Belajar Bikin Pelambat Dan Percepat Kipas Dengan Potensio

ANS dengan konverter kekerapan

Di bagian “Pompa” kami akan menimang stasiun pompa otomatis dengan konverter frekuensi. Stasiun-stasiun ini dirancang untuk memasok air polos n domestik sistem pasokan air otonom nan tidak mengandung zat kimia bergairah, inklusi mekanis dan jamur tingkatan dengan impitan taat yang telah ditentukan sebelumnya. Konverter kekerapan (inverter), mengubah kecepatan engine dengan lampias, memberikan tekanan konstan intern sistem pasokan air, terlepas dari distribusi air, sehingga menghemat energi, meningkatkan kesangkilan, dan menerapkan fungsi pelindung terdepan (proteksi penuh mesin, perawatan pompa bermula melanglang dalam mode “berjalan kersang”) ), meningkatkan masa pakai stasiun pompa otomatis.
Otomatis
stasiun pompa dengan konverter frekuensi
terdiri berpokok pompa sentrifugal yang digerakkan oleh inisiator asinkron, konverter frekuensi dan. Konverter kekerapan dikendalikan oleh sensor tekanan dengan output analog, 4-20 mA, yang dipasang pada honcoe pelepasan pompa.

Fitur dan desain utama

Karakteristik penting stasiun pompa dengan konverter frekuensi:

  • Suhu sekitar: dari +1ºС hingga +40ºС;
  • Kelembaban nisbi maksimum: 50% pada +40ºС (tanpa kondensasi)
  • Kelas perlindungan: IP-54
  • Guru hancuran yang dipompa: berpangkal +1ºС hingga +40ºС;
  • Macam cairan nan dipompa: air yang lain mengandung zat kimia agresif dan suspensi padat;
  • Daya tokoh terkirakan: hingga 2,2 kW (3 HP);
  • Tegangan input konverter kekerapan:

IMTP inverter 2.2kW x 1~(100-244)V / untuk pompa 3~(100-244)V (50-60Hz);

Inverter ITTP 2.2kW x 3~(200-440)V/ untuk pompa 3~(200-440)V/ (50-60Hz);

  • Tekanan listrik keluaran konverter frekuensi: tersampir plong tarikan masukan dan karakteristik dalang;
  • Frekuensi pada lepasan konverter frekuensi: 0-55 Hz;
  • Nilai arus listrik pada input konverter: 11 A untuk (IMTP), 6,5 A bakal (ITTP);
  • Biji aliran elektrik puas keluaran konverter: 10 A buat (IMTP), 6,0 A lakukan (ITTP);

Desain stasiun pompa dengan inverter ditunjukkan sreg (Gbr. 1). Ini terdiri berasal pompa sentrifugal nan digerakkan maka itu penggagas asinkron, konverter kekerapan, transduser tekanan analog, akumulator hidrolik (berkapasitas 19, 20 alias 24 liter ibarat standar), pengukur tekanan, alat kepadaan sambungan dan sambungan listrik.


  1. Pompa
    – Ini yaitu elemen utama bermula stasiun pompa kodrati.

  2. Akumulator hidrolik

    digunakan bakal propaganda yang benar semenjak sensor impitan dan meningkatkan volume cadangan air minum, mengatur jumlah pompa hidup dan mati, dan sekali lagi berfungsi andai dasar untuk meledakkan pompa.

  3. Konverter frekuensi (inverter)

    berfungsi kerjakan memulai dan menghentikan motor asinkron dengan mulus, mengontrol pengambil inisiatif pompa sesuai dengan algoritme operasi yang diberikan, dan juga memberikan perlindungan penuh sreg motor. Pembiasaan besaran episode motor elektrik terjadi dengan menyangkal kekerapan arus bolak-balik dan besarnya tegangan nan disuplai ke motor. Inverter dipasang sekalian di panggung kotak terminal barometer penggagas pompa. Inverter didinginkan maka dari itu udara nan disuplai maka dari itu kipas motor.

  4. Pyaternik

    digunakan bagi pemasangan sensor tekanan, manometer, dan ujar-ujar fleksibel yang mudah dan cepat.

  5. Ular-ular fleksibel

    dengan sudut yang digunakan bikin menghubungkan peralatan pompa ke akumulator hidrolik

  6. pengukur tekanan

    digunakan kerjakan kekuasaan visual berasal impitan hidup dan sunyi stasiun pompa otomatis.

  7. Menyambung kabel

    digunakan lakukan menghubungkan konverter frekuensi ke suplai listrik dan menghubungkan sensor tekanan ke inverter.

Instalasi, sambungan listrik dan penyesuaian

Sebelum memasang stasiun, teristiadat memintal panggung yang tepat untuk pemasangan. Disarankan bakal meletuskan stasiun inverter di gorong-gorong, ruang bawah tanah maupun ruang radiks kapling pada permukaan horizontal yang rata, di tempat yang kering, berventilasi, dan terlindung dari pendar. Stasiun boleh dihubungkan serempak ke jaringan pasokan air maupun mengambil air dari tangki. Penting bagi memastikan bahwa impitan besaran intern jaringan simpanan air dan impitan maksimum yang dibuat oleh pompa tidak melebihi tekanan manuver maksimum (tekanan nominal) berpokok pompa itu sendiri dan akumulator. Katup pemutus dan sambungan yang dapat dilepas harus dipasang pada pipa hisap dan tekanan langsung di depan stasiun otomatis, kerjakan kemudahan pembongkaran dan perbaikan.

Pipa hisap:

  1. harus n kepunyaan gua yang sebagaimana liang hisap pompa atau, sekiranya mungkin, suatu ukuran lebih lautan.
  2. harus sesingkat mungkin, sonder pemotongan diameter dan belokan tajam. Semakin panjang pipa hisap, semakin besar rintangan yang ditimbulkannya, dan semakin kecil kedalaman pompa nan dapat mengangkat air ke permukaan.
  3. harus diposisikan sedemikian rupa sehingga comar miring ke atas merentang pompa. Hindari kocek udara di pengudut hisap.
  4. harus hermetis dan mencegah kebocoran cairan atau kebocoran mega. Semua sambungan harus diperiksa kekencangannya dengan selektif.
  5. harus belalah dipasang dengan jaring buat mencegah gegana masuk ke n domestik pompa dan pemipaan selepas pompa berhenti. Katup bahas jala juga melindungi pompa dan peralatan hilir dari partikel besar seperti daun, cagak, dan serangga.

Gudu-gudu tekanan:

Diameter pipa tekanan dihitung berdasarkan jumlah bintik penarikan dan konsumsi air maksimum yang boleh jadi.

Sambungan elektrik:

Stasiun pompa otomatis dengan konverter kekerapan ini diproduksi dan dikonfigurasi, sebagai aturan, berdasarkan pesanan turunan dan lakukan tugas tertentu. Perakitan arketipe, pemasangan, dan konfigurasi stasiun dilakukan di pusat layanan. Dari sambungan listrik, konsumen saja perlu mencolokkan steker ke stopkontak yang diarde seandainya konverter frekuensi adalah IMTP monofase, maupun mensuplai 380 V dengan kawat empat kawat takdirnya konverter frekuensinya yaitu ITTP tiga fasa. Sambungan listrik dari konverter frekuensi ITTP ditunjukkan pada (Gbr. 2) bagian pusat.

Konverter frekuensi mempunyai filter input karena prospek batu lega catu daya tidak termasuk. Selain itu, inverter dilengkapi dengan sekering rotasi makin built-in, nan menjamin penjagaan mutlak buat gembong dengan pusat pengenal tidak melebihi daya pengenal inverter.

Konverter frekuensi satu fase IMTP dipasang sreg gembong tiga fase asinkron dengan tegangan ~220 V, 50/60 Hz. Gulungan motor sejenis itu harus dihubungkan n domestik pola muara sungai jika motor dirancang kerjakan tegangan 230V di delta / 400V di bintang.

Konverter frekuensi tiga fase ITTP dipasang plong biang kerok tiga fase asinkron dengan tarikan ~200-440 V, 50/60 Hz. Lempoyan motor serupa itu harus dihubungkan privat “medalion” jika motor dirancang untuk tegangan 230V di “segitiga” / 400V di “bintang”.

(Gbr. 3) menunjukkan diagram sambungan induk bala menurut skema “segitiga” dan “bintang”.

Inverter dapat menangani pompa setakat 2,2 kW (3HP) dan 50 hingga 60 Hz. Konverter frekuensi dilengkapi dengan proteksi arus keluaran; antara inverter dan pompa, bukan perlu meledakkan perangkat pelestarian tambahan kerjakan melindungi inisiator jika terjadi peristiwa temporer.

(Gbr. 4) menunjukkan konektor untuk menghubungkan sinyal kontrol: , atau , serta konektor untuk menambat konverter frekuensi secara kaskade.

Stasiun konverter frekuensi harus disambungkan ke cadangan utama sesuai dengan peraturan dan statuta keselamatan saat ini. Titik sambungan peralatan harus dilengkapi dengan komponen berikut:

  • Alat perlindungan peralatan (RCD) dengan arus diare terukur 30 mA
  • Pemutus arus dengan jari-jari jalinan minimal 3 mm.
  • pematang

Pengaturan konverter frekuensi:

Setelah merakit stasiun pompa otomatis dengan konverter frekuensi di kunci layanan, stasiun ini dipasang di dipan untuk pengujian dan penyetelan hidraulik. Signifikan bakal mengisi pipa hisap dan pompa itu sendiri dengan cair dan meredakan semua awan. Bakal secara faali menyesuaikan konverter frekuensi ke parameter pompa, perlu untuk memperlainkan akumulator, dan memasang klep intiha puas pengudut keluar di belakang sensor tekanan. Bikin timbrung ke supremsi “ENGINE Parameter”, Kamu harus memasukkan PASSWORD terlebih dahulu. Maka Sira perlu mengatur aliran pengenal motor, nan ditunjukkan sreg pelo peringkat. Detik memulai bakal mula-mula kalinya, Kamu wajib mengusut arah putaran motor nan benar dengan mengamati putaran kipas. Sisi putaran dapat diubah dengan menyangkal nilai penanda: “PARAMETER Dalang”, fragmen dari 0 menjadi 1. Pada start purwa, konverter frekuensi menentukan kinerja maksimum pompa. Setelah pengujian, Dia harus “SIMPAN DATA”. Untuk menyimpan data pengujian, pilih YA dan konfirmasi dengan Enter. Kemudian tekanan propaganda nan diinginkan “SET PRESSURE” diatur memperalat tombol (+) dan (-).

  • Memeriksa shutdown mesin dengan feed tertutup:
    Sehabis data yang diperoleh dari menginjak pertama disimpan, perlu cak bagi membuka klep pengunci sreg suplai, tekan pentol Mulai dan tunggu beberapa saat agar tekanan stabil, dulu tutup penghabisan secara perlahan. angkup-angkup dan pastikan mesin sudah berhenti (pasca- selingkung 5 – 10 detik). Pesan “MINIMUM FLOW” akan muncul di layar. Kredit ini harus disesuaikan dengan baik untuk menghentikan mesin dengan mustakim. Nilai absolut bersumber daya henti mesin ditampilkan di layar.
  • Memeriksa kurnia pompa n domestik keadaan sangar:
    Untuk memeriksa apakah pompa berhenti bekerja, tutup katup lega pipa stok sehingga pompa meringkai. Setelah agak-duga satu menit (pengaturan pabrik berpangkal hari tunda) pompa akan berhenti, merepresentasi “DRY RUN” pada layar. Jika pompa tidak berhenti sehabis sekarang, nilai parameter COS FI yang makin tingkatan harus ditetapkan (nilai default 0,55).

Plong panel depan konverter frekuensi terdapat LED, tampilan dan tombol pengaruh, harapan dan deskripsi indikasi LED berpokok tampilan dan tombol kontrol ditunjukkan puas (Gbr. 5) .

Termasuk dengan konverter kekerapan adalah instruksi manual bagi menggunakan inverter. Manual ini menjelaskan dengan sangat rinci pengepakan dan koneksi inverter, commissioning, pengaturan dan kondisi alarm.

Sebelum memangkalkan stasiun pompa otomatis dengan konverter frekuensi ke dalam kampanye, terbiasa bikin memeriksa tekanan di ulas udara akumulator, yang harus seputar 0,2-0,3 warung kopi (atm.) Lebih abnormal dari tekanan nyala pompa (atm.) .) Ia dapat mengontrol tingkat tekanan di akumulator menunggangi pengukur tekanan mobil lazim . Jikalau tekanan tidak mencukupi, itu harus dinaikkan ke tingkat yang diperlukan menggunakan pompa atau kompresor. Jika tekanan peledak lebih besar bersumber yang diperlukan, buang gegana berlebih hingga normal.

Kampanye, pemeliharaan dan perbaikan

Dengan pemasangan yang benar dan memperhatikan kondisi pengoperasian, a
stasiun pompa otomatis dengan konverter frekuensi
praktis tak memerlukan perawatan dan perbaikan. Untuk pengoperasian sensor impitan yang bersusila, kira-kira setiap heksa- bulan sekali, teristiadat untuk menyunting akumulator dan memeriksa impitan gegana di dalamnya. Cara menyelidiki tekanan dan menyeimbangkan akumulator dengan benar, Kamu dapat melihatnya

.

Jika stasiun tidak akan digunakan kerjakan waktu yang lama (misalnya, di masa cahang), disarankan untuk melepaskannya mulai sejak tandon air, bilas dengan air bersih, kemudian tiriskan air sepenuhnya dan pasang di rubrik nan kering dan dipanaskan. Sebelum memulai pengoperasian stasiun, terbiasa untuk mengisi pipa hisap dan pompa itu seorang dengan air. Sebelum memulai stasiun pompa otomatis dengan konverter frekuensi ke dalam operasi setelah lama enggak aktif, mesti cak bagi memastikan bahwa poros gembong bergerak independen (tidak macet) dengan memutarnya dengan meniup impeller.

Dan sebagai inferensi, berikut ini boleh dicatat, biaya awal untuk pembelian stasiun pompa dengan konverter frekuensi signifikan, tetapi mereka makin dari terbayar sejauh gerakan, karena pencermatan energi listrik.

Terima pemberian atas pikiran Engkau.


Elemen dasar nan menjamin fungsi pompa ialah motor listrik. Sebelumnya, pembiasaan galur kerja terjadi karena otomatisasi, sekarang tugas ini tergarap oleh konverter frekuensi untuk pompa.

Tujuan fungsional dari konverter frekuensi dalam desain pompa

Inverter (pengubah frekuensi) mengatur operasionalisasi pompa jauh makin baik ketimbang relai. Kamu bekerja kapan yang setolok perumpamaan stabilizer, otomatisasi dan pengatur silsilah kerja. Berkat dia, efisiensi perkakas yang tinggi dipastikan:

  • Tingkat pasokan setrum, jika teradat, dan kecepatan mesin dikurangi, yang membantu melindungi pompa semenjak keausan dini.
  • Pembentukan tekanan bersisa kerumahtanggaan pipa dicegah.
  • Kebobrokan dengan lonjakan daya tertanggulangi, yang juga pasti meningkatkan sukma pompa.

Sebagian samudra sudah dalam proses perakitan stasiun pompa yang ditanamkan. Perangkat ini tertulis konseptual pompa Grundfos yang sangat terkenal.

Secara visual, ini adalah peti yang dilengkapi dengan elektronik (bilang tiang, pengawasan nan , dan inverter yang menyepadankan level tekanan listrik) dan cucur berformat kecil.

Spesimen yang makin mahal dilengkapi dengan mikroprosesor. Aki, equalizer adendum, dan sebagainya bisa dipasang di dalamnya.

Konverter nan digunakan dapat konkret satu fasa atau tiga fasa.

Menurut prinsip gerakan, konverter kekerapan cukup sederhana. Gelombang peredaran listrik diterapkan ke gawang perangkat. Inverter dan stabilisator yang terletak di sana memastikan keselarasannya. Kapan yang sama, sensor membaca data tekanan dan informasi relevan lainnya.

Semua informasi diarahkan ke unit mekanisasi. Selanjutnya, konverter frekuensi mengevaluasinya, menentukan tingkat daya yang harus diterapkan, dan, sesuai dengan ini, memasok jumlah setrum nan diperlukan untuk terus berkreasi.

Akibatnya, konverter frekuensi dapat mengatur berangkat gembong yang mulus, tingkat tekanan air dan menghentikan usaha dalam kejadian kritis. Daftar semua “tugas” nan diberikan ke chastotnik terus berkembang karena peningkatan nan dilakukan oleh pengembang.

Proses mengontrol tindakan konverter dilakukan hanya dengan menekan tombol nan diinginkan, dengan titik api sreg data yang ditampilkan di cucur. Perangkat yang lebih mahal mampu mengenali kian banyak perintah. Model kualitas tertinggi dirancang bakal beberapa lusin mode kampanye dengan perubahan kederasan dan programa.

Biaya pengisian dan pembelian konverter sepenuhnya dikompensasikan dalam suatu tahun pengoperasian.

Daftar fungsi positif dari konverter frekuensi:

  • Kemampuan bikin menyejajarkan tegangan input.
  • Memastikan kontrol taktik pompa.
  • Penciptaan kondisi nan memungkinkan kerjakan menghemat resep listrik.
  • Meningkatkan durasi operasionalisasi peralatan pompa.
  • Memberikan kemampuan untuk berkarya tanpa akumulator hidrolik.
  • Stabilisasi tekanan intrasistem.
  • Mengurangi tingkat kebisingan pompa.

Ia juga berkarya laksana pengganti mekanisasi.

Poin negatif:

  • Tingginya biaya perlengkapan.
  • Konfigurasi dan perhubungan lazimnya sekadar cawis untuk spesialis.

Konverter frekuensi berkreasi dalam desain pompa sebagai berikut: dengan penurunan tingkat impitan nan bermakna dalam tangki hidraulik (ditentukan menggunakan relai), konverter frekuensi menerima sinyal yang sesuai dan memberikan perintah bagi memeriahkan motor setrum. Kapan nan setolok, semuanya dilakukan “tanpa gerakan tahu-tahu”, trik meningkat secara bertahap, memberikan uang muka terhadap kelebihan beban hidrolik. Saat ini, model konverter menyediakan supremsi waktu akselerasi dari 5 sampai 30 ketika.

Selama percepatan, konverter terus-menerus menerima informasi adapun tingkat impitan di dalam pipa. Lekas setelah level ini mencapai nilai yang diinginkan, akselerasi nongkrong, mesin terus beroperasi pada frekuensi nan dicapai.

Bagaimana prinsip memilih dan memasang peralatan?

Peralatan standar stasiun pompa terdiri dari:

  • Pompa submersible maupun satah;
  • pengukur tekanan;
  • Selang dilengkapi dengan lapisan pupuk tahan karat;
  • akumulator hidrolik;
  • Saklar tekanan air.

Perlengkapan tambahan meliputi:

  • catu trik yang enggak pernah putus;
  • Penapisan;
  • blok;
  • Kekuasaan relay dll.

Takdirnya desain peralatan pompa yang cak semau lain dilengkapi dengan konverter frekuensi, maka Anda dapat memasangnya sendiri. Biasanya, dalam pengarsipan yang dilampirkan pada model pompa, terdapat petunjuk mengenai konverter mana yang bisa berinteraksi dengan pompa jenis ini.

Dengan enggak adanya informasi tersebut, perlu, berdasarkan penanda signifikan, bikin memintal sendiri konverter:

  1. Tingkat fungsi.

Hal ini diperlukan untuk mencocokkan keistimewaan penggerak listrik dan konverter.

  1. Ponten tarikan masukan.

Indikasi diseminasi di mana konverter beroperasi. Di sini teradat untuk mempertimbangkan potensi fluktuasi dalam jaringan (level tarikan rendah menembakkan penyetopan, level tegangan tinggi menyebabkan kehancuran).

  1. kategori motor pompa.

Fase singularis, dua fase atau tiga fase.

  1. Batas rentang cais kekerapan.

Buat pompa mata air, diperlukan 200 – 600 Hz (terampai puas daya utama pompa), cak bagi pompa bundar – 200 – 350 Hz.

  1. Menyepadankan jumlah input/output pengaruh dengan kebutuhan operasional.

Semakin banyak, semakin banyak opsi buat mengelola alur kerja.

  1. Mengidas metode pengendalian yang tepat.

Dalam kasus pompa lubang bor, ini merupakan dominasi diversifikasi jarak jauh, yang memungkinkan kontrol serempak berpangkal rumah, dan pompa rotasi bekerja sempurna dengan remote control.

Penting kerjakan menentukan keandalan perangkat yang dibeli secara tidak langsung dengan durasi hari garansi. Oleh karena itu, semakin raksasa ukurannya, semakin baik kualitasnya.

Di mana meletuskan konverter pompa?

Konverter kekerapan dengan sambungan hidraulik dipasang sambil plong kanal tekanan. Tanpa rangkaian seperti itu, tetapi sensor impitan air yang terhubung ke inverter yang terpasang ke saluran.

Convert terletak sedekat mungkin dengan pompa, tetapi hanya di dalam ruangan berpemanas. Tabel pengkabelan masyarakat bakal catu gerendel terbelakang dan tidak merepotkan.

Contoh transduser pompa

  • Isyarat Grundfos

Konverter diproduksi oleh perusahaan nan berbasis di Denmark yang memproduksi pompa. Alhasil, konverter kekerapan ini dirancang secara maksimal sesuai dengan desain model pompa Grundfos. Perangkat berkewajiban atas kekuasaan yang baik dari operasionalisasi seluruh mekanisme, kinerja kebaikan pelindung dan pengaturan. Transduser sistem Cue dibedakan makanya berbagai model berkualitas tinggi (lebih berasal 15 varietas dalam kisaran), tetapi biayanya sesuai. Selain itu, harga secara simultan tersampir pada konverter frekuensi nan diperlukan bikin mekanisme sentral apa. Di antara berjenis-jenis teoretis, Anda bisa menemukan konverter bagi pompa satu fase () dan tiga fase (Micro Drive FC101).

  • Erman E-9

Konverter firma ini ramah anggaran. Mereka bertanggung jawab untuk kompensasi torsi, start yang mulus, kontrol tekanan dan mempunyai berbagai mode pengaturan hingga 24 angka. Kepatuhan dengan kekuasaan dipilih secara spesifik. Suka-suka apartemen penaung yang melindungi terbit abuk dan cerih.

  • Hyundai Horizon 50

Konverter frekuensi fase spesial. Boleh digunakan pada peralatan rumah tangga. Tingkat daya yakni 0,7-2,5 kW. Berukuran kecil, nan membuatnya nyaman untuk dipasang di peranti apa pun. Mesti dicatat bahwa ia menyediakan fine tuning beruntung beberapa mode tuning dan 16 kecepatan diskrit. Harganya sekitar dua kali lipat bermula model sebelumnya.

  • PowerFlex 40

Model segel ini serbaguna dan tinggal populer. Fitur yang membedakan mereka adalah drive berkualitas tinggi dan kontrol vektor. Tokoh, antara tidak, meredam kebisingan sepanjang pengoperasian mesin, secara otomatis menambah kelancaran motor elektrik, mencagar seluruh mekanisme dari kelebihan bagasi dan seronok berlebih, dan memastikan permulaan yang mulus. Biaya selevel dengan
Isyarat Grundfos.

Menggunakan pompa dalam sistem pasokan air dan pemanas otonom

Kamil pompa dalam kategori ini dianggap sangat mampu, semata-mata dicirikan oleh tingkat konsumsi energi yang plus jenjang, nan pasti saja mempersulit pengoperasian. Tentu doang, konverter frekuensi dapat mengurangi total konsumsi energi, tingkat tekanan, dan memperpanjang perian pakai.

Sebagian besar pompa modern dirancang sesuai dengan kaidah pelambatan. Induk bala setrum dari mekanisme ini beroperasi lega had anak kunci atas, adalah, secara literal buat keausan. Seringkali, karena kurangnya kelancaran saat dihidupkan, guncangan hidraulik nan kuat diamati yang merusak desain pompa. Untuk menunaikan janji mekanisme seperti mana itu, Kamu juga perlu berusaha keras.

Perhitungan data peralatan pompa selalu didasarkan sreg perenggan daya, lamun mekanisme mengalami beban maksimum hanya adakalanya pada konsumsi air puncak, nan jarang terjadi. Sisa waktu, pelaksanaan jalan hidup pada sempadan kemungkinan sejajar sekali tidak bisa dibenarkan. Sreg momen-saat sama dengan itu, konverter frekuensi buat pompa aliran dan lubang bor mengurangi konsumsi energi sebesar 30 – 40%.

Antara lain, pengusahaan konverter frekuensi di stasiun pompa nan menyediakan pengiriman air mendukung mencegah keburukan “dry running”. Ini relevan privat kasus di mana tidak cak semau air di internal sistem, dan mesin berjalan kian jauh. Karena “dry run”, mesin dapat menjadi sesak panas dan mekanisme secara keseluruhan dapat rusak. Ini sekali pula membuktikan perlunya memperalat konverter.

Konverter frekuensi suatu fase bagi pompa privat sistem pasokan air domestik

Ergonomi perangkat merupakan indikator nan sangat berharga dalam rangka pelayanan konsumen. Memperbaiki parameter ini buat sistem pasokan air menggunakan model pompa fase idiosinkratis berdaya rendah, karena ini memerlukan konverter dengan tingkat tekanan listrik input / output 1x220V, dan tidak mudah untuk menemukannya.

Rata-rata, pompa kondominium tinggi tidak memiliki isi perut tentang konsumsi energi, belaka ini tidak mengkompensasi biaya pembelian, karena pengoperasiannya yang jarang.

Semata-mata, pemasangan konverter tidak kekeringan relevansinya, karena membantu menjaga tekanan jaringan nan konstan. Dengan kata tidak, tuntutan kerjakan pengoperasian yang nyaman dibuat di sini.

Opsi ini sangat terdepan detik memperalat air panas. Artinya, pemakaian chastotnik menghilangkan kelabilan suhu dan perubahan kecondongan tekanan.

Konverter satu fase setuju untuk pompa submersible dan pompa permukaan.

Konverter frekuensi suatu fase untuk penggunaan di apartemen

Konverter variasi kriteria biasanya tidak dilengkapi dengan sambungan hidrolik. Upaya untuk meningkatkan perangkat secara mandiri untuk kebutuhan tersebut bisa jadi tidak bermanfaat, malar-malar jika seorang spesialis menangani masalah tersebut.

Mencatat ki kesulitan ini, penggubah konverter frekuensi telah membuat konverter frekuensi satu fase khusus untuk pompa yang memasok sistem air rumah tangga.

Riuk satu konverter ini dilengkapi dengan pergaulan hidraulik dan gemuk melakukan semua tugas chastotnik standar.


Otomatisasi peralatan tekanan air meningkatkan kontinuitas dan keandalan stok air, mengurangi biaya produksi, biaya operasi, dan volume tangki yuridiksi stok air.

Untuk penyiapan air otomatis, selain peralatan awam, begitu juga starter, relay, peralatan khusus digunakan: sakelar pengatur level, pengisi, sensor, sakelar apung, dan tidak-tak.

Otomatisasi sediaan air

Operasionalisasi pompa diotomatisasi dengan mengontrol pompa setrum tipe submersible intern hal tingkat pemuatan dan tekanan.

Rancangan tersebut menunjukkan tabel mekanisasi – pompa 1, sambungan listrik. Otomatisasi dilakukan dengan meletuskan sakelar level. Pengoperasian cembul kontrol terdiri dari mode faali dan manual.

Buram ini menunjukkan diagram kontrol otomatis pompa menurut keluhuran air nan terletak di tangki impitan air. Itu dibuat oleh zarah spesies relai. Sakelar SA1 mengatur mode mekanisasi. Saat dihidupkan ke status “A” dan mesin QF dihidupkan, tarikan disuplai. Ketika posisi air kurang semenjak tanda pemeriksaan, terminal mangap sesuai dengan tabulasi. Lain ada arus yang disuplai ke relai KV1, kontak starter menunukan. Starter menghubungkan biang keladi pompa, lampu sinyal HL1 mati dan lampu busur HL2 menyala. Pompa mengempoh air.

Ketika air memuati dan menutup interval respon pemeriksaan, aliansi SL2 menutup. Relay KV1 enggak terhubung, korespondensi serial terbuka. Saat air mencapai puncak, distribusi ditutup, dan relai KV1 terhubung. Dalam keadaan ini, relai, setelah menyingkirkan kekeluargaan belitan starter, mematikan kontaktor, menutup kontak, taat ditenagai maka dari itu peredaran sensor. Motor pompa dimatikan, bola lampu sinyal HL2 padam dan lampu HL1 mulai tunu. Mesin akan hidup lagi ketika level turun buat membuka distribusi, relai KV1 akan mati.

Pompa akan menyala dalam mode segala pun takdirnya sensor yuridiksi level ditutup. Sisi negatif utama dari kontrol tersebut ialah bahwa di periode campah elektroda sensor membeku, pompa tidak mati, air di tangki luber, palas-palas anjlok karena pembentukan es di atas air.

Seandainya Anda mengontrol dengan tekanan, maka pengukur tekanan dipasang puas pipa tekanan stasiun pompa. Ini memudahkan untuk memeriksa sensor dan mencegahnya berpadu.

Takdirnya tidak ada air, pengukur impitan ditutup dan sakelar sempadan strata diputus. Relai diaktifkan, terminal ditutup, starter berkobar dan memulai pompa, nan memompa air. Tekanan menanjak sampai pengukur tekanan menutup, yang diatur ke tanda level atas.

Dengan aliran air, tekanan berkurang, sangkut-paut mendelongop, pompa tidak menyala, bukan suka-suka voltase pada relai. Pompa akan berkobar ketika level turun ke level kritis. Sirkuit kontrol ditenagai maka itu tekanan listrik yang dikurangi 12 volt dari transformator. Ini mengurangi risiko sengatan listrik detik memperbaiki arus.

Untuk memperbaiki pompa sekiranya terjadi kerusakan, sakelar digunakan. Jika perlu, itu menutup halte dan starter terhubung ke catu siasat lagi. Pergaulan dipasang di penutupan sirkuit pengaruh, yang terbuka ketika tidak ada fase, koil KM patah dan pompa hening sampai perbaikan selesai. Rotasi trik dilindungi terbit korsleting makanya mesin.

Konverter frekuensi dan suplai air

Tabel menunjukkan proses otomatisasi pompa submersible, dengan angkup-angkup periksa, pengukur aliran. Propaganda pasokan air dikendalikan menurut skenario berikut. Jika pompa dimatikan dan impitan turun ke nilai minimal, sensor memberi sinyal pompa bakal hidup. Drive dimulai dengan perlahan-petak meningkatkan kekerapan motor. Detik kederasan penggerak pompa menjejak biji nan diperlukan, pompa memasuki mode normal. Konverter kekerapan diprogram bikin menciptakan percepatan pompa yang diperlukan. Penggunaan penggerak pompa dengan peraturan memungkinkan untuk membentuk pasokan air dengan sirkulasi searah, dengan pemeliharaan impitan faali.

Unit dominasi cak bagi pengoperasian mesin yang mulus, sensor tekanan air, unsur tambahan.

Fungsi nan disediakan oleh unit kontrol dan konverter frekuensi:

  • Percepatan dan perlambatan pompa yang halus.
  • Kontrol kodrati.
  • Pemblokiran lari gersang.
  • Shutdown otomatis pompa jika bukan cak semau satu fase, tarikan terbatas, darurat.
  • Memblokir bersumber tegangan berlebih pada konverter frekuensi.
  • Memberi isyarat tentang kecelakaan, operasi pompa.
  • Perawatan suhu kampanye dalam kilap cahang.

Otomatisasi pompa dengan akselerasi dan dukungan impitan otomatis

Motor . Ketika pentol “mulai” ditekan, relai diaktifkan, mengikat konverter kekerapan, dan memungkinkan bakal bekerja dengan lancar sesuai dengan program yang ditentukan. Dalam posisi provisional chastotnik atau motor, sirkuit ditutup, membakar relai, nan mematikan output chastotnik. Perlindungan akan memungkinkan sirkuit dihidupkan kembali hanya saat kerusakan dihilangkan dan kunci disetel ulang.

Penapisan tekanan terhubung ke input konverter frekuensi, menciptakan umpan balik privat penyeimbangan tekanan. Jalan hidup stabilisasi dikendalikan maka itu regulator chastotnika. Tekanan nan diinginkan diatur makanya potensiometer menggunakan remote control chastotnik. Takdirnya terjadi kecelakaan, lampu penanda akan menyala. Kabinet dengan perlengkapan kontrol dipanaskan oleh tungku istimewa, yang dinyalakan oleh relai termal. Pemutus rotasi melindungi terhadap korsleting.

Otomatisasi pasokan air dianggap umpama aspek terpenting dalam ekspansi teknis. Ini sudah lalu menemukan relevansinya tak hanya di stasiun pasokan air samudra. Pompa dengan perangkat otomatisasi menciptakan pengoperasian pipa air individual yang nyaman. Bikin mengatur sistem pasokan air begitu juga itu, perlu menghitung pompa lubang bor, diskriminatif konverter frekuensi bersendikan hasil perhitungan.

Sempurna pengoperasian konverter frekuensi pada stand demonstrasi

Di seluruh marcapada mereka sudah digunakan bagi mengontrol pompa buat waktu yang lama. Sayangnya, di Rusia teknik ini belum berakar. Kami akan memberi tahu Anda barang apa ketampanan boks kecil yang bukan rumit ini, dan bukan main osean skor tambah nan mereka berikan kepada konsumen saat digunakan intern sistem simpanan air pribadi.

Segala itu konverter frekuensi? Sebagai aturan, pemilik flat dan teratak menggunakan pompa korok bor submersible dalam sistem pasokan air mereka. dilakukan menggunakan sakelar impitan dan akumulator hidrolik dengan majemuk produktivitas.

Sakelar tekanan mempunyai dua ambang batas: atas dan bawah. Dengan perlengkapan sistem suplai air seperti itu, pron bila pompa dihidupkan, impitan turun dahulu banyak dan ini tidak nyaman bagi konsumen. Anda mengalami ketidaknyamanan karena tekanannya berubah. Ini terutama benar detik bersiram. Empunya pondok lampau menyadari hal ini, karena mereka mutakadim mengalami komplikasi ini. Bagi mereka yang baru doang akan melengkapi sistem cadangan air mereka, mualamat ini akan kontributif dalam menyajikan bilyet yang diharapkan.

Bagaimana cara meningkatkan kenyamanan agar tekanan dalam sistem setia? Suka-suka solusi untuk masalah ini. Ini adalah aplikasi konverter kekerapan. Banyak perusahaan memasok Italtecnica chastotniki. Kekhawatiran ini menghasilkan konverter frekuensi dengan pompa fase eksklusif berusul seri. Konverter frekuensi ini bisa mengontrol pompa satu fase setakat 1,5 kilowatt.

Fungsionalitas konverter

Bagaimana pendirian kerja konverter? Mereka mengingkari frekuensi privat jaringan. Frekuensi jaringan di Rusia adalah 50 hertz. SIRIO mengubah frekuensi dari 25 menjadi 50 hertz terjemur pada konsumsi air. Semakin banyak air yang dikonsumsi, semakin cepat adegan mesin. Semakin invalid konsumsi air, semakin rendah frekuensi arus dalam jaringan dan induk bala melambat, sementara mengkonsumsi lebih sedikit energi.

Sistem stok air dengan pompa lubang bor submersible, konverter frekuensi dan akumulator hidrolik 5 liter dipasang di stand. Keunggulan konverter kekerapan yakni tidak memerlukan akumulator hidraulik nan besar buat beroperasi. Akumulator hidrolik boncel sudah pas, bahkan dengan daya produksi pompa 4 m 3 tiap-tiap jam. Privat kejadian ini, akumulator tidak berfungsi sebagai perangkat penyimpanan, hanya meredam palu air. Pemukul air ini sangat katai, karena . Plong saat pompa mulai, ia memasok frekuensi hanya 25 hertz untuk itu, sehingga pompa menginjak adv amat lambat, darurat mengkonsumsi adv minim energi.

Privat keadaan ini, stand tersebut mensimulasikan sistem penyiapan air dari empat penyalai. Konverter kekerapan diprogram sedemikian rupa sehingga akan secara konstan mempertahankan 3 atmosfer n domestik sistem suplai air, terlepas terbit apakah satu keran terbuka ataupun empat. Saat Anda membuka tungku dengan air, pompa berangkat tunu. Itu terjadi dengan lancar, n domestik beberapa detik. Pompa mulai menambah kecepatan, yang cukup rendah. Jika kita mengekspos endap-endap dapur, pompa mulai meningkatkan kecepatannya, frekuensi elektrik akan berubah ke atas untuk mengkompensasi kehilangan impitan pada beberapa keran.

Konsumsi kerumahtanggaan hal ini akan sangat nyaman. Tekanan tak akan berubah lain peduli berapa banyak katup nan melenggong. Ketika katup ditutup, kecepatan mesin mulai turun, tetapi tekanan tetap tidak berubah. Privat kasus kami, tekanan diprogram lega 3 atmosfer. Terlepas terbit berapa banyak keran yang terbuka, tekanan ini akan kukuh. Kami menutup semua anglo, dan kami meluluk bahwa pompa dimatikan, mesin melambat. Setelah bilang ketika, pompa lengang, mendapatkan 3 bentangan langit.

Keuntungan terbit konverter frekuensi internal sistem pasokan air

Ada beberapa plus:

  1. Anda lain memerlukan akumulator hidrolik nan besar. Ini menghemat pangsa dan tip.
  2. Frekuensi nyaman. Anda mendapatkan tekanan sistem yang kukuh tidak peduli berapa banyak jingkir yang Sira buka. Kebetulan di lantai pertama kamar mandi dibuka, di lantai dua mesin cuci berkreasi. Kapan yang sama, seseorang disiram dengan air mendidih atau air anyep, karena perbedaan antara air panas dan dingin ditentukan oleh perbedaan tekanan 0,5 angkasa luar. Ini sensitif saat mandi. Dalam kasus kami, enggak masalah seberapa banyak seseorang menggunakan air, tekanan dalam sistem tunak konstan.
  3. Cermat listrik. Ini juga sangat penting. Konverter frekuensi tidak murah, tetapi penghematan berpunca penggunaannya terbayar n domestik dua tahun.
  4. Konverter melindungi pompa. Jika sistem kehabisan air, konverter akan lengang, sehingga mencegah pompa terbakar. Jika impeler macet di kerumahtanggaan pompa, itu juga akan mati. Jikalau terjadi kebocoran lega sistem, sistem akan restart beberapa kali, kemudian senyap, karena adanya kebocoran boleh merusak pompa. Konverter frekuensi memiliki preservasi tegangan lebih. Seandainya tegangan pangkat, itu tidak akan mulai. Jika voltase habis rendah, konverter sekali lagi tak akan memarakkan pompa, karena pengambil inisiatif boleh gagal. Konverter frekuensi pun memiliki konservasi arus. Sering terjadi benda asing dapat melukai poros otak, atau pasir bisa masuk, yang akan mengganjal impeler. Dalam keadaan ini, perputaran pada belitan biang kerok akan meningkat, tetapi perlindungan termal belum berfungsi, konverter frekuensi juga akan mematikan pompa sehingga pompa dapat dibersihkan. Perangkat perlindungan konvensional tak mencagar terhadap arus kian, karena penjagaan termal dirancang untuk aliran maksimum. Dan detik arus pengenal meningkat sebesar 20%, itu enggak terlihat, sekadar motor pompa dimatikan secara perlahan. Arus nan meningkat menyebabkan delaminasi belitan biang kerok, sampang plong mereka, belitan secara bertahap hangus. Konsumen akan melihat proses ini saja pasca- 2-3 rembulan.

Konverter frekuensi sangat nyaman. Penggunaannya di rumah pribadi memungkinkan Engkau mendapatkan pasokan air penuh dengan impitan konstan. Menempati dimensi kecil, menghemat listrik. Ini berguna, karena pompa umumnya memiliki muslihat yang besar, 1,5 – 2 kW. Konverter dijamin berusul 1 sebatas 2 tahun oleh pabrikan.

Bagaimana memilih konverter kekerapan

Data teknis harus dikombinasikan dengan daya dan jenis motor pompa nan akan digunakan. Berjasa untuk memperhitungkan interval pembiasaan nan diperlukan, akurasi penyetelan, dan dukungan torsi plong mesin.

Fitur desain inverter, dimensi, kontrol, konfigurasi juga memengaruhi pilihan. Lebih sering, pentolan asinkron dipasang di mata air. Konverter frekuensi ke sana dipilih berdasarkan daya sehingga nilainya lebih lautan tinimbang angka mesin.

Jika ada dua pompa privat jaringan, maka kian baik memilih konverter frekuensi dengan kontrol vektor, yang memungkinkan cak bagi mempertahankan kecepatan motor di bawah transisi beban, berfungsi tanpa menurunkan kecepatan. Perangkat seperti itu bertambah akurat mengontrol torsi dan kederasan mesin.

Konverter frekuensi dibagi menjadi bilang kelas tekanan listrik: untuk kebutuhan domestik puas 220 V, industri hingga 500 V, tegangan tingkatan hingga 6000 V. Dan lagi perangkat punya tingkat perlindungan, jenis kontrol nan berbeda. Pabrikan osean memproduksi unit pompa inverter. Di dalamnya, chastotniki diikat ke model pompa, rekomendasi untuk digunakan diberikan. Pemakai tidak wajib memikirkan pilihan, konsultan akan menjelaskan semua fitur permintaan.

N domestik video – pompa submersible.

Penggunaan konverter frekuensi lakukan mengontrol pompa sekarang menjadi kebutuhan, lain kemewahan. Berkat pengaturan frekuensi, dimungkinkan untuk mengurangi konsumsi listrik pada saat konsumsi air berkurang, serta menyabarkan tekanan berlebih di jaringan, yang sering menjadi penyebab kecelakaan. Mujur penggunaan konverter kekerapan, menjadi boleh jadi lakukan mempertahankan tekanan air yang konsisten plong pemakai.


Bagaimana mandu kerja transmutasi frekuensi untuk pompa?

Mari kita cabut pompa nan ditenagai oleh motor dua tandingan dengan kecepatan poros 2800 rpm, sementara itu lega output pompa kita mendapatkan head dan kinerja nominal. Sekarang, dengan bantuan konverter kekerapan, kami akan menurunkan kekerapan, yang akan menyebabkan penurunan kecepatan mesin, yang berarti bahwa kinerja pompa akan berubah. Dengan bantuan sensor, informasi akan halnya tekanan dalam sistem akan masuk ke unit konverter frekuensi, dan maka dari itu karena itu, berdasarkan data dari pemeriksaan, frekuensi yang disuplai ke motor listrik akan berubah.


Konverter frekuensi apa yang dapat digunakan untuk unit pompa?

Ada berbagai penggubah nan menawarkan spesialisasi
konverter frekuensi buat pompa, termasuk Vacon 100 Flow (produk mentah berpangkal pabrikan Finlandia Vacon), INNOVERT VENT (Cina), dan sempurna lainnya. Mereka kompak, n kepunyaan antarmuka yang palamarta pemakai dan boleh diimplementasikan kerumahtanggaan berbagai tingkat preservasi (IP 21, IP 54, IP65). Tingkat perlindungan tertinggi adalah IP 65, yang tahan air dan tahan debu, doang pada momen nan setinggi memiliki harga yang bertambah tinggi.

Rentang resep di mana konverter kekerapan disajikan memadai lebar: dari 0,18 hingga 315 kW dan bertambah banyak lagi, momen ditenagai oleh 220 dan 380V berbunga jaringan 50-60Hz.


Penggunaan konverter kekerapan bakal pompa lubang bor

Bikin memilih konverter frekuensi buat pompa lubang bor, perlu memperhitungkan kedalaman perigi. Misalnya, ketika perigi artesis punya kedalaman lebih dari 100 m, perlu menggunakan choke nan bisa meningkatkan ketahanan aus ketertutupan kabel dan mengurangi efek lain yang tidak diinginkan.

Puas artikel ini kita akan berucap akan halnya cara mengatur stok air otomatis menggunakan konverter frekuensi. Pertimbangkan pilihan konverter, himpunan sistem otomasi, opsi komplemen lakukan memantau, mengendalikan, dan melindungi gembong pompa asinkron.

Untuk mencapai sediaan air yang efisien dan plong detik yang sama memastikan perlindungan maksimum dalang pompa hanya dimungkinkan dengan pengusahaan teknologi konverter idiosinkratis, dibuat berdasarkan inverter tegangan otonom. Solusi ini memungkinkan Anda untuk mengatur otomatisasi pasokan air tanpa alai-belai yang digunakan baik untuk kebutuhan Engkau sendiri maupun untuk kebutuhan pabrik.

Terlepas dari tujuan penggunaan pompa (gaung bor, pemompaan, pemancingan kodrati, dll.), Sanding semua motor yang digunakan di dalamnya dapat dibagi menjadi dua macam – motor asinkron fase spesifik dan tiga fase. Tergantung pada induk bala penggerak yang digunakan n domestik pompa, konverter yang diperlukan dipilih.

Apa itu konverter?

Ini adalah unit listrik nan mengubah daya listrik jaringan sesuai dengan tugas yang masuk dan mengeluarkan tegangan yang dapat disesuaikan ke motor internal kisaran 0 hingga 220 V atau berpokok 0 sampai 380 V dengan kekerapan 0 hingga 120 atau lebih. Hz. Di privat konverter ialah:

  1. Jembatan Larionov yang enggak terkontrol atau recup-terkontrol, yang menyempatkan perbaikan voltase elektrik, dibangun di atas basis semikonduktor dioda alias thyristor.
  2. Tautan kapasitor, menghaluskan tegangan yang dihasilkan.
  3. Pokok untuk mengeset ulang tegangan pulih selama pengereman.
  4. Inverter tekanan listrik otonom beralaskan sakelar IGBT, menyerahkan tegangan mondar-mandir dengan nilai dan frekuensi tertentu.
  5. Sistem kontrol mikroprosesor bertanggung jawab atas semua operasi di konverter dan pemeliharaan motor.


Struktur khas dari konverter frekuensi tiga fase berdasarkan pada inverter tegangan otonom

Kriteria Pemilahan Pengurai

Situasi mula-mula yang harus diperhatikan adalah kesesuaian konverter bikin jenis catu siasat (220 V atau 380 V). Nan kedua adalah wasilah daya konverter sendi pentolan, sementara itu diinginkan bagi n kepunyaan margin kerdil dalam hal resep pengenal bakal konverter yang dibeli (kebanyakan sebesar 20-50%), nan akan menjamin aksi takdirnya sistem membutuhkan untuk dihidupkan dan dimatikan sesering siapa, serta n domestik berjenis-jenis situasi sementara.

Untuk kemudahan commissioning, konverter harus memiliki layar kontrol. Sebagian osean konverter modern sudah punya unit pemrosesan sinyal diskrit dan analog built-in intern konfigurasi dasarnya, nan di futur akan memungkinkan pembangunan sistem otomasi tingkat cacat atas radiks itu, jika enggak tersedia, Beliau terlazim memesannya.


Salah satu opsi nan memungkinkan kerjakan desain terminal yang digunakan untuk menghubungkan sinyal diskrit dan analog ke konverter

Keadaan terdahulu yang harus disediakan makanya pompa adalah mempertahankan skor impitan yang diberikan dalam sistem dengan laju aliran air nan disuplai nan terus berubah. Pada saat yang sama, sedikit penerjunan kecepatan rotasi fragmen pemompaan pompa, nan dilakukan makanya konverter, karena pompa beroperasi dengan jenis muatan “kipas”, menyebabkan penurunan yang lebih signifikan intern torsi elektromagnetik yang diperlukan. ketika dan, sebagai hasilnya, bakal penurunan biaya energi.

Peralatan lampiran bakal mengatak pasokan air otomatis

  1. Penapisan tekanan analog.
  2. Kenop mulai/nongkrong sistem.
  3. Sensor suhu air (untuk pompa dalam).
  4. Masukkan sekering berkecepatan tinggi.
  5. kontaktor alumnus.
  6. Choke input dan output (mungkin tidak dipasang pada daya rendah).

Pentol “Mulai” dan “Nongkrong” terhubung ke input diskrit konverter dan memperoleh properti nan diperlukan kerumahtanggaan proses penyesuaian. Sensor impitan analog terhubung ke input analog nan sesuai lega panel konverter dan diparameterisasi untuk mengatur kecepatan motor pompa.

Cara kerja mekanisasi

Setelah menekan tombol “Mulai”, konverter secara otomatis menyemangati kontaktor tamatan dan, sesuai dengan pembacaan sensor impitan, memulai dedengkot pompa. Setelah itu, ia dengan lampias mengangkut kecepatannya ke kecepatan yang diperlukan bikin mempertahankan tekanan yang disetel.

Seandainya konverter mendeteksi situasi tentatif alias detik tombol Stop ditekan, konverter mengurangi kelajuan biang keladi seminimal mungkin dengan intensitas nan diperlukan tergantung pada situasi dan mematikan kontaktor.

Pengawasan hawa air lakukan pompa liang bor diperlukan bagi mengontrol suhu pompa secara enggak langsung, karena pemanfaatan konverter mengurangi total persebaran air dan, akhirnya, memperburuk pendinginan. Pengaturan ini bisa diabaikan seandainya suhu air dijamin tidak akan naik di atas 15-16 derajat Celcius.

Takdirnya dedengkot memiliki pemeriksaan suhu n domestik, itu harus dihubungkan ke input yang sesuai pada konverter, ini menjamin perlindungan 100% motor dari seksi berlebih selama operasi.

Apa nan mesti Beliau ketahui saat merakit sirkuit dan mengatur konverter

Utama untuk mendaras instruksi buat pompa dan konverter dengan cermat. Saat mengatur sistem, perlu bakal menyadari intern informasi konverter adapun kelajuan pengenal motor, dayanya, arus pengenal, voltase dan kekerapan jaringan suplai, masa akselerasi dan deselerasi optimal, kemustajaban pikulan yang diizinkan berpunca tokoh saat start-up dan selama gerakan.

Anda perlu menentukan fungsi input dan output analog dan digital bikin mengontrol kontaktor. Setelah itu, membeda-bedakan hukum pengaruh, dalam sistem ini – U / F atau supremsi vektor. Setelah itu, Anda harus mengaktifkan paramitrisasi otomatis, di mana konverter itu seorang akan menentukan resistansi belitan tokoh, menghitung semua parameter yang diperlukan untuk membuat hipotetis matematikanya.

Semua pengaturan yang diperlukan privat konverter digital modern dapat dibuat memperalat panel kontrol dengan layar kristal larutan. Sejumlah pola konverter dilengkapi dengan perangkat lunak khusus, nan dapat diinstal plong komputer pribadi dan dihubungkan ke sistem kontrol melangkahi port USB maupun COM.


Panel kontrol konverter

Terdepan untuk menyambung semua suku cadang sistem otomasi dan mesin dengan etis. Sebagian besar konverter memiliki catu daya 24V kerumahtanggaan nan boleh digunakan untuk grafik pengkabelan dan memasrahkan indikasi pengoperasian sistem menggunakan output digital dan lampu busur LED.

Keuntungan menggunakan sistem penggerak pompa konverter

Jika dikonfigurasi dengan etis, transduser memantau tekanan dalam sistem cadangan air dan melindunginya seharusnya tak melebihi tekanan yang disetel.

Konverter itu sendiri menyalakan motor pompa dan memutarnya pada kecepatan di mana, sesuai dengan konsumsi air, impitan yang diperlukan dipertahankan, biasanya kecepatan ini lebih rendah berbunga kecepatan nominal, yang dengannya pencermatan energi tercapai. Dalang dipercepat n domestik waktu yang ditentukan selama commissioning (sesuai dengan apa yang disebut ramp), opsi ini memungkinkan tak doang buat mengurangi peredaran start kerumahtanggaan sistem dan, ibarat karenanya, kelebihan bagasi motor, tetapi juga buat meminimalkan beban sreg penggalan mekanis, yang memanjangkan umur pompa dan mengurangi kelebihan listrik.

Hanya dengan bantuan konverter, pompa boleh digunakan secara efektif dengan motor asinkron tiga fase ketika ditenagai oleh elektrik flat tingkatan 220 V.

Perlindungan yang dibangun ke dalam konverter secara tunak memantau arus yang dikonsumsi oleh penggerak, kelajuan putarannya, master, yang memungkinkan Anda bagi mereservasi berpangkal korsleting, kegagalan fase daya, gangguan mekanis, kelebihan beban, dan panas berlebih.

Source: https://optolov.ru/id/otdelka-sten-v-vannojj/zachem-nuzhen-chastotnyi-preobrazovatel-dlya-nasosa-ispolzuemye.html