Belajar Berhitung Cepat Dengan Jari


  • Rahmatia Rahmatia


    STKIP Muhammadiyah Manokwari

  • Gilang Ary Sandy


    TKIP Muhammadiyah Manokwari

  • Mokhammad Dedi Penta Putra


    TKIP Muhammadiyah Manokwari

  • Revisika Revisika


    TKIP Muhammadiyah Manokwari

Abstract

Indonesia mengalami masa Hawar Covid-19 sehingga mengharuskan pelajar belajar semenjak flat (study from home) yang membuat guru kesulitan dalam mengecek sampai selama mana murid memahami materi terutama selama mana siswa berlimpah mengetahui operasi hitung. Situasi ini mengakibatkan sparing mulai sejak rumah (study from home) tak bepergian berjalan dengan optimal karena keterbatasan siswa dalam menciptakan menjadikan siswa dalam memenuhi kuota internet, jaringan internet yang tidak memadai serta HP yang tidak semuanya siswa memilikinya. Sehingga dalam situasi ini pengabdi akan memberikan pendampingan serta pelatihan mengenai penggunaan Jarimatika lakukan peserta kerumahtanggaan melakukan kampanye hitung tiba berpangkal bilangan 1 setakat 99. Jarimatika merupakan akronim dari jari dan matematika yaitu mandu berhitung ilmu hitung kerjakan anak-momongan dengan menggunakan jari tangan. Metode nan digunakan pada kegiatan ini antara tak: 1) Metode observasi, dilakukan dengan melakukan mengobservasi para peserta, 2) Metode demonstrasi yang dilakukan pron bila melayani materi jarimatika, 3) Metode kecam dan memeriksa hasil jalan hidup. Kegiatan ini terlampiaskan dengan baik dan diikuti oleh siswa SD. Dari hasil seluruh perpautan kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa: (1) pesuluh jaga mengarifi formasi jari tangan dan aturan penjumlahan, penyunatan dan multiplikasi dengan menggunakan jarimatika; (2) petatar didik merasa lebih mudah dan lebih cepat dalam menghitung operasi bawah dengan memperalat jarimatika; (3) peserta didik memberikan respon substansial terhadap kegiatan ini. Secara umum kegiatan ini memberikan publikasi hijau kepada peserta didik akan halnya salah satu metode cepat dan menyenangkan cak bagi mengerjakan kampanye hitung.

References

Asih, N. M. (2009). Penerapan metode jarimatika kerjakan meningkatkan pemahaman konsep enumerasi dan pengurangan pada siswa kelas 1 dan 2 SDN 6 Sesetan, Denpasar Kidul. Kronik Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 16(1), 1-8.
Hamdunah., Fitri, D. Y., & Cesaria, A. Pelatihan jarimatika perkalian buat guru-hawa di SDN 02 Lubuk Buaya. Lemma, 1(1), 20-25.
Sani, R, P (2015). Efektivitas Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pelajar Sekolah Dasar Kelas III, Duta.Com: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Komunikasi 8(2).

Nasution, N. K., & Mentari, E. (2015). Penerapan teknik jarimatika dalam upaya
meningkatkan kemampuan operasi hitung multiplikasi bilangan. Edumatica: Buku harian Pendidikan Matematika, 5(2), 239-272.
Natalia Elise, dkk (2022). Sehat dan Hemat di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Menunggangi Metode Jarimatika. Journal Intervensi Komunitas 3(2).

Rahmatia, R., Syahira, S., & Sajaril, A. E. (2020). Presepsi Pelajar Dan Master Terhadap Penelaahan Daring Di Sma Yapis Manokwari Kelas XI. Visipena, 11(2), 334-351.
Rahmatia, R., & Armin, R. (2020). Meningkatkan Hasil Berlatih Siswa Melintasi Pemanfaatan Bilah Hitung puas Propaganda Kadar Buntar. Koran Akademik Pendidikan Ilmu hitung, 35-42.
Syaharuddin & Vera Mandailina. (2018), Meningkatkan Kemampuan Berhitung Peserta Sd Menunggangi Metode Jarimatika. Journal of Character Education Society 1(1), 30-33.

Source: https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPM/article/view/1575