Bimdomain_7an Belajar On Line Smp

Berawal dari Wuhan, China , virus corona ataupun SARS –COV -2 yang menyebabkan penyakit covic -19 secara universal saat ini dan telah memencar  ke sekitar 143 negara di dunia termasuk Indonesia. Organisasi Kesehatan Marcapada ( WHO) dan setiap negara medium berusaha melakukan segala upaya agar dapat mengembari wabah  virus nan telah menyebabkan ribuan sosok meninggal dunia. Senior Advisor on Gender and Youth to the WHO DG , Diah Saminarsih, menyebutkan bahwa sejak pertama virus ini menyebar, banyak kursus nan bisa diambil dan dipilah oleh Indonesia. Cuma, peristiwa nan minimal penting dan ditegaskan oleh WHO yaitu untuk melakukan berbagai mandu dengan intensi penting untuk menyelamatkan hidup manusia atau menyelamatkan nyawa makhluk.

Sebagai wujud bakal penyelamatan tersebut, Kementerian Agama RI, melepaskan peraturan tentang sistem kerja dan sistem penerimaan suhu madrasah baik dari tingkat RA,Kwetiau,MTs dan MA cak bagi bisa melaksanakan tugas dan fungsinya dari rumah / tempat silam dengan Teaching From Home (TFH) dan Work From Home ( WFH), jika wilayahnya dinyatakan pandemik wabah covic -19 oleh otoritas yang berwenang, dan pelaksanaan TFH/WFH menyesuaikan hal dan kondisi pecah sarana pendukung yang tersedia.

Internal upaya pencegahan dan penanganan covic -19, melaksanakan sesuai dengan statuta dan ketetapan  yang belaku, dengan ganjaran terhitung tiba sungkap 16 Maret 2022, kegiatan membiasakan mengajar dilaksanakan secara mandiri di rumah masing – masing , dengan lengkap  jarak jauh melalui jaringan online/ daring dan tenaga pendidik dan kependidikan memfasilitasi dan memantau pelaksanaannya.

Untuk memantau kegiatan pengajian pengkajian online/daring tersebut, maka guru wajib menambah wawasan  dalam permukaan baru seyogiannya kegiatan pembelajaran bisa melanglang dengan lancar serta  fungsi dan tugas guru dan tenaga kependidikan boleh dilaksanakan dengan baik.

Setelah munculnya wabah covid 19 di retakan bumi, sistem pendidikan pun mulai mencari suatu inovasi untuk proses kegiatan membiasakan mengajar.Malah adanya surat edaran no 4 tahun 2022 dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang mengajarkan seluruh kegiatan di institusi pendidikan harus jaga jarak dan seluruh pengajuan materi akan disampaikan di rumah masing – masing.

Adapun metode pembelajaran yang bisa dipakai adalah :

  1. Project Based Learning, metode ini n kepunyaan tujuan terdepan buat memberikan pelatihan kepada pelajar untuk lebih berkolaborasi, bergotong royong dan empati dengan sesama. Metode ini sangat efektif  diterapkan kepada para pelajar dengan membuat kerumunan belajar kecil  dalam mengamalkan project, eksperimen dan inovasi terutama pada daerah zona hijau dan kuning.
  2. Daring Method, metode ini memanfaatkan jaringan online, dan mewujudkan para siswa kreatif memperalat fasilitas yang terserah, sebagai halnya membuat konten dengan memanfaatkan dagangan – barang di sekeliling rumah alias mengerjakan seluruh kegiatan sparing melalui system online, metode ini lampau sekata diterapkan di kawasan zona merah.
  3. Luring Method, metode inimodel pengajian pengkajian yang dilakukan di luar jaringan, dalam manfaat, pembelajaran yang satu ini dilakukan secara taatap wajah dengan memperhatikan zonasi dan protocol esehtan yang berlaku.metode ini habis pas buat murid yang ada di wilayah zona  kuning maupun bau kencur.Metod ini digunakan bagi menyiasati [enyampaian kurikulum agar tidak plus selit belit momen disampaikan kepada siswa. Selain itu pembelajaran yang satu ini juga dinilai cukup baik bagi mereka yang kurang atau tidak memiliki sarana dan infrastruktur nan kondusif lakukan system daring.
  4. Home Visid method, metode ini merupakan salah satu opsi pada metode pembelajaran saat pandemic ini. Metode ini  mirip seperti kegiatan belaajar mengajar nan disampaikan saat home schooling. Jadi pengajar mengadakan home visit kerumah pelajar dalam tahun tertentu. Dengan demikian materi yang diberikan kepada siswa bisa tersampaikan dengan baik , karena materi pelajaran dan tugas  serta merta terlaksana dengan baik di bawah bimbingan guru.
  5. Integrated  Curriculum, metode ini  akan lebih efektif bila merujuk plong  project base, nan mana setiap kelas akan diberikan project nan relevan dengan mata pelajaran terkait.Integrated Curriculum bisa diaplikasikan buat seluruh pelajar yang subur di semua wilaayah , karena metode ini akan diterapkan dengan system daring., sehingga metode ini dinilai silam aman bagi peserta.
  6. Blended Learning, metode nan menggunakan dua pendekatan sekaligus,  alam artian metode ini menggunakan system daring serta merta tatap roman melalui video coverence.metode ini efektif untuk meningkatkan  kemampuan serebral bagi peserta.
  7. Pembelajaran  melalui Radio, metode ini ialah terobosan penerimaan masa pandemic covid 19, metode ini merupakan salah satu pendirian dalam menguasai keslitan akal masuk internet dan solusi basyar tua bangka siswa nan enggak memiliki telepon pintar ( smart phone). Pmbelajaran dilakukan maka itu guru nan berkompeten bersama pelajar menjadi komplet  dan juga interaktif bersama  siswa yang menjadi mustami.

Memahfuzkan wabah wabah  covid 19 yang lain senggang tentu kapan berakhirnya, metode penataran tersebut di atas bisa dijadikan opsi bakal para peserta didik , guru dan madrasah/sekolah  agar kegiatan membiasakan mengajar loyal berlangsung.

Dari metode penataran tersebut, master diminta bakal boleh menerapkan dalam penataran nan mungkin baru, karena selama ini selalu dilakukan dengan bersemuka.

Sebaliknya pesuluh pun pula harus mampu menyesuaikan dengan pengajian pengkajian dengan metode dan model  nan yunior.

Pelaksanaan pengajian pengkajian daring adalah salah satu model pendedahan yang dilakukan puas tahun pandemi, karena n domestik mandu kebijakan pendidikan di masa  pandemi  covid 19 adalah mengutamakan kebugaran dan keselamatan para siswa jaga, para pendidik,tenaga kependidikan , anak bini , dan mahajana pada kebanyakan,dalam rang pemenuhan layanan pendidikan selama tahun wabah.

Penerapan pembelajaran daring ini tentu menuntut ketersediaan heterogen pihak , baik terbit madrasah, pemangku jabatan, dan pihak peserta bimbing itu sendiri.pembelajaran daring boleh dilaksanakan dengan menggunakan contoh interaktif  berbasis internet dan  Learning Penyelenggaraan Sistem ( LSM ) misalnya dengan memperalat aplikasi Whatsapp, Google, Zoom dan lain lain.

Adanya penerimaan daring ini , mempunyai dilema eksklusif bagi orang – orang nan menjalankannya,bagi para siswa, guru dan juga orang tua. Momongan – anak tentunya membutuhkan pendampingan dalam belajar , mereka harus melaksanakan berbagai tugas  yang harus dikumpulkan privat waktu yang telah ditentukan.

Master dalam penerimaan daring ini pula memiliki dilema tersendiri , yakni sulitnya mengeti pencapaian penerimaan karena antara materi nan satu dengan yang lainnya . Terkadang terserah di antara peserta didik yang tidak memintasi tugas  nan diberikan oleh temperatur, dan walaupun ada menyelesaikan tentunya  elusif kerjakan memastikan  apakah itu hasil pegangan momongan atau hasil pegangan orang lai  internal kejadian ini manusia tua.

Pendidikan adalah kunci pembangunan sumber daya khalayak,Peningkatan kualitas perigi sosi hamba allah yakni resep terwujudnya Indonesia Kencana 2045 yang adil dan sejahtera , aman dan damai , serta maju dan mendunia.Semata-mata puas tahun ini sistem pendidikan sangatlah farik. Pandemi covid 19 sudah mengganggu proses pengajian pengkajian secara offline atau konvensional.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana, menemukan adanya dampak positif dan negatif dari pendidikan jarak jauh siswa selama endemi  covid 19, yaitu:

Tentang dampak negatifnya yaitu :

  1. Ancaman putus sekolah
  2. Penurunan capaian membiasakan
  3. Tanpa sekolah, anak berpotensi menjadi korban kekerasan rumah panjang nan lain terdeteksi  hawa
  4. Keterbatasan gawai dan kuota internet seumpama akomodasi penunjang sparing daring
  5. Anak beresiko kehilangan pembelajaran maupun learning loss
  6. Anak asuh rendah bersosialisasi

Sedangkan dampak positifnya merupakan andai berikut :

  1. Anak memiliki banyak waktu di kondominium bersama keluarga
  2. Metode penelaahan yang variatif
  3. Anak peka dan beradaptasi dengan perubahan
  4. Kepingin atau tidak, anak pasti harus mengeskplorasi teknologi
  5. Sebagian anak  merasa nyaman membiasakan di apartemen karena tidak suka-suka yang mengganggu.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan dan saya ulas , ternyata pandemi  ini benar – moralistis mempunyai dampak terhadap dunia pendidikan, guru yang punya peran lebih bukan saja sekedar mengajar tetapi juga mematangkan dan memberi teladan, dengan adanya pandemic ini tampilan hawa nan minimal utama menyerahkan keteladanan tak bisa secara bersama-sama dinikmati oleh anak didiknya, termuat dalam kejadian ini mendidik , sebab pembelajaran dengan jarak jauh ( PJJ ) ataupun online belum berlambak menyerahkan transfer terhadap nilai – nilai sikap nan harus dimiliki maka dari itu siswa.

Pembelajaran PPKn yang secara langsung harus memberikan angka adab terhadap siswa , yang seharusnya dengan bertatap , temperatur mampu menilai bertambah maksimal  doang plong kenyataannya dengan PJJ guru hanya berada mengontrol dengan publikasi yang belum tentu dilaksanakan oleh pelajar, bikin itulah maka marilah kita berambisi bersama semoga pandemic ini taajul berakhir dan kita para guru dan siswa dapat melaksanakan pendidikan dengan normal sekali lagi .(Admin/Editor)


Biodata Penulis

 Label                                 : Sri Hidayati,S.Pd.

 Medan/Terlepas lahir      : Magelang, 03 Agustus 1970

 Gol /Pangkat                      : Pendiri /IV A

 Pangkal Instansi                       : MAN 1 Magelang

 Alamat Instansi                  : Jln. Aji Bonang No.17 Magelang

 Jabatan                               : Guru Mapel PPKn

Bahan Juru tulis                   : Bayanan RT 04.RW 11. Banjarnegoro,Mertoyudan,Magelang.

HP/WA                                : 081578318282

Email                                   : [email protected]

Source: https://man1magelang.sch.id/2021/09/01/berawal-dari-wuhan-aku-jadi-belajar-on-line/