Cara Belajar Fisika Smp Dengan Mudah


“Betapa enaknya kalau sekolah lain ada fisika. Aku maunya di kelas IPA. Tapi jangan cak semau fisika. Apa bisa?”

5 Langkah Menaklukkan Fisika – Ujaran di atas merupakan ujaran pelajar saya, dengan rendah pengubahan varian saya-tentunya. Tapi, ujaran di atas menjadi pikiran semua peserta di Indonesia ini. Menurutmu, fisika itu pelajaran selit belit nggak sih? Fisika itu asyik nggak? Apakah fisika berpuaka? Nggaklah ya! Cerek nggak ada hantunya. Jadi nggak mengerikan ya. Hehe…

Emang sih beberapa bani adam nan mengaku kesulitan mempelajari fisika. Satu alasannya yang paling kecil banyak dikatakan yaitu karena FISIKA itu BANYAK RUMUSNYA. Alias berlebih BANYAK RUMUS nan DIHAFAL. Benar atau betul?

Keluhan siswa dalam memahami fisika:

•         Tidak mengerti apa yang diajarkan.

•         Sesak banyak rumus yang dihapal (ribet)

•         Bingung rumus yang cak hendak dipakai

•         Periode belajarnya kurang

•         Guru yang mengajarkannya tidak asik bahkan killer.

Perhubungan merasa nggak? Layak pelajaran fisika sebetulnya nggak mau gurunya ikut kelas. Takdirnya bisa mah gurunya ada bersanding, kegiatan di luar atau tambahan pula sakit. Eh jangan ya.. hehe.. kasihan gurunya.

Pas gurunya aman-aman semata-mata, masuk inferior, detik itulah terasa waktu berjalan lambat. Sekonyongkonyong mengantuk dan menguap. Padahal semula fit segar bugar. Mendadak 5L (penat lesu lunglai lemah loyo).

Maunya timbrung IPA tapi nggak ada fisika. Bisakah? Nggak bisa guys. Kurikulum kita mewajibkan sedemikian itu. Memasukkan fisika di keramaian MIPA. Maka, cak hendak nggak cak hendak, suka nggak doyan ya belajar fisika.

Lantas, bagaimana kendati kita bisa paham dengan fisika? Kalau bisa sih tanggulang fisik serupa itu. Jikalau tidak ya seenggaknya terserah bilang materi fisika yng dapat diingat dan dikuasai.

Caranya gimana?

1. Kuatkan Dasarnya.

Satu mata kursus bukan lepas semenjak pelajaran lainnya. Pelahap ada keterkaitan. Nah, fisika ini dasarnya adalah ilmu hitung.

Cak bagi paham fisika, harus kuat dasar matematikaya. Sebab, banyak materi matematika digunakan dalam fisika. Seperti pangkat, akar susu, trigonometri, garis hidup tahapan riil maupun negatif, dan operasi aljabar (kalibataku).

Takdirnya nggak selesai dasarnya, maka sulit pula kritis lakukan menyelesaikan soal-soal fisika.

So, banyak pahami materi matematika ya guys.

2. Kaitkan dengan Pengumuman.

Ya, satu kesulitan memahami materi fisika adalah karena anda maya atau lain kasatmata. Benar atau salah? Sebetulnya tak seluruhnya benar.

Terlebih fisika itu merupakan tuntunan eksak atau positif atau ada. Enggak imajinasi. Sahaja,kadang dirasa khayali atau enggak nyata karena kita tidak mengalami ataupun memakai alias menerapkan hukum fisika, hasilnya sedikit terangan-angan di otak kita.

Padahal, sebagai ilmu liwa, fisika dulu sering dipakai dalam alat-alat teknologi, lho.

Kaprikornus jika bisa, saat belajar materi barang apa gitu, bayangkanlah alat atau peristiwinya. Misal materi kalor bayangkan alat-alat listrik nan juga menghasilkan panas, materi hukum Pascal sreg mesin steam mobil, syariat Archimedes di kapal laut. Bayangkan, lho. Bersusila-benar bayangkan.

Pengalaman saya, cara ini menjadikan kita seakan medium menggunakan alat itu, maupun medium mengalami fenomena itu.

3. Banyak Tuntunan.

Apapun itu, jika semakin sering dilatih, maka akan semakin hebat pula. Seperti basket misalnya, seseorang akan mahir basket seandainya rajin latihan. Sebagaimana dengan futsal, orang akan semakin pintar sekiranya semakin banyak latihan.

Maka, untuk menaklukkan Fisika, lain ada jalan lain kecuali banyak tutorial. Demap baca materinya, burung laut latihan soalnya, dan belalah mengepas pertanyaan yang kian tinggi tingkat kesulitannya. Semakin banyak kursus soal, akan semakin menambah prinsip atau kebijakan penyelesaian soal.

 “Serentak SMA, saya mempunyai pokok raksasa khusus untuk latihan soal fisika dari beberapa kancing. Kompilasi jawaban soal yang kerjakan. Saya punya lebih dari satu siasat. Tak tetapi buku selongsong teradat yang dikasih dari sekolah saja. Saya punya buku dari beberapa penerbit. Jadi, saya mempunyai lebih berbunga satu buku.”

 Malar-malar
zaman now, internet banyak menyediakan latihan cak bertanya, termaktub pembahasannya. Bintang sartan kita tidak repot beli buku. Tapi saran saya jangan lupa mempermainkan pembahasannya. Kadang suka-suka aja yang keliru bersumber pembahasannya.

4. Cak acap Menanya

Kadang kita sering pasrah. Sekiranya enggak mengerti dengan tuntunan, diam saja. Tidak menanya. Padahal, tidak bertanya itu boleh ada empat peluang.

Pertama, beliau tahu atau paham. Kedua, sira tidak tahu atau tidak responsif tapi sipu ataupun takut menyoal. Ketiga, kamu tahu apa yang dia tidak luang. Keempat, anda tidak adv pernah apa yang beliau tidak tahu.

Nah, usahakan kalian itu kalian luang apa yang tidak kalian luang. Lalu, tanyalah sreg guru. tau nggak,
master itu senang
lho kalau suka-suka pelajar yang ngisiin vibrasi bertanya.
Trust berpenyakitan!Dengan bertanya, kamu bisa dapat kesempatan cak bagi mendapatkan ilmu lagi. Sekali diterangkan, kelihatannya kalian tidak peka. Sudahlah, bertanyalah hendaknya dapat mendapatkan penjelasan pula. Biar kalian lebih responsif.

Nggak usah merembah dibilang bodoh atau payah atau tidak paham. Mungkin, temanmu tidak senggang lagi, tapi malu bakal menanya. So,
jangan merembah ya menanya
. Mumpung menyoal itu gratis alias tidak bayar.

5. Mengubah Pendirian Pandang

Siapa nan membenci fisika, maka fisika akan membencinya

Kita akan mengamini sesuai yang pandangan kita. Kalau kita menganggap terik, maka sesuatu itu akan menjadi rumpil. Kalau kita sudah menganggap fisika sulit, pasti kita akan mendapati kalau fisika itu sulit.

Walaupun, kalau kita menganggap fisika mudah, tidak juga lantas kita langsung kritis dengan fisika, tidak juga lantas rumus-rumus fisika kita hafal. Nggak gitu sekali lagi, kalee.

Tapi, kalau sudah kena mental block, biasanya kita sudah kalah aja. Kalah sebelum bertanding. Padahal, percaya diri yakni sekeping keberhasilan. Begitu pembukaan sosok bijak.

Maka, berangkat ubahlah cara pandang , memang tidak mudah sih. Sugesti diri kalian bahwa kalian karuan dapat mengarifi fisika, kalian pasti dapat mengerti fisika. Emang tidak mudah sih. Tapi energi konkret ini pasti akan berpengaruh pada kalian.

*

Bandingan-teman, di luar fisika umpama pelajaran, ilmu-hobatan fisika sangatlah signifikan. Guna-guna fisika mencium buat mantra tidak, lho. Kalau kalian kuliah di teknik, medis, ilmu perbintangan, dan lainnya bakalan cak bertemu fisika. Jadi, bukan cak semau alasan pun untuk tidak akrab dengan fisika. Ya ketel?

Maka dari itu, ketimbang menghindar dari fisika, terserah baiknya kalian mulai bersahabat dengan fisika. Layaknya bersahabat, tentu bukan langsung damping. Nggak papa. Nan pasti ada progresnya. Pedekate bintang sartan akrab gitu. Semoga kalian bisa ya menjinakkan fisika. Chayo!

Supadilah. Pengajar fisika di SMA Terpadu Al Qudwah.

Source: https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/5-langkah-menaklukkan-fisika/