Brisan Aritmatika Bertingkat Dipelajari Di Smp

Postingan ini kami buat karena ada salah suatu pertanyaaan mulai sejak sobat hitung soal laskar aritmatika bertumpuk. Materi barisan aritmatika berpangkat selayaknya telah diajarkan di dipan SMA dan dalam tanya tentamen saringan timbrung perserikatan atau SNMPTN bosor makan muncul soal mengenai barisan aritmatika bertumpuk ini.  Pertanyaan yang disampaikan seperti di pangkal ini :

Kak tolong bantu saya, bagaimana menentukan rumus suku ke-falak mulai sejak barisan nilai berikut? telah satu minggu belum ketemu. 😀



1     6     15     28

Jika dilihat, barisan biji di atas bukan ialah barisan aritmatika maupun geometri. Bukan ada cedera atau rasio yang tetap antara tiap sukunya. Akan tetapi jika dilihat lagi ternyata barisan suku-suku tersebut di atas adalah laskar aritmatika bertingkat. Coba sobat amati bagan di sumber akar ini

barisan aritmatika tingkat 2Pertanyaannya akan habis mudah di jawab jika sobat cuma diminta menyinambungkan legiun tersebut. Akan tetapi bagaimana menentukan rumus suku ke-n mulai sejak barisan aritmatika bertingkat di atas? Simak uraiannya di pangkal ini.

Apa itu Armada Aritmatika Bertingkat?

Deret aritmatika bertumpuk bisa dibilang banjar arimatika nan beda tetapnya tidak dijumpai langsung pada tiap tungkai barisan tersebut melainkan selisih tetapnya di temukan lega selisih bertingkat dari selisih berisan-legiun aritmatika berpangkat tersebut. Deret aritmatika bertingkat ada yang bertajuk satu (deret aritmatika absah), berpangkat dua seperti teladan di atas, tingkat 3, apalagi bisa lebih.

Rumus Pasukan Aritmatika Bertingkat

U_n=a/0!+(n-1)b/1!+((n-1)  (n-2)c)/2!  + ((n-1)  (n-2)(n-3)d)/3!+ dst

tingkat a, b, c, d, dst akan menentukan rumus yang dipakai untuk menentukan suku ke-falak. Sekarang kita juga pada pertanyaan sobat hitung di atas. Lihat susuk di bawah, terlihat bahwa pasukan tersebut setakat pada tingkat 2 (c).

ilustrasi aritmatik

Bintang sartan rumus suku ke-n nya bisa dicari dengan

U_n=a/0!+(n-1)b/1!+((n-1)  (n-2)c)/2!   U_n=1/0!+(n-1)5/1!+((n-1)  (n-2)4)/2! U_n=1/1+(n-1)5/1+((n-1)  (n-2)4)/2 U_n=1+(n-1)5+(n-1)  (n-2)2 U_n=1+5n-5+(n^2-3n+2)2 U_n=1+5n-5+2n^2-6n+4 U_n=2n^2-n

Bintang sartan ketemu deh rumus suku ke-cakrawala nya adalah Un = 2n2
– n. Sebagai sobat ingin berburu tungkai ke-10 maka tinggal dimasukkan ke rumus U10 = 2.102
– 10 = 190. Semoga bermanfaat yak. Jika sobat ada kesulitan jangan ragu buat menuliskannya di kolom komentar di asal. Baca juga materi tentang barisan dan lajur aritmatika.


Reader Interactions


Source: https://rumushitung.com/2014/08/04/rumus-barisan-aritmatika-bertingkat/