Belajar Cepat Baca Quran Search Sejarah Huruf Arab

Akal pintas BELAJAR AL-Quran DENGAN METODE YANBU’A

Thoriqoh baca tulis dan mengingat Al Qur’an YANBU’A

Adalah suatu kitab Thoriqoh (metode) lakukan mempelajari baca dan menulis serta menghafal Al Qur’an dengan cepat, mudah dan bermartabat bagi anak maupun sosok dewasa, yang dirancang dengan rosm utsmaniy dan menggunakan pertanda baca dan waqof yang ada di dalam Al Qur’an rosm Usmaniy, yang dipakai di negara-negara arab dan negara Selam. Juga diajarkan prinsip menggambar dan membaca tulisan pegon (tulisan bahasa indonesia/jawa yang ditulis dengan huruf arab). Contoh-contoh huruf yang sudah dirangkai semuanya dari lafadh Al Qur’an, kecuali beberapa lafadh.

Sejarah Timbulnya Yanbu’a

Timbulnya Yanbu’a adalah satu usulan dan dorongan alumni pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an, semoga para alumni selalu ada pertalian dengan dangau, disamping ajuan pecah mahajana luas juga dari Rangka Pendidikan Ma’arif serta Muslimat terutama berusul silang Kudus dan Jepara. Mestinya berbunga pihak pondok sudah memurukkan, karena menganggap memadai metode nan sudah ada, tapi karena desakan yang terus menerus dan memang dipandang perlu, terutama buat menangkap keakraban antara alumni dengan Pondok serta untuk menjaga dan memelihara keseragaman bacaan, maka dengan tawakal dan memohon pertolongan kepada Allah tersusunlah kitab YANBU’A yang meliputi Thoriqoh Baca Tulis dan Menghafal Al Qur’an.


Maksud :

  1. Turut andil dalam mencerdaskan anak nasion supaya boleh membaca Al Qur’an dengan lancar dan benar.
  2. Nasyrul Ilmi (menyebarluaskan hobatan) khususnya ilmu Al Qur’an.
  3. Memperkenalkan Al Qur’an dengan Rosm Utsmaniy.
  4. Buat membetulkan yang salah dan menyempurnakan yang benar.
  5. Mengajak selalu mendarus Al Qur’an dan Musyafahah Al Qur’an sampai Khatam.

Siapa Yang Bisa Mengajar

  1. Yanbu’a boleh diajarkan oleh: Bani adam yang sudah bisa membaca Al Qur’an dengan bersusila dan angkong
  2. Al Qur’an boleh diajarkan oleh: Bani adam yang telah musyafahah Al Qur’an kepada Ahlil Qur’an.

Penerapan di SD Assalaam

SD Assalaam telah menunggangi metode yanbu’a ini sejak waktu ajaran 2022-2020. Semoga siswa SD Assalaam menjadi ahli qur-an mahir membacanya dengan baik dan benar sesuai ilmu tajwidz serta pengucapan hurufnya sesuai makhorijul hurul dan boleh menghafalkannya (hafidz), aamiin.

Source: https://sdassalaam.sch.id/publikasi/cara-cepat-belajar-al-quran-dengan-metode-yanbua