Bahan Ajar Kehidupan Masyarakat Indonesia Padamasa Islam Smp Kls 7

Rangkuman IPS SMP Kelas VII Bab 4 (3)

Atma Awam pada Masa Selam (3)

Jalur bursa laut para pedagang dari Arab, Persia, dan Gujarat ke Indonesia  melangkahi pantai Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan sebatas Maluku. Hal ini berpengaruh
terhadap masyarakat di Indonesia. Kapal-kapal dagang berusul Arab, Persia, dan Gujarat mulai menyinggahi beberapa tempat di tepi laut Sumatra sejak abad ke-7 Masehi, simultan memperkenalkan ajaran dan biji-kredit Islam kepada masyarakat di Indonesia, terjadwal para mubaligh dan ulamanya. Jadinya, terbentuklah sejumlah pemukiman muslim di bermacam rupa daerah tersebut. Pada abad ke-13 Kristen, mulai berdiri kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia, yang lahir ibarat kemustajaban ketatanegaraan, ekonomi, dan budaya baru setelah berakhirnya masa kekaisaran-kekaisaran Hindu Buddha.

  1. Masuknya Islam ke Indonesia
  2. Rotasi Islam di Indonesia
  3. Kekuasaan Selam terhadap Masyarakat di Indonesia
  4. Kerajaan-Imperium Islam di Indonesia
  5. Peninggalan Memori Masa Islam di Indonesia

Masuknya Islam ke Indonesia:

Pendapat Buya Hamka (Haji Abdul Malik Karim Amrullah)

  1. Islam berpangkal dari tanah kelahirannya, yaitu Arab atau Mesir.
  2. Proses masuknya berlangsung plong abad-abad pertama Hijriyah maupun abad
    ke-7 Kristen.
  3. Bukti masuknya bahwa bangsa Indonesia sejak semula sudah lalu menganut mazhab Syafi’i yang sama dengan mazhab nan dianut di Mekkah.

Pendapat Anthony H.Johns

  1. Islam berasal mulai sejak Mekkah.
  2. Proses Islamisasi dilakukan oleh para petualang (kaum pendatang) yang datang ke kepulauan Indonesia.

Catatan Dinasti Kakaktua

  1. Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7 Kristen.
  2. Catatan yang berjudul Hsin-tangshu (Sejarah Dinasti Tang) mengistilahkan bahwa
    pada 674 M telah terserah pemukiman pedagang Arab di Polu-shih (Barus, Tepi laut Barat Sumatra).

Pendapat di atas dianggap ibarat pendapat pertama yang sama.

Menurut  Hoesein Djajadiningrat (pendapat kedua)

  1. Sira mengatakan bahwa Islam yang masuk ke Indonesia terbit semenjak Persia.
  2. dasarnya lega kesamaan budaya dan tali peranti yang berkembang antara
    masyarakat Persia dan Indonesia.
  3. Tradisi tersebut antara enggak adalah perayaan 10 Muharram atau Asyuro sebagai hari asli suku bangsa Syiah atas mortalitas Husein bin Ali, seperti nan berkembang dalam tradisi Tabot di Pariaman, Sumatra Barat dan Bengkulu.

Menurut Snouck Hurgronje (pendapat ketiga)

  1. Islam timbrung ke gugusan pulau Indonesia berpunca Gujarat seputar abad ke-13 Masehi.
  2. Pendapat senada dikemukan oleh Mouquette (Ilmuwan Belanda) yang menyatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia sekitar abad ke-13-14 Kristen.
  3. Penentuan waktu itu berlandaskan coretan puas batu nisan Sultan Malik al-Imani yang berkerangka tahun 698 H atau 1297 M.
  4. Mouquette melihat ada ekuivalensi alai-belai batu kubur Malik al-Alim dengan godaan nisan nan ada di Cambay, Gujarat.
  5. Bukti lain masuknya Islam pada abad ke-13 M ialah catatan Marcopolo (pedagang Venesia) yang singgah di Sumatera n domestik pengembaraan pulangnya dari Cina pada masa 1292. Di sana disebutkan bahwa Perlak yaitu kota Islam.

Kesimpulan:

  1. Islam yang nomplok pada abad ke-7 M berasal dariArab.
  2. Selam yang cak bertengger pada abad ke-13 M berbunga bermula Gujarat.
  3. Jadi Islam ikut ke Indonesia secara perlahan-lahan yang dimulai pada
    abad ke-7 M dan mendapatkan bentuknya secara ketatanegaraan plong abad ke-13 M.

Diseminasi Islam di Indonesia

  1. Peredaran Islam di Indonesia terjadi secara berantara.
  2. Daerah pertama yang mendapat pengaruh Islam yaitu episode Barat karena merupakan jalur perdagangan internasional.
  3. Pusat kerajaan Islam di bagian barat begitu juga Samudera Pasai dan Aceh yang kemudian menyebar ke kota-kota pelabuhan seperti Banten, Jepara, Gresik, Tuban, Makassar, serta Ternate dan Tidore.
  4. Persebarannya melalui jalan rukun seperti ekspor impor, akad nikah, pendidikan, kesenian.

Perdagangan

Para pelimbang Arab, Persia, Cina, dan India berjualan sambil menyiarkan agama Islam ketika bertempat sementara bikin menunggu datangnya kilangangin kincir untuk berlayar kembali ke negaranya.

Ijab nikah

Para pengembara mukmin yang beralamat di seputar pelabuhan berbuat perkawinan dengan warga setempat baik masyaraakt normal ataupun bangsawan. Paradigma yang  kita temukan dalam Babad Tanah Jawi, tentang pernikahan puteri Campa dengan yamtuan Brawijaya dan melahirkan koteng putera yang jemah menjadi raja Demak bernama Raden Patah. Dalam Babad Cirebon disebutkan seorang ulama tersohor bernama Maulana Ishak yang berhasil memulihkan baginda Blambangan, kemudian menikahi  puterinya dan melahirkan putra bernama Raden Paku yang kemudian dikenal dengan sebutan Kanjeng sultan Jabal.

Pendidikan

Para ulama dan suhu-guru agama Islam mendirikan rajah-rencana pendidikan Islam seperti Masjid, Dayah dan Pesantren.

Kesenian

Bilang dedengkot Islam menyerakkan agama yang diselipkan melaui pertunjukan kesenian misalnya pergelaran wayang kulit, bak makanya Syah Kalijaga.

Pengaruh Islam terhadap Masyarakat di Indonesia

  1. Permukaan Kebijakan

Kerajaan-kerajaan yang semula bercorak Hindu-Buddha berubah menjadi kerajaan Islam dengan sistem sultanat.

  1. Bidang Sosial

Pembedaan yang tegas antar kelompok masyarakat yang sediakala menerapkan sisitem kasta menjadi pudar. Kategorisasi terhadap kerubungan belaka terjadi misalnya penggolongan terhadap penyebar agama Islam dengan status sosial yang tinggi disebut Sunan, penggolongan terhadap jamhur disebut Kyai.

  1. Bidang Agama

Sebagian besar masyarakat Indonesia yang semula menganut Hindu-Buddha berubah menjadi pemeluk agama Islam

  1. Parasan Kebudayaan

Terjadi akulturasi budaya Selam dengan kebudayaan nan sudah ada di Indonesia misalnya:

  • Pada bangunan Masjid masih menggunakan atap titip seperti kebudayan Hindu-Buddha.
  • Penempatan makam di tempat-tempat tinggi kerjakan orang-orang terhormat menunjukkan kontinuitas tali peranti nan mengandung unsur kepercayaan kepada roh karuhun dna adalah perwujudan punden berundak megalithikum
  • Dikenal seni ukir kaligrafi konkret ragam hias dari huruf Arab.

Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia

Bab 4 (3).pptx

Peninggalan Rekaman Periode Islam di Indonesia

1.
Sajadah
, Contoh : Surau Demak, Masjid Ampel Surabaya, Musala Banten
2.
Puri
( arena kediaman raja/keraton)
Contoh: Kastil Surakarta, Puri Yogyakarta, Kastil Kanoman di Cirebon, Istana Maimun di Sumatera Utara
3.
Makam

Terdiri atas:
 Nisan (kijing): bangunan terbuat berasal batu atau tembok berbentuk persegi panjang
 Nisan: tonggak pendek mulai sejak batu yang ditanam di atas bumbun tanah
 Cungkup: bangunan mirip rumah yang berada diatas jirat
Sempurna kuba kuno bercorak Islam: makam Maulana Malik Ibrahim di Gresik, Kuba Fatimah bintiMaimun di Gresik, Peristirahatan terakhir Sultan Malik al-Imani di Aceh, makam sultan- Mataram di Imogiri Yogyakarta
4.
Kaligrafi

Merupakan seni batik mulia dan disusun dalam aneka bentuk menarik menggunakan huruf Arab. Hiasan-hiasan ini banyak ditemukan plong dinding Musala alias batu jirat.
5.
Karya Sastra


Babad: karya sastra riil cerita berlatarbelakang memori, tetapi tak ki kenangan yang berdasar bukti dan fakta. Contoh: Babad Tanah Jawi, Babad Cirebon

Hikayat
: karya sastra berupa narasi/khayalan yang dibuat sebagai pelipur lara/pembangkit semangat. Contoh: Hikayat Hang Tuah, Hikayat sri paduka-raja Pasai

Ilmu batin: kitab-kitab nan berisi ki kesulitan gaib, ramalan tentang waktu baik ataupun buruk, dan makna atau symbol tertentu yang dihadapi manusia. Contoh: Suluk Wijil, Tasawuf Malang Sumirang

Sajak: pantun yang setiap baitnya terdiri atas catur banjar yang berakhir dengan bunyi yang setimbang. Ideal: Syair Arombai, Syair Si Burung Pingai

6.
Seni Tari, Contoh: Tari Saman bermula Aceh
7.
Debus: ialah kesenian bela diri berpunca Banten
8.
Sekaten dan Grebeg: merupakan formalitas peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW, nan dilaksanakan di tanah lapang Surakarta dan Yogyakarta. Formalitas ini ditandai dengan perarakan sebuah gunungan terbuat berpangkal kas dapur, buah-buahan dan sayuran.

KUIS

  1. Masuknya Islam ke Indonesia melalui bilang tahap dan dibawa maka itu beberapa kelompok. Berdasarkan bilang pendapat tersebut telah bisa disimpulkan bahwa Selam nan datang plong abad ke-7 M berasal dari Arab. Situasi ini beralaskan pendapat dari ….
  2. Persebaran Islam di Indonesia terjadi secara sedikit demi.Daerah yang permulaan berkat pengaruh Islam adalah daerah Indonesia bagian Barat. Daerah ini yakni kempang ekspor impor internasional sehingga pengaruh Islam boleh dengan cepat bertaruk di sana. Di kewedanan ini berkembang bilang pusat kerajaan Selam seperti ….
  3. Terserah beberapa pendirian yang dilakukan internal menghamburkan Islam ke berbagai ragam palagan di Kepulauan  Indonesia. Cara-mandu tersebut antara enggak adalah ….
  4. Diseminasi Islam di Indonesia dilakukan melintasi jalan damai yaitu menerobos kegiatan ….
  5. Sebelum Islam timbrung Indonesia, sudah berkembang kerajaan-kekaisaran Hindu-Buddha. Kekaisaran-kerajaan tersebut kemudian mengalami kemunduran dan digantikan peranannya makanya kerajaan-kerajaan Islam. Sreg masa Islam, konsep kerajaan berubah menjadi kesultanan. Kerumahtanggaan sistem kesultanan nilai-nilai Islam menjadi dasar pengendalian pengaturan. Perubahan sistem  ini yakni kontrol rataan ….
  6. Sultanat Samudera Pasai berdiri antara musim 1270 – 1275 M. Letaknya di sebelah paksina Perlak di daerah Lhokseumawe (kini pantai timur Aceh) dan berbatasan langsung dengan Selat Malaka. Perekonomian Samudera Pasai cepat berkembang. Perekonomian masyarakat Samudera Pasai tergantung berpunca sektor perdagangan. Majunya perdagangan Samudera Pasai terutama didukung oleh ….
  7. Sultanat Aceh berbuntut menuntaskan daerah-daerah di pesisir timur dan barat Sumatra, serta pesisir barat Semenanjung Melayu, seperti Johor dan Pahang. Lega ketika itu Kesultanan Aceh mencecah puncak kejayaan yakni pada pemerintahan waktu 1607-1636 M momen dipegang maka itu ….
  8. Tokoh yang mengangkut Makassar sampai ke puncak kesuksesan pada hari 1653–1669 M. adalah ….
  9. Pada abad ke-15 M, para pedagang dan ulama dari Malaka dan Jawa menaburkan Islam di Maluku. Dari sini unjuk empat kesultanan Selam, yakni Ternate, Tidore, Jailolo, dan Bacan. Di antara kesultanan yang ada yang paling kecil maju adalah Kesultanan ….
  10. Peninggalan sejarah masa Islam di Indonesia nan ada atau dibangun oleh Kesultanan Yogyakarta ialah ….

Perigi:

  1. Buku Pak IPS SMP Kelas 7 Bab 4
  2. https://drive.google.com/file/d/0ByAvsIw9HhudT2h1WGFTby1mSE9NVGdCcTdmcm5QUTVjNlRr/view

Source: https://missevi.wordpress.com/2020/04/09/rangkuman-ips-smp-kelas-vii-bab-4-3/