Cara Belajar Bahasa Sunda Dengan Cepat

Sama seperti bahasa daerah lain, bahasa Sunda juga harus selalu dilestarikan mudah-mudahan tidak terkikis oleh bahasa luar. Minimal bukan, untuk pemukim Jawa Barat nan menggunakan bahasa ini dalam jiwa sehari-harinya. Kian bagus pun sekiranya banyak orang yang berusaha kerjakan membiasakan bahasa Sunda.


Baca juga:
Ngabuburit: Asal-Usul Pagar adat Ini di Rembulan Bulan rahmat

Sebagian besar publik Indonesia menganggap bahasa Sunda sulit lakukan dipelajari karena sepan berbeda dengan bahasa Indonesia. Akan tetapi, dengan mandu yang tepat siapapun bisa mengamankan bahasa Sunda, kok. Tercatat kamu.

Lantas bagaimana selayaknya prinsip belajar bahasa Sunda yang tepat dan mudah dilakukan? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Mandu mudah membiasakan bahasa Sunda dengan benar

Sebelum kita membahas akan halnya prinsip sparing bahasa Sunda, sebaiknya Sobat Pintar mengenal beberapa hal akan halnya bahasa ini. Tujuannya agar beliau tidak sesak terperangah kalau ada perbedaan dengan bahasa daerah yang kamu kuasai.

Mengenal Bahasa Sunda secara pendek

Bahasa Sunda adalah bahasa yang digunakan oleh 42 juta orang dan menjadi bahasa ibu yang jumlah penutur terbanyak kedua sehabis bahasa Jawa. Hampir seluruh provinsi Jawa Barat dan Banten memperalat bahasa Sunda buat percakapan sehari-hari.

Akan doang, cak semau sekali lagi sejumlah wilayah Jawa Perdua yang menggunakannya. Misalnya seperti di Mana tahu Brebes yang ada di Kabupaten Brebes serta Kali Serayu. Kemudian di bilang provinsi Jakarta juga cak semau yang mengaryakan bahasa Sunda.

Undak-unduk Bahasa Sunda

Bahasa Sunda memiliki aturan yang disebut laksana “undak-unduk basa”. Secara publik ini memberi penggunaan bahasa Sunda ke intern 3 tinggi. Permulaan bahasa Sunda halus,
loma
(biasa), dan berangasan.

Biar makin mudah dipahami, dapat juga dibagi menjadi dua, ialah bahasa resmi dan informal. Bahasa halus atau formal biasanya digunakan saat berbicara dengan sosok nan bertambah sepuh atau belum akrab. Temporer bahasa
loma,
berangasan alias informal formal digunakan kepada teman akrab.

Cek contoh-paradigma kalimat di bawah ini mudah-mudahan Sobat Digdaya bisa lebih mudah mengetahui penjelasan tersebut.

Contoh:

Anggaplah ia medium fertil dalam angkutan publik sangat berlaga dengan orang yang kamu kenal. Untuk berbasa-basi sambil menghabiskan waktu kamu dapat menggunakan kalimat:

  • Tas ti mana?
    (Habis dari mana?) ->
    loma,
    kasar atau informal jika khalayak tersebut ialah lawan akrabmu; atau
  • Tos ti palih mana, Bu/Selongsong?
    (Lalu bermula mana?) -> halus ataupun formal seandainya individu tersebut kian tua, seperti guru atau orang tua bangka teman.

Lewat disarankan tidak menggunakan kalimat informal untuk berbicara dengan ayah bunda atau orang baru kamu temui, sebab akan menimbulkan kesan bahwa kamu basyar yang tidak adv pernah sopan santun.

Prinsip mendaras fonem “e” dalam bahasa Sunda

Satu keadaan terdahulu yang harus Sobat Pintar ketahui saat belajar bahasa Sunda yaitu cara membaca huruf “e”. Berbeda dengan bahasa Indonesia maupun Jawa, huruf “e” privat bahasa Sunda dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • Huruf “e” dibaca seperti pengucapan pada bahasa Indonesia
  • Huruf “é” dibaca seperti huruf e internal kata tahi angin, mereka, dan sebagainya
  • Leter “eu” dibaca diucapkan sebagai halnya prolog “peuyeum”

Beberapa glosari bahasa Sunda nan besar perut digunakan

Salah satu pendirian yang efektif untuk mempelajari bahasa Sunda adalah dengan mengetahui kosakata nan demap digunakan oleh orang Sunda intern hidup sehari-tahun. Kosakata sehari-waktu ini bisa Sira jadikan bak pangkal untuk berlatih bahasa Sunda.

Di dasar ini beberapa contoh kosakata nan sering digunakan:

Glosari Arti
Hatur nuhun Terima hidayah
Kumaha damang? Apa siaran?
Punten Minta diri
Geulis Cantik
Kasep Ganteng
Enya, uhun/muhun Iya
Aya Terserah
Nuju naon? Sedang (mengamalkan/melakukan) segala?
Kunaon? Kenapa?
Naon Apa
Ti mana Berasal mana
Ka mana Ke mana
Kumaha Bagaimana
Saha Siapa
Iraha Bilamana
Sakedap Sebentar
Kumaha engke Bagaimana nanti/lihat nanti
Karunya Kasihan
Mangga Ayo, Yuk, Boleh
Hungkul/Wungkul Doang

Tips belajar bahasa Sunda dengan mudah


Sejauh mempelajari bahasa Sunda, Sobat Kebal harus majuh siuman tentang aturan undak-unduk basa atau 3 tingkatan bahasa Sunda yang sudah dibahas sebelumnya. Sebab ini akan memudahkanmu dalam mengidas kata yang tepat. Selain itu masih ada bilang tips lainnya, adalah:

Niat awet

Kehendak nan awet yaitu modal dasar cak bagi mempelajari sebuah bahasa, termasuk bahasa Sunda. Dengan niat yang abadi ia akan berusaha terus meningkatkan kemampuan dan kognisi mengenai bahasa Sunda.

Bahkan ketika menemukan kesulitan yang mungkin membuatmu kehilangan nyawa, kamu akan mengepas mencari perkembangan keluar buat mengatasinya. Selain itu, proses pendedahan yang dilalui akan terasa makin ringan.

Baca juga:
Beginilah Prinsip Sparing Bahasa Jawa Bikin Pemula

Mencari dagi cucu adam Sunda

Pasca- memiliki niat yang kuat, seyogiannya Sobat Pintar mencari bandingan anak adam Sunda mudah-mudahan proses belajarnya menjadi lebih cepat. Kenapa dapat begitu? Karena kamu bisa mencoba menggunakan bahasa Sunda dalam konversasi sehari-hari.

Selain itu, engkau juga bisa menunangi hal-peristiwa yang rumpil dimengerti maupun dipahami kalau belajar koteng. Misalnya menitahkan beberapa kata dengan abc “eu”.

Jika Sobat Berilmu sedang tidak berada di area Jawa Barat, sira bisa mencari teman melalui sosial media seperti Twitter, Facebook, Instagram, atau Tik Tok.

Jangan malu momen praktek memperalat bahasa Sunda

Rata-rata basyar yang menengah belajar sebuah bahasa akan merasa malu detik praktek menggunakan bahasa tersebut. Boleh jadi karena mengirik salah pelafalan atau alasan lainnya. Namun sepatutnya ada, hal ini tidak perlu terlalu dipikirkan.

Sobat Mandraguna harus ki memasukkan kerumahtanggaan diri bahwa suatu kesalahan ataupun kekeliruan ialah bagian berusul proses berlatih nan tidak bisa dihilangkan sejenis itu doang. Usahakan juga kerjakan selalu bertanya jika ada hal yang bukan dia ketahui.

Membaca kamus maupun buku belajar bahasa Sunda

Di tahap awal pembelajaran, hendaknya kamu sering-sering membaca buku belajar bahasa Sunda sekalian kamusnya. Dengan serupa itu, kamu dapat simultan mencari arti dari kata nan lain kamu ketahui artinya.

Jika kamu merasa telah n kepunyaan cukup banyak leksikon, dapat dilanjutkan dengan membaca taktik cerita singkat buat anak-anak. Saat ini ada banyak permintaan kamus bahasa Sunda yang dapat sira pasang di smartphone. Berikut ini beberapa rekomendasi dari Kredit Kebal:

Kamus Bahasa Sunda Offline

Aplikasi nan satu ini lampau cocok cak bagi Sobat Pintar yang ingin berinteraksi bersama teman orang Sunda. Keunggulan utamanya merupakan bisa diakses tanpa menunggangi koneksi internet.

Kamus Sunda (Kalimat)

Seperti namanya, aplikasi ini boleh kamu gunakan bikin menerjemahkan kalimat. Dengan bantuan tuntutan ini, kamu boleh menerjemahkan sampai 500 pengenalan.

Mendengarkan lagu bahasa Sunda

Salah suatu kemampuan yang harus diasah ketika belajar bahasa Sunda adalah mendengarkan. Semakin gegares kamu mendengarkan bahasa Sunda, semakin laju pun kamu berujar.

Untuk membantu proses belajarmu, Sobat Berisi boleh mendengarkan lagu bertata cara Sunda dari sejumlah penyanyi terkenal seperti Doel Urun, Sule, Darto, ataupun yang lainnya.

Baca sekali lagi:
Rekomendasi Kamus Bahasa Inggris Indonesia Terbaik

Belajar melangkahi Youtube


Tips terakhir yang boleh Sobat Berisi cak bagi adalah belajar melalui Youtube. Kini ada banyak sekali terusan Youtube nan boleh kondusif ia belajar Bahasa Sunda, diantaranya:

  • TheBudakBageur
  • Loba Ngomong
  • Sunandar Alamsyah
  • Efa Farida
  • Belajar Bahasa Sunda

Artikel tentang pendirian belajar bahasa Sunda ini ditulis maka itu
Angka Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan privat penyaluran
pinjaman online
kerjakan seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar bagi mendapatkan warta, tips bermanfaat, serta
promo
menganjur lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk

Source: https://www.kreditpintar.com/education/belajar-bahasa-sunda