Belajar Smp Siti Hajar Medan

Mengenai Sarana yang dimiliki sekolah diantaranya ;

*Kelas
Ruang belajar ditata seideal mungkin keefektifan mendukung berlangsungnya pengajian pengkajian secara efektif. Satu kelas terdiri terbit 25 – 31 pelajar.
Cak bagi menjaga kurnia dalam pembelajaran maka setiap kelas diabatasi jumlah siswanya maksimal 31 orang /kelas.

Perangkat kelas standar yang disediakan ialah : Meja tulis group,
white board, display, komputer, pojok baca, ambal 3×4 , locker penyimpanan barang buah tangan pelajar, air meneguk galon serta gelas siswa dan master.
Peserta tidak memakai sepatu ketika berlatih di kelas, siswa menyimpan sepatunya dirak penyimpanan sepatu. Siswa memakai
sandal
ketika berwudhu, dan main-main di seputar lingkungan sekolah.

*Kantor ; terdiri berpangkal jawatan Kepala Sekolah, Administrasi, Yayasan, Kantor Koordinator babak Ekstrakurikuler.

*Laboratorium Komputer
Laboratorium komputer yaitu kolom tempat siswa belajar praktik menggunakan komputer jinjing.
Makmal komputer difasilitasi dengan 28 unit komputer dengan fasilitas LAN (
Local Kewedanan Network
), white board, kipas kilangangin kincir, permadani 3 x 4, Air minum galon beserta Gelas.

*Perpustakaan Sekolah

Saat ini perpustakaan sudah punya 3357 judul reperensi. Bagi meningkatkan kemampuan mengajar, perpustakaan sekolah tidak hanya menyediakan target refrensi bagi para siswa doang tetapi juga meluangkan referensi khusus guru, dengan fasilitas pusat yang berkualitas yang membantu proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) baik dari dalam maupun asing area.
Perpustakaan sekolah juga difasilitasi dengan VCD (1 buah ), televisi 24 inc ( 1buah ), serta I unit Komputer beserta
Printer. Ruang baca nan cukup nyaman dengan fasilitas kipas angin, meja baca serta karpet 3×4 ( 1 buah )

*UKS ( Gerakan Kesehatan Sekolah ) / Poliklinik
Lakukan menjaga kesehatan pesuluh sekolah membeberkan UKS ( Usaha Kesehatan Siswa ) yang lebih cinta disebut dengan Poliklinik.
Poliklinik ini tiba beroperasi pada tahun 2002 dan dibuka untuk umum dari jam 7.30 – 16.30. Poliklinik ini di fasilitasi dengan para dokter yang terdiri dari suatu dukun umum yaitu dr Ari Primonta Tarigan yang memeriksa kebugaran setiap murid secara periodik serta dr Sri Sopiani Sp.A, yang mengontrol asupan gizi anak sehingga merecup kembang momongan sesuai dengan kebutuhan nutrisi nan diperlukan siswa.Untuk ini siswa dikelompokkan menurut kebutuhan gizinya masing-masing.
Siswa dikelompokkan kedalam siswa yang mengalami mild malnutrition ( terbatas giji ringan ), moderat malnutrition ( kurang giji sedang ), severe malnutrition ( kurang giji buruk )serta pelajar nan mengalami kegemukan (overweigh ).

*Music Room
Adalah ruang khusus Musik, ruangan ini ampuh berbagai rupa tipe radas musik serta misal tempat latihan atau belajar musik.
Pembelajaran Ekstarkurikuler musik terbiasa bagi murid sehingga pembelajaran ini difasilitasi dengan berbagai macam jenis perlengkapan musik, diantaranya adalah : Piano, Keybod, Angklung 1 set, Pianika 4 buah, Seruling 3 buah, Dram Band 1 set, serta Rebana 1 set dan Gitar listrik dan Kostum Assembly .

*Kendaraan Olah Raga
Adapun sarana olah raga yang dimiliki yakni : Lapangan Bola ukuran Standar, Alun-alun
Basket Ball, 1 Papan Tenis Meja, 6 buah sepak bola, Raket, Matras, dan Empang Renang, Bola Kasti 1set , Bola Keranjang 1 set.

*Multi Purpose Hall
Ruang serba guna berfungsi laksana ruang sholat ; Duha ( para siswa IFDS Siti Hajar melakukan Sholat duha secara rutin setiap hari puas jam istirahat yang permulaan, Zuhur dan Ashar dilakukan secara berjamaah, digunakan pula Arena Assembly ( Medan pementasan kerjakan setiap siswa-siswi yang dilaksanakan dua minggu sekali )

* Multi Media

Ruang Multi Media andai ira seminar dan ruang pertemuan.

*Ruang Makan
Ulas makan nan cukup luas dan asri difasilitasi dengan 32 Meja Makan dan 250 kedudukan makan, serta Diner Set ( piring sendok garpu serta peralatan makan nan konseptual) dengan Time Table Snack jam 08.45 wib makan Siang jam 12.25 wib dan Juice jam 15.10 wib. Dengan menu yang bervariasi sesuai standar nutrisi kebutuhan pesuluh sekolah.

*Laboratorium Pan-ji-panji Sibolangit ;
Laboratorium Alam Sibolangit berlimpah di Villa Sibolangit yang letaknya berkembar dengan Bumi Perkemahan Sibolangit dengan fasilitas yamg dimiliki ; 3 kamar tidur yang memadai besar dengan 2 tempat tidur serta 8 karpet tidur, bantal dan selimut yang cukup, 4 kamar mandi, ruang tanur yang difasilitasi dengan 4 dua belas buah piring dan gelas, perbaraan serta peralatan masak lainnya juga tersedia dapur umum dan ruang ruang perjumpaan yang difasilitasi dengan kayu tulis 1 biji kemaluan TV 24 Inc serta I biji zakar VCD, 1 unit komputer jinjing. Sarana Pan-ji-panji nan miliki adalah Kolam Renang, kolam Lauk mas dan Lele dumbo, Petak untuk tanaman Organik seperti buncis sawi, stroberi, terong Jepang dll, ternak embek, juga tersedia fasilitas Alun-alun Olah Bodi Basket ball ukuran Tolok. Pula terletak momongan sungai dibelakang Villa yang patut mendukung pendedahan dialam.

* Tenaga Penyuluh
Tenaga pengajar di IFDS Siti Hajar keseluruhannya yaitu seorang Sarjana dan Magister nan berusul berpokok berpangkal plural perguruan hierarki di Medan yang kualifaid di bidangnya, sekali lagi merekrut alumni Pondok Beradab Gontor, Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah dan lainnya.

Source: https://smp-it-sitihajar.blogspot.com/