Bagaimana Seseorang Bisa Belajar Berpikir Lebih Cepat


Unduh PDF


Unduh PDF

Pernahkah Anda berada di situasi yang memerlukan pemikiran cepat, belaka gagal? Mungkin Beliau hanya ingin merasa lebih ampuh intern interaksi sehari-hari. Berpikir cepat boleh menyerahkan keefektifan bagi kehidupan pribadi, karier, serta pendidikan. Kita semua memang memiliki kegesitan dan talenta yang berlainan-beda, tetapi kalau otak dilatih dengan lever-lever, Sira akan dapat menumbuhkan kemampuan berpikir dan merespons dengan cepat.

  1. 1

    Istirahatkan perasaan Beliau.
    Sepertinya memang lebih mudah mengatakan ketimbang melakukannya, terlebih kalau Dia perlu memberikan jawaban cepat di tempat. Namun, Engkau dapat merembukkan pikiran dengan menunggangi sejumlah teknik berikut ini:

    • Tarik napas dalam-n domestik. Dengan demikian, detak dalaman Anda akan melambat dan oksigen pun akan kian cepat berpindah ke otak.
    • Ulangi kalimat yang positif kepada diri Anda seorang. Kalimat ini dapat sesederhana: “Saya bisa melakukan ini.” Takdirnya kerap menghadapi situasi yang membutuhkan nanang cepat, Anda mungkin terbiasa belajar teknik ini beberapa kali. Setelah bilang lama, frasa yang sudah Anda latih akan segera muncul kapan Anda teradat nanang cepat.
    • Kencangkan otot-otot Anda selama beberapa saat, kemudian lemaskan kembali. Keadaan ini akan memuluskan Anda berkonsentrasi. Pilihlah otot yang tak tampak orang lain, sama dengan otot dada atau lutut. Jangan sampai Engkau menampilkan kepada padanan bicara bahwa Anda menengah tertekan.
  2. 2

    Dengarkan pertanyaan tersebut dengan saksama.
    Pastikan bahwa Anda mendengarkan tanya nan diajukan padanan bicara dengan cermat. Caranya adalah dengan memandang basyar tersebut secara sinkron dan memperhatikan dengan saksama apa yang kamu tanyakan. Jauhkan segala pengganggu: letakkan ponsel jauh-jauh, matikan televisi, dan tutuplah laptop Anda.

    • Perhatikan juga bahasa bodi sang penanya. Saat si penanya sedang bertanya, perhatikan matanya, ekspresi mukanya, dan posisi tubuhnya. Misalnya, kalau makhluk tersebut mengadakan kontak mata dengan Anda, tersenyum, dan tubuhnya condong Anda, semua hal itu merupakan tanda-tanda bagus bahwa ia tertarik dengan apa yang hendak Anda katakan. Sekadar, Anda tetap perlu menghafaz bahwa kadang kala manusia bisa salah intern menilai ekspresi roman. Manusia pun sangat terampil privat ondok perhatian konkret mereka di balik ekspresi muka.[1]
  3. 3

    Harap orang tersebut mengulangi pertanyaannya.
    Apabila Sira lain mengerti pertanyaan yang diajukan, mintalah hamba allah tersebut mengulanginya. Anda wajib mengerti sebaik-baiknya apa nan ia katakan. Dengan demikian, Anda pun akan punya perian untuk berpikir.

    • Katakan, misalnya, “Dapat tolong diulang pertanyaan Anda barusan?”
  4. 4

    Ulangi soal tersebut.
    Anda juga boleh mengulang soal itu kepada diri sendiri agar makin mudah memaklumi. Dengan mengatakannya kepada diri seorang, Anda akan makin mudah memahami pertanyaan tersebut dan lebih cepat mencari jawaban.

    • Jangan canggung untuk mengajukan pertanyaan klarifikasi. Misalnya, jikalau cak bertanya nan lawan bicara olok-olokan kurang jelas atau memperalat kata-introduksi nan bukan Anda kenal, jangan malu menanya lakukan meminta klarifikasi. Katakanlah: “Dapat tolong jelaskan kurnia _______?” Alias, “Saya masih tekor paham. Bisa tolong diubah bentuk pertanyaan Anda?”
  5. 5

    Jaga moga pembicaraan bukan melenceng ke hal-hal lain.
    Dengan berfokus plong suatu hal, dan suatu informasi pendukung pada satu periode, Ia akan lebih mudah menjawab dengan cepat. Hindari memikirkan terlalu banyak detail yang lain perlu. Kalau lawan bicara Anda cak hendak senggang makin banyak, ia pula akan bertanya kepada Sira. Padahal, Anda akan menunjukkan bahwa Beliau mampu berpikir dan menerimakan embaran dengan cepat.[2]

    • Andai transendental, jika musuh bicara bertanya, “Berapa lama Ia bekerja di penjualan?” Jawaban Beliau harus cepat dan tegas. Jawablah: “Seputar okta- tahun.” Anda bukan perlu menjawab dengan detail mengenai bekas-arena berkreasi Dia sepanjang delapan tahun itu, kecuali ditanyakan maka dari itu sang penanya.
  1. 1

    Siapkanlah tulisan tangan “bagaimana jikalau...”. Prospek besar, orang-insan di tempat kerja, sekolah, maupun tanggung jawab enggak Anda, akan meminta sesuatu berasal Beliau berbunga waktu ke perian. Ketika Engkau sedang tidak sibuk, luangkanlah perian untuk berpikir akan halnya keadaan semacam segala yang memerlukan pemikiran cepat dan membuat sebuah tulang beragangan lakukan merespons situasi-situasi tersebut.

    • Misalnya, guru Kamu boleh jadi bertanya sesuatu yang berhubungan dengan pelajaran di kelas bawah. Misalnya: “Siapa nama pelopor utama cerita ini?” atau, “Apa pendapatmu adapun resep itu?” Pertimbangkanlah pertanyaan yang mungkin ditanyakan guru Engkau dan siapkanlah jawaban sebelumnya sepatutnya Dia tidak teradat menunggu bikin menjawab.
  2. 2

    Berlatihlah menulis dan berbicara dengan jelas.
    Komunikasi yang jelas akan membantu Anda berbagi informasi kepada orang enggak dengan cepat dan menjauhi kesalahpahaman.

    • Hindarilah suara-kritik pengisi seperti “uh” atau “um”.
    • Gunakanlah perlambang-perlambang nonverbal sama dengan ikatan ain dan interval nan ditempatkan dengan tepat.
    • Gunakan penyelenggaraan bahasa yang moralistis.
    • Pertimbangkan formalitas situasi nan Anda hadapi dan tentukan mandu merespons nan tepat.[3]
  3. 3

    Pastikan Anda punya informasi nan cukup.
    Ketahuilah detail dan informasi latar berjenis-jenis proyek yang Anda bikin agar Anda tidak kaget. Kumpulkan pengalaman dalam meres Anda kiranya Anda boleh membentuk kesimpulan-penali nan tepat dengan cepat.[4]

    [5]

    • Misalnya, jika Anda adalah seorang suster yang bekerja dengan pasien jiwa, Anda boleh sparing mengenai intervensi keperawatan pasien lindu nyawa. Dengan demikian, Anda akan memiliki waktu respons yang lebih cepat.
  4. 4

    Matikanlah benda-benda elektronik dan pengganggu lainnya.
    Jikalau Anda menduga bahwa kejadian yang akan Anda hadapi membutuhkan pemikiran cepat, hilangkanlah pengganggu yang mungkin akan mengalihkan titik api dari tugas yang perlu Ia buat.

    • Kurangilah kebisingan yang tak perlu, seperti radio, televisi, nada yang dimainkan dahulu
      headphone.
    • Keluar log akun kendaraan sosial Anda dan tutup
      tab
      yang tidak diperlukan di peramban internet.[6]
  5. 5

    Hindari berbuat berbagai hal dalam satu waktu (multitasking).
    Jika Anda bertirakat sreg suatu tugas dalam satu waktu, Engkau akan lebih mudah memfokuskan pikiran dan menjawab pertanyaan atau masalah dengan cepat. Tetapkanlah fokus pikiran Dia sreg satu hal dalam satu hari, bahkan ketika sedang sibuk.

    • Misalnya, kalau Ia sedang menghadapi antrean pelanggan yang menunggu jasa Sira dan tiba-mulai telepon di meja Anda berdering, Anda perlu menetapkan fokus Anda pada satu hal. Misalnya, Anda boleh menetapkan titik api Anda sreg pelanggan yang sedang Anda layani dan mempersunting orang lain menggotong telepon. Atau, jika Anda sedang banyak tugas, kerjakanlah suatu demi satu. Selesaikan satu tugas kerumahtanggaan satu musim, kemudian kerjakanlah tugas lain.
  1. 1

    Tanamkanlah jalan pikir berupa kerumahtanggaan diri Ia.
    Riset menunjukkan bahwa Anda bisa menyunting proses mental dengan mandu berlatih dari kesalahan. Percayalah bahwa Ia mampu berpikir cepat. Dengan demikian, Anda tekun akan nanang cepat! Luangkanlah periode buat mencaci kejadian-hal yang bertelur Anda untuk. Lebih berjasa lagi, perhatikanlah kesalahan-kesalahan Anda. Pandanglah kesalahan Kamu sebagai ancang yang diperlukan bikin mendapatkan pengalaman.[7]

  2. 2

    Ikutilah aktivitas yang mengharuskan Beliau berpikir cepat.
    Biang keladi Beliau adalah urat yang dapat dilatih. Selain itu, dengan mengikuti aktivitas-aktivitas nan mengharuskan Kamu berpikir cepat, Anda kembali akan memperbaiki perasaan. Anda akan merasa kian gembira dan lebih bernas spontan melatih penggerak.[8]

    • Coba gim kemampuan membaca. Bacalah artikel atau ki rahasia paling awal bisa jadi, kemudian habiskan 20 detik cak bagi mewujudkan inferensi artikel atau bab kiat tersebut.
    • Ulangi daftar alfabet. Bikin setiap huruf, sebutkanlah satu nama maupun kata. Buat secepat mana tahu, ataupun coba berikan jumlah nama/kata tertentu untuk setiap huruf.
    • Mainkanlah gim yang memperalat batasan waktu.
    • Cobalah gim alias petisi daring nan berisi aktivitas latihan otak.
    • Dengan cepat, daftarkan hal-hal yang mentah belaka Kamu untuk alias lihat (bisa mobil, ki akal, komidi gambar, dll.)[9]
    • Lakukanlah permainan improvisasi dengan teman atau rekan kerja Ia.
  3. 3

    Gunakanlah seluruh indera Beliau.
    Lebih banyak indera yang Anda gunakan, lebih banyak pula fragmen dalang yang akan terstimulasi lakukan menimbulkan informasi yang ingin Anda ketahui dengan cepat. Hubungkanlah warna, wangi, atau sensasi bodi tertentu dengan kata-perkenalan awal atau konsep.

    • Misalnya, jika Anda sedang mendaras buletin, Anda kali akan lebih mudah mengingat embaran internal kata sandang koran tersebut apabila Ia memperhatikan detail inderawi yang Anda alami. Salah satunya yaitu prinsip sang pewarta menuliskan sebuah cerita.
  4. 4

    Prioritaskan tugas-tugas yang Sira berikan kepada otak.
    Gunakanlah kalender buat menjejak seluruh programa yang harus Anda hadapi agar Anda tidak perlu menghabiskan ira penggagas buat pengetahuan yang selayaknya mudah direkam di kancah lain.

    • Tuliskanlah seluruh ikrar yang Anda punya, tanggal tagihan, atau keadaan-hal yang harus Engkau lakukan.
  5. 5

    Suarakanlah permakluman yang benar-benar ingin Anda ketahui.
    Dengan menyuarakan pesiaran yang benar-benar Anda ketahui atau menulisnya di atas kertas, Engkau akan membangun kembali jalur syaraf di otak yang mengarah kepada manifesto tersebut.[10]

    Suarakanlah permakluman terdahulu agar lebih mudah untuk diingat dengan cepat.

    • Misalnya, suarakanlah amanat terlepas sebuah pengutaraan berharga atau stempel-nama teman-teman sebabat mentah Sira.
  1. 1

    Berolahragalah dengan teratur.
    Studi menunjukkan bahwa sport yang terstruktur meningkatkan jumlah hotel prodeo pembawaan yang membawa oksigen ke otak Anda. Berolahraga juga dapat meletakkan impitan darah dan membantu Anda menghadapi impitan.[11]

    • Ketika Beliau harus menghadapi suatu situasi menegangkan, pergilah berjalan tungkai. Kombinasi latihan jasmani melanglang suku dan pertukaran lingkungan sekitar Anda akan kontributif otak Engkau juga berfokus dan menstimulasi pemikiran nan lebih cepat.
  2. 2

    Makanlah diet yang sehat.
    Otak membutuhkan banyak energi untuk berfungsi dengan konvensional. Kamu perlu makan makanan yang menstimulasi pikiran jernih.[12]

    Some foods are better for your brain while other foods may lead to brain fog.[13]

    • Makanlah makanan seperti sereal yang diperkaya, gandum utuh, salem, biji goni,
      blueberry, kunyit, dan sayur-mayur dedaunan hijau seharusnya pemrakarsa Sira loyal bugar.
    • Kurangilah konsumsi enak jenuh dan kolesterol tidak sehat dari sumber binatang, atau minyak sayur yang terhidrogenasi sebagian.
  3. 3

    Jagalah kesehatan kehidupan Anda.
    Orang-orang yang mengalami masalah kegalauan atau depresi cenderung memiliki nilai uji kognitif yang kian rendah. Jika merasa bahwa Anda mengalami depresi atau kecemasan, bicarakanlah dengan seorang n antipoda, carilah konseling, atau hubungilah dokter.[14]

  4. 4

    Tidur yang cukup.
    Rungau dan kelelahan juga boleh menimbulkan kredit jelek dalam uji serebral. Orang dewasa muda dan manusia dewasa butuh sekitar tujuh setakat sembilan jam tidur mudah-mudahan tetap afiat. Otak Sira takkan bekerja dengan lancar saat lejar.[15]

  • Anda sekali lagi boleh membaca buku, yang akan mendukung imajinasi dan daya kreasi Kamu lebih arwah.
  • Jika Anda punya ponsel berisi, Anda dapat mengunduh aplikasi nan eksklusif dibuat lakukan melatih otak. Yang prodeo misalnya: Lumosity, Brain Age Game, Clockwork Brain, Memory Trainer, dll.
  • Habiskanlah masa untuk sesuatu yang Anda minati atau bermakna menurut Engkau. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah mengingat wara-wara tersebut. Ikutilah kelas bawah/les nan Anda sukai.
  • Hindarilah bekerja terlalu gigih maupun stres berlebih. Istirahatlah berbunga periode ke masa.
  • Semua perlintasan ini siapa takkan terjadi dengan cepat. Membiasakan yaitu sebuah proses.

Adapun wikiHow ini

Halaman ini telah diakses sebanyak 35.920 bisa jadi.

Apakah artikel ini membantu Anda?

Source: https://id.wikihow.com/Berpikir-Cepat