Belajar Kitab Cepat Dimana A


Sesuai dengan tujuan pendirian Pesantren Al-Kifayah Riau adalah mencetak generasi nan mendalami al-Qur`an dan menuntaskan teologi Selam, maka buat mewujudkannya pesantren ini mendirikan program flat tahfihz dan program pengajian pengkajian kitab gundul/asfar. Karena pada dasarnya, seandainya seseorang ingin menguasai dogma Islam baik fiqh, tauhid, akhlak, dll secara mendalam mesti bisa membaca kitab plontos seumpama sumber asli nan ditulis oleh ulama-ulama salaf (dahulu), dan kali yang bisa membaca kitab gundul, tentu sudah lalu mengendalikan pengelolaan bahasa Arab (nahwu dan sharaf). Pembelajaran guna-guna nahwu dan sharaf itu akan diajarkan sehaluan dengan praktek pembacaan kitab. Selain bisa membaca kitab gundul, hafal pula al-Qur`an, ini paparan ulama hebat luar biasa yang diharapkan oleh ummat Islam dari masa ke masa, merupakan
HAFIZH/AH MAHIR KITAB GUNDUL.

Bahan peserta internal program ini adalah:
Permulaan,
santri Pesantren Al-Kifayah Riau terbit MTs dan MA (mereka secara faali diajarkan kitab gundul dan tahfizh).
Kedua,
mahasiswa STIT Al-Kifayah Riau nan mau mengambil program ini sebagai program ekstra dari SKS kuliah, ini belaka kerjakan mahasiswa yang mau saja dan lain diwajibkan.
Ketiga,
lingkaran masyarakat, yang mencuil program ini lain teradat dari santri atau mahasiswa Al-Kifayah namun tetapi sekali lagi dapat dari kalangan umum (siswa SMP-SMA-SMK-MTs-MA tidak, mahasiswa dari kampus lain, dan masyarakat baku). Mereka tersebut yang kepingin mengambil program ini dapat bergabung di Pesantren Al-Kifayah Riau untuk menghafal al-Qur`an dan riset dogma Selam melewati kemampuan mengaji kitab gundul dengan jadwal tertentu.

Dalam proses penerimaan, santri akan dibagi dalam dua kerumunan samudra ialah tahfizh al-Qur`an dan pembaca kitab gundul. Kemudian dari kelompok besar ini akan dibagi lagi kerubungan-keramaian kecil nan beranggotakan 15-20 orang santri. Setiap masing-masing kelompok akan dibimbing maka itu masing-masing pembimbing. Kelompok pembaca kitab plontos akan dibimbing maka itu instruktur yang mahir membaca kita plontos, kerumunan tahfizh akan dibimbing maka itu pembimbing yang banyak mahfuz qur`annya dan membereskan halaqah qur`an.

Metode privat pembelajaran kitab gundul akan diterapkan
metode qawa`id wa tarjamah
atau disebut juga dengan
thariqah taqlidiyah
(metode tradisional), dimana hawa mengajarkan ilmu-ilmu qaidah bahasa (nahwu-sharaf), kemudian mempraktekkannya dalam jumlah kalimat, menentukan posisi `irabnya atau kedudukan kalimatnya, menterjemahkan serta mengetahui makna dan tujuannya. Lalu kenapa pesantren ini memilih metode tradisional intern riset kitab gundul? Jawabnya karena untuk kemampuan membaca kitab gundul tersebut, bermula masa lalu memang metode ini yang paling berhasil mencetak para ulama-cerdik pandai di Nusantara yang mereka berkecukupan membaca kitab sulah. Namun walaupun demikian n domestik penerapannya tentu mesti terserah inovasi-pintasan terbarukan nan dilakukan di pesantren Al-Kifayah Riau agar para santri cepat pandai membaca kitab gundul tersebut. Jadi bisa disebut bahwa metode yang digunakan yakni metode tradisional varian inovasi.

Padahal Acara tahfizh, metode nan dikembangkan adalah metode klasik.  Santri berlatih mengingat kemudian menyetorkan hafalannya kepada ustadz/ah atau instruktur sesuai target yang diberikan.  Para pembimbing ini akan membimbing santri yang kemampuan bacaannya masih rendah, mentahsin referensi santri yang bacaannya masih belum sesuai dengan qaidah yang moralistis. Dengan demikian, mendahukan tahsin sangat baru hafalan bukan sebaliknya.

 Adapun lama waktu pemgambilan program ini bagi landasan masyarakat ditargetkan selama 1 (satu) tahun. Sedangkan untuk santri Pesantren Al-Kifayah Riau terpatok plong musim pendidikan konvensional mereka, dalam artian sebelum mereka tamat pesantren mereka tetap mengikuti programa ini. Akan halnya mahasiswa yang memintal program ini, diharapkan sekali lagi tetap menirukan hingga radu.

Acara ini merupakan program unggulan di pesantren Al-Kifayah Riau, bakal calon santri, mahasiswa/i, masyarakat masyarakat yang tergiring untuk mengimak program ini, boleh wawancara dengan mengabari kami pada HP. 082285501981 atau WA 085271373346 (Dr. Yundri Akhyar, MA)

Source: https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/rumah-tahfizh-dan-pembelajaran-kitab-gundul-pesantren-al-kifayah-riau/