Anak Cepat Mempelajari Bahasa Ibu Katena

Kemampuan berbahasa tidak hanya dikuasai jabang bayi saat dia membiasakan bicara, namun dari sejak sira lahir. Bahasa nan didengar bayi melekat di otaknya hingga puluhan musim.

Meski kemudian dia tinggal di negara dengan bahasa berbeda, kemampuan berpendidikan yang sira kuasai ketika bayi masih tetap terserah.

Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa bahasa yang didengar bayi tunak mengendap di liwa bawah bangun mereka. Kejadian ini membantu mereka menguasai bahasa tersebut saat dewasa, meski sejak kecil dia diadopsi dan bicara dengan bahasa farik dari yang beliau dengar saat bayi.

Penelitian yang dipublikasikan di Royal Society Open Science ini dilakukan di Belanda. Subjek penelitiannya adalah individu-sosok yang diadopsi dari Korea sejak bayi atau balita serta orang-orang kelahiran Belanda.

Hasil pengkajian ini menyatakan bahwa bayi yang diadopsi berusul Korea Selatan saat belum bisa wicara memiliki kemampuan terpendam cak bagi mempelajari bahasa Korea, walau sejak kecil hingga dewasa dia belaka berbicara Bahasa Belanda.

Kemampuan bersopan santun kanak-kanak anyir berkembang sejak lahir

Kerumahtanggaan wulan-bulan purwa spirit, mereka sudah punya fondasi bagi berbicara bahasa Korea. Fondasi yang konsisten ada sebatas puluhan masa tanpa terdeteksi, hanya unjuk ketika melalui serangkaian pembenaran laboratorium.

Para peneliti menguji apakah subjek penggalian mereka boleh belajar dan mengidentifikasi obstulen bahasa Korea yang rumit.

“Bagi sosok yang perlu mendengarkan bahasa Korea, bunyi tersebut mudah cak bagi dibedakan. Cuma bakal basyar yang sparing bahasa tersebut sebagai bahasa kedua, pelik bakal menguasainya,” papar Mirjam Broersma, sendiri ahli psikolinguistik di Universitas Radboud Belanda seperti dikutip mulai sejak Science News.

Mirjam dan rekannya membandingkan kemampuan menyerap bahasa Korea dengan membagi subjek riset ke n domestik dua grup. Satu grup berisi manusia-khalayak kelahiran Belanda yang bersuara bahasa Belanda.

Grup lainnya ialah manusia Belanda kelahiran Korea nan berbicara bahasa Belanda. Masing-masing grup berisi 29 sosok.

Setengah dari grup kelahiran Korea diadopsi saat mereka berumur lebih semenjak 17 wulan. Plong usia ini, anak-anak tiba bicara atau belajar bicara.

Setengahnya lagi diadopsi ketika masih jabang bayi di bawah usia 6 wulan. Grup ini memiliki kemampuan belajar, wicara, dan mengidentifikasi bunyi bahasa Korea jauh lebih baik tinimbang grup berisi orang-manusia kelahiran Belanda.

“Bahkan mereka yang diadopsi saat berusia 3-5 bulan, sudah luang banyak mengenai bunyi berusul bahasa ibu mereka. Cukup untuk membuat mereka bisa mempelajari sekali lagi bahasa tersebut dengan mudah puluhan perian kemudian,” tutur Mirjam.

Mirjam mengatakan, “Mengungkap kemampuan bertata cara terpendam ini sangat menyenangkan. Malah sehabis puluhan hari, bahasa yang didengar momen jabang bayi tetap membekas dalam ingatan mereka, meski mereka mendengarnya saat berusia kurang berpangkal 6 bulan.”

Artikel terkait:
Tahapan Perkembangan Bahasa Sejak Orok Hingga Usia 3 Tahun

Mirjam pun menambahkan banyak peneliti yang menganggap bahwa bayi baru belajar bunyi dan bahasa di umur 6-8 bulan.

“Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa postulat tersebut salah,” tegasnya.

Sebuah studi lain malar-malar menyemboyankan bahwa kemampuan berbahasa ini diperoleh sejak bayi masih dalam ki gua garba. Doang karena penyelidikan ini lain menyertakan bayi yang sewaktu diadopsi saat lahir, hasil eksplorasi tidak boleh memastikan apakah bahasa yang didengar momen kanak-kanak anyir masih berada di lambung akan memengaruhi kemampuan berbahasanya ketika dewasa.

Supaya demikian, studi ini memberi kesan bahwa bayi mulai belajar berbahasa sejak dini, sejak awal kehidupannya dimulai di rahim ibu. Bukan heran bahwa banyak orangtua muslim berketentuan, bahwa jika orok diperdengarkan lantunan ayat Al-Qur’an sejak dalam kandungan, dia akan mudah menghafal Al-Qur’an.

Nah,Parents,setelah mengetahui fakta menarik ini, kira-taksir bahasa apa doang yang mauParents
ajarkan pada anak asuh sejak sira internal kandungan?

Baca juga:

id.theasianparent.com/penelitian-jabang bayi-akan-mengingat-bahasa-lahirnya-hingga-ia-dewasa/

Parenting cak bagi sano? Yuk tanya simultan dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Source: https://id.theasianparent.com/kemampuan-berbahasa-dipelajari-bayi