Belajar Bikin Perlambat Dan Percepat Kipas Dengan Potensio

Jenis-jenis Potensiometer

Pengertian dan Arti Potensiometer, – Internal Peralatan Elektronik, burung laut ditemukan Potensiometer yang berfungsi sebagai pengatur Tagihan di peralatan Audio / Video sebagaimana Radio, Walkie Talkie, Tape Mobil, DVD Player dan Amplifier. Potensiometer juga sering digunakan internal Persaudaraan Pengatur sinar gelapnya Lampu (Light Dimmer Circuit) dan Pengatur Tegangan pada Power Supply (DC Penggelora). Jadi segala apa sebenarnya Potensiometer itu?

Potensiometer (Botol)
yaitu pelecok satu jenis Resistor yang Nilai Resistansinya bisa diatur sesuai dengan kebutuhan Rangkaian Elektronika atau kebutuhan pemakainya. Potensiometer merupakan Batih Resistor nan tergolong dalam Kategori Variable Resistor. Secara struktur, Potensiometer terdiri berpunca 3 suku Terminal dengan sebuah shaft atau tuas yang berfungsi bagaikan pengaturnya. Gambar dibawah ini menunjukan Struktur Intern Potensiometer beserta buram dan Simbolnya.Simbol, Bentuk dan Fungsi Potensiometer

Struktur Potensiometer beserta Bentuk dan Simbolnya

Lega dasarnya bagian-bagian penting kerumahtanggaan Komponen Potensiometer ialah :

  1. Penyapu atau disebut pula dengan Wiper
  2. Element Resistif
  3. Halte

Spesies-jenis Potensiometer

Berdasarkan bentuknya, Potensiometer boleh dibagi menjadi 3 macam, merupakan :

  1. Potensiometer Slider, yaitu Potensiometer nan nilai resistansinya dapat diatur dengan cara menggeserkan Wiper-nya berbunga kiri ke kanan atau terbit sumber akar ke atas sesuai dengan pemasangannya. Lazimnya menunggangi Jempol untuk menggeser wiper-nya.
  2. Potensiometer Rotary, yakni Potensiometer nan nilai resistansinya dapat diatur dengan prinsip memutarkan Wiper-nya sepanjang penyeberangan nan bundar. Biasanya menggunakan Ibu Jari lakukan mengaduk wiper tersebut. Maka dari itu karena itu, Potensiometer Rotary sering disebut sekali lagi dengan Thumbwheel Potentiometer.
  3. Potensiometer Trimmer, yakni Potensiometer nan bentuknya kerdil dan harus menggunakan alat khusus seperti Obeng (screwdriver) kerjakan memutarnya. Potensiometer Trimmer ini galibnya dipasangkan di PCB dan selit belit dilakukan pengaturannya.Jenis-jenis Potensiometer

Prinsip Kerja (Cara Kerja) Potensiometer

Sebuah Potensiometer (Pot) terdiri dari sebuah elemen resistif yang takhlik jalur (track) dengan terminal di kedua ujungnya. Sedangkan terminal lainnya (biasanya berkecukupan di tengah) adalah Penyapu (Wiper) yang dipergunakan kerjakan menentukan pergerakan pada jalur elemen resistif (Resistive). Pergerakan Penyapu (Wiper) puas Jalur Partikel Resistif inilah yang mengatur naik-turunnya Nilai Persangkalan sebuah Potensiometer.

Elemen Resistif puas Potensiometer galibnya terbuat berasal bahan campuran Logam (logam) dan Tegel ataupun Korban Karbon (Carbon).

Bersendikan Track (sagur) elemen resistif-nya, Potensiometer dapat digolongkan menjadi 2 tipe merupakan Potensiometer Linear (Linear Potentiometer) dan Potensiometer Logaritmik (Logarithmic Potentiometer).

Fungsi-maslahat Potensiometer

Dengan kemampuan yang dapat mengubah penolakan atau hambatan, Potensiometer bosor makan digunakan dalam hubungan atau peralatan Elektronika dengan maslahat-manfaat sebagai berikut :

  1. Sebagai pengatur Volume pada heterogen peralatan Audio/Video sama dengan Amplifier, Tape Otomobil, DVD Player.
  2. Sebagai Pengatur Tegangan pada Pernah Power Supply
  3. Bagaikan Pembagi Tegangan
  4. Aplikasi Switch TRIAC
  5. Digunakan sebagai Joystick pada Tranduser
  6. Sebagai Pengendali Level Sinyal

Baca juga : Cara Mengukur Potensiometer dengan Multimeter


Source: https://teknikelektronika.com/pengertian-fungsi-potensiometer/