Bahan Ajar Pencak Silat Smp

Bahan AJAR PENDIDIKAN Awak Kelas III SD OLEH : Khairil Anwar, S. Pd

*

*OLAHRAGA TRADISIONAL PENCAK SILAT

* KOMPETENSI INTI (Ki) KI 3 : Memafhumi kenyataan faktual dengan cara

mengecap

(mendengar, mematamatai, mendaras) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah. KI 4 : Menghidangkan pengetahuan faktual privat bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, kerumahtanggaan gerakan yang mencerminkan anak asuh sehat, dan kerumahtanggaan tindakan yang mencerminkan perilaku momongan beriman dan berakhlak mulia.

KOMPETENSI Bawah (KD) & INDIKATOR PJOK Kompetensi Dasar (KD). 3.1 Mengetahui konsep gerak perantaraan pola gerak asal lokomotor dalam beraneka ragam bentuk permainan primitif dan alias tradisional. 4.1 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. Indikator Pencapaian Kompetensi 3.1.1 Mengidentifikasi gerak perkariban cermin gerak dasar lokomotor bermacam rupa kerangka permainan tersisa. 4.1.1 Mempraktikkan ikatan pola gerak sumber akar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai macam rangka permainan sederhana.

Intensi Pembelajaran Dengan membaca teks wara-wara mengenai terlak silat, peserta bisa mengidentifikasi jurus dasar pada silat silat dengan tepat. Dengan mengidentifikasi jurus dasar pencak silat, murid dapat mempraktikan jurus bawah terlak silat dengan tepat.

MATERI Les Latihan jasmani TRADISIONAL Pencak Kuntau

Materi: 9 Teknik Radiks Kuntau Silat Untuk Pemula Kuntau terlak adalah seni senior yang berasal dari Indonesia. Berlainan dengan umumnya yang dihadirkan, pencak kuntau memiliki ciri individual yang diperlihatkan dengan gerakannya yang terbantah patah-patah. Di Indonesia nama pencak silat mulai formal digunakan setelah berdirinya Ikatan Silat Silat Indonesia alias IPSI. Sebelumnya di wilayah-wilayah Indonesia dimulai dengan beraneka ragam nama, sama dengan silek, pencak, pencak dan lainlain. Teknik Pangkal Pencak Silat Secara awam, ada 9 aspek teknik dasar pencak silat yang harus dibahas oleh yang mencoba menekuni seni beladiri ini. Aspek-aspek tersebut antara lain:

*

Ada bilang teknik dasar Terlak Silat ialah:

* Jaran-jaran * Sikap Pasang * Arah * Pola Persiapan * Mentrum * Tendangan * Perbantahan * Guntingan * Kuncian Pasca- mempelajari aspek segala saja nan harus dipelajari, yuk kita kupas satu saban satu adapun teknik dasar kuntau silat ini.

Jaran-kuda n domestik Pencak Silat Teknik dasar silat silat yang wajib dikuasai yang pertama jaran. Kenapa demikian? Karena kuda-jaran merupakan menapakkan tungkai yang melakukan persiapan lawan yang mempertahankan agar enggak mudah dijatuhkan kompilasi bertahan.

adalah kudasuatu sikap mempertinggi dalam posisi

1.Di dalam pencak silat suka-suka 6 jenis sikap aswa-kuda nan harus kita ketahui, antara enggak:

Kuda-kuda Paruh Kuda-kuda ini dilakukan dengan menekuk kedua kaki dengan tumpuan berat badan berada di paruh.

 Kuda-aswa samping Kuda-aswa ini dilakukan dengan cara 1 kaki ditekuk dan tungkai yang tidak lurus ke samping, berat fisik pada kaki yang ditekuk, bahu sejajar atau segaris dengan suku.

 Kuda-aswa Depan Dibentuk dengan suku adegan depan ditekuk dengan jejak kaki kaki harfiah ke depan dan kaki yang depan lurus, jaran-kuda ini menumpukan rumpil raga di kaki depan.

 Kuda-aswa Pantat Rumit awak kuda-kuda bokong di bentuk dengan bertumpu pada kaki belakang. Tumit yang dipakai sebagai tumpuan tegak dengan panggul, tubuh agak condong ke depan, kaki depan di injit dengan, menapak dengan tumit atau ujung kaki.

Aswa-Kuda Silang Depan. Kuda-kuda silang dibentuk dengan menginjakkan 1 kaki ke depan atau kebelakang tungkai nan bukan, susah badan ditumpukan pada 1 kaki, kaki yang lain ringan sentuhan dengan ibu atau ujung jari tungkai

 Jaran-Kuda Silang Belakang Kuda-kuda cagak bokong adalah kuda-kuda dengan keseleo satu tungkai berada di belakang dengan keadaan memalang dan tungkai di tumpukan ke pantat,awak patuh lurus agar tidak roboh momen melakukan gerakan tersebut.

2. Sikap Pasang Dalam Silat Ada 4 sikap pasang intern pencak silat adalah:

 Pasang satu yaitu sikap posisi jasad tegak dengan kedua tangan disamping internal keaadaan siap silat dan kedua tungkai di buka selebar bahu

 Pasang dua ialah sikap badan konsisten pada posisi tegak, kaki dibuka selebar bahu, kedua tangan mengepal dan setinggi dengan pinggang.

 Pasang tiga ialah, sikap awak puas posisi tegak lurus, kaki di buka selebar bahu, tangan diangkat setinggi mata, dan posisis silang dengan kepalan tangan longo.

 Pasang catur yaitu kaki di buka selebar pundak, tangan diangkat sama netra, dan posisis simpang dengan kepalan tangan membengang dibuk lagi dan tangan sudah terkepal.

3. Arah Selain kuda-kuda dan sikap, pemahaman tentang Arah juga dahulu utama. Situasi ini berkaitan dengan kemana pesilat akan bermigrasi ke posisi melawan atau bertahan.

Dalam manjapada persilatan Jihat dikenal dengan depalan penjuru mata angin. Dan cara melatihnya yaitu dengan menggeser kuda-kuda dan sikap pasang sesuai rencana angin nan terserah.

5. Hipotetis Persiapan Transendental persiapan atau penggunaan anju perubahan injakan tungkai dari sudut tempat ke gelanggang lain. Pencak terlak Intinya adalah pertalian dari kekokohan aswa-jaran yang digabungkan dengan fleksibel atau luwesnya gerakan anju dan disempurkanan dengan pemahaman arah yang benar. Sekiranya pesilat telah mengusai hal itu, serangannya akan rumit dibaca dan pertahanannya akan pelik ditembus oleh lawan.

6. Mentrum Pukulan merupakan usaha yang dilakukan baik dalam bertahan atau mencamkan dengan menggunakan tangan. Dalam teknik dasar pencak silat terserah empat jenis pukulan yang harus dikuasai, antara enggak:  Pukulan Literal Sebuah ketukan yang dilakukan dengan fokus ke Arah depan, sasarannya adalah dada lawan. Dan tangan yang tidak ditekuk didepan dada kita dengan maksud ditutup.  Pukulan Tegak Seperti menyingkirkan ketukan lurus, jenis ketukan ini memiliki mangsa yaitu bahu. Biasanya pukulan ini dilakukan koleksi pesilat ganti berhadapan internal kondisi bahu lawan nan terbuka.  Pukulan Pemberat Jika menggunakan bahasa modern ketukan ini dikenal dengan mentrum panjang, yaitu satu menebaskan tangan kearah ulu hati lawan. Dan tangan nan bukan menutup celah padanan di dada kita.  Birama Bulat Kelihatannya pukulan jenis ini yang elusif digunakan plong beladiri pada lazimnya. Sebagai halnya mengundang pukulan anting, hanya namun operasi ketukan melingkar lebih melebar dengan target sasaran pinggang lawan.

Pukulan Lurus

Tegak

Buntak

Bandul

7. Tendangan Suka-suka banyak sekali ragam tendangan dalam pencak pencak. Namun karena kita belajar teknik menyeluruh, empat spesies nan mungkin bisa dengan mudah kerjakan dipelajari.

 Tendangan A. Tendangan lurus ke depan dengan menggunakan cocor suku nan mengarah ke ulu hati imbangan.  Tendangan C maupun Samping. Tendangan dari samping dengan menggunakan cocor maupun pungggung suku yang menentang ke iga dagi.  Tendangan Horizon Tendagan di sebelah menggunakan pedang kaki alias punggung kaki yang merentang ke lemak tulang rusuk atau dada n partner. Jika dilihat, tendangan ini membentuk fonem Kaki langit.  Tendangan Buntar. Tendangan yang dilakukan dengan memotong kaki dengan hentakan yang memakai milik sepatu. Bahan tendangan ini terjemur dada dan punggung lawan terjemur dengan kondisi yang ada.

Tendangan Verbatim Kedepan

Tendangan Samping

Tendangan Samping

Tendangan Berbentuk Huruf T

8. Tangkisan Tangkisan merupakan usaha pertahanan mulai sejak setiap serangan padanan, baik berupa tendangan alias ketukan. Terserah empat jenis sambutan yang dapat kita bantu dengan mudah, di antara yang tak:  Perdurhakaan Dalam. Tangkisan yang dilakukan dengan menggagas tangan dari luar ke arah dalam sejajar dengan bahu.  Tangkisan Luar. P versus dengan perlawanan intern, perbantahan ini melepaskan tendangan atau mentrum lawan ke Arah kiri atau kanan.  Pertarungan Atas. Tangkisan yang dilakukan lakukan melindungi kepala dari serangan antitesis. Gerakannya menciptakan menjadikan tangan dalam posisi belokan dan mengayunkannya dari bawah ke atas.  Tangkisan Bawah. Perbangkangan ini berfungsi cak bagi melindungi publikasi, dilakukan dengan menghilangkan tangan begitu juga huruf X dengan jari melenggong saja bersampingan dan mengayunkannya dari atas ke bawah.

Tangkisan Intern

Tangkisan Luar

Tangkisan Sumber akar

Tangkisan Atas

SELAMAT Belajar

Terima hidayah selesaaaiiii

Source: https://idoc.pub/documents/bahan-ajar-pjok-qn8r2d7wx2l1