Cara Belajar Huruf Hijaiyah Dengan Cepat

Jakarta

Sebelum mengajari anak mengaji Al-Qu’ran, Bunda perlu memperkenalkannya dengan jumlah fonem hijaiyah ya. Terserah 28 huruf hijaiyah unik yang boleh diajarkan ke anak.

Huruf-aksara ini dikenal sekali lagi dengan alfabet Arab nan digunakan dalam penulisan Bahasa Arab.

Mengenal huruf hijaiyah

Dalam buku
Metode Pembelajaran Baca Catat Al-Qur’an: Memaksimalkan Pendidikan Islam
karya Dr. Mursal Aziz, M.Pd.I dan Zulkipli Nasution, MA, dijelaskan bahwa lambang bunyi hijaiyah berusul dari Bahasa Arab.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kata ‘huruf’ berpokok dari Bahasa Arab ‘harf’ maupun ‘hurf’. Sedangkan prolog ‘hijaiyah’ berusul dari introduksi kerja ‘hajja’, yang artinya mengaja, menotal abc, atau membaca aksara demi abjad.

“Fonem hijaiyah dimulai mulai sejak ‘Alif’ dan berakhir pada lambang bunyi ‘Ya’,” demikian perkenalan awal tim panitera.

Orang yang pertama kali menyusun huruf hijaiyah secara berurutan yaitu Nashr bi ‘Ashim al-Laitsi’, Bunda. Bukan seperti fonem latin, huruf hijaiyah dibaca berpunca kanan ke kiri.

Jumlah huruf hijaiyah adalah 28 huruf spesial atau 30 bila menjaringkan abjad rangkap ‘Lam-Alif’ dan ‘Hamzah’ sebagai huruf yang berdiri seorang. Berikut 30 huruf hijaiyah serta cara membacanya:

1. ا dibaca Alif

2. ب dibaca Ba’

3. ت dibaca Ta’

4. ث dibaca Tsa’

5. ج dibaca Jim

6. ح dibaca Ha’

7. خ dibaca Kho’

8. د dibaca Dal

9. ذ dibaca Dzal

10. ر dibaca Ro’

11. ز dibaca Za’

12. س dibaca Sin

13. ش dibaca Syin

14. ص dibaca Sho

15. ض dibaca Dho

16. ط dibaca Tho

17. ظ dibaca Zho’

18. ع dibaca A’in

19. غ dibaca Gho’in

20. ف dibaca Fa’

21. ق dibaca Qof

22. ك dibaca Kaf

23. ل dibaca La

24. م dibaca Ma

25. ن dibaca Nun

26. هـ dibaca Ha’

27. و dibaca Wa

28. ي dibaca Ya

29. ء Hamzah dibaca ‘A

30. لا Lam-alif dibaca La

Anak muslimIlustrasi Mengajarkan Anak asuh Jumlah Leter Hijaiyah/ Foto: iStock

Mengajarkan anak jumlah fonem hijaiyah

Bunda bisa mengenalkan momongan jumlah huruf hijaiyah dengan mudah lho. Melansir dari berbagai perigi, berikut tiga cara mengenalkan kuantitas lambang bunyi hijaiyah ke anak agar mudah dihafal:

1. Mendaras Iqro

Sebelum mengaji Al-Qur’an, momongan-anak rata-rata diharuskan mendaras buku
Iqro: Cara Cepat Membaca Al-Qur’an
karya As’ad Humam dan Team Tadarus AMM untuk mengenal huruf hijaiyah. Melalui sosi Iqro, kita juga boleh memudahkan pendirian baca anak momen membaca huruf hijaiyah.

Ada heksa- jilid sosi Iqro, yakni Iqro 1 hingga Iqro 6. Tingkat kesulitan minimal tinggi terserah di buku Iqro 6. Darurat yang paling mudah ada di pusat Iqro 1.

Pengenalan huruf hijaiyah mula-mula anak boleh dimulai secara sedikit demi dari Iqro 1 ya, Bunda. Di anak kunci ini, anak asuh bisa belajar satu pers satu fonem hijaiyah dan cara bacanya dengan logo bacanya.

2. Membaca Juz Amma

Mengaji Juz Amma bisa menjadi alternatif lain mengenalkan jumlah abjad hijaiyah ke momongan sejak dini. Menurut anggota Divisi Pembinaan Keluarga Majelis Tabligh PP ‘Aisyiyah, Dr. Hibana Yusuf, M.Pd., mengenalkan momongan fonem hijaiyah di Juz Amma tidak wajib sampai menyerahkan konsep.

“Lakukan Juz Amma atau membaca hijaiyah itu memang karakternya berbeda. Kalau mendaras latin mengenalkan konsep, kalau leter hijaiyah beda, tidak hingga mengenalkan konsep tapi lebih ke arah drill bagi mengenal aksara,” kata wanita nan akrab disapa Ustazah Ana ini kepada
HaiBunda,
bilang periode terlampau.

Meski sreg tahap tadinya si Kecil belum memahami, kita dapat membuatnya menaksir kebiasaan ini, Bunda. Cukuplah, pada spirit yang lebih besar, ialah 4 hingga 5 tahun, Bunda bisa mulai meminta si Boncel menghapal surat sumir.

“Mungkin spirit 4 sampai 5 tahun anak sudah kepingin. Tapi, prinsipnya tidak dipaksa alias anak harus internal kondisi senang. Kalau sudah lalu boleh, baru kita ajari huruf hijaiyah,” ucap Ustazah Ana.

3. Menulis dan mewarnai dari buku belajar

Gerendel menulis dan mewarnai fonem hijaiyah sudah banyak dijual di pasaran. Bunda boleh memanfaatkan sentral ini kerjakan mengenalkan lambang bunyi hijaiyah sebelum membaca Al-Qur’an.

Ada beragam konsep menggambar huruf di setiap ki akal, misalnya menebalkan huruf hijaiyah dengan pensil sambil menyebutkan cara bacanya. Ada pula yang memberikan contoh benda ataupun kata kerja di bahasa Arab bersumber huruf-huruf tersebut.

Beberapa acuan huruf hijaiyah dari bahasa Arab, yakni:

– Abc hijaiyah (ب) ‘Ba’ dapat dimasukkan ke dalam kata benda (بَابٌ), dibaca
baabun
yang artinya pintu.

– Fonem hijaiyah (ج) ‘Jim’ bisa dimasukkan ke dalam kata (جَبَلٌ), dibaca
jabakun
yang artinya gunung.

– Huruf hijaiyah (ح) ‘Ha’ bisa dimasukkan ke intern substantif (حقيبة), dibaca
haqiibatun
yang artinya tas.

Selama mengajari momongan jumlah aksara hijaiyah, Bunda teristiadat menemaninya ya. Pastikan anak kritis cara pengucapannya dengan fon agar mudah sparing membaca Al-Qur’an.

Simak juga nama bayi amoi Selam yang unik, dalam video berikut:

[Oyong:Video Haibunda]

(ank/som)







Source: https://www.haibunda.com/parenting/20210928115820-61-242604/3-cara-mudah-mengenalkan-jumlah-huruf-hijaiyah-ke-anak