Cara Belajar Bahasa Hokkien Dengan Cepat

Cara Sparing Hokkien Medan

Bilang orang suka-suka yg ingin berlatih bahasa hokkien wadah karna lebih mudah mencari pegangan,dikarenakan mayoritas bos pada industri di kota tempat bertambah dominan pada chines dan mereka lebih mecari fungsionaris yg bisa berbahasa seperti mereka agar kian mudah berkomunikasi,nah untuk asalan itu saya takhlik artikel ini,selamat membiasakan!!


HOKKIEN

1.Lu mia amik? : Sapaan tanda ko?
2. Kui che lui? : Berapa duit/harganya (nanya harga)
3. Wa ai khi khua hi : Aku mo nonton?
4. Bo lui bo cabo lo : Gak ada tip gak ada dayang
lohh 😥
5. Wa ai ciak phui seng : Aku mau makan dulu
6. ane siau lu : Edan kali kau
7. Bo Peng iu : Gak kawan (es ke te)
8. Tan seng a : Tunggu ntar ya….
9. Ane gau lo lu : Pande kali ko ahhh…
10. Bo kiam tampok : Gak dapat adv minim (nawar2
barang :deal: )
1.Benci barangkali aku sama kau : Wa lo lu
2. No telp mu berapa? : Lu tien ua khui ho?
3. Boleh kenalan gak? : E sai sio bat bo?
4. Jangan marah ya… : Mai me ya…
5. Kamu tinggal dimana? : Lu bertongkat sendok khi ta lok?
5. Tanganmu lembut deh : Lu e chiu ane iu
6. Kamu lagi ngapain? : Lu juga comi kin?
7. Saya mau pergi kerja : Wa ai khi co kang
8. Bodoh kali kau… : Ane gelegah lo lu…
9. Aku rindu kamu : wa ribang kak lu
10. Aku lagi bete : Wa ane ce su siong
ciak pa boi ? = uda makan blum ?
lu ai ciak bo ? = anda cak hendak bersantap ga ?
wahh ane ho liau = waduh enak banget
bo kau hiam = kurang pedes
u bo – adakah?
ce peng = di sini
ai bo = mo gaaa?
wa = saya
jakarta e lang = hamba allah jakarta
e hiau kong = boleh ngomong
e hiau thia = bisa dengar
be hiau kong = tidak dapat ngomong
ako = tante
kong = sejumlah/ngomong
kenung = bego
khiau sen = org Jakarta
Ciak seng = makan lalu
kabarku baek2 = Wa E Cui Kin Ho
barang apa kabar = Kin Nai Ho Bo
dah makan = Cia Pui Liau
mau pulang ga = Ai Tui Mai
enggak = Mai
iya = Ho
nangis = Hau
sakit = Phua Pe
aku mau memencilkan = Wa Ai Khi ( Wa = saya, Ai = mau, Khi =
meninggalkan)
aku kenyang = Wa Pa (Pa = kenyang)
aku ingin minum = Wa Ai Lim (Lim = menenggak)
aku lupa = Wa Beki (Beki = pangling)
Saya Mau Makan = Wa Ai Cia Pui
1= cit 2=no 3=sa 4=sang 5=go 6=lak 7=jhit 8=phe
9=kaw 10=cap
11=cap it 12 = segel ji ….
100 =che pha 200 = no pha 300 = sa pha 101 = ce-pa-
it 111 ce-pa-merek-it
1000 = che tetes 2000 = no melase 3000 = sa ceng 1001
= ce ceng it 1500 = ce ampas gula go pha
10000= che ban
1.000.000   = che tiaw
belajar = o che
antiwirawan / ga akur = bo gam
flat = chu
kidal = cia
kanan = to
depan / bertamadun = thau ceng
belakang = auboi
mundur = to the
sio sim ar = ati2x
wa ai teng liau ar = aku lagi udah ngantuk/ aku telah
mau pulang
ai khun liau = udah mau bobo
lu ciak pa boi = kamu dah makan belum?
wa aboi ciak = aku blm makan
wa khi cui pang senk ya = aku ke toilet terlampau ya
boi cai = belum tau
tan khua senk = ntar lihat dulu
boi la = belum lah
boi ar = belum lah
ciak pa liau = udah bersantap/makan udah -> Makan mutakadim
kenyang
lu ce kang kin bo?? = kamu sibuk ya
ciak hamik ar = makan apa
boi ciak = blon mkn
ciak kin = lg bersantap
wa uan sunway pyramid liau = aku udah sampe sunway
pyramid
tan wa ai khi be amplop = ntar aku cak hendak memencilkan beli
amplop
ciak hamik = makan apa
mai be gapura ciak ya = jangan tengung-tenging makan ya
lu boi ciak ? = kamu belum makan
cang ek = mandi
wa lang ciak yuk = kita basyar makan yuk
mai la = jangan lah
mai phai si = jangan malu malu
kin jit wa chin khi ce lo liau = hari ini aku timbang naik
satu kilogram sudah
co phai se = Malu Malu in/Mamalukan
KOSA Kata
=========
ai = cinta/sayang
ai = mau
bo = tak
boi = belum
cai = tau
ciak = makan
liau = udah
lu = kamu
khua = tatap
senk = dahulu
tan = ntar/esok
teng = pulang / ngantuk
wa = aku
pa = sudah
mai = ga mau/jangan
uan = sampe
khi = meninggalkan
be = beli(musik menaiki)/jual(irama turun)
mai = jangan
phai si = Nakal
Phai se = malu malu
lui = uang
kit jit= hari ini
chin= timbang
khi= naik
lo =kg
tetes = tumbuk/hantam
kuai = licik
bae = ho
kemaren = came
jemah = miacai
esok = aujit
senen = pai it
selasa = pai ji
peparu = pai sa
kamis = pai si
jumat = pai go
sabtu = pai la
ahad = le pai
tidur = khun
sekolah = tha che
nonton tv = khua tiense
cha sio pui = nasi babi
Kita nonton yuk : khua hi yok
Mau nonton film segala apa? : ai khua ha mihun?
Dia benar2 cantik malam ini : lu kime ane sui
ku ca bertongkat sendok khi medan = habis lampau di medan
tapi i lang pua khi jkt liau = tapi mereka akhirnya
pindah ke jakarta
wa kau lak hoi tua khi medan = aku sampe usia 6
perian dulu di medan
amang nan heng le? Jadi..barangkali yang bayar?
menikah = chut ke
sedikit = tampo
dikit2 musti bs ngomong = tampo2 e hiao kong
u lang mui ko = ini ada yg nanya sekali lagi
tiong = perdua
rajawali = lao eng
terbang = poei
wa ane pato yau >> aku laper banget
perutku mules pengen ke toilet >> wa pato thia ai khi ca
aikeng
cia pa sio eng = runyam jelasinnya
wah…ane song ya bo kang co = wah…sedap ya ga terserah
kerjaan
Ke = batih
An = selamat
tempai hip siau eng khi ho peng co liau e ne sui
(dulu foto disana, jadinya bagus banget…)
Mana tahu pua khi pauh besar. kha To keng e tiam
(Mungkin pindah ke MB, ke toko yang kian besar)
E sai = boleh
Bo ti = ngga ada
Ti = suka-suka
Kai = ajarin
Chio = senyum
Gu = sapi
Chau = bau
Than = dapat
Sia = catat
Bo yao kin = gpp
An cua = gimana
Kua = lagu
Kai = makhluk
Emsi = bukan
Thau yam = intip
Siau eng = foto
A boi u = belum punya
Mia = cap
lam >> sensasional
hua >> bunga
u >> ada
thikong = langit
chut sang = lahir di
peng yu = bandingan
siang = seimbang
tham cia = seneng mkn
tong kim = sekarang
tem pai = dulu
siau eng = anak perempuan
cin e = beneran
kui hoi = brp thn
nie = thn
gwe = bln
hakseng = murid
saya haus sekali, ingin air es = wa a ne chuita, gien lim
leng cui
lok ho = hujan
boleh kenalan nggak? = e sai sio bat bo?
namamu boleh jadi? = lu a bihun mia?
blh jd temenmu nggak? = e sai co lu e peng yiu bo?
Li = main
ma kalar lok, ma nia theng, tan lok kok, tiam-tiam lok
sebentar turun ujan, sejenang mengetem, ntar ujan lagi,
terus
Buang = bwang
tidur sampe ngiler=khun lau nua
khui = urai
hau = nangis
a mi = apa
sambut belas kasih pun = mien khek khi (gak usah
sungkan2) ato mien (gak usah) ato biau kin (gak apa2)
ke piak = sisi
ho liau = enak (rahim)
hiam cio = sambal
kang hu = hobatan
se jit = ultah
wa kin gu’e se jit = saya bln ini ultah
ceker >> cengka
kaki >> kha
kakekku >> wa e akong
preskriptif >> ba
wa mai co lang e se ie << tak mau jd cem-ceman muda
wa boi u bo le <= saya belum cak semau istri
mai shi shua kong le <= jangan sembarangan ngomong
wa ane ai lu mush <= saya gitu cinta sama kamu mush
e hiau = digresi
ancua = gimana
Lain ta ko gwe masi u cap go meh.. Che cap go ame,
masi nama go meh lo…
Trans : Tiap bulan juga ada malam 15.. Musim ke 15
lilin lebah, ya lilin lebah 15 lo..
Oh iya.. Ai cia tiong chiu pia liau ho… Wuih… Pien lau
nua khi.. Ai kio mama kia lai pa sia ah.. ^^
Trans : Oh iya… Dah mo bersantap kue wulan ya… Wuih…
Jadi ngiler.. Mo nyuruh mama kirim ke jakarta ah.. ^^
Hahaha… Bo kho leng pien be hiau kong hokkien hua
la.. Uan chu enggak ta jit juga kong hokkien hua.. ^^
Trans : Hahaha… Ga mungkin jadi ga dapat ngomong
hokkian.. Di rumah, tiap ari juga ngobrol hokkien.. ^^
senior 7th, lu ai nyusul lu e bo pintu he peng yo ?
senoir 7th, lu ingin nyusul bini lu disana ya?
cewe = Cabo
cowo = Tapo
botol = Kuan
gelas = Tepoi
ingat = Eki
lari = Cau
kabarku baek2 = Wa E Cui Kin Ho
apa pengetahuan = Kin Nai Ho Bo
dah makan = Cia Pui Liau
mau pulang ga = Ai Tui Mai
bukan = Mai
iya = Ho
nangis = Hau
sakit = Phua Pe
pacar = Ailang (bukan aling yah)
aku kepingin menjauhi = Wa Ai Khi ( Wa = saya, Ai = mau, Khi =
pergi)
aku kenyang = Wa Pa (Pa = kenyang)
aku ingin minum = Wa Ai Lim (Lim = minum)
aku lupa = Wa Beki (Beki = lupa)
aku dah mempunyai pacar = Wa U AiLang Liao (U Ailang Liao
= udah punya pacar)
Saya Mau Makan = Wa Ai Cia Pui kalo
Saya mau Pupi maupun Boker = Wa Ai Pang Sai
wa = saya
lu = kamu
ciak = makan
hamik = apa
hamang = siapa
mia = label
lu mia hamik? = namamu mungkin?
ai = mau, mau, burung laut
wa ai lu = aku cinta sira
wa ai ciak = aku mau makan
chu = apartemen
cai = sayur; memaklumi
em cai = ngga tau
sui = cakap
siaw = gila
bae = ho
kemaren = came
kelak = miacai
kelak = aujit
emsi = lain
wa lagi bo kang co = Gw lage ngak ada kerjaan
Nama lu siapa? = lu mia ha mik?
Nama gua A Hoo = wa mia a hoo
Hobby lu apa? = lu e hobi ha mik?
Lu udah kerja ato masih kuliah? = lu sang co kang liau alias
masih thak sepuh ok?
Kerja di mana? = co kang khi ta lok?
Ntar malem cak hendak nggak makan bareng? = ki me ai pe2
khi ciak bo?
jangan ganggu aku = Mai cong ti wa..
ie laotse ka liau bo eng = guru2nya lega sibuk
an cua le…? = jadi gimana dong ?
ce peng e ok seng mana e kong, kalo ie laotse ane bo
eng = mana boleh belajar disini, kalo guru2nya lega
sibuk ( benerin ya klo riuk, hokkien gw jg gak terlalu
laju…)
laotse aling, ane ku bo layar, cumisu? bo eng kin hami? =
guru aling lama banget gak masuk, knapa ? sibuk apa ?
kamu rupawan = lu hok sui
cu mik = barang apa / kenapa
ha mik su = ada segala apa
ha mik lai = barang apa itu
ane = banget
tui = pulang
siau = gila
 : sudahlah sekian dan peroleh kasih kiranya artikel di atas bermakna bikin kita semua .

Source: http://jimmynewaddres.blogspot.com/2017/03/cara-belajar-bahasa-hokkien-medan.html