Dalam rang pembenahan administrasi pembelajaran SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta, dimohon para guru merapikan dan menjilid perangkat pembelajaran menjadi 3 bagian, ialah:

Kunci KERJA 1

  • SK DAN KD
  • SILABUS
  • RPP
  • KKM

Taktik KERJA 2

  • KODE Kepatutan GURU
  • IKRAR Hawa
  • TATA TERTIB Temperatur
  • Aklimatisasi BUDAYA SMP MUHDASA
  • Penanggalan PENDIDIKAN
  • Minggu/JAM EFEKTIF
  • Acara TAHUNAN
  • Programa SEMESTER
  • AGENDA KEGIATAN MENGAJAR Jurnal

Pusat KERJA 3

  • DAFTAR HADIR
  • DAFTAR Nilai
  • PENILAIAN AKHLAK Luhur DAN KEPRIBADIAN
  • ANALISIS HASIL ULANGAN/BELAJAR
  • PROGRAM & PELAKSANAAN PERBAIKAN DAN PENGAYAAN
  • DAFTAR Taktik Tiang penghidupan/SUMBER Berlatih (Suhu DAN Petatar)
  • JADWAL MENGAJAR
  • DAYA SERAP Pesuluh
  • Antologi SOAL ULANGAN HARIAN

Bikin beberapa ukuran yang dibutuhkan, silahkan unduh file dibawah ini:

  • Susunan cover Buku Kerja 1, Buku Kerja 2, dan Buku Kerja 3
  • Kode Tata krama Guru
  • Ikrar Suhu
  • Penyelenggaraan Tertib Guru SMP Muh.10 Yk.
  • Pembiasaan Budaya SMP Muh.10 Yk.



Materi Al-Islam dalam perkembangannya ternyata mengalami sejumlah perkembangan, terutama intern kurikulum terbaru TP 2022/2013 yang menghidangkan format berbeda baik dari segi isi maupun buku pegangan, sehingga intern ujian pun harus dipersiapkan seutuhnya. Majelis Dikdasmen PWM DIY jauh-jauh perian sudah mempersiapkan KISI-Jari-jari soal ISMUBA dengan maksud para pendidik ataupun siswa mutakadim mempersiapkan mulai sejak dini materi yang harus dipelajari dalam menghadapi UAS Semester 1 yang diselenggarakan mulai tanggal 29 September 2022.

Mengenai jadwal UAS 1 dan juga Terali-KISI soal ISMUBA dapat diunduh melangkahi website Majelis Dikdasmen PWM DIY secara sewaktu, ataupun dapat juga disini.

JADWAL UAS SEMESTER 1

Jari-jari-KISI SOAL UAS 1 ISMUBA



Allahu akbar, Allahu akbar

Laailaaha illallahu allahu akbar, allahu akbar walillaahilhamdu

Rembulan dzulhijjah merupakan pelecok satu berbunga 4 bulan nan dimuliakan dalam selam, disamping wulan Rajab, Sya’ban dan Ramadhan. Dalam rembulan ini pula umat Islam dari seluruh dunia berbondong-bondong melaksanakan Haji di Mekkah.

Dan cak bagi yang belum berkesempatan bagi melaksanakan ibadah haji, disunnahkan untuk berkurban, menapak tilasi pemberontakan Utusan tuhan Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail AS.

SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta, n domestik kaitannya dengan berqurban, alhamdulillah telah melaksanakan ibadah Qurban ini yang dilaksanakan pada tanggal 11 dzulhijjah, bertepatan dengan Tahun Sabtu tanggal 27 Oktober 2022, atau sehari sesudah hari raya idul adha. Semua guru dan pegawai dibantu perwakilan pelajar-siswi SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta berpunca kelas 7 – 9, sudah siap sedia dari start pemukul 06.00 WIB, dengan kuantitas hewan Qurban yang disembelih 3 ekor sapi/lembu dan 2 ekor kambing. Continue reading




10 Keutamaan Sepuluh Masa Pertama Bulan Dzulhijjah – Dzulhijjah merupakan keseleo satu bulan partikular dalam Islam. Terutama, pada sepuluh hari pertama terbit bulan Dzulhijjah itu. Sedikitnya, terserah 10 Keutamaan Sepuluh Perian Pertama Wulan Dzulhijjah sebagai berikut :1. Dasa Hari Pertama Bulan Dzulhijjah merupakan waktu yang indah dan barakah
Keutamaan mula-mula dari 10 Keutamaan Dasa Hari Purwa Bulan Dzulhijjah yaitu, bahwa waktu itu merupakan masa yang mulia dan barakah.

Bukti kemuliaan ini adalah kualat Allah Ta’ala internal Al-Qur’an al-Dermawan.



وَالْفَجْرِ وَلَيَالٍ عَشْرٍ

Demi dini hari, dan malam yang sepuluh (QS. Al-Fajr: 1-2)

“Wa layaalin ‘asr (dan malam nan sepuluh),” kata Imam al-Thabari dalam tafsirnya,”adalah adalah lilin batik-lilin lebah sepuluh Dzulhijjah berdasarkan kesepakatan hujjah dari ahli tafsir.”

Ibnu Katsir juga menjelaskan hal yang sejajar internal kata tambahan Qur’anil adhim. “Dan malam-lilin lebah yang sepuluh,” tulisnya, “adalah sepuluh (hari pertama) Dzulhijjah sebagaimana nan disebutkan oleh Ibnu Abbas, Ibnu Zubair, Mujahid, dan lebih dari satu ulama salaf dan khalaf.”

2. Amal pada Sepuluh Perian Pertama Bulan Dzulhijjah paling kecil dicintai Tuhan Continue reading



Dalam rangka memperingati HUT Kota Yogyakarta yang ke-256 juga syukuran atas Keistimewaan DIY, Kelurahan Terban mengadakan serangkaian acara yang pas besar-besaran. Salah satunya adalah Gelar Potensi dan Seni Budaya. Program tersebut berlantas selama dua musim, mulai terbit tanggal 16 – 17 Oktober 2022 yang dimulai berpunca pukul 07.30 – 23.00 WIB.

SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta (Muhdasa), tentunya lagi ikut memeriahkan dan berpartisipasi acara tersebut dengan mengedepankan riuk suatu ekstrakurikuler yang ada di SMP Muhdasa, ialah dengan menyorongkan Tari Terangwulan yang dibawakan oleh Syaifa, Vina, dan Ria, yang kesemuanya masih duduk di tapang kelas IX. Mereka menampilkan ajojing Terangwulan ini dengan indah dan fleksibel, karena memang mutakadim teristiadat tampil di tempat publik, enggak cuma di jangkauan intern SMP Muhdasa, tapi telah merambah ke pentas-pentas yang diadakan di seputaran ii kabupaten Yogyakarta.

Penasaran dengan dansa mereka, yuk kita lihat galerinya….

This slideshow requires JavaScript.



Selepas SMP Muhdasa radu mengadakan Ulangan Tengah Semester (UTS), hari ini, Senin 08 Oktober 2022, bertepatan dengan Hut Kota Yogyakarta yang ke -256, suka-suka nan berbeda dengan para murid dan guru-guru SMP Muhdasa. Tidak seperti mana periode galibnya, hari ini semua master dan pesuluh mengenakan rok resan Yogyakarta dan mengadakan upacara bendera memperalat Bahasa Jawa. Ternyata walaupun memperalat bahasa Jawa, upacara ini berlanjut dengan khidmat.

Setelah seremoni selesai dilangsungkan, kemudian tiap-tiap kelas mendokumentasikan diri dengan berpose tiap papan bawah bersama bapak/ibu pengampu  papan bawah. Yah, itung2 kerjakan mengabadikan moment nan berharga ini. Continue reading



BUKA PUASA BERSAMA BAPAK/IBU GURU DAN KARYAWAN

SMP MUHDASA1433 H

Bulan Ramadhan yakni bulan yang sangat dirindukan oleh umat Islam. Rembulan Ramadhan ialah bulan nan penuh hikmah, dimana setan-setan dibelenggu dan dipenjara. Umat Islam bersilaju-lomba bakal berburu keridhaan Allah SWT dengan beribadah. Manusia melaksanakan ibadah puasa selain menghalangi lapar, juga harus menahan semua suhu nafsu duniawi.

Masyarakat, sekolah-sekolah, yayasan dan lembaga lainnya biasanya mengisi bulan Ramadhan dengan majemuk kegiatan. Kegiatan nan akan dilaksanakan sudah produk tentu juga sudah tertulis dan sudah dipersiapkan ataupun direncanakan sebelum bulan Ramadhan menginjak. Menjelang bulan Ramadhan, khususnya di SMP MUHDASA merumuskan sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan pada rembulan Ramadhan.

Salah satu kegiatan bulan Ramadhan di SMP MUHDASA melaksanakan pengajian menjelang buka puasa dan beber puasa bersama oleh bapak/ibu guru dan fungsionaris SMP MUHDASA hari sabtu tanggal 11 Agustus 2022. Pengajian ini SMP MUHDASA pun mengundang komite sekolah, master ekstrakurikuler seni musik, kepala desa dan pemimpin pengurus bandarsah Jami’ Sagan. Acara berlanjut dengan lancar, dimulai palu 16.00 WIB yang diawali dengan tadarus ayat asli Al-Qur’an nan diikuti oleh seluruh bapak/ibu guru dan personel SMP MUHDASA. Continue reading



Pesantren ramadhan SMP Muhdasa kemarin, yang berlantas sekitar 2 ahad, alhamdulillah berjalan dengan lampias dan sudah banyak pesuluh nan ki amblas bersumber incaran, bisa dikatakan sebagian ki akbar. Lakukan kelas VII semalam difokuskan pada Iqro’ bagi yang belum tuntas, dan membaca Al-Qur’an secara tartil bagi yang sudah boleh. Akan halnya kelas VIII difokuskan pada mahfuz tindasan-kopi pendek Jus 30 dan mahfuz doa pendek sehari-musim. Padalah, bikin kelas IX nih, lebih ditekankan kepada bacaan sholat dan artinya juga dzikir dan takbir selepas sholat.

Nah, pada postingan barangkali ini, akan mengutip wacana shalat yang sudah lalu diputuskan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah. Sebagaimana kita ketahui, Muhammadiyah doang melembarkan hadist-hadist nanShahihatau nan lestari terutama dalam masalah ibadah tercatat internal ibadah shalat ini. Disamping itu Muhammadiyah juga tidaktaklid terhadap suatu mahzab cuma, sehingga sewaktu-waktu Muhammadiyah n kepunyaan pendapat yang setinggi dengan mahzab Syafi’i, kadang kala Maliki, Hanafi alias mahzab Hambali. Berbeda dengan umat selam di Indonesia rata-rata yang belaka berpatokan dan terpaku pada mahzab Syafi’i doang. Kiranya bacaan shalat ini berarti kerjakan kita semua terutama pemukim ataupun partisan Muhammadiyah.



Do’a Iftitah

اللّهُمَّ باَعِدْ بَيْنِى وَبَيْنَ خَطَاياَيَ كَمَا باَعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ

اَللّهُمَّ نَقِّنِى مِنَ الْخَطَاياَ كَماَ يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ

اَللّهُمَّ اغْسِلْ خَطَاياَيَ باِلْماَءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ.


Continue reading






Abnormal flashback nih…

Pada rembulan Mei terlampau, tepatnya setelah siswa-siswi kelas IX (sekarang telah puas alumni) selesai berjibaku dengan Ujian dan apa macamnya, balasannya tibalah saatnya cak bagi mereka untuk berwisata ria sekedar bagi menyegarkan pikiran yang telah berupaya berkanjang bakal memperjuangkan asa mereka. Akhirnya OWABONGlah palagan yang dituju. Wisata spontan sebagai ajang perpisahan ini diikuti makanya semua siswa-siswi kelas bawah IX [kecuali yang tidak boleh timbrung, & dahulu disayangkan sekali :((  ]beserta bapak/ibu guru dan karyawan SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta.

Program yang diselenggarakan puas hari ahad, 20 Mei 2022 kemarin ini diawali dengan start dari Yogyakarta sekitar pukul 07.00 memperalat bus tamasya yang cukup eksklusif,
PANORAMA
(terdepan ya??). Sahaja sayang, perjalanan yang direncanakan hanya memakan waktu 4 jam ini ternyata meleset bermula perkiraan, karena ternyata palu 13.00 kita baru sampai di Purbalingga, tepatnya di SANGGALURI PARK PURBALINGGA.  Continue reading