera ataupun dengan mudah mengucapkannya. Sira perlu latihan bilang kali sehari selama bilang minggu setakat bisa mengucapkan R dengan jelas tanpa berpikir. Kepala dingin dan teruslah mencoba.
  • Secara umum, obstulen R sama di banyak bahasa (Spanyol, Italia, Portugis, Rusia, dsb.). Kuncinya adalah boleh membunyikan huruf R tunggal dengan sukses. Takdirnya Anda berhasil menitahkan obstulen R dengan baik, Engkau dapat menitahkan R di bahasa apa pun jika diperlukan.

Tentang wikiHow ini

Halaman ini sudah diakses sebanyak 301.146 boleh jadi.

Apakah artikel ini membantu Beliau?

Source: https://id.wikihow.com/Melatih-Pengucapan-%22R%22