Aplikasi Pembelajaran Android Ipa Smp

Sebagai Lembaga pendidikan menengah, SMP Provinsi 4 Langke Rembong terus berkreasi dengan melaksanakan serta meningkatkan kualitas penelaahan Berbasis Digital di rancangan tersebut. Keadaan ini dibuktikan dengan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan merupakan berbasis tuntutan android seperti Aplikasi (Edmodo) yang sudah dan akan terus digunakan.

Drs. Resman Wenseslaus Yan Kepala UPTD SMP Negeri 4 Langke Rembong

Kerja sama terus dipupuk terutama oleh setiap
stakeholder
di lembaga ini, mulai dari Kepala Sekolah, Kiai/Ibu Hawa, Tenaga Kependidikan sampai pada Murid/i ataupun partisipasi bersumber Orang Renta/Wali Murid/i sekolah ini.

Berkat kerja gentur dan kekompakkan, melalui Skuat Pengembang Penerimaan Sekolah Berbasis Teknologi dan atas saran serta arahan dari Pembesar Sekolah, SMPN 4 Langke Rembong sudah lalu menciptakan Aplikasi Pembelajaran nan Hijau.

(Foto 1: Schreenshoot tampilan Aplikasi Tabe terinstal di layar Handphone Android)

Permintaan ini dinamakan aplikasi ‘Tabe” akronim mulai sejak Mendalam dan Aktif Belajar yang akan dimanfaatkan kerumahtanggaan kegiatan pembelajaran semester genap perian  pelajaran 2022/2022.

Bapak Antonius P. Riberu,S.Pd.,Gr (bagaikan Atasan Tim Pengembang Penataran Sekolah Berbasis Teknologi), saat diwawancarai media ini menjelaskan bahwa aplikasi Tabe sangat membantu terutama dalam penerapannya. Aplikasi ini disesuaikan dengan keadaan dan kondisi nan ada terutama mempertimbangkan kondisi ekonomi karena privat penerapannya dilaksnakan secara semionline.

“Aplikasi Tabe ini dibuat dengan mempertimbangkan hal dan kondisi semua pihak terutama orang tua bangka/wali peserta/i. Selain itu, peserta dan temperatur bisa menggunakaknnya secara semionline bisa online dan offline juga sistemnya yang terus terupdate sesuai dengan perlintasan-perubahan plong peranti pengajian pengkajian”terangnya.

(Foto 2: Screenshoot pikulan Mata Latihan puas Apliaksi Tabe)

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala UTPD SMP Negeri 4 Langke Rembong, Bapak Drs. Resman Wenseslaus Yan. Dia menjelaskan bahwa Aplikasi Tabe merupakan tuntutan yang sangat bagus karena keunggulan aplikasi ini tanpa menunggangi buntelan data internet, sehingga boleh diakses secara offline. Aplikasi Tabe pula sifatnya semionline. Artinya Permintaan ini terkoneksi dengan youtube sekolah dan drive sekolah.

“Kedepannya kita tetap ada evaluasi selama suatu semester ini soal penggunaan dan dampaknya terhadap petatar didik, kalau baik bagi murid, ya kita pertahankan, terutama materi, video, LKPD dan konten penelaahan yang lain”jelasnya.

Ditambahkannya, bahwa semua guru di SMP Negeri 4 Langke Rembong harus mempunyai pintasan karena kita hidup pada era teknologi terutama dunia digitalisasi.

“Guru tetap menyiapkan instrumen pembelajaran dalam gambar softcopy danhardcopymenjadi bukti fisik dan sertifikat bagi sekolah. Karena kita ini kan negara administarasi. Bintang sartan semua guru tetap menyiapkan Materi, RPP, LKPD dalam tulang beraganganprint out,
” lanjutnya.

Sementara itu dihubungi terpisah, pelecok seorang siswi kela 7 A , atas etiket Aprila Sulastri  menampilkan bahwa dia merasa senang dengan adanya aplikasi yunior di sekolah mereka.

“Aplikasinya silam mudah kami gunakan pa. kami bukan susah mengaji materinya karena gampang dipakai juga hemat uang lelah untuk fotocopi bahan ajar dan tugas-tugas”pengenalan Aprila.

Petisi ‘Tabe’ sendiri sudah lalu disosialisasikan di aribaan Bapak Kepala Sekolah, Bapak/Ibu Guru Tenaga Pendidik dan Kependidikan SMPN 4 Langke Rembong pada tanggal 12 Januari 2022 di Ruangan LAB IPA. Hadir seumpama pemateri sosialisasi saat itu merupakan Skuat Pengembang Penelaahan Sekolah Berbasis Teknologi di SMP N 4 Langke Rembong yang diwakili maka itu Buya Antonius P. Riberu, S.Pd.,Gr sebagai Aktivis, Bapak Posma Sihombing, S.Pd.,Gr, Bapak Febriansyah,S.Pd.,Gr, Kiai Marsianus A. Pagung, S.Pd dan Buya Siprianus Sion, S.Pd serta Kiai/Ibu Master yang tak anggota Tim Dam pembelajaran sekolah berbasis teknologi.

(Foto 3: Screenshoot Kamil Pikulan Materi Keseleo satu Mata Latihan di Aplikasi Tabe)

Tuntutan ini dirancang sedemikian rupa oleh Tim Dam dengan sejumlah fitur-fitur tak yang telah terkoneksi di dalamnya, seperti: Mata Pelajaran, Papan bawah, Materi, RPP, Video Pembelajaran, Kuis dan LKPD. Berkat kerja keras dan kreatifitas Tim Pengembang, Petisi ‘Tabe” ini akan terkoneksi secara otomatis dengan Youtube, Aplikasi Edmodo, Drive Sekolah, Website sekolah, Facebook Sekolah dan WhatsApp (Group Kelas).

Aplikasi Tabe ini telah mulai dimanfaatkan internal kegiatan pembelajaran pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/ 2022 ini. Selain itu, petisi TABE juga telah ada di Play Store. Sehingga siapa saja boleh menginstalnya bilamana dan dimana saja. Dengan demikian, internal kegiatan pembelajaran, lembaga ini melaksanakan dengan afiliasi aplikasi penataran yaitu Tuntutan Edmodo buat ulangan harian, PTS dan UAS dan Aplikasi Tabe untuk kegiatan pembelajaan secara semionline.

Di bawah ini merupakan link nan bisa diklik untuk mengakses Google Play Store ke Tuntutan Tabe ialah: https://play.google.com/store/apps/details?id=io.kodular.febriansyah121.Aplikasi_Tabe_SMPN4_LR_2022

Perigi: https://smpn4langkerembong.id/keren-ciptakan-aplikasi-baru-smpn-4-langke-rembong-terus-tingkatkan-kualitas-pembelajaaran-berbasis-digital/



Source: https://ditsmp.kemdikbud.go.id/keren-ciptakan-aplikasi-baru-smpn-4-langke-rembong-terus-tingkatkan-kualitas-pembelajaran-berbasis-digital/